MODEL
PEMBELAJARAN
(KELEBIHAN
DAN KEKURANGAN STUDENT CENTER DAN TEACHER CENTER)
MUTAKHOFIFAH ARIANA
NIM. 2317103
KELAS E
JURUSAN
PGMI
FAKULTAS
TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
INSTITUT
AGAMA ISLAM NEGERI PEKALONGAN
2018
KATA PENGANTAR
Alhamdullilah, puji syukur ke hadirat Allah SWT. atas segala nikmat dan karunia-Nya
sehingga makalah yang berjudul “KELEBIHAN
DAN KEKURANGAN STUDENT CENTER DAN TEACHER CENTER” ini dapat diselesaikan.
Shalawat dan salam senantiasa tercurah kepada sebaik-baik manusia, Nabi
Muhammad SAW., keluarganya, dan sahabatnya.
Makalah ini tentu tidak terlepas dari kekurangan dan
kesalahan. Oleh karena itu, penulis dengan senang hati menerima saran dan
kritik konstruktif dari pembaca guna penyempurnaan penulisan makalah ini.
Akhirnya, semoga makalah ini menambah khasanah keilmuan dan bermanfaat bagi
mahasiswa. Amin yaa robbal ‘alamin.
Pekalongan, 1 Oktober 2018
Penulis
DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR.............................................................................. ii
DAFTAR ISI.............................................................................................. iii
BAB I PENDAHULUAN..................................................................... 4
A.
Latar Belakang ..................................................................... 4
B.
Rumusan Masalah.................................................................. 4
C.
Metode Pemecahan Masalah................................................. 4
D.
Sistematika Penulisan Makalah............................................
4
BAB II PEMBAHASAN........................................................................ 5
A.
Kelebihan dan Kekurangan Teacher Center.......................... 5
B.
Kelebihan dan Kekurangan Student Center.......................... 5
BAB III PENUTUP................................................................................. 7
A.
Simpulan................................................................................ 7
DAFTAR PUSTAKA............................................................................... 8
BIODATA PENULIS................................................................................ 9
LAMPIRAN............................................................................................... 10
A. Latar Belakang
Strategi pembelajaran secara garis besar
terbagi menjadi dua macam, pertama yaitu pembelajaran yang berpusat pada guru
(Teacher Centered Learning) atau disebut dengan TCL. Strategi TCL merupakan
pembelajaran yang sepenuhnya dikendalikan oleh guru pelajaran. Kedua adalah
pembelajaran yang berpusat pada murid (Student Centered Learning) atau disebut
dengan SCL. Strategi SCL merupakan strategi yang berusaha meng-explore
kemampuan siswa untuk aktif mencari, menggali, dan merumuskan materi
pelajaran.Kedua strategi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan
masing-masing.
TCL secara teori memiliki kelebihan
yaitu materi dapat disampaikan oleh guru secara gamblang dan mendetail sesuai
dengan kemampuan guru, kondisi kelas tenang karena dipegang penuh oleh guru.
Namun kekurangan dari TCL adalah siswa sering merasa bosan dan ilmu yang
didapat tidak berkembang, sehingga seolah-olah menjadi ilmu “turun-temurun”.
Sedangkan untuk SCL secara teori memiliki kelebihan yaitu siswa dapat aktif
menggali ilmu, bereksplorasi, dan merumuskan materi yang didapat. Namun
kekurangan SCL adalah siswa menjadi sangat aktif, sehingga kelas menjadi gaduh
dan menuntut guru lebih ekstra mengendalikan kondisi kelas.
B.
Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang tersebut perlu kiranya
merumuskan masalah sebagai pijakan untuk terfokusnya kajian makalah ini. Adapun
rumusan masalahnya sebagai berikut.
1. Apa saja kelebihan dan
kekurangan Teacher Center?
2. Apa saja kelebihan dan
kekurangan Student Center?
C.
Metode Pemecahan Masalah
Metode pemecahan masalah yang dilakukan melalui studi
literatur/metode kajian pustaka, yaitu dengan menggunakan beberapa referensi
buku atau dari referensi lainnya yang merujuk pada permasalahan yang dibahas.
Langkah-langkah pemecahan masalahnya dimulai dengan menentukan masalah yang akan dibahas dengan melakukan perumusan masalah,
melakukan langkah-langkah pengkajian masalah, penentuan tujuan dan sasaran,
perumusan jawaban permasalahan dari berbagai sumber, dan penyintesisan serta
pengorganisasian jawaban permasalahan.
D.
Sistematika Penulisan Makalah
Makalah ini ditulis dalam tiga bagian, meliputi: Bab I, bagian
pendahuluan yang terdiri dari: latar belakang masalah, perumusan masalah,
metode pemecahan masalah, dan sistematika penulisan makalah: Bab II, adalah
pembahasan; Bab III, bagian penutup yang terdiri dari simpulan.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Kelebihan dan Kekurangan Teacher Center
Pembelajaran yang berpusat atau
dominan pada guru memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus di ketahui baik
oleh pendidiknya sendiri atau peserta didik. Berikut kelebihan dan kekurangannya.
1.
Kelebihan Teacher Center
a) Guru mudah menguasai kelas
b) Mudah mengorganisasikan tempat duduk/
kelas
c) Dapat diikuti oleh jumlah siswa yang
besar
d) Mudah mempersiapkan dan melaksanakannya
e) Guru mudah menerangkan pelajaran dengan
baik
f) Membantu siswa mendapatkan informasi
yang sulit di akses dengan cara lain
g) Membantu siswa mengintegrasikan
informasi dari berbagai sumber
2. Kekurangan Teacher Center
a) Mudah menjadi verbalisme
b) Mematikan kreativisme peserta didik
c) Menyebabkan siswa menjadi pasif
d)
Guru sulit untuk menyimpulkan bahwa siswa mengerti dan tertarik apa yang
disampaikan
e) Bila guru kurang memiliki kemampuan
bertutur yang baik maka hal ini akan membosankan
f) Tidak secara efektif menarik dan
mempertahankan perhatian siswa
g) Tidak memungkinkan guru memeriksa
persepsi dan perkembangan pemahaman siswa
h) Memberikan beban berat pada kemampuan
memori kerja siswa yang terbatas
B.
Kelebihan dan Kekurangan Student Center
1. Kelebihan Student Center
a) Siswa lebih sering berperan aktif
b) Meningkatkan interaksi kooperatif
diantara siswa
c) Berpartisipasi di berbagai
kegiatan investigative
d) Toleransi terhadap keberagaman
e) Meningkatkan kreativitas dan
kinerja siswa dalam tugas-tugas akademis
f) Siswa memiliki motivasi yang kuat
untuk mengikuti kegiatan pembelajaran
g) Dapat menambah wawasan pikiran
dan pengetahuan bagi guru karena sesuatu yang disampaikan siswa mungkin belum
di ketahui oleh pendidik
h) Mengenalkan berbagai macam gaya
belajar
i) Memperhatikan kebutuhan dan latar
belakang pembelajar
2.
Kekurangan Student Center
a) Untuk peserta didik dalam
jumlah banyak sulit untuk diimplementasikan
b) Kemungkinan untuk menggunakan
waktu yang lebih banyak
c) Belum tentu efektif untuk semua
kurikulum
d) Belum tentu sesuai untuk peserta
didik yang tidak terbiasa aktif, mandiri,
dan demokratis
e) Sulit diimplementasikan
pada kelas besar
f) Memerlukan waktu
lebih banyak
g) Tidak efektif
untuk semua jenis kurikulum
h) Tidak cocok untuk siswa yang tidak terbiasa aktif, mandiri,
dan demokratis.
PENUTUP
A. Kesimpulan
Pembelajaran teacher center
adalah pembelajaran yang berpusat atau yang dominan berperan di kelas adalah
guru. Pada tahap ini guru menggunakan strategi-strategi yang berbeda untuk
membantu menjadikan siswa mencapai tujuan-tujuan yang telah diidentifikasi
sebelumnya pada tahap perencanaan. Pembelajarn berpusat pada guru ini
menjadikan pendidik mudah menguasai kelas, pendidik mudah mempersiapkan dan
melaksanakannya dan juga mudah menerangkan pelajaran dengan baik. Sedangkan
pembelajaran student center adalah pembelajran yang lebih berpusat pada siswa
yang mana pada pembelajaran ini menjadikan siswa mampu untuk menjadi peserta
didik yang aktif dan mandiri dalam proses belajarnya, yang bertanggungjawab dan
dan memiliki inisiatif untuk mengenali kebutuhan belajarnya, yang menemukan sumber-sumber
informasi untuk dapat menjawab pertanyaannya.
DAFTAR
PUSTAKA
Arend,
Richard L. 2008. LEARNING
TO TEACH. Yogyakarta:
PUSTAKA PELAJAR.
Eggen, Paul
dan Don Kauchak. 2012. STRATEGI
DAN MODEL PEMBELAJARAN. Jakarta: PT. Indeks.
Jacobsen,
David A, dkk. 2009. METHODS
FOR TEACHING. Yogyakarta:
PUSTAKA PELAJAR.
Kusumah,
Wijaya. 2012. MENJADI
GURU TANGGUH BERHATI CAHAYA. Jakarta: INDEKS.
Mustakim,
Zaenal. 2009. STRATEGI
DAN METODE PEMBELAJARAN. Yogyakarta:
Gama Media.
Suryani, Nunuk.
dan Agung, Leo. 2012. STRATEGI BELAJAR MENGAJAR. Yogyakarta: Ombak.
Bahri Djamarah,
Syaiful DAN Zain Anwar. 1997. STRATEGI BELAJAR MENGAJAR. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.
El Khuluqo,
Ihsana. 2017. BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR.
BIODATA PENULIS
Nama :
Mutakhofifah Ariana
Tempat,
Tanggal Lahir : Pekalongan, 06
Januari 2000
Jenis
Kelamin : Perempuan
Agama
: Islam
Alamat : Ds. Lambur
01, Kec. Kandangserang Kab. Pekalongan
Riwayat
Pendidikan : 1. SDN Kebalen 03
2. SMPN 1 Kandangserang
3. MAS Simbang Kulon
4. IAIN Pekalongan (Sekarang)
LAMPIRAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar