Tugas Pengajian
Nama : M. Irkham
NIM   : 2021110312
Kelas  : G
1.     Nama Majlis Ta’lim        :  Pengajian Tafsir Al-Qur’an AL-ASRI
2.     Pengasuh/ Pembicara      : Drs. H. A. Idhoh Anas, M.Ag
3.     Hari/ Tanggal                  : Ahad, 22 April 2012
4.     Waktu                              : 18.00 wib (Ba’da Maghrib – Isya’)
5.     Alamat                             : Jl. Asri Perum. Bina Griya Indah, Pekalongan
6.     Tema Pengajian              : Berbakti kepada kedua orang tua
7.     Ringkasan Pengajian      : Melihat fenomena masyarakat yang rela mengeluarkan uang banyak untuk berziarah jauh-jauh kemakam para wali tetapi justru lupa menziarahi makam orang tua sendiri. Maka dalam suatu pembahasan dijelaskan amalan yang tidak terputus pahalanya, yaitu shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak shaleh yang mendoakannya. Menjadi menyadarkan kita agar senantiasa berbakti dan mendoakan kedua orang tua kita.
8.     Analisa Isi Pengajian     :
Dalam Pengajian disampaikan tentang pentingnya kita berbakti kepada kedua orang tua maka disampaikanlah sebuah hadits yang berbunyi:

إِذَا مَاتَ الإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَنْهُ عَمَلُهُ إِلاَّ مِنْ ثَلاَثَةٍ إِلاَّ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ
"Apabila manusia meninggal dunia, terputuslah segala amalannya, kecuali dari tiga perkara: shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat atau anak shaleh yang mendoakannya". [HR. Muslim, Abu Dawud dan Nasa’i]

Dalam hadits diatas jelas menyebutkan bahwa seseorang yang telah meninggal akan menerima pahala dari shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak shaleh yang mendoakannya. Sebagai umat muslim kita sebagai anak harus selalu mendoakan kedua orang tua baik ketika masih hidup apalagi setelah meninggal dunia. Dan juga sebagai bakti dan rasa terima kasih kita kepada orang tua yang telah membesarkan dan menyayangi kita.