Laman

new post

zzz

Jumat, 27 Oktober 2017

sbm B 9-c MACAM-MACAM MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN

MACAM-MACAM MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN

Iswatun
2023116141
KELAS B

JURUSAN PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) PEKALONGAN
2017



  
KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan atas kehadirat Allah swt yang telah melimpahkan rahmat, taufiq, hidayah, serta inayah-Nya. Sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah strategi belajar mengajar yang bertema “media pembelajaran dengan sub tema macam-macam alat dan media pembelajaran”
Sholawat serta salam penulis panjatkan kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad saw  yang kita harapkan syafaatnya di Yaumul akhirat nanti.
Dalam penyusunan makalah ini, penulis berterima kasih kepada bapak Muhammad Hufron, M.S.I selaku dosen pengampu mata kuliah strategi belajar mengajar yang telah memberikan bimbingan dalam menyelesaikan makalah ini dan penulis berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini baik secara langsung maupun tidak langsung.
Penulis berharap semoga semua pihak yang telah memberikan bantuan kepada penulis dapat bermanfaat dan mendapat pahala dari Allah swt serta makalah ini dapat memberikan manfaat bagi penulis dan pembaca. Dalam penyelesaian makalah ini penulis tidak luput dari kesalahan dan kekurangan, oleh karena itu, jika pembaca menemukan kesalahan dalam makalah ini, penulis meminta kritik dan saran yang membangun dari  pembaca.

Pekalongan,   Oktober 2017
Penulis






BAB I
PENDAHULUAN
Tema: media pembelajaran
Sub tema: macam-macam media dan alat pembelajaran
Mengapa media dan alat pembelajaran perlu dikaji? Karena media dan alat pembelajaran merupakan komponen interaksi edukatif yang dapat menunjang dalam mencapai proses kegiatan belajar mengajar, proses komunikasi serta interaksi yang harus terjadi secara efektif. Media belajar sebagai alat, metode dan teknik yang dapat digunakan dalam rangka lebih mengeefektifkan komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa dalam proses pengajaran. Oleh karena itu perlu adanya pembelajaran yang mampu menghubungkan antara media dan alat media pembelajaran dengan proses belajar mengajar, sehingga guru dengan mudah mengaplikasikan media dan alat pembelajaran dalam proses pembelajaran dan pembelajaran lebih bervariasi dengan menggunakan media dan alat pembelajaran tersebut.










BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Media dan Alat Pembelajaran
Kata media berasal dari bahasa latin medius yang secara harfiah berarti tengah, perantara atau pengantar. Dalam bahasa arab media adalah perantara (وسائل) atau pengantar pesan dari pengirim kepada penerima pesan.
menurut AECT media adalah  segala bentu dan saluran yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi. Menurut  Heinich  media adalah perantara yang mengantar informasi anatara sumber dan penerima. Hamidjojo mengatakan media adalah semua bentuk perantara yang digunakan oleh manusia untuk meyampaikan atau menyebar ide, gagasan agar pendapat tersebut sampai kepada penerima. Gagne dan Briggs mengatakan secara implisit bahwa media pembelajaran meliputi alat yang digunakan untuk menyampaikan isi, materi,  yang berupa buku, foto, gambar dll.
Jadi, media pembelajaran adalah suatu perantara yang digunakan oleh seorang guru untuk mempermudah dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada seorang siswanya.
Sedangkan alat pembelajaran adalah segala sesuatu yang digunakan untuk membantu pencapaian tujuan pembelajaran. Alat pembelajaran memiliki wujud fisik dan non fisik. Alat pembelajaran yang berwujud fisik yaitu alat pembelajaran yang tidak berhubungan langsung dengan penyampaian materi  yang disebut dengan istilah sarana dan prasarana dan alat pembelajaran yang berhubungan langsung dengan penyampaian materi. Sedangkan alat pembelajaran yang berwujud non fisik berupa perintah, larangan, hukuman, ganjaran yang mempunyai kedudukan sama dengan alat pembelajaran fisik yaitu berfungsi untuk membantu pencapaian tujuan pembelajaran yang telah diterapkan.
B. Macam-Macam Media Pembelajaran
1. Beberapa jenis media yang biasa digunakan dalam pembelajaran yaitu:
a. media grafis, seperti gambar,sketsa, diagram, bagan dan grafik.
b. teks
c. audio
d. animasi
e. video
2. Macam-macam media pembelajaran berdasarkan pengelompokkannya yaitu:
a. Dilihat dari jenisnya, media dapat dibedakan menjadi sebagai berikut:
1)  Media audio
Medi auditif yaitu media yang berkaitan dengan pendengaran peserta didik. Misalnya radi dan kaset.
2)  Media visual
Media visual yaitu media yang hanya mengandalkan indra penglihatan. Media ini ada yang menampilkan gambar diam seperti foto, gambar atau lukisan. Selain itu juga menampilkan gambar gerak seperti film kartun.
3) Media audio visual
 Media audio visual yaitu media yang mempunyai unsur suara dan unsur gambar.
Media audio visual ini terbagi menjadi dua bagian yaitu:
a) Media audio visual diam
Media audio visual diam yaitu media yang menampilkan suara dan gambar diam. Seperti film bingkai suara, film rangkai suara.


b) Media audio visual gerak
Media audio visualgerak yaitu media yang dapat menampilkan unsur suara dan gambar yang bergerak. Seperti film suara dan video-cassetle.
Pembagian lain dari media audio visual ini adalah:
a) Audiovisual murni
Audiovisual murni yaiu baik unsur suara maupun gambar berasal dari sutu sumber. Seperti film video-cassetle.
b) Audiovisual tidak murni
Audiovisual tidak murni yaitu unsur suara dan unsur gambar berasal dari sumber yang berbeda. Seperti film bingkai suara yang unsur gambarnya bersumber dari slide proyektor dan unsur suara beraal dari tape recorder
b.  Dilihat dari daya liputnya, media dibedakan menjadi:
1) media dengan daya liput yang luas dan serentak
Penggunaan ini tidak terbatas oleh tempat dan ruang serta dapat mejangkau jumlah anak didik yang banyak dalam waktu yang sama. Seperti radio dan televisi.
2) media dengan daya liput yang terbatas oleh ruang dan tempat
Media dalam penggunaannya membutuhkan ruang dan tempat yang khusus. Seperti film, sound slide, film rangkai, yang harus menggunakan tempat yang tertutup dan gelap
3)  media untuk pembelajaran individual
Media ini penggunaannya hanya untuk seorang diri. Yang termasuk media ini adalah modul berprogram dan pembelajaran melalui komputer.


c. Dilihat dari bahan pembuatannya, media dibagi dalam:
1) Media sederhana
Media ini bahan dasarnya mudah diperoleh dan harganya murah, cara pembuatannya mudah dan penggunaannya tidak sulit.
2) Media kompleks
Media ini adalah media yang bahan dan alat pembuatannya sulit diperoleh seta mahal harganya, sulit membuatnya dan penggunaanya memerlukan keterampilan yang memadai.
3. Macam-macam media menurut para ahli sebagai berikut:
a. menurut Rudi Bletz ada 7 klasifikasi media yaitu:
1) media audio visual gerak
2) media audio visual diam
3) media audio dan seni gerak
4) media visual gerak
5) media visual seni gerak
6) media audio
7) media cetak
b.  Menurut Omar Hamalik ada 4 klasifikasi media pengajaran, yaitu:
1) alat-alat visual yang dapat dilihat , misalnya film strip,       transparansi, micro projector, papan tulis, buletin board, gambar-gambar, ilustrasi, chart, grafik, poster, peta dan globe.
2) alat-alat yang bersifat auditif hanya dapat didengar, misalnya ponograph record, transkipsi electris, radio, rekaman pada tape recorder
3) alat-lat yang bisa dilihat dan didengar, misalnya film dan televisi, benda-benda 3 dimensi yang biasanya dipertunjukkan.

c. Menurut Anderson
Anderson mengelompokkan media menjadi sebagi berikut ini:
No
Kelompok Media
Media instruksional
1.
Audio
Pita audio, piringan audio, radio
2.
Cetak
Buku teks, bugu tugas
3.
Audio-cetak
Buku latihan dilengkapi kaset, gambar atau poster
4.
Proyek visual diam
Fil bingkai, film rangkai
5.
Proyek visual diam dengan audio
Film bingkai suara, film rangkai suara
6.
Visual gerak
Film bisu dengan judul
7.
Visual gerak dengan auido
Film video.

C. Macam-Macam Peralatan Media Pembelajaran
Peralatan pembelajaran dibagi menjadi:
1. Peralatan proyeksi (optik):
a. Overhead projektor (ohp)
OHP merupakan peralatan yang paling sederhana. Karena peralatan ini hanya menggunakan sistem optik dan elektrik. Berfungsi untuk memproyeksikan atau menyajikan transparansi.
b. Microfon reader
Microfon reader merupakan peralatan untuk membaca bahan-bahan yang disimpan pada film pada bentuk ukuran mikro. Ada dua bentuk film yang digunakan yaitu micro fil dan microfiche.
c. Proyektor film rangkai Strip Projector
Proyektor film rangkai yaitu proyektor yang digunakan untuk memproyeksikan film rangkai. Proyektor film rangkai meliputi proyeksi belakang layar, proyeksi depan layar dan proyeksi belakang dan depan layar.
d. Proyektor film bingkai
Proyektor film bingkai merupakan peralatan dalam kelompok peralatan proyeksi optik karena fungsi utamanya adalah memproyeksikan film bingkai.
e. Proyektor film gelang
Proyektor film gelang merupakan proyektor yang digunakan untuk memutar film gelang. Film yang digunakan adalah film 8mm, yang dikemas dalam sambang atau cartridge.
2. Peralatan elektronik:
a. Radio perekam kaset audio
b. Penala radio
c. Perekam pita audio
d. Perekam kaset audio
e. Amplifier
f. Loudspeaker
g. Perekam kaset audio sinkron
h. Perekam pita video
i. Perekam kaset video
j. Sambang video
k. Video monitor
l. Proyektor video.
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
media pembelajaran adalah suatu perantara yang digunakan oleh seorang guru untuk mempermudah dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada seorang siswanya. Alat pembelajaran adalah segala sesuatu yang digunakan untuk membantu pencapaian tujuan pembelajaran. Media pembelajaran terbagi menjadi beberapa macam, dari media yang biasa digunakan, menurut jenisnya, menurut bahannya, dan menurut daya liputnya. Para ahli juga membagi media pembelajaran menjadi beberapa macam, diantara para ahli yang mengelompokkan media adalah Rudi Bletz, Omar Hamalik, dan Anderson.
Macam-macam peralatan pembelajaran yaitu Overhead projektor (ohp), microfon reader, proyektor film rangkai Strip Projector, proyektor film bingkai, proyektor film gelang, radio perekam kaset audio, penala radio, perekam pita audio, perekam kaset audio, amplifier, loudspeaker, perekam kaset audio sinkron, perekam pita video, perekam kaset video, sambang video, video monitor, dan proyektor video.












DAFTAR PUSTAKA

Arsyad Azhar.2010.Media Pembelajaran, Jakarta : Rajawali Pers.

Djamarah Bahri Syaiful dan Zain Aswan.1996. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : IKAPI.

Djaramah Bahri Syaiful dan  Zain Aswan. Strategi Belajar Mengajar.2013. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Hamdani.2011.Strategi Belajar Mengajar.Bandung : CV Pustaka Setia.

Mustakim Zaenal.2017.Strategi dan Metode pembelajaran ( Edisi Revisi).Yogyakarta: Matagraf.

Mustakim  Zaenal.Strategi dan Metode pembelajaran Buku 1.2009.Yogyakarta : Gama Media.

Sadiman. S,  Rahardjo. R, Haryono Anung dan Rahardjito, Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya.2007.Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sanjaya Wina. Media Komunikasi Pembelajaran.2012.Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Wuryandani Wuri dan Fathurrohman.2012. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar.Yogyakarta : Ombak Anggota IKAPI.




PROFIL PENULIS MAKALAH

 Iswatun, wanita kelahiran Batang, 19 Januari 1998. Tinggal di Desa Kalibeluk kecamatan Warungasem Kabupaten Batang.  Dia pernah menempuh pendidikan di MI Al-Amin Kalibeluk, lalu melanjutkan ke SMP N 2 Warungasem, kemudian melanjutkan ke MAN 2 Pekalongan, setelah lulus dari MAN, dia melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi IAIN Pekalongan FAKULTAS Tarbiyah jurusan PGMI.












LAMPIRAN



                            
       
























































Tidak ada komentar:

Posting Komentar