PENDEKATAN PEMBELAJARAN
"TUJUAN
PENDEKATAN PEMBELAJARAN"
NIM: (2317115)
KELAS E
JURUSAN
PGMI
FAKULTAS
TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
INSTITUT
AGAMA ISLAM NEGERI PEKALONGAN
|
KATA PENGANTAR
Alhamdullilah
puji syukur kehadirat Allah SWT, atas segala nikmat dan karunia-Nya sehingga
makalah yang berjudul “Tujuan Pendekatan” ini dapat diselesaikan. Sholawat
dan salam senantiasa kami tercurah kepada sebaik-baik manusia, Nabi Muhammad
SAW, keluarganya, dan sahabatnya.
Makalah
ini menjelaskan tentang Tujuan Pendekatan, Penulisan makalah berdasarkan
kaidah-kaidah penulisan karya ilmiah yang digunakan di IAIN Pekalongan. Di
samping itu, makalah ini juga menjelaskan bagaimana penerapan metode menulis makalah yang melibatkan
pembangunan kecerdasan emosional spiritual (ESQ) penulisnya. Dengan
demikian, materi makalah ini diharapkan dapat membantu pembangunan karakter
mahasiswa melalui proses menulis makalah yang baik dan benar.
Makalah
ini tentu tidak terlepas dari kekurangan dan kesalahan. Oleh karena itu,
penulis dengan senang hati menerima saran dan kritik konstruktif dari pembaca
guna penyempurnaan penulisan makalah ini. Akhirnya, semoga makalah ini menambah
khasanah keilmuan dan bermanfaat bagi mahasiswa. Amin yaa robbal ‘alamin.
Pekalongan, Oktober 2018
Penulis
DAFTAR ISI
Kata Pengantar .............................................................................................. 2
Daftar Isi........................................................................................................ 3
BAB I PENDAHULUAN............................................................................. 4
A. Latar Belakang Masalah................................................................ 4
B. Rumusan
Masalah.......................................................................... 4
C. Tujuan Masalah.............................................................................. 4
BAB II PEMBAHASAN.............................................................................. 6
A. Pengertian Pendekatan
Pembelajaran............................................ 6
B. Macam-macam
Pendekatan........................................................... 7
C. Tujuan Pendekatan dalam
Pembelajaran....................................... 8
BAB III PENUTUP.................................................................................. 11
A. Kesimpulan.................................................................................. 11
B. Saran............................................................................................ 11
DAFTAR PUSTAKA.................................................................................. 12
BIODATA PENULIS................................................................................. 13
LAMPIRAN................................................................................................ 14
BAB I
PENDAHULUAN
- Latar
Belakang
Dalam proses
belajar mengajar, kita sering menggunakan berbagai macam metode dan pendekatan. Namun sebelum metode, sebuah pendekatan
nampaknya penting diketahui hal ini untuk mengoptimalisasi kegiatan belajar
dikelas, karena nampaknya kita sering lupa bahwa kita sangat terpengaruh oleh
semua lingkungan diantaranya resiko bagi seorang pendidik untuk mendekati semua
ini yang berpengaruh pada proses pelaksanaan pendidikan, karena hasil
pendidikan memiliki pengaruh terbesar dalam peradaban manusia.
Selain hal diatas dalam mengajar, guru harus pandai menggunakan
pendekatan secara arif dan bijaksana. Guru perlu menyadari bahwa anak didik merupakan
individu dengan segala perbedaannya sehingga diperlukan beberapa pendekatan
dalam proses pembelajarannya. Dalam pendekatan pembelajaran ini dimaksud untuk memberi
pemahaman, dan mendapat informasi itu bisa berasal dari mana saja, tidak
tergantung pada informasi searah dari guru. Oleh karena itu, sebelum
guru melakukan pengajaran diharapkan telah mengetahui pendekatan yang diambil
adalah tepat untuk anak didiknya. Supaya proses belajar mengajar bisa berjalan
lancar.
- Rumusan
Masalah
1.
Apa Pengertian
Pendekatan Pembelajaran?
2.
Apa Macam-Macam
Pendekatan?
3.
Apa Tujuan
Pendekatan Dalam Pembelajaran?
- Tujuan
Makalah
1.
Untuk Mengetahui
Pengertian Belajar Mengajar.
2.
Untuk Mengetahui
Macam-Macam Pendekatan.
3.
Untuk Mengetahui
Tujuan Pendekatan Belajar Mengajar.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian
Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran yang aktif merupakan model pembelajaran yang
menfokuskan dan melibatkan fisik, intelektual, dan emosional para siswanya
secara optimal dalam rangka memberi, memahamkan, dan menggunakan pengetahuan
yang didapat dengan baik dan dapat menginplementasikannya di lingkungan
masyarakat.[1]
Pendekatan
pembelajaran adalah usaha sadar dari seorang guru yang lebih mendekatkan
dirinya kepada siswa untuk membelajarkan siswanya (mengarahakan interaksi siswa
dengan sumber belajar lainnya) dalam rangka mencapai tujuan pendidikan yang
diharapkan. [2]
Pengertian Pendekatan dalam pembelajaran
menurut para ahli adalah sebagai berikut:
1.
Menurut sanjaya,
bahwa pendekatan dapat diartikan sebagi titik tolak atatu sudut pandang kita
terhadap suatu proses pembelajaran. Istilah pendekatan merujuk pada pandangan
tentang terjadi suatu proses yang sifatnya masih umum. Oleh karenanya stretegi
atau metode pembelajaran siswa yang
digunakan dapat bersumber atau tergantung pada pendekatan tertentu.[3]
2. Menurut
Roy killen dalam Hamruni, bahwa strategi maupun metode bersumber pada dua
pendekatan yang berpusat pada guru dan berpusat pada peserta didik.
Jadi,
dapat disimpulkan bahwa pendekatan sama dengan strategi pembelajaran,
bahwasannya pendekatan merupakan titik tolak atau sudut pandang
guru terhadap proses pembelajaran.[4]
B.
Macam-Macam
Pendekatan
1.
Pendekatan yang
berpusat pada guru (teacher-centered approach)
Adalah
pembelajaran yang menempatkan guru sebagai ahli yang memegang control selama
proses pembelajaran, baik organisasi, materi maupun waktu. Artinya ketika dalam
proses pembelajaran dikelas, lebih dominan peran guru dalam memberi materi
sementara peserta didik hanya mendengarkan dan menerima materi yang disampaikan
oleh guru bahkan peserta didik tidak diberi kesempatan sedikitpun untuk
mengembangkan materi, maka pada saat itu proses pembelajar telah berpusat pada
guru.
2.
Pendekatan yang
berpusat pada siswa (student-centered approach).
Adalah
pembelajaran yang menempatkan siswa sebagai subjek pembelajar yang bertugas
mengeksplorasi materi dengan bantuan guru sebagai fasilitator. Artinya tugas
guru hanyalah membimbing, mengarahkan, mengorganisasi kegiatan dan senantiasa
memotivasi peserta didik selalu berperan aktif dalam setiap proses
pembelajaran.[5]
C. Tujuan Pendekatan Dalam
Pembelajaran
Sebelum menjelaskan tujuan
pendekatan, dalam pembelajaran terdapat
berbagai macam pendekatan yang dilakukan oleh guru yang didalamnya juga
terdapat tujuan masing-masing, diantaranya sebagai berikut:
1. Pendekatan
individual
Merupakan pendekatan langsung
dilakukan guru terhadap anak didiknya untuk memecahkan kasus anak didiknya
tersebut. Persoalan kesulitan belajar anak lebih mudah dipecahkan dengan
menggunakan pendekatan individual.
Dengan adanya pendekatan tersebut
bertujuan untuk membantu merencanakan kegiatan belajar siswa sesuai kemampuan
dan daya dukung yang dimiliki siswanya, akan melibatkan hubungan yang terbuka
antara guru dan siswa, dan tujuan yang terpenting adalah untuk menimbulkan
perasaan bebas dalam belajar sehingga terjadi hubungan yang harmanis antara
guru dengan siswa dalam belajar.
2. Pendekatan
kelompok
Dalam kegiatan belajar mengajar
terkadang ada juga guru yang menggunakan pendekatan kelompok. Pendekatan
kelompok memang suatu waktu diperlukan dan perlu digunakan untuk membina dan
mengembangkan sikap sosial anak didik. Hal ini disadari bahwa anak didik
cenderung makhluk yang hidup untuk bersama.[6]
Pendekatan ini bertujuan untuk dapat
mengembangkan rasa sosial yang tinggi pada diri setiap anak didik, sehingga
terbina sikap kesetiakawanan sosial siswa saat dikelas. Pasti mereka sadar bahwa
hidup ini saling ketrgantungan seperti dalam kehidupan masyarakat. Selain hal
tersebut, dengan adanya pendekatan ini siswa dapat mempertahankan kekompakan antar
kelompoknya agar terhindar dari pertikaian.
3. Pendekatan
bervariasi
Permasalahan yang dihadapi oleh
setiap anak didik biasanya bervariasi, maka pendekatan yang digunakannya pun
akan lebih tepat dengan pendekatan bervariasi pula. Misalnya, anak didik yang
tidak disiplin dengan yang suka berbicara akan berbeda pemecahannya dan
menghendaki pendekatan yang berbeda-beda. Pendekatan bervariasi bertolak dari
konsepsi bahwa permasalahan yang dihadapi siswa bermacam-macam
Adanya pendekatan ini bertujuan agar
pendidik dapat memunculkan pengajaran yang berbagai motif, sehingga diperlukan
variasi teknik pemecahan untuk seriap kasusnya. Selain itu sebagai alat yang dapat
guru gunakan untuk kepentingan pengajarannya.
4. Pendekatan
edukatif
Guru dalam pendidikan dan pengajaran
dengan tujuan tidak lain adalahan untuk mendidik, bukan karena motif lain
seperti dendam, gengsi, dan sebagainya. Anak didik yang telah melakukan
kesalahan, berupa keributan dikelas ketika guru sedang memberikan pelajaran.
Dalam hal ini tidak tepat apabila diberikan sanksi hukuman pukulan, karena
hukuman tidak bernilai pendidikan. Pendekatan yang benar adalah dengan
melakukan pendekatan edukatif, misalnya dalam setiap tindakan, sikap, dan
perbuatan guru garus bernilai pendidikan.
Dari penjelasan pendekatan diatas,
bertujuan untuk mendidik anak didik agar menghargai norma hukum, moral, sosial,
dan agama. Selain itu juga bertujuan untuk membina watak anak didik dengan
pendidikan akhlak yang mulia.[7]
5. Pendekatan
keagamaan
Dalam pelajaran disekolah pasti
terdapat banyak mata pelajaran, pada umumnya pelajaran tersebut dibagi menjadi
dua, mata pelajaran umum dan mata pelajaran agama. Dalam pendekatan ini agar
adanya penggabungan antara mata pelajarannya. Misalnya, penggabungan mata
pelajaran biologi dengan agama berupa dalil-dalil.
Sehingga pendekatan ini bertujuan
agar nilai budaya ilmu itu tidak sekuler, tetapi menyatu dengan nilai agama.
Persoalannya sekarang terletak, mau atau tidaknya guru menyatukan hal tersebut.[8]
Jadi dapat disimpulkan dari pembahasan diatas,
bahwasanya tujuan pendekatan dalam suatu pembelajaran diantaranya sebagai
pedoman umumdalam menyusun langkah-langkahmetode pembelajaran yang akan
digunakan, memberi garis rujukan perancangan pembelajaran, menilai hasil
pembelajaran yang telah tercapai, mengatasi masalah-masalah belajar yang timbul.
BAB III
PENUTUP
- Kesimpulan
Pendekatan pembelajaran adalah usaha sadar dari seorang
guru yang lebih mendekatkan dirinya kepada siswa untuk membelajarkan siswanya
(mengarahakan interaksi siswa dengan sumber belajar lainnya) dalam rangka
mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan. Macam-macam dari pendekatan ada 2
diantaranya: pendekatan yang berpusat pada guru (teacher-centered
approach) dan pendekatan
yang berpusat pada siswa (student-centered approach). Dalam pendekatan juga memiliki tujuan masing-masing yang
intinya dapat memajukan proses pembelajaran agar berjalan dengan baik sesuai
rencana yang sudah dibuat.
- Saran
Dengan demikian makalah yang kami
sampaikan. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis maupun pembaca.
Makalah ini mungkin tidak lepas dari kekurangan dan kesalahan. Oleh karena itu,
kami dengan senang hati menerima saran dan kritik konstruktif dari pembaca guna
peyempurnaan penulisan makalah ini.
DAFTAR PUSTAKA
Al-Tabany,
Trinto Ibnu badar. 2014.
Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Kreativ, Progresif, dan Kontestual. Jakarta: DKU Print.
Dramaja, syaiful bahri
dan anwar zain. 2013. Strategi Belajar mengajar. Jakarta: Rikena Cipta.
Mustakim. Zaenal.
2018.
Strategi Dan Metode Pembelajarn. Pekalongan: IAIN Press.
Nata, Abuddin. 2009.
Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.
Suyadi. 2013.
Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
BIODATA
PENULIS
Nama
Lengkap : Nok Ayun
Nafisah
Nama
Panggilan : Ayun
Tempat,
Tanggal Lahir : Pekalongan, 5 April
1999
Alamat :
Desa Babalan Lor, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan
Riwayat Pendidikan : 1. SD Negeri Karang Jati
3. SMP Islam Bojong
4. MAS Simbang Kulon
5. IAIN Pekalongan (Sekarang)
[1] Abuddin Nata, Perspektif islam tentang strategi
pembelajaran, (Jakarta: Prenada Media Group, 2009), hlm.218.
[2] Trianto Ibnu
Badar Al-Tabany, Mendesain Model
Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual, ( Jakart: DKU Print,
2014), hlm.19.
[3] Zaenal Mustakim,
Strategi dan Metode Pembelajaran,
(Pekalongan: IAIN Pekalongan Press, 2018), hlm.75
[4] Suyadi, Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter,
(Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013), hlm.15
[6]
Syaiful bahri Djamarah dan Anwar Zain, Strategi
Belajar Mengajar, (Jakarta: PT Rikena Cipta: 2013), hlm.54-55
Tidak ada komentar:
Posting Komentar