SEJARAH PERADABAN MASA NABI MUHAMMAD SAW
Disusun oleh :
1. Muhammad Rizfani 2014114066
2. Tri Setiyanto 2014115049
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN) PEKALONGAN
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Kata Pengantar
Puji syukur kehadirat Allah swt yang telah melimpahkan rahmat seta hidayah nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah unuk mata kuliah sejarah dan peradaban islam dengan tepat waktu .
Sholawat serta salam kami haturkan kepada Nabi Muhammad saw yang telah menuntun umat manusia dari zaman jahiliyah sampai sekarang.
Penulis mengucapka banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini. Kami sebgai penulis meminta maaf apabila terdapat kesalahan penulisan,isi,maupun penyusunan dalam makalah ini. Seperti pribahasa “tak ada gading yang tak retak” tidak ada manusia yang luput dari kesalahan,penulis jugs mengharapkan kritik serta saran untuk penyusunan makalah kami selanjut nya. Kami berharap makalah kami dapat bermanfaat bagi pembaca.
Pekalongan,12 Februari 2016
Penulis
I
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Ada banyak kegunaan dalam belajar sejarah, diantaranya adalah pengambilan pelajaran dan tauladan dari contoh-contoh di masa lampau, sehingga sejarah memberikan asas manfaat secara lebih khusus demi kelangsungan hidup. Peradaban yang sekarang ini cenderung mengalami kemunduran ternyata di zaman dahulu peradaban islam pernah jaya dan maju. Dari segi pendidikan tidak ada perbedaan anatara pendidikan agam dengan pendidikan umum. Bnyak ilmuan ahli agama juga sekaligus ahli fisika, matematika dan kedokteran. Contoh kejayaan ini seharus nya di jadikan tauladan di masa sekarang sehingga umat islam mampu bangkit kembali dari keterpurukan
Dalam sejarah peradaban islam Nabi Muhammad saw menjalani hidup nya di makkah dan madinah.Sejarah masa hidup Nabi di kaji dalam bidang sejarah, karena perbedaan dan tantangan yang di hadapai Nabi Muhammad berbeda di dua tempat.
Dalam kondisi masyarakat arab sebelum islam lahir sangat kacau, maka itulah Nabi Muhammad di turunkan. Ayah Nabi Muhammad bernama Abdullah ibn Abdul Mutholib sedangkan ibu nya bernama Aminah Binti Wahab. Dia di lahirkan di kota makkah pada tanggal 20 agustus tathun 570 M. Muhammad terbilang sebagai anak yatim karena ayah nya meninggal ketika dia masih dalam kandungan. Ayah nya meninggal di madinah ketika perjalanan pulang dari kota syam. Pada usia 6 tahun dia menjadi yatim piatu ketika ibu nya jatuh sakit dan meninggal dunia.
Pribadi Nabi Muhammad sangat menarik, semua orang menghormati beliau. Pada waktu Nabi Muhammad berusia 25 tahun beliau menikah dengan seorang wanita bernama khotijah yang berusia 40 tahun. Dalam perjalanan hidup nya Muhammad sering menyendiri atau berkhalwat, usaha ini kemudian membuahkan hasil dengan turunya wahyu pertama surat Al-‘alaq ayat 1 sampai 5 yang sekaligus menandai pengangkatan beliau menjadi Nabi.
B. Rumusan Masalah
1. Apa pengertian dari sejarah?
2. Apa pengertian dari sejarah peradaban islam?
3. Bagaimana sejarah peradaban islam pada masa Nabi Muhammad saw?
II
C. Tujuan
1. Untuk menambah wawasan penulis dan pembaca tentang sejarah
2. Untuk menambah pengetahuan tentang sejarah peradaban islam
3. Menambah wawasan penulis serta pembaca tentang sejarah peradaban islam pada masa Nabi Muhammad SAW
III
DAFTAR ISI
Kata Pengantar.................................................................................. I
Bab I.................................................................................................. II
Pendahuluan...................................................................................... II
Daftar Isi........................................................................................... IV
Bab II................................................................................................ 1
Pembahasan....................................................................................... 1
Pengertian Sejarah............................................................................. 1
Pengertian Sejarah Peradaban Islam.................................................. 2
Sebelum Kerasulan Muhammad........................................................ 3
Masa Kerasulan dan Dakwah Nabi................................................... 4
Periode Makkah................................................................................ 5
Periode Madinah............................................................................... 7
Bab III................................................................................................. 8
Penutup............................................................................................... 8
Daftar Pustaka..................................................................................... 9
IV
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Sejarah
Sejarah merupakan bagian penting dari perjalanan sebuah umat,bangsa,negara maupun individu. Keberadaan sejarah merupakan bagian dari proses kehidupan itu sendiri. Melalui sejarah manusia dapat mengambil banyak pelajaran dari proses kehidupan suatu umat,bangsa,negara,dan sebagainya. Melalui sejarah kita dapat mengetahui betapa umat islam pernah mencapai suatu kejayaan yang di akui oleh dunia internasional. Bagi umat islam sejarah memiliki nilai yang amat penting Menurut Prof. Dr,. Nourizzaman ash-shiddiqie, Paling tidak ada 4 aspek penting yang dapat di ambil dari sejarah, pertama kewajiban kaum muslimin untuk meneladani Rasulullah ,Kedua untuk menafsirkan dan memahami maksud al-Qur’an dan Hadist ,ketiga sebagai alat ukur sanad ,keempat untuk merekan peristiwa penting yang terjadi baik sebelum maupun sesudah kedatangan islam. Disamping itusejarah juga berfungsi untuk mengeal diri sendiri, sebagai cermin masa lalu untuk di jadikan pedoman masa kini dan masa yang akan datang, untuk di teladanidan di pakai sebagai alat analisis.
Sejarah di ambil dari bahasa arab yaitu syajarah yang berarti pohon, sedangkan kata kerja syajarah mempunyai arti pohon silsilah yang kini sering di sebut sabagai sejarah keluarga. Kata sejarah secara umum di pahami memiliki makna dengan kata Al-tarikh dalam bahasa arab dan history dalam bahsa inggris. Kata tarikh dalam kitab kamus bahasa arab menjelaskan bahwa kata tersabut berasal dari bahsa persia tetapi yang lebih umum di terima kata tarikh berasal dari bahasa arab selatan. Kata tarikh secara bahasa berarti penuntuan awal berita,perhitungan zaman dan penuntuan waktu terjadinya peristiwa . Sedangkan histoy sebagai kata yang semakna dengan kata sejarah dalam bahsa inggris. History berasal dari kata benda yunani Istoria yang berarti ilmu. Ssecara terminologis banyak pengertian yang di paparkan oleh para ahli mengenai makna sejarah diantaranya :
1. Ibn Khaldun mendefinisikan sejarah sebagai catatan tentang masyarakat umat manusia atau peradaban dunia tentang perubahan yang terjadi kepada masyarakat
2. Murtadha Muthahhari mendifinisikan sejarah sebagai pengetahuan tentang kejadian masa lampau dalam kaitanya masa kini
3. Taufiq Abdullah berpendapat bahwa sejarah sebagai sesuatuyang memiliki dua arti yaitu sebagai peristiwa masa lampau dan sebagai catatan atau rekaman peristiwa yang terjadi di masa lampau
4. Kuntowijoyo memberikan penjelasan dalam buku nya pengantar ilmu sejarah bahwa sejarah adalah rekonstruksi masa lalu dalam rangka untuk melihat ke masa depan,bukan untuk membangun masa lalu demi masa lalu itu sendiri.
5. Dudung Abdurrahman menjelaskan bahwa sejarah sebagai sebuah ilmuyang mengungkap nilai serta makna daya yang terkandung dalam peristiwa masa lampau.
Dari beberapa definisi tersebut kita dapat mengambil beberapa hal penting ketika memahami sejarah yaitu :
a. Sejarah berkenaan dengan peristiwa masa lalu.
b. Sejarah berkenaan dengan manusia,tindakan dan perilaku manusia.
c. Sejarah di buat dalam rangka memahami peristiwa masa lalu manusia.
Sejarah dipelajari tentunya meiliki manfaat, setidaknya terdapat 3 manfaat sejarah yaitu:
a. Manfaat edukatif bahwa melalui sejarah manusia dapat mengambil pelajaran dari peristiwa-peristiwa di masa lampau baik sebagai contoh,pelajaran makna hidup,maupun sekedar sebagai ilmu pengetahuan.
b. Manfaat sosial, bahwa melalui sejarah kelangsungan hidup sebuah masyarakat dapat dilestarikan.
c. Manfaat prediktif, bahwa sejarah bagaimanapun telah bermanfaat memberikan pandangan dalam ragka kebaikan manusia di masa depan.
Dijelaskan pula oleh al-Quran pengertian sejarah
Firman Allah:
يايها الذين ءامنوا امقوا الله ولتنظر نفس ما قدمت لغد واتقوا الله ان الله خبير بما تعملون
Artinya : “Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah di perbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan”.
B. Pengertian sejarah peradaban islam
Sejarah peradaban islam diartikan sebagai perkembangan atau kemajuan kebudayaan islam dalam perspektif sejarahnya, dan peradaban islam mempunyai berbagai macam pengertian:
1. Sejarah peradaban islam merupakan kemajuan dan tingkat kecerdasan akal yang dihasilkan dalam satu periode kekuasaan islam mulai dari periode Nabi Muhammad saw sampai perkembangan kekuasaan islam sekarang.
2. Sejarah peradaban islam merupakan hasil yang dicapai oleh umat islam dalam lapangan kesustraan,ilmu pengetahuan dan kesenian
3. Sejarah peradaban islam merupakan kemajuan politik atau kekuasaan islam yang berperan melindungi pandangan hidup islam terutama dalam hubungannya dengan ibadah,penggunaan bahasa dan kebiasaan hidup bermsyarakat.
Dalam perspektif islam manusia sebagai pelaku sekaligus pembuat peradaban memiliki kedudukan dan peran inti,kedudukan dan posisi manusia dikisahkan dalam al-Quran.
C. Sejarah Peradaban Islam pada Masa Rosulullah
Mengamati keadaan bangsa arab pra islam,dapat diketahui kondisi masyarakat pada saat itu masih menyembah berhala,berjudi,mabuk-mabukan,membunuh dan masih banyak lagi perbuatan yang tidak baik dan merupakan suatu kesukaan dan kesenangan. Hingga akhirnya Nabi Muhammad lahir membawa petunjuk agama islam untuk mengubah kejahiliyyahan masyarakat atau penduduk pada saat itu agar menjadi manusia yang berakhlak yang baik atau mulia sesuai dengan ajaran islam yang dibawaNya.
a. Muhammad sebelum masa Kerasulan
Nabi Muhammad adalah anggota Bani Hasyim,suatu kabilah yang kurang berkuasa dalam suku Quraisy. Kabilah ini memegang jabatan Siqayah. Muhammad lahir di keluarga terhormat yang relati miskin Muhammad lahir di Makkah pada hari senin pagi 12 Rabi’ul Awal bertepatan dengan tanggal 20 April tahun 571M. Tahun kelahiran Nabi dikenal dengan Tahun Gajah, karena pada tahun itu pasukan Abrahah Al-Asyram dengan menunggang gajah menyerbu Makkah ingin menghancurkan Ka’bah. Ayahnya bernama Abdullah bin Abdul Muthalib sedangkan ibunya bernama Aminah binti Wahab dari Bani Zuhroh. Pada waktu dilahirkan Muhammad dalam keadaan yatim,sang ayah telah meninggal dunia diMadinah dan dikebumikan disana ketika beliah masih dalam kandungan. Kemudian beliah diasuh oleh Halimah Sa’diyah. Dalam asuhannya Dia dibesarkan sampai umur 4 tahun. Ketika berumur 6 tahun ibunya meninggal dunia sehingga dia menjadi yatim piatu. Kemudian Nabi Muhammad diasuh oleh kakeknya yang bernama Abdul Muthalib,dua tahun kemudian kakeknya juga meninggal dunia sehingga Muhammad diasuh oleh pamannya Abu Thalib. Abu Thalib disegani dan dihormati oleh penduduk Makkah terutama orang Quraisy.
Ketika dalam asuhan pamannya,saat itu Muhammad berusia 12 tahun,ia pergi ke negeri Syam mengikuti pamannya dalam suatu perjalanan dagang. Dalam perjalanan tersebut mereka bertemu dengan seorang pendeta bernama Bahira yang melihat tanda-tanda kenabian dalam diri Muhammad. Kemudian pada usia 25 tahun,Beliau kembali mengadakan perjalanan dagang kedua yaitu ke Bashra termasuk kawasan negeri Syam. Perjalanan dilakukan atas gagasan Khadijah. Khadijah adalah janda kaya raya yang berusia 40 tahun. Khadijah tertarik pada Muhammad karena kepribadiannya yang jujur dalam membawakan dagangannya. Kejujuran dan kepercayaan terhadap Muhammad ini juga terbukti dalam perselisihan antar kaum dalam meletakkan hajar aswad ketika ka’bah diperbaiki. Muhammad adalah orang yang pertama lewat pintu syaibah maka sesuai kesepakatan dialah yang berhak meletakkan batu hitam tersebut. Muhammad lalu membentangkan kain yang diletakkan hajar aswad lantas diangkatlah kain tersebut bersama-sama dengan para wakil kabilah. Sejak saat itu Muhammad dijuluki al-amin yang artinya dapat dipercaya. Dari pernikahan dengan Khadijah,dikaruniai enam orang anak dua putra dan empat putri: Qasim,Abdullah,Zainab,Ruqayah,Ummu Kultsum dan Fatimah.
b. Masa Kerasulan dan Dakwah Nabi
Banyak alasan yang membuat Muhammad merenungi kaumnya,diantaranya beliau merasa prihatin dengan kegelapan umatnya yang menyembah berhala,kemerosotan moral yang dilakukan oleh kaum jahiliyyah. Beliau kemudian bertahanus menyepi di gua Hira’ dipuncak Jabal Nur diluar Makkah. usaha untuk mendapatkan petunjuk dari Allah berhasil dengan datangnya malaikat Jibril pada tanggal 17 bulan Ramadhan 611M saat usianya 40 tahun. Wahyu pertama yang turun adalah surat al-‘Alaq ayat 1-5 :
اقرا باسم ربك الذي خلق {1} خلق الانسن من علق {2} اقرا وربك الاكرم {3} الذي علم بالقلم {4} علم الانسن ما لم يعلم {5}
“Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang Menciptakan(1) Dia telah Menciptakan manusia dari segumpal darah(2) Bacalah,dan Tuhanmulah yang Maha pemurah(3) Yang mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam(4) Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya(5)”
Muhammad pun kemudian menceritakan kepada istrinya Khadijah yang kemudian menyelimutinya karena Muhammad merasa badannya menggigil. Pergilah khadijah ke Waraqah mengatakan bahwa Muhammad akan menjadi orang pilihan,Dia telah menerima namus besar seperti yang diterima oleh Musa, dan Muhammad akan menjadi nabi umat ini. Dengan turunnya wahyu pertama ini maka Muhammad telah diangkat menjadi Nabi oleh Allah SWT.
Setelah wahyu pertama turun,Jibril tidak muncul lagi untuk beberapa lama. Dalam keadaan menanti itu wahyu kedua turun kepada Nabi Muhammad yaitu surat Al-Muddatstsir ayat 1-7:
يايها المد ثر{1} قم فانذر {2} وربك فكبر {3} وثيا بك فطهر {4} والرجز فاهجر {5} ولاتمنن تستكثر {6} ولربك فاصبر {7}
“Hai orang yang berkemul(berselimut)(1) Bangunlah,lalu berilah peringatan (2) Dan Tuhanmu Agungkanlah (3) Dan pakaianmu bersihkanlah (4) Dan perbuatan dosa tinggalkanlah (5) Dan janganlah kamu memberi (dengan maksud) memperoleh (balasan) yang lebih banyak (6) Dan untuk (memenuhi perintah) Tuhanmu bersabarlah (7)”
Ketika itu beliau sedang berselimut karena menggigil setelah mendengar suara gemerincing.dari sisnilah kemudian Muhammad diangkat menjadi Rosullah yang berarti harus menyampaikan kepada umat. Mulailah rosulullah berdakwah untuk islam.
c. Periode Makkah
Orang yang pertama kali percaya kepada kenabian dan kerasulan Muhammad adalah Khadijah. Kemudian dakwah Nabi dilanjutkan. Ajakan selanjutnya kepada keponakannya sendiri yang masih kecil berusia 10tahun yaitu Ali bin Abi Thalib. Ketika itu ia melihat Nabi dan Khadijah yang sedang shalat. Ia bertanya dan Nabi mengajaknya masuk islam,ia lalu mengikutinya. Orang ketiga yang masuk islam adalah Zaid bin Haritsah seorang mantan hamba sahaya yang telah menjadi anak angkat nabi.
5
Ini adalah dakwah Rosul secara diam-diam yaitu dikalangan keluarganya sendiri,ia mengajak teman akrabnya Abu Bakar bin Abi Quhafah dari kabilah Taim yang dikenal bersih dan jujur,ia pun percaya dan masuk islam. Kemudian karena piawai dalam hal berdagang Abu Bakar menyiarkan kepada teman perdagangannya yang kemudian mengikutiny masuk islam antara lain: Usman bin Affan, Abdurrahman bin Auf, Talhah bin Ubaidillah, Sa’ad bin Abi Waqas, Zubair bin al-Awwam dan Abu Ubaidillah bin al-Jarrah. Mereka dibawa Abu Bakar langsung kepada Nabi dan masuk islam dihadapan Nabi. Mereka masih sembunyi-sembunyi masuk islam.
Dakwah Nabi dilanjutkan secara terang-terangan,sesuai dengan wahyu Allah dalam surat As-Syuara ayat 214:
وانذر عشير تك الاقربين {214}
“Dan berilah peringatan kepada kerabat-kerabatmu yang terdekat”
Upaya Rasulullah dalam rangka mendakwahkan islam secara terang-terangan mendapat reaksi dari pihak kaum musyrik Quraisy. Reaksi tersebut pada mulanya bersifat bujukan dan rayuan agar Nabi meninggalkan tugasnya menyampaikan ajaran islam,namun dengan tegas Nabi menepis bujukan tersebut.
Hari demi hari reaksi tambah keras,orang musyrik mulai melakukan penganiayaan dan penyiksaan kepada pengikut islam yang waktu itu jumlahnya sangat sedikit. Juga terjadi pemboikotan terhadap orang-orang islam dan nabi Muhammad,pemboikotan ini berlangsung kurang lebih 3 tahun.
Oleh karena tantangan yang dihadapi orang islam sangat berat maka Rasulullah kemudian memerintahkan kepada para sahabat untuk berhijrah ke Habsyah untuk sekedar mencari perlindungan. Tindakan ini juga strategi Nabi untuk memperluas dakwahnya, ini merupakan hijrah pertama yang dilakukan umat islam.
Perjalanan dan perjuangan dakwah Rasul pada periode ini sangat berat,bahkan sampai tahun kelima kerasulan jumlah penganut islam baru sekitar 102 oraang. Ketika Abu Thalib dan Khadijah meninggal tindakan kekerasan kaum kafir Quraisy bertambah. Meninggalnya kedua orang tersebut menjadikan pemuka kaum kafir Quraisy lebih leluasa melakukan penganiayaan terhadap Nabi.
Peristiwa ini adalah peristiwa yang menyedihkan karena ruang gerak Nabi dikota Makkah semakin sempit maka Nabi berhijrah ke Thaif. Tetapi penduduk Thaif tidak senang dengan Nabi dan melakukan penganiayaan kepada Nabi. Tindakan keras kaum kafir Quraisy terhadap Rasullah dan kaum muslin berakhir pada saat Rasul hijrah ke Madinah yang waktu itu disebut dengan Yasrib pada tahun 622M dan sekaligus berakhirnya periode Makkah dizaman Rasullah.
d. Periode Madinah
Rasulullah hijrah ke Madinah diawali dengan peristiwa bai’ah aqabah sughra pada tahun 621M dan bai’ah aqabah kubra 622M. Sebab utama Nabi hijrah ke Madinah yaitu:
1) Perbedaan iklim kedua kota itu mempercepat dilakukannya hijrah,iklim madinah yang lembut dan tenang sangat mendorog penyebaran agama islam diMadinah
2) Nabi-nabi umumnya tidak dihormati dinegaranya sehingga Nabi juga tidak diterima oleh kaumnya sendiri
3) Tantangan Nabi tidaklah sekeras diMakkah
Nabi Muhammad sampai diMadinah tanggal 27 september 822M bertepatan dengan hari senin 12 Rabiul Awal yang kemudian ditetapkan sebagai tahun hijriah. Sebelum sampai diMadinah Nabi singgah di Qubah yang kemudian didirikan masjid pertama dalam sejarah islam kemudian melakukan shalat jumat di masjid tersebut. Apa yang dilakukan Rasul dalam shalat jumat tersebut sebenarnya merupakan sebuah simbol persatuan umat islam ditengah kuatnya kesukuan pada waktu itu.
Penduduk Madinah yang menyambut kedatangan Nabi ini disebut dengan kaum Anshar karena partisipasi dan jasanya yang besar terhadap islam,dan orang islam yang ikut hijrah Nabi disebut kaum Muhajirin. Dalam realitasnya kedua kaum tersebut bersatu dalam mempertahankan wilayah Madinah. Setelah membangun masjid Nabi juga melakukan pembangunan sosial diMadinah. Ba’iat Aqabah yang dulu dilakukan kemudian begitu nyata yaitu didukungnya Nabi Muhammad oleh sebagian kaum Aus dan Kazraj yang kemudian didokumentasikan sebagai piagam madinah.
Dalam periode Madinah ini Rasulullah benar-benar dapat menbina masyarakat secara kondusif. Dan salah satu bukti sejarah bahwa Nabi seorang kepala negara adalah munculnya persoalan siapa yang akan menggantikan setelah beliau wafat sampai akhirnya terpilih Abu Bakar sebagai pengganti khalifah pertama umat islam.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Sejarah peradaban islam pada masa Nabi berawal dari lahirnya Nabi Muhammad lalu turunnya wahyu pertama sehingga Nabi diangkat menjadi Rasul dan membawa agama islam, dakwah Nabi awalnya dilakukan secara sembunyi-sembunyi hingga akhirnya secara terang-terangan.
Namun tidak semua orang mau menerima dakwah Nabi secara lapang dada banyak yang menghina dan menganiaya Nabi salah satunya adalah Kaum Quraisy setelah mendapat perlakuan tidak baik dikota makkah yang dilakukan oleh kaum Quraisy,Nabi lalu hijrah ke Madinah yang akhirnya Beliau mendirikan Masjid pertama dan melakukan shalat jumat disana sebagai simbol persatuan umat islam.
Dikota Madinah beliau mendapat perlakukan yang baik dan mengeluarkan piagam madinah serta Nabi menjadi kepala negara disana hingga Beliau wafat dan digantikan oleh Abu Bakar sebagai Khalifah pertama umat islam.
B. Kritik dan Saran
Demikian makalah ini kami susun guna memenuhi tugas matakuliah sejarah dan peradaban islam semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi pembaca untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan. Penulis sangat mengharapkan kritik dan saran untuk perbaikan makalah kami selanjutnya.
8
DAFTAR PUSTAKA
Fua’di, Imam.2011.Sejarah Peradaban Islam.Yogyakarta:Teras
Khoiriyah.2012.Reorientasi Wawasan Sejarah Islam.Yogyakarta:Teras
Syukur, Fatah.2002.Sejarah Peradaban Islam.Semarang:PT Pustaka Rizki Putra
In’am Esha, Muhammad.2011.Sejarah dan Peradaban Islam.Malang:UIN Maliki Press
9
Tidak ada komentar:
Posting Komentar