Laman

Jumat, 22 April 2016

SPI A 9 (Peradaban Islam di Indonesia)


Sejarah Peradaban Islam 
(Peradaban Islam di Indonesia)



 1. Ali taufan  (2014115012)
2. Samsul bachri  (2014115028)
3. Maslahahtul islami  (2014115038)
4. Rizky Amalia (2014115065)

HUKUM EKONOMI SYARIAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
PEKALONGAN
2016

KATA PENGANTAR

Alhamdullilah,puji syukur ke hadirat Allah Swt. atas segala nikmat dan karunia-Nya sehingga makalah yang berjudul “Peradaban Islam di Indonesia” ini dapat diselesaikan. Salawat dan salam senantiasa tercurah kepada sebaik-baik manusia, nabi Muhammad Saw., keluarganya, dan sahabatnya.
Meraih kebahagiaan dunia dan akhirat secara bersama adalah idaman setiap muslim. Keberhasilan meraih kebahagiaan di dunia saja belumlah cukup, sebagaimana rasanya belum cukup hanya berhasil meraih kebahagiaan di akhirat saja.
Makalah ini tentu tidak terlepas dari kekurangan dan kesalahan baik isi maupun tulisan. Oleh karena itu, penulis dengan senang hati menerima saran dan kritik konstruktif dari pembaca guna penyempurnaan penulisan makalah ini. Akhirnya, semoga makalah sederhana ini menambah khasanah keilmuan dan bermanfaat bagi mahasiswa dalam kegiatan menulis makalah yang baik dan benar. Amin yaa robbal ‘alamin.


Pekalongan,14 April 2016



Penulis,


BAB I 
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang Masalah

    Pada waktu itu bumi indonesia merupakan bumi yang subur yang dapat menghasilkan bahan kebutuhan manusia. Keberadaan Indonesia yang subur banyak mengundang para pedagang dari berbagai negara, kemudian muncul pelabuhan-pelabuhan nusantara yang banyak di kunjungi oleh para pedagang asing seperti Sriwijaya, Majapahit, Melayu, pejajaran dan sebagainnya. Dengan perkembangan yang pesat dalam sektor perdagangan, negara mengalami kemajuan bahkan kejayaan.

Peradaban Islam di Indonesia sejak sebelum kemerdekaan sampai mengalami kemajuan bahkan kejayaan. Peradaban Islam di Indonesia sejak sebelum kemerdekaan sampai setelah kemerdekaan mengalami perubahan yang sangat besar. Perubahan itu terjadi hampir meliputi semua bidang dari sinilah penulisan akan membicarakan peradaban Islam sebelum dan sesudah kemerdekaan.

B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang tersebut perlu kiranya merumuskan masalah sebagai pijakan untuk terfokusnya kajian makalah ini. Adapun rumusan masalahnya sebagai berikut.
1.    Bagaiman Kedatangan Imperialisme barat ke Indonesia ?
2.    Bagaimana Keberadaan Kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia ketika Belanda datang?
3.    Apa Maksud dan Tujuan Kedatangan Belanda  ke-indonesia ?
4.    Bagaiman Strategi Politik Belanda ?
5.    Bagaiman Perlawanan Rakyat terhadap Imperialisme ?
6.    Bagaiman Peradaban Indonesia ?
7.    Apa saja Organisasi Islam di Indonesia ?



C. Metode Pemecahan Masalah

Metode pemecahan masalah yang kami gunakan yaitu dengan membaca buku referensi dan diskusi.

D. Sitematika Penulisan Makalah

Makalah ini ditulis dalam tiga bagian, meliputi: Bab I, bagian pendahuluan yang terdiri dari: latar belakang masalah, perumusan masalah, metode pemecahan masalah, dan sistematika pnulisan makalah; Bab II, adalah pembahasan; Bab III, bagian penutup yang terdiri dari simpulan.



BAB II
PEMBAHASAN

A.  Kedatangan Imperialisme Barat di Indonesia
Pada abad ke-16 mulai terdapat suasana baru diperairan indonesia. Selama berabad-abad perairan Nusantara hanya di layari oleh kapal-kapal dari indonesia dan Asia, seperti cina, pegu, Gujarat, Bengkala,persia dan arabTetapi sejak abad ke-16 di perairan Nusantara muncul pelaut-pelaut dari Eropa.
Orang portugislah yang mula-mula muncul di Indonesia, Kedatangan mereka ke Indonesia, disebabkan beberapa faktor yaitu ekonomi, mereka ingin mendapatkan keuntungan besar dengan berniaga. Mereka ingin membeli rempah-rempah di Maluku dengan harga yang rendah dan dijualnya di Eropa dengan harga yang tinggi. Faktor lainnya yaitu hasrat untuk menyebarkan agama Kristen dan melawan orang Islam. Sejak abad ke-8, kaum muslimin menguasai jazirah Andalusia, selama itu juga terjadi perang dan pertarungan antara orang kristen dan kaum muslmimin, baik di anadalusia maupun kemudian di Timur Tengah. Peperangan itu dikenal dengan perang salib. Faktor lain yaitu hasrat berpetualang yang timbul karena sikap hidup yang dinamis. Pelaut-pelaut Portugis itu ingin melihat dunia diluar tanah airnya. Dengan faktor-faktor itulah orang-orang Portugis berlayar menyusuri pantai barat Afrika terus keselatan dan melingkari Tanjung Harapan (Cope Town), dan menuju ke India. 
Pada abad ke-16, perairan Indonesia kedatangan orang Eropa lainnya, yaitu orang Belanda, Inggris, Denmark, dan Prancis. Maksud kedatangan orang Belanda dan Inggris ketanah air Indonesia tidak berbeda dengan orang Portugis dan Spayol, yakni ingin memperoleh rempah-rempah dengan murah.
Setelah kompeni di kepalai oleh Gubernur Jendarl J.P Coen, maka tujuan mereka makin jelas, yakni menguasai perdagangan rempah rempah di Indonesia, secara sendirian atau monopoli. Dalam upaya melakasanakan monopoli mereka tidak segan-segan menggunakan kekerasan. Kompeni mulai menguasai berbagai wilayah, baik secara langsung atau tidak langsung. Praktek yang demikian sangat merugikan kerajaan kerajaan di Indonesia.
Sekitar tahun 1618-1691, pihak Belanda menyerang pangeran Wijayakrama dan dapat merebut Jayakarta; diatas runtuhnya kota tersebut dibangunlah kota baru yang diberinama Batavia. Banten yang menganggap dirinya berkuasa di Jayakarta tentu tidak tinggal diam, sehingga sejak itulah timbullah permusuhan antara Banten dan Belanda.
B.  Keberadaan Kerajaan-Kerajaan Islam di Indonesia Ketika Belanda Datang
Menjelang kedatangan belanda di Indonesia pada akhir abad 16 dan awal abad ke-17 keadaan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia tidaklah sama. Perbedaan tersebut bukan hanya berkenaan dengan politik, tetapi juga dalam proses pengembangan Islam dikerajan-kerajaan tersebut. Misalnya di Sumatra, penduduk sudah memeluk Islam sekitar tiga abad. Sementara di Maluku dan Sulawesi penyebaran agama Islam baru saja berlangsung.
Di Sumatra setelah Malaka jatuh ketangan Portugis, percaturan politik dikawasan selat Malaka merupakan perjuangan segi tiga: Aceh, Portugis, dan Johor yang merupakan kelanjutan dari kerajaan Malaka Islam. Pada abad ke-16, tampaknya Aceh lebih dominan, terutama karena para pedangang muslim menghindar dari Malaka , dan memilih Aceh sebagai pelabuhan transit. Aceh berusaha menarik perdagangan internasional dan antar kepulauan Nusanatara. Kemenangan Aceh atas Johor, membuat kerajaan terakhir ini pada tahun 1564 menjadi daerah vassal dari Aceh.
Ketika itu memang Aceh sedang mengalami kejayaan dibawah pimpinan Sultan Iskandar Muda. Ia Wafat pada usia 46 tahun pada 27 Desember 1636. Ia digantikan oleh Iskandar Tsani. Sultan ini masih mampu mempertahankan kebesaran Aceh. Akan tetapi, setelah ia meninggal dunia, 17 februari 1641, Aceh kemudian secara berturut-turut dipimpin oleh 3 orang wanita selama 59 tahun. Dan pada masa ini Aceh mulai mengalami kemunduran.
Di Jawa pusat kerajaan Islam sudah pindah dari Pesisir kepedalaman, yaitu dari Demak ke Pajang kemudian ke Mataram. Berpindahan tersebut membawa pengaruh besar untuk perkembangan sejarah Islam di Jawa. Pada tahun 1691, seluruh Jawa Timur praktis sudah berada dibawah kekuasaan Mataram.Yang ketika itu dibawah pemerintahan Sultan Agung. Pada masa ini kontak-kontak bersenjata antara kerajaan Mataram dan VOC mulai terjadi.
Di Sulawesi, pada akhir abad ke-16, pelabuhan Makasar berkembang dengan pesat, Letaknya memang strategis yaitu tempat persingggahan ke Maluku, Filipina, Cina, Batani, kepulauan Nusa Tenggara, dan kepulauan Indonesia bagian Barat. Akan tetapi ada faktor-faktor lain yang mempercepat perkembangan itu, dianatarnya sebagai berikut:
1.    Penduduk Malaka oleh Portugis mengakibatkan terjadinya migrasi
2.    Arus migrasi Melayu bertambah besar  setelah Aceh mengalami ekspedisi
3.    Blokade Belanda terhadap Malaka dihindari oleh pedagang-pedagang baik Indonesia maupun India, Asia barat dan Asia timur.
4.    Merosotnya pelabuhan Jawa timur. 
C.  Maksud dan Tujuan Kedatangan Belanda
Tujuan Kedatangan bangsa belanda di Indonesia pada mulanya didorong oleh keinginan mendapatkan rempah-rempah secara langsung di Indonesia, karena waktu itu dibarat mengalami kesukaran memperoleh rempah-rempah. Maka pada tahun 1506 bersandarlah empat buah kapal belanda di banten, tapi usaha pertama ini dapat dikatakan gagal, Fkarena sifat sombong orang-orang belanda terhadap penduduk setempat, disamping itu juga orang-orang portugis tidak senang kedatangan belanda sebagai saingannya.
Pelayaran pertama disusul pelayaran selanjutnya dan berhasil, namun timbul persaingan antara orang-orang belanda sendiri, maka untuk menghilangkan persaingan itu dibentuklah perserikatan yang terkenal dengan VOC pada bulan maret 1962 M.
Dibentuknya VOC karena melihat hasil yang diperoleh perseroan Amsterdam, yang mengirimkan empat angkatan, yang pertama tahun 1595 oleh cornelis dehout man, kedua tahun 1598 oleh Van Nede Heem Skerck dan Van Warwijck, ketiga tahun 1599 oleh Vander Hagen dan terakhir tahun 1600 oleh Van Neck, yang mana banyak perseroan lain berdiri yang juga ingin berdagang dan berlayar ke Indonesia. Sehingga VOC ini dibentuk dan disahkan oleh Staten General republic dengan satu piagam yang memberi hak khusus kepada VOC untuk berdagang, berlayar dan memegang kekuasaan di kawasan antara tanjung harapan dan kepulauan Solomon.
Di samping itu secara khusus hak-hak istimewa yang diminta VOC, seperti:
1. Hak monopoli di daerah sebelah timur tanjung harapan hingga selat Magelhaens.
2. Diijinkan mengadakan perjanjian dengan raja-raja Indonesia atas nama pemerintah Belanda.
3. Diijinkan membuat benteng-benteng.
4. Diperkenankan diangkat seorang.
5. Diperbolehkan membentuk tentara.
Pada tahun 1798 M. VOC dibubarkan dengan saldo kerugian sebesar 134,7 juta Golden. Ini terjadi karena ada beberapa faktor, di antaranya, pembukuan yang curang, pegawai yang korup, dan sistem monopoli serta sistem tanam paksa dalam pengumpulan bahan-bahan hasil tanaman yang menimbulkan kemerosotan moral baik penguasa maupun penduduk.
Setelah bubar, secara resmi Indonesia pindah ketangan Belanda pada pergantian abad ke-18.Pemerintah belanda berlangsung sampai tahun 1942 dan hanya diinterupsi oleh inggris selama beberapa tahun, pada tahun 1811-1816. Pemerintah belanda tidak berubah sama sekali, bahkan 1816. Belanda memanfaatkan daerah jajahan untuk menanggulangi kemerosotan ekonomi akibat kebangkrutan perang. Dan tahun 1830 M. pemerintah Hindia Belanda menjalankan sistem tanam paksa dan politik liberal di Indonesia setelah terusan suez dibuka dan industri belanda berkembang.
D.  Strategi Politik Belanda
Raja Mataram ( jawa) sultan Agung sejak semula sudah melihat bahwa Belanda adalah Ancaman. Pada tahun 1628 dan 1629, mataram dua kali melakukan serangan ke Batavia, tetapi gagal.Masuknya pengaruh belanda kepusat kekuasaan mataram adalah karena Amangkurat II (1677-1703) meminta bantuan VOC untuk memadamkan pemberontakan Trunojoyo, adipati madura, dan pemberontakan Kajoran. Pada masa Amangkurat III mataram menglami krisis, sementara Belanda .Belanda harus dibayar dengan wilayah dan konsesi dagang.
Dalam jaringan perdagangan di indonesia bagian barat, kedudukan malaka, Johor, dan Banten adalah sangat penting maka Belanda bermaksud untuk menguasainya. Akhirnya mereka memilih Jakarta, daerah yang paling lemah sebagai basis kegiatanya.Meluasnya pengaruh Belanda dalam pemerintahan Mataram, di percepat dengan konflik intern dalam istana. Oleh karenanya pada tahun 1755 Mataram terpecah menjadi dua yaitu: Surakarta dan Yogyakarta, tahun 1757 muncul kekuasaan mangkunegara, dan akhirnya pada tahun 1813 muncul kekuasaan pakualam. Hubungan Banten dengan Belanda beruncing ketika sultan Ageng tirtayasa naik tahta tahun 1651. Ia sangat memusuhi Belanda karena Belanda dipandang menghalangi usaha Banten memajukan usaha perdagangan.
Disulawesi, Gewo tallo melakukan ekpedisi ke Buton, Solor, Sumbawa, Ende, Bima tahun 1626, dan pada tahun berikutnya ke Limboto yang dianggap sebagai daerah kekuasaan ternate.
F.   Peradaban Islam di Indonesia
1.    Sistem Birokrasi Keagamaan
Suatu kenyataan Islam masuk ke Indonesia dilakukan secara damai. Berbeda dengan penyebaran Islam di Timur Tengah yang dalam kasus disertai dengan penduduka wilayah Muslim. Oleh karena penyebaran Islam di Indonesia pertama-tama dilakukan oleh para pedagang, pertumbuhan komunitas Islam bermula di berbagai pelabuhan penting di Sumatra, Jawa dan pulau lainnya. Kerajaan islam yang pertama berdiri juga didaerah pesisir. Seperti: kerajaan samudra pasai, Aceh, Demak, Banten, Cirebon, Ternate, dan Tidore.
Ibu kota kerajaan selain merupakan pusat politik dan perdagangan, juga tempat berkumpul para ulama dan mubaligh islam. Raja-raja Aceh mengangkat para ulama menjadi penasihat dan pejabat di bidang keagamaan.Kedudukan jabatan ulama yang terkuat diantaranya adalah di Aceh dan di Banten.
Birokrasi keagamaan juga berlangsung dibeberapa kerajaan Islam seperti di Kesultanan Demak di Jawa.Semasa menjadi raja Demak dengan gelar senopati jimbun ngabdurrahman panembahan Palembang sayyidin panatagama.Demikian pula yang berlaku di Kerajaan Mataram Islam, Sultan Agama bergelar Sultan Agung Hanyakrakusuma Sayyidinpanata Agama Khalifatullah ing Tanah Jawi.Sultan Agung bahkan memberlakukan kebijakan perpaduan tahun Jawa Saka disesuaikan dengan tahun hijriyah.Hal ini menunjukan perpaduan akulturasi budaya setempat (Jawa) dengan tradisi hukum Islam yang dituangkan dalam sistem birokrasi keagamaan. Demikian pula yang berlaku di beberapa kerajaan lain di Indonesia pada umumnya.
2.    Peran Para Ulama dan Karya-Karyanya
Penyebaran dan pertumbuhan kebudayaan umat Islam di Indonesia terutama terletak di pundak para ulama. Paling tidak ada dua cara yang dilakukan: Pertama, membentuk para kader ulama yang akan bertugas sebagai mubaligh ke berbagai daerah yang lebih luas. Kedua, melalui karya-karya yang tersebar dan dibaca di berbagai tempat yang jauh. Pada abad ke-16 dan 17, banyak sekali bermunculan tulisan para cendekiawan Islam di Indonesia.
Para tokoh-tokoh ulama pertama di Indonesia adalah Hamzah Fansuri, seorang sufi yang berasal dari Fansur (pansur), Sumatra Utara. Karyanya yang terkenal berjudul Asarul Arifin fi Bayan ila Suluk wa At-Tauhid, suatu uraian singkat tentang sifat-sifat dan inti ilmu kalam menurut teologi Islam. Karyanya yang bersifat mistik (tasawuf) adalah Syair Perahu. Karya-karya yang lain adalah Syair Burung Pingai, Syair Dayang, Syair Jawi
Syamsudin As-Sumatrani adalah murid Hamzah Fansuri. Syamsuddin mengarang buku berjudul Mir’atul Mu’minin (Cermin Orang Beriman) pada tahun 1601 M. Karya lainnya adalah Jauhar Al-Haqaid, Risalah At-Tubayyin Mulahazat Al-Muwahidin ‘ala Al-Mulhidin fi Dzikrillah, Kitab Al-Haraqah dan Nur Ad-Daqaiq.
Di Sulawesi, pemikiran tasawuf yang sama juga berkembang, terutama melalui Syaikh Yusuf Al-Makassari (1626-1699M). Karya-karya Syaikh Yusuf al-Makassari yang sebagian dalam bidang tasawuf diperkirakan berjumlah 20 buah.
Pada abad ke-19 M, pemikiran tasawuf mulai bergasar ke pamikiran fiqh seperti yang ditulis oleh Syaikh Muhammad Arsyad Al-Banjari (1710-1812) yang menulis kitab Sabibul Muhtadin dan kitab Perukunan Melayu.Kiai Haji Ahmad Rifai (1786-1875) yang menulis banyak buku, di antaranya Husnul Mathalib, Asnal Maqashid dan Jam’ul Masa’il.
Di Semarang, terdapat ulama terkenal, Syaikh Shaleh Darat (1820-1903). Karya-karyanya antara lain: Kitab Tafsir Faidhur Rahman (1891 M), Kitab Lathaifuth Thaharat (fiqh), KitabJauharatut Tauhid (tauhid), dan lain-lain.
Disamping mareka yang disebutkan di atas, masih banyak para ulama lain yang sangat berjasa dalam pengembangan agama islam di Indonesia melalui karya-karyanya.
3.    Corak Bangunan Arsitek
Hasil seni bangunan pada zaman pertumbuhan dan berkembangan Islam di Indonesia antara lain masjid kuno Demak, Masjid Agung Ciptarasa Kesepuhan di Cirebon, Masjid Agung Banten, Baiturrahman di Aceh, Masjid Ampel di Surabaya. Masjid-masjid itu menunjukan keistimewaan dalam denahnya yang berbentuk persegi empat atau bujur sangkardengan bagian kaki yang tinggi serta pejal, atapnya bertumpang dua, tiga, lima atau lebih, dikelilingi parit atau kolam air di bagian depan atau sampingnya yang berserambi.Selain itu, pada pintu gerbang, baik di keraton maupun di makam orang yang dianggap keramat berbentuk candi bentar, kori agung yang menunjukan corak pintu gerbang sebelum islam. 
Beberapa bangunan arsitektur Islam di Indonesia, memiliki ciri khas tersendiri dengan mengadaptasi budaya sebelumnya.
4.    Lembaga Pendidikan Islam
Lembaga-lembaga pendidikan islam sebenarnya sudah berkembang sejak zaman penjajahan belanda. Salah satu bentuk pendidikan islam tertua di Indonesia adalah pesantren. pesantren sebagai lembaga pendidikan islam mempunyai kontribusi yang sangat besar dalam pembentukan budaya masyarakat Islam di Indonesia. 
Setelah merdeka, pendidikan islam mulai mendapat kedudukan yang sangat penting dalam sistem pendidikan nasional. Terutama setelah dibentuknya Departemen Agama pada tanggal 3 Desember 1946 yang bertugas mengurusi penyelenggaraan pendidikan agama di sekolah umum dan madrasah serta pesantren-pesantren.
Pada tahun 1958 pemerintah terdorong untuk mendirikan Madrasah Negeri.Perkembangan pendidikan islam terus di ditingkatkan. Tuntutan untuk mendirikan Perguruan Tinggi juga meningkat. Sebelum kemerdekaan di Minangkabau sudah berdiri perguruan tinggi pertama, yaitu Sekolah Islam Tinggi yang didirikan oleh persatuan Guru-guru Agama Islam (PGAI) di padang. Di Jakarta didirikan STI (Sekolah Tinggi Islam) pada juli 1945, karena pergolakan kemerdekaan STI dipindah ke Yogyakarta dan pada 22 Maret 1945 STI berubah menjadi UII (Universitas Islam Indonesia). Setelah kemerdekaan di Yogya juga dibuka UGM (Universitas Gadjah Mada).Di Jakarta dibuka ADIA (Akademik Dinas Ilmu Agama).Pada bulan Mei 1960 Departemen Agama menggabungkan PTAIN dengan ADIA menjadi IAIN yang berkedudukan di Yogya dan bercabang di Jakarta. Di Banda  Aceh juga didirikan Fakultas Agama Islam Negeri. Tahun 1960 FAIN diubah menjadi Fakultas Syariah Banda Aceh yang merupakan Cabang IAIN Yogyakarta.Setelah beberapa tahun Departemen Agama memisahkan IAIN menjadi dua yang masing-masing berdiri sendiri, yaitu IAIN Yogyakarta dan IAIN Jakarta.
IAIN bertambah pesat, selain itu ditambah dengan tumbuhnya perguruan tinggi swasta, diantaranya UNJ, UM, UNISBA, UNISMA.Pendidikan Islam mengalami kemajuan dalam mengiringi modernitas. Terakhir  pada tahun 2002, IAIN Syarif Hidayatullah berubah menjadi UIN (Universitas Islam Negeri) Syarif Hidatullah yang didalamnya menyenggarakan pendidikan  fakultas agama, dan juga membuka Fakultas Psikologi. Di samping itu sedang dirancang pendirian Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan.
G. Organisasi-Organisasi Islam di Indonesia
Beberapa organisasi islam di Indonesia telah memiliki andil yang cukup besar terhadap proses pengembangan agama Islam. Di antara organisasi- oarganisasi Islam di Indonesia adalah sebagai berikut;
1.    Al-Jami’at Al-Khairiyah
Organisasi yang lebih dikenal dengan nama Jami’at Khair ini didirikan di Jakarta pada tanggal 17 Juli 1905. Anggota organisasi ini    mayoritas orang-orang Arab, tetapi untuk  seiap muslim bisa menjadi anggota tanpa diskriminasi asal usul.
Dua bidang yang sangat diperhatikan oleh organisasi ini ialah, pertama, pendirian dan pembinaan satu sekolah pada tingkat dasar dan, kedua, pengiriman anak-anak muda ke turki untuk melanjutkan studi. Selain itu jami’at khair adalah organisasi pertama dengan bentuk modern dan mendirikan suatu lembaga pendidikan dengan sistem yang modern.

2.    Syarikat Islam (SI)
Syarikat Islam (SI) awalnya adalah Serikat Dagang Islam (SDI) yang didirikan oleh KH.Samanhudi pada tahun 1950 M di Solo.Kemudian pada tahun 1912 M, SDI berubah menjadi Syarikat Islam (SI) yang diprakarsai oleh HOS. Cokroaminoto, Abdul Muis, H. Agus Salim. Awalnya SI merupakan organisasi yang bergerak di bidang keagamaan, tetapi kemudian menjadi gerakan politik. Pada saat itu ini SI juga bergerak di bidang dakwah Islam dan sosial.
3.    Muhammadiyah 
Organisasi islam yang didirikan oleh K.H.A. Dahlan pada tahun 1912. Pada awalnya, Dahlan dengan organisasinya dianggap sebagai tokoh controversial karena jalan pikirannya menentang arus, tidak sejalan dengan sistem pendidikan islam tradisional. Namun sebenarnya di situlah letak gagasan “pembaruan” Dahlan dalam dunia pendidikan Islam di Indonesia ia mengambil alih sistem pengajaran barat dengan ilmu pengetahuan ‘umum’ dan sekaligus mengajarkan ilmu-ilmu keislaman.Usaha Muhammadiyah di bidang pendidikan menyiratkan gerak aktivitas yang beragam dan bersekala luas, yaitu sejak dari pendidikan taman anak-kanak hingga perguruan tinggi.
4.    Nahdlatul Ulama (NU)
Nahdlatul Ulama (NU) adalah organisasi massa Islam yang didirikan oleh para ulama pesantren dibawah pimpinan KH. Hasyim Asy’ari, di Surabaya pada tanggal 31 Januari 1926.Lapangan usaha NU meliputi bidang pendidikan, dakwah, dan sosial.NU memiliki pendok pesantren besar yang menyebar di Indonesia.Di samping pesantren pendidikan yang dikelola NU adalah sekolah-sekolah formal sejak MI, MTs, MA, juga SD, SMP, SMA sampai Perguruan Tinggi.
5.    Jam’iyatul Washliyah
Suatu organisasi Islam yang diresmikan pendiriannya pada 30 November 1930 M didirikan di Medan. Para Ulama yang ikut mendirikan Jam’iyatul Washliyah antara lain: Ismail Banda, Abdurrahman Syihab, M Arsyad Thahir Lubis. Al-Jam’iyatul Wasliyah banyak memiliki sekolah madrasah yang telah mengeluarkan lulusannya sebagai tokoh terkemuka di masyarakat.
6.    Al-Islah Wal Irsyad (Al-Irsyad Al-Islamiyyah)
Organisasi ini didirikan pada tahun 1914 oleh Syaikh Ahmad Surkati yang dilahirkan di Dunggala, Sudan pada tahun 1872.kemudian  organisasi ini terkenal dengan sebutan Al-Irsyad, yang terdiri dari golongan-golongan awali. Pada tahun 1915 berdirilah sekolah Al-Irsyad yang pertama di Jakarta, yang kemudian disusul oleh beberapa sekolah dan pengajian lain yang sehaluan dengan itu.

7.    Persatuan Tarbiyah Islamiyah (PERTI)
Organisasi ini didirikan pada 20 Mei 1930 di Bukittinggi Sumatra Barat oleh sejumlah ulama terkemuka di Minangkabau, di bawah pimpinan Syaikh Sulaiman Ar-Rasuli.PERTI memiliki bidang usaha dalam bidang pendidikan dan dakwah.PERTI pernah terjun di bidang politik praktis sebagai partai politik.
8.    Persatuan Umat Islam (PUI)
Persatuan Umat Islam (PUI) didirikan oleh KH. Abdul Halim, seorang ulama pengasuh pondok pesantren di Majalengka Jawa Barat tahun 1911. Dalam perkembangan berikutnya PUI memiliki banyak sekolah dan pondok pesantren yang menyebar di Wilayah Jawa Barat.
9.    Persatuan Islam (PERSIS)
Organisasi massa Islam yang didirikan oleh para ulama yang beraliran pembaharu di Bandung pada 12 September 1923. Para ulama pendiri PERSIS adalah KH.Zamzam dan A. Hassan.persis merupakan organisasi yang bergerak dalam bidang pembaruan.Bidang usahanya meliputi bidang dakwah, pendidikan dan penerbitan.
10.              Majlis Ulama Indonesia (MUI)
Didirikan pada 26 Juli 1975.Lembaga ini bertugas memberikan fatwa dan nasihat seputar masalah keagamaan dan kemasyarakatan sebagai bahan pertimbangan pemerintah dalam menjalankan pembangunan.
Disamping organisai Islam yang disebutkan di atas, sebenarnya masih terdapat berbagai organisasi Islam lainnya, baik yang bersifat nasional maupun local yang bergerak dalam bidang dakwah islamiyah.Semua organisasi tersebut memiliki andil dan kontribusi yang sangat besar bagi pengembangan dakwah Islamiyah di negeri Indonesia.



BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan

Keberadaan Indonesia yang subur banyak mengundang para pedagang dari berbagai negara, kemudian muncul pelabuhan-pelabuhan nusantara yang banyak di kunjungi oleh para pedagang asing seperti Sriwijaya, Majapahit, Melayu, pejajaran dan sebagainnya. Dengan perkembangan yang pesat dalam sektor perdagangan, negara mengalami kemajuan bahkan kejayaan.

Peradaban Islam di Indonesia sejak sebelum kemerdekaan sampai mengalami kemajuan bahkan kejayaan. Peradaban Islam di Indonesia sejak sebelum kemerdekaan sampai setelah kemerdekaan mengalami perubahan yang sangat besar.

B. Saran
Kami menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan makalah ini masih jauh dari sempurna. Banyak kekurangan disana-sini untuk itu mohon kiranya para pembaca sekalian mau memberikaan masukan kritik dan saran guna perbaikan dimasa yang akan datang.


DAFTAR PUSTAKA
Amin, Samsul Munir. 2015. Sejarah Peradaban Islam. Jakarta: Amzah
Sunanto, Musyrifah. 2010. Sejarah Peradaban Islam Indonesia. Jakarta: Rajawali pers
YatimBadri. 2013 Sejarah Peradaban Islam. Jakarta; PT RAJAGRAFINDO PERSADA.
Syukur, Fatah2012.  Sejarah Peradaban Islam, Semarang; PT. PUSTAKA RIZKI PUTRA.

LAMPIRAN
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar