Laman

new post

zzz

Sabtu, 06 Oktober 2018

SBM E F2 PENDEKATAN PEMBELAJARAN "TUJUAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN"


PENDEKATAN PEMBELAJARAN
"TUJUAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN"
Nok Ayun Nafisah
NIM: (2317115) 
KELAS E

JURUSAN PGMI
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PEKALONGAN


 
2018





KATA PENGANTAR

Alhamdullilah puji syukur kehadirat Allah SWT, atas segala nikmat dan karunia-Nya sehingga makalah yang berjudul “Tujuan Pendekatan” ini dapat diselesaikan. Sholawat dan salam senantiasa kami tercurah kepada sebaik-baik manusia, Nabi Muhammad SAW, keluarganya, dan sahabatnya.
Makalah ini menjelaskan tentang Tujuan Pendekatan, Penulisan makalah berdasarkan kaidah-kaidah penulisan karya ilmiah yang digunakan di IAIN Pekalongan. Di samping itu, makalah ini juga menjelaskan bagaimana penerapan metode menulis makalah yang melibatkan pembangunan kecerdasan emosional spiritual (ESQ) penulisnya. Dengan demikian, materi makalah ini diharapkan dapat membantu pembangunan karakter mahasiswa melalui proses menulis makalah yang baik dan benar.
Makalah ini tentu tidak terlepas dari kekurangan dan kesalahan. Oleh karena itu, penulis dengan senang hati menerima saran dan kritik konstruktif dari pembaca guna penyempurnaan penulisan makalah ini. Akhirnya, semoga makalah ini menambah khasanah keilmuan dan bermanfaat bagi mahasiswa. Amin yaa robbal ‘alamin.
Pekalongan, Oktober 2018

Penulis



 DAFTAR ISI

Kata Pengantar .............................................................................................. 2
Daftar Isi........................................................................................................ 3
BAB I PENDAHULUAN............................................................................. 4
A. Latar Belakang Masalah................................................................ 4
B. Rumusan Masalah.......................................................................... 4
C. Tujuan Masalah.............................................................................. 4
BAB II     PEMBAHASAN.............................................................................. 6
A. Pengertian Pendekatan Pembelajaran............................................ 6
B. Macam-macam Pendekatan........................................................... 7
C. Tujuan Pendekatan dalam Pembelajaran....................................... 8
BAB III    PENUTUP.................................................................................. 11
A. Kesimpulan.................................................................................. 11
B. Saran............................................................................................ 11
DAFTAR PUSTAKA.................................................................................. 12
BIODATA PENULIS................................................................................. 13
LAMPIRAN................................................................................................ 14




BAB I
PENDAHULUAN
  1. Latar Belakang
Dalam proses belajar mengajar, kita sering menggunakan berbagai macam metode dan pendekatan. Namun sebelum metode, sebuah pendekatan nampaknya penting diketahui hal ini untuk mengoptimalisasi kegiatan belajar dikelas, karena nampaknya kita sering lupa bahwa kita sangat terpengaruh oleh semua lingkungan diantaranya resiko bagi seorang pendidik untuk mendekati semua ini yang berpengaruh pada proses pelaksanaan pendidikan, karena hasil pendidikan memiliki pengaruh terbesar dalam peradaban manusia.
Selain hal diatas dalam  mengajar, guru harus pandai menggunakan pendekatan secara arif dan bijaksana. Guru perlu menyadari bahwa anak didik merupakan individu dengan segala perbedaannya sehingga diperlukan beberapa pendekatan dalam  proses pembelajarannya. Dalam pendekatan pembelajaran ini dimaksud untuk memberi pemahaman, dan mendapat informasi itu bisa berasal dari mana saja, tidak tergantung pada informasi searah dari guru. Oleh karena itu, sebelum guru melakukan pengajaran diharapkan telah mengetahui pendekatan yang diambil adalah tepat untuk anak didiknya. Supaya proses belajar mengajar bisa berjalan lancar.
  1. Rumusan Masalah
1.        Apa Pengertian Pendekatan Pembelajaran?
2.        Apa Macam-Macam Pendekatan?
3.        Apa Tujuan Pendekatan Dalam Pembelajaran?

  1. Tujuan Makalah
1.        Untuk Mengetahui Pengertian Belajar Mengajar.
2.        Untuk Mengetahui Macam-Macam Pendekatan.
3.        Untuk Mengetahui Tujuan Pendekatan Belajar Mengajar.











BAB II
PEMBAHASAN

A.  Pengertian Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran yang aktif merupakan model pembelajaran yang menfokuskan dan melibatkan fisik, intelektual, dan emosional para siswanya secara optimal dalam rangka memberi, memahamkan, dan menggunakan pengetahuan yang didapat dengan baik dan dapat menginplementasikannya di lingkungan masyarakat.[1]
Pendekatan pembelajaran adalah usaha sadar dari seorang guru yang lebih mendekatkan dirinya kepada siswa untuk membelajarkan siswanya (mengarahakan interaksi siswa dengan sumber belajar lainnya) dalam rangka mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan. [2]
Pengertian Pendekatan dalam pembelajaran menurut para ahli adalah sebagai berikut:
1.        Menurut sanjaya, bahwa pendekatan dapat diartikan sebagi titik tolak atatu sudut pandang kita terhadap suatu proses pembelajaran. Istilah pendekatan merujuk pada pandangan tentang terjadi suatu proses yang sifatnya masih umum. Oleh karenanya stretegi atau metode pembelajaran siswa yang digunakan dapat bersumber atau tergantung pada pendekatan tertentu.[3]
2.      Menurut Roy killen dalam Hamruni, bahwa strategi maupun metode bersumber pada dua pendekatan yang berpusat pada guru dan berpusat pada peserta didik.
Jadi, dapat disimpulkan bahwa pendekatan sama dengan strategi pembelajaran, bahwasannya pendekatan merupakan titik tolak atau sudut pandang guru terhadap proses pembelajaran.[4]

B.                           Macam-Macam Pendekatan
1.        Pendekatan yang berpusat pada guru (teacher-centered approach)
Adalah pembelajaran yang menempatkan guru sebagai ahli yang memegang control selama proses pembelajaran, baik organisasi, materi maupun waktu. Artinya ketika dalam proses pembelajaran dikelas, lebih dominan peran guru dalam memberi materi sementara peserta didik hanya mendengarkan dan menerima materi yang disampaikan oleh guru bahkan peserta didik tidak diberi kesempatan sedikitpun untuk mengembangkan materi, maka pada saat itu proses pembelajar telah berpusat pada guru.
2.        Pendekatan yang berpusat pada siswa (student-centered approach).
Adalah pembelajaran yang menempatkan siswa sebagai subjek pembelajar yang bertugas mengeksplorasi materi dengan bantuan guru sebagai fasilitator. Artinya tugas guru hanyalah membimbing, mengarahkan, mengorganisasi kegiatan dan senantiasa memotivasi peserta didik selalu berperan aktif dalam setiap proses pembelajaran.[5]


C.  Tujuan Pendekatan Dalam Pembelajaran
Sebelum menjelaskan tujuan pendekatan, dalam pembelajaran  terdapat berbagai macam pendekatan yang dilakukan oleh guru yang didalamnya juga terdapat tujuan masing-masing, diantaranya sebagai berikut:
1.       Pendekatan individual
Merupakan pendekatan langsung dilakukan guru terhadap anak didiknya untuk memecahkan kasus anak didiknya tersebut. Persoalan kesulitan belajar anak lebih mudah dipecahkan dengan menggunakan pendekatan individual.
Dengan adanya pendekatan tersebut bertujuan untuk membantu merencanakan kegiatan belajar siswa sesuai kemampuan dan daya dukung yang dimiliki siswanya, akan melibatkan hubungan yang terbuka antara guru dan siswa, dan tujuan yang terpenting adalah untuk menimbulkan perasaan bebas dalam belajar sehingga terjadi hubungan yang harmanis antara guru dengan siswa dalam belajar.
2.       Pendekatan kelompok
Dalam kegiatan belajar mengajar terkadang ada juga guru yang menggunakan pendekatan kelompok. Pendekatan kelompok memang suatu waktu diperlukan dan perlu digunakan untuk membina dan mengembangkan sikap sosial anak didik. Hal ini disadari bahwa anak didik cenderung makhluk yang hidup untuk bersama.[6]
Pendekatan ini bertujuan untuk dapat mengembangkan rasa sosial yang tinggi pada diri setiap anak didik, sehingga terbina sikap kesetiakawanan sosial siswa saat dikelas. Pasti mereka sadar bahwa hidup ini saling ketrgantungan seperti dalam kehidupan masyarakat. Selain hal tersebut, dengan adanya pendekatan ini siswa dapat mempertahankan kekompakan antar kelompoknya agar terhindar dari pertikaian.
3.       Pendekatan bervariasi
Permasalahan yang dihadapi oleh setiap anak didik biasanya bervariasi, maka pendekatan yang digunakannya pun akan lebih tepat dengan pendekatan bervariasi pula. Misalnya, anak didik yang tidak disiplin dengan yang suka berbicara akan berbeda pemecahannya dan menghendaki pendekatan yang berbeda-beda. Pendekatan bervariasi bertolak dari konsepsi bahwa permasalahan yang dihadapi siswa bermacam-macam
Adanya pendekatan ini bertujuan agar pendidik dapat memunculkan pengajaran yang berbagai motif, sehingga diperlukan variasi teknik pemecahan untuk seriap kasusnya. Selain itu sebagai alat yang dapat guru gunakan untuk kepentingan pengajarannya.
4.       Pendekatan edukatif
Guru dalam pendidikan dan pengajaran dengan tujuan tidak lain adalahan untuk mendidik, bukan karena motif lain seperti dendam, gengsi, dan sebagainya. Anak didik yang telah melakukan kesalahan, berupa keributan dikelas ketika guru sedang memberikan pelajaran. Dalam hal ini tidak tepat apabila diberikan sanksi hukuman pukulan, karena hukuman tidak bernilai pendidikan. Pendekatan yang benar adalah dengan melakukan pendekatan edukatif, misalnya dalam setiap tindakan, sikap, dan perbuatan guru garus bernilai pendidikan.
Dari penjelasan pendekatan diatas, bertujuan untuk mendidik anak didik agar menghargai norma hukum, moral, sosial, dan agama. Selain itu juga bertujuan untuk membina watak anak didik dengan pendidikan akhlak yang mulia.[7]



5.       Pendekatan keagamaan
Dalam pelajaran disekolah pasti terdapat banyak mata pelajaran, pada umumnya pelajaran tersebut dibagi menjadi dua, mata pelajaran umum dan mata pelajaran agama. Dalam pendekatan ini agar adanya penggabungan antara mata pelajarannya. Misalnya, penggabungan mata pelajaran biologi dengan agama berupa dalil-dalil.
Sehingga pendekatan ini bertujuan agar nilai budaya ilmu itu tidak sekuler, tetapi menyatu dengan nilai agama. Persoalannya sekarang terletak, mau atau tidaknya guru menyatukan hal tersebut.[8]
Jadi dapat disimpulkan dari pembahasan diatas, bahwasanya tujuan pendekatan dalam suatu pembelajaran diantaranya sebagai pedoman umumdalam menyusun langkah-langkahmetode pembelajaran yang akan digunakan, memberi garis rujukan perancangan pembelajaran, menilai hasil pembelajaran yang telah tercapai, mengatasi masalah-masalah belajar yang timbul.


BAB III
PENUTUP
  1. Kesimpulan
Pendekatan pembelajaran adalah usaha sadar dari seorang guru yang lebih mendekatkan dirinya kepada siswa untuk membelajarkan siswanya (mengarahakan interaksi siswa dengan sumber belajar lainnya) dalam rangka mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan. Macam-macam dari pendekatan ada 2 diantaranya: pendekatan yang berpusat pada guru (teacher-centered approach) dan pendekatan yang berpusat pada siswa (student-centered approach). Dalam pendekatan juga memiliki tujuan masing-masing yang intinya dapat memajukan proses pembelajaran agar berjalan dengan baik sesuai rencana yang sudah dibuat.
  1. Saran
Dengan demikian makalah yang kami sampaikan. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis maupun pembaca. Makalah ini mungkin tidak lepas dari kekurangan dan kesalahan. Oleh karena itu, kami dengan senang hati menerima saran dan kritik konstruktif dari pembaca guna peyempurnaan penulisan makalah ini.






DAFTAR PUSTAKA
Al-Tabany, Trinto Ibnu badar. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Kreativ, Progresif, dan Kontestual. Jakarta: DKU Print.

Dramaja, syaiful bahri dan anwar zain. 2013. Strategi Belajar mengajar. Jakarta: Rikena Cipta.

Mustakim. Zaenal.  2018. Strategi Dan Metode Pembelajarn. Pekalongan: IAIN Press.
Nata, Abuddin. 2009. Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.



BIODATA PENULIS
                                            
Nama Lengkap                  : Nok Ayun Nafisah
Nama Panggilan                : Ayun
Tempat, Tanggal Lahir      : Pekalongan, 5 April 1999
Alamat                                : Desa Babalan Lor, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan
      Riwayat Pendidikan         : 1. SD Negeri Karang Jati
                                                  3. SMP Islam Bojong
                                                  4. MAS Simbang Kulon
                                                  5. IAIN Pekalongan (Sekarang)






[1] Abuddin Nata, Perspektif islam tentang strategi pembelajaran, (Jakarta: Prenada Media Group, 2009), hlm.218.
[2] Trianto Ibnu Badar Al-Tabany, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual, ( Jakart: DKU Print, 2014), hlm.19.
[3] Zaenal Mustakim, Strategi dan Metode Pembelajaran, (Pekalongan: IAIN Pekalongan Press, 2018), hlm.75
[4] Suyadi, Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013), hlm.15
[5] Op.Cit, hlm.76-77
[6] Syaiful bahri Djamarah dan Anwar Zain, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: PT Rikena Cipta: 2013), hlm.54-55
[7] Ibid, hlm.59
[8] Ibid, hlm.68

Tidak ada komentar:

Posting Komentar