Laman

new post

zzz

Rabu, 31 Oktober 2018

SBM E I3 MEDIA PEMBELAJARAN "MACAM – MACAM MEDIA PEMBELAJARAN"

MEDIA PEMBELAJARAN
"MACAM – MACAM MEDIA PEMBELAJARAN"
Miftakhul Jannah
NIM. (2317195)
Kelas E

JURUSAN PGMI
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) PEKALONGAN
2018



KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, segala puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah Swt. Yang telah memberikan Ridho,  rahmat, dan  kenikmatan kepada saya sehingga saya bisa menyelesaikan makalah ini yang berjudul ”Hakikat Pendekatan” dengan baik. Shalawat serta salam senanantiasa tercurahkan kepada junjungan  Nabi Muhammad Saw.  para sahabatnya, keluarganya, dan sekalian umatnya hingga akhirzaman.
Penyusun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu khususnya Bapak Muhammad Ghufron Dimyati Selaku dosen pengampu mata kuliah Strategi Belajar Mengajar yang telah memberikan tugas ini serta membantu memberikan motivasi dan masukan dalam penyusunan makalah ini. Akhir kata semoga makalah bermanfaat bagi pembacanya.

Pekalongan,    Oktober 2018

















BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Proses belajar merupakan proses perubahan tingkah laku. Dalam proses pembelajaran media sangat penting karena dalam kegiatan belajar ketidak jelasanmateri bisa disampaikan lewat media, karena setiap materi yang diberikan membutuhkan perantara yang bisa memudahkan dan menyampaikan pesan atau maksud dari materi yang ingin diajarkan. Setiap mata pelajaran memiliki tingkat kesukaran masing-masing , anak didik akan merasa bosan dan kelelahan serta tidak bisa memahami jika guru tidak bisa menjelaskan dengan baik dan benar. Untuk itu kita perlu menegnal dan memahami macam –macam media atau alat pembelajaran yang akan digunakan untuk proses pembelajaran. Agar tujuan dari pendidikan tercapai dengan baik efektif dsn efisien.

B.     Rumusan Masalah
1.        Apa pengertian media pembelajaran ?
2.        Apa Macam-Macam Media Pembelajaran ?

C.    Tujuan Makalah
1.      Untuk mengetahui pengertian dari media pembelajaran
2.      Untuk Mengetahui Macam-Macam media pembelajaran.










BAB II
PEMBAHASAN

A.    pengertian Media pembelajaran
secara istilah, pengertian media pembelajaran dapat disimpulkan sebagai berikut "semua alat bantu yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran, dengan maksud untuk membantu menyampaikan pesan ( informasi)  pembelajaran dari sumber ( pendidik maupun sumber lain)  kepada penerima ( tetapi dalam hal ini peserta didik atau juga warga belajar)." Pesan (informasi) yang disampaikan melalui media dalam bentuk Isi atau materi pembelajaran itu harus dapat diterima dengan baik oleh penerima pesan ( peserta didik)  dengan menggunakan salah satu ataupun Gabungan beberapa alat indra mereka.  bahkan lebih baik lagi, apabila seluruh alat indra yang dimiliki mampu menerima isi Pesan yang disampaikan.[1] Selain itu, Media juga diartikan sebagai pengantar atau perantara, diartikan pula sebagai pengantar pesan dari pengirim kepada penerima. Dalam dunia pendidikan dan pembelajaran media diartikan sebagai alat dan bahan yang membawa informasi atau bahan pelajaran yang bertujuan mempermudah mencapai tujuan pembelajaran. [2]
Penggunaan media dilihat atau Dinilai dari segi kecanggihan medianya tetapi yang lebih penting adalah fungsi dan peranannya dalam membantu proses pengajaran , dalam menggunakan mdia pendidikan sebagai alat komunikasi khususnya dalam hbungannya dengan masalah proses belajar mengajar kiranya harus didasarkan pada pemilihan yang tepat dan objektif.[3]




B.     Macam-Macam Media Pembelajaran
a.       Dilihat dari jenisnya media dibagi menjadi:
1)      Media auditif yaitu: media yang hanya mengandalkan kemampuan suara saja seperti radio,kaset, recorder, piringan hitam.
2)      media visual yaitu media yang hanya mengandalkan indra penglihatan. Media visual ini yang menampilkan gambar diam seperti film rangkai, film bingkai foto, gambar, atau lukisan dan cetakan.
3)      Media audio visual adalah media yang mempunyai unsur-unsur suara dan unsur gambar. Jenis media ini mempunyai kemampuan yang lebih baik karena meliputi Kedua jenis media yang pertama dan yang kedua.[4]
Media audio visual dibagi menjadi yaitu audio visual diam yaitu media yang menampilkan suara dan gambar diam seperti film bingkai suara atau sound slide film rangkai suara cetakan suara. Audio visual gerak yaitu media yang dapat menampilkan unsur suara dan gambar yang bergerak seperti film suara dan video jenis media yang dimanfaatkan dalam proses pembelajaran sangat beragam mulai dari media yang sederhana yang rumit dan canggih kaset. [5]
b.      Dilihat dari daya liputnya,  media dibagi menjadi:
1)      Media Dengan Daya Liput Luas Dan Serentak
Penggunaan media ini tidak terbatas oleh tempat dan ruang serta dapat menjangkau jumlah anak didik yang banyak dalam waktu yang sama seperti radio dan televisi.
2)      media dengan daya liput yang terbatas oleh ruang dan tempat
Media ini Dalam penggunaannya membutuhkan ruang dan tempat yang khusus seperti film,soundslide, film rangkai, yang harus menggunakan tempat yang tertutup dan gelap.
3)      media untuk pembelajaran Individual
Media ini penggunaannya hanya untuk seorang diri. yang termasuk media ini adalah modul program dan pembelajaran melalui komputer.
c.       dilihat dari bahan pembuatannya, media dibagi menjadi
1)  Media sederhana ( alat peraga)
Media ini bahan dasarnya mudah diperoleh dan harganya murah,  dan penggunaannya tidak sulit.
2)  media kompleks
Media ini adalah media yang bahan dan alat pembuatannya sulit diperoleh serta mahal harganya, sulit membuatnya memerlukan keterampilan yang memadai.[6]

Menurut nana sudjana dan ahmad rivai Ada 3 jenis media pengajaran yang bisa digunakan dalam proses pengajaran yaitu:
1.      media grafis seperti gambar foto grafik bagan dan diagram poster kartun komik dan lain-lain atau biasanya sering disebut media dua dimensi (media yang di mempunyai ukuran panjang lebar)
2.      media tiga dimensi yaitu dalam bentuk model seperti model padat, model penampang, model susun , model kerja, mock up, diorama dan lain-lain.
3.      media proyeksi seperti film-film pengguna no HP lain-lain.
4.      penggunaan lingkungan sebagai media pengajaran. [7]








BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Media pembelajaran adalah alat bantu apa saja yang dapat dijadikan sebagai penyalur pesan guna mencapai tujuan dari pembelaran. macam –macam media pembelajaran yaitu: dilihat dari jenisnya: Media auditif , audio, audio visual. dilihat dari daya liputnya: Media Dengan Daya Liput Luas Dan Serentak, media dengan daya liput yang terbatas oleh ruang dan tempat, media untuk pembelajaran Individual. Dilihat dari bahan pembuatannya, media dibagi menjadi: Media sederhana ( alat peraga), media kompleks





















DATAR PUSTAKA

Mustakim Zaenal.2017. Strategi Dan Metode Pembelajaran. Yogyakarta.Matagraf.
Suprihatiningrum Jamil.20113. Strategi Pembelajaran. Jogjakarta. Ar Ruzz Media.
Harijanto. 1997. Perencanaan Pengajaran. Jakarta. PT Rineka Cipta.
Sudjana Nana dan Ahmad Rivai.2010. media pengajaran. Bandung. Sinar Baru Algensindo.
Djamarah Saiful Bahri dan Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mngajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.





















 













Nama Lengkap                        : MIFTAKHUL JANNAH
Nama Panggilan                      : JANNAH
Tempat, Tanggal Lahir            : Tegal, 02 Juli 1999
Alamat                                    : Rt/Rw 04/06, Ds Jatimulya Kec. Suradadi Kab
                                                  Tegal
Riwayat Pendidikan               :
1.      Ra Al-Huda Jatimulya
2.      Mi Al-Huda Jatimulya
3.      Mts Nu 01 Suradadi
4.      Smk N 2 Kota Tegal
5.      
Iain Pekalongan






BUKU REFERENSI







 



[1] Zaenal Mustakim, Strategi Dan Metode Pembelajaran,(yogyakarta: Matagraf, 2017), hlm 161
[2]Jamil Suprihatiningrum Strategi Pembelajaran, (Jogjakarta: Penerbit Ar Ruzz Media Cetakan 2013). hlm, 319
[3] Harijanto, Perencanaan Pengajaran,( Jakarta , PT Rineka Cipta, 19971997)Hlm, 237- 238
[4] Zaenal Mustakim, Op.cit., hlm, 170-171
[5] Saiful Bahri Djamarah Dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mngajar, (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2002), hlm141
[6] Zaenal mustakim, Op.cit., hlm, 172
[7] Nana sudjana dan Ahmad Rivai, Op,cit.,
 hlm 3-4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar