Laman

Selasa, 29 Mei 2012

Dewi Zulaikha: “ Mendidik Pemuda Pemudi Yang Bersolidaritas Tinggi dan Cinta Terhadap Sesama ”


Cinta terhadap sesame tiada lain halnya dengan solidaritas, namun cinta dalam hal ini bukan berarti cinta- cintaan dalam tanda ( “) melainkan rasa peduli kita ingin member, mengasihi, menyayangi dan bisa berbagi terhadap sesame muslim khususnya karena kita orang muslim dan pada orang umum yang membutuhkan. Karena hal ini tidak dianjurkan harus menggunakan materi.tetapi bisa tenaga, dan pikiran kita apabila kita Cuma bisa membantu dengan tenaga saja kenapa tidak, tetapi apabila semuanya yaitu tenaga, pikiran dan materi akan jauh lebih baik.
 
Seperti ada dalam hadits dimana cinta terhadap sesame itu sangat dianjurkan, kemudian beliau membacakan hadits tersebut, yaitu:

عن آبى حَمْزَةَأنس بَنِ ماَلِكِ رَضى اللّه عنهُ خاَ دَ مِ رَسُوْ اللّه صلىّ اللّه عَيه وسم عب انبىّ اللّه صلىّ اللّه عَيه قل لاَيُوْ مِنُ أَحَدُ عُمُ حَتَّى لاْخِيْ ماَ يُمِنُ لِفْنِه رِوه الحارءوسلم

Dari Abi Hamyah Anas bin Malik r.a. pelayan rasulullah saw bersabda “ tidak sempurna iman seseorang diantaramu apabila tidak mencintai saudaranya ( sesame muslim ) sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri ” Diriwayatkan oleh Bukhori dan Muslim

Beliau mengatakan bahwa pentingnya rasa cinta dan solid terhadap sesame karena berhubungan dengan iman.iman itu ternyata tidak hanya bisa dilihat dari ibadah mahdohnya saja namun bisa dilihat dari ibadah ghoiru mahdhohnya juga. Diakhir pengajian beliau menekankan bahwa diharapkan remaja sekarang ini khususnya rekan dan rekanita dari IPNU/ IPPNU yang notabanenya organisasi islam lebih meningkatkan rasa social mereka apabila ingin imannnya tetap sempurna. Disamping melakukan kewajibannya terhadap Allah SWT, juga tidak boleh ketinggalan kewajiban mereka terhadap sesama.
Kalau tidak sekarang kapan lagi??? Belum terlambat untuk jadi lebih baik.
Pesan dari bapak kyai

ANALISA ISI PENGAJIAN    

Isi pengajian tersebut apabila dianalisas sangat mengandung nilai- nilai tarbawi yang sangat bermanfaat bagi kehidupan. Seperti yang disampaikan oleh bapak K.H.Zainal Arifin, bahwa betapa parahnya remaja sekarang ini yang mana rasa social mereka sudah terkikis akibat globalisasi yang tidak bisa mereka olah dengan cerdas.
Dari hadits yang disampaikan yaitu:

عن آبى حَمْزَةَأنس بَنِ ماَلِكِ رَضى اللّه عنهُ خاَ دَ مِ رَسُوْ اللّه صلىّ اللّه عَيه وسم عب انبىّ اللّه صلىّ اللّه عَيه قل لاَيُوْ مِنُ أَحَدُ عُمُ حَتَّى لاْخِيْ ماَ يُمِنُ لِفْنِه رِوه الحارءوسلم

Sudah sangat jelas bahwa cinta terhadap sesame itu ada kaitanyya dengan kesempurnaan iman dari seseorang. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa, apabila kita mengabaikan hal ini bisa dirujuk berdasarkan hadits, sudah gugur satu proses dalam rangka menyempurnakan iman.
Selain itu nilai tarbawi dari apa yang telah disampaikan adalah pesan beliau yaitu sejenak bisa menggugah kesadaran kita bahwa selama ini hal yang kita anggap sepele ternyata malah sangat berguna baik dalam kehidupan didunia maupun diakhirat nanti. Pesan yang lain ialah motifasi dalam semangat dari beliau yang ditujukan kepada para remaja untuk berubah menjadi lebih baik.

                                                         PENUTUP

   Allah ta’ala berfirman :” Sesungguhnya orang – orang yang beriman dan mengerjakan amal –amal soleh , mereka diberi petunjuk oleh tuhannya karena keimananya , di bawah mereka mengalir sungai –sungai didalam surga yang penuh kenikmatan . Doa mereka didalamnya ialah “ Subhanakallahumma ( maha suci engkau wahai allah ) Dan salam penghormatan mereka ialah “ assalam ( sejahtera dari segala  bencana ) Dan penutup Doa mereka ialah “ Alhamdullilahirobil’alamin “ ( Segala puji bagi tuhan semesta alam ) .
( Q.S Yunus 9- 10 )

  Segala puji bagi Allah yang telah member petunjuk kepada kami untuk menyelesaikan tugas ini, dan kami tidak akan mendapatkan petunjuk seandainya allah tidak memberikan petunjuk kepada kami wahai allah limpahkan rahmat kepada nabi Muhammad yang hambamu dan utusanmu, nabi yang ummi: serta limpahkanlah kepada keluarga, istri- istri dan anak cucu Muhammad sebagaimana engkau telah melimpahkan rahmat kepada Ibrahim. Limpahkanlah barokah kepada Ibrahim dan keluarga Ibrahim. Di alam semesta ini sesungguhnya engkaulah dzat terpuji lagi maha agung.Segala puji bagi Allah Tuhan Semesta Alam
Demikianlah tugas UTS dari kami yang telah kami selesaikan. Kami yakin masih banyak kekurangan disana sini, baik materi maupun teknis penulisan. Untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun sangat kami harapkan.
Akhirnya kami mohon maaf yang sebesar- besarnya dan berharap semua tulisan ini bisa bermanfaat. Amien.

Dewi Zulaikha
2021110330


A.    NAMA MAJELIS TA’LIM     : IPNU / IPPNU PAC BANYU PUTIH
B.     HARI / TANGGAL                   : Jumat, 27 April 2012
C.    WAKTU                                     : Pukul 19.00 WIB s/d selesai
D.  Pembicara                                  :  K.H.Zainal Arifin dari Tembok Limpung.
E.    ALAMAT                                   : Ds. Banyuputih Kec. Banyuputih Kab.batang
F.     TEMA PENGAJIAN
“ Mendidik Pemuda Pemudi Yang Bersolidaritas Tinggi dan Cinta Terhadap Sesama ”






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar