Laman

new post

zzz

Rabu, 31 Oktober 2018

SBM E I4 ALAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN "PENERAPAN ALAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN"


ALAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN
"PENERAPAN ALAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN"
Mariana Ulfa
NIM. (2317201) 
KELAS E

JURUSAN PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
INSTITTUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) PEKALONGAN
2018




            Alhamdullilah,puji syukur ke hadirat Allah swt. atas segala nikmat dan karunia-Nya sehingga makalah yang berjudul “Alat dan Media Pembelajaran” ini dapat diselesaikan. Salawat dan salam senantiasa tercurah kepada sebaik-baik manusia, nabi Muhammad saw., keluarganya, dan sahabatnya.
            Makalah ini menjelaskan pengertian, karakteristik, dan metodologi penulisan makalah berdasarkan kaidah-kaidah penulisan karya ilmiah yang digunakan di STAIN Pekalongan. Di samping tu, makalah ini juga menjelaskan bagaimana penerapan metode menulis makalah yang melibatkan pembangunan kecerdasan emosional spiritual (ESQ) penulisnya. Dengan demikian, materi makalah ini diharapkan dapat membantu pembangunan karakter mahasiswa melalui proses menulis makalah yang baik dan benar.
            Makalah ini tentu tidak terlepas dari kekurangan dan kesalahan. Oleh karena itu, penulis dengan senang hati menerima saran dan kritik konstruktif dari pembaca guna penyempurnaan penulisan makalah ini. Akhirnya, semoga makalah ini menambah khasanah keilmuan dan bermanfaat bagi mahasiswa. Amin yaa robbal ‘alamin.

                                                                        Pekalongan, 5 November 2018

Penulis




DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR..............................................................................      i
DAFTAR ISI..............................................................................................      ii

BABI       PENDAHULUAN.....................................................................      1
A.    Latar Belakang Masalah........................................................      1
B.     Rumusan Masalah..................................................................      1
C.     Tujuan ...................................................................................      2
D.    Metode Pemecahan Masalah.................................................      2
E.     Sitematika Penulisan Makalah...............................................      2

BAB II    PEMBAHASAN........................................................................      3
A.    Pengertian alat dan media pembelajaran...............................      3
B.     Langkah-langkah menggunakan media pembelajaran...........      4      
C.     Prinsip-prinsip dalam memilih media ....................................      5
D.    Pengembangan media pembelajaran......................................      5
E.     Penerapan media pembelajaran..............................................      6

BAB III   PENUTUP.................................................................................      8
A.    Simpulan................................................................................      8
B.     Saran-saran............................................................................      8

DAFTAR PUSTAKA...............................................................................      9
RIWAYAT HIDUP ..................................................................................      10
















BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah

                Pendidikan merupakan hal penting dalam keehidupan. Dalam sebuah pendidikan tidak pernah lepas dari pembelajaran. Pembelajaran merupakan proses untuk menstransfer ilmu antara guru dan siswa. Sebuah proses pembelajaran diperlukan adanya komponen-komponen pembelajaran. Salah satu komponen tersebbut adalah alat dan media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan alat atau sesuatu hal yang menunjang terjadiya kelancaran proses pembelajaran.
            Dalam pembelajaran seorang pendidik wajib mengetahui sesuatu hal mengenai media. Seringkali pendidik tidak paaham akan media pembelajaran. Media pembelajaran digunakan tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran. Untuk itu dalam makalah ini akan dibahas lebih dalam mengenai media pembelajaran agar tidak terjadi kesalahan dalam penggunaan pembelajaran.

B.     Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang tersebut perlu kiranya merumuskan masalah sebagai pijakan untuk terfokusnya kajian makalah ini. Adapun rumusan masalahnya sebagai berikut.
2.      Bagaimana langkah-langkah menggunakan media dalam mengajar?
3.      Apa saja prinsip-prinsip dalam memilih media dalam pembelajaran?
4.      Bagaimana cara mengembangkan media dalam pembelajaran?
5.      Bagaimana bentuk penerapan dari media pembelajaran?



C.    Tujuan
1.      Untuk mengetahui mengenai alat dan media pembelajaran.
2.      Untuk mengetahui dan memahami langkah-langkah dalam menggunakan media pembelajaran.
3.      Untuk mengetahui prinsip-prinsip dalam memilih media pembelajaran.
4.      Untuk mengetahui dan memahami pengembangan dari media pembelajaraan.
5.      Untuk mengetahui dan memahami penerapan dari media pembelajaran.

D.    Metode Pemecahan Masalah
Metode pemecahan masalah yang dilakukan melalui studi literatur/metode kajian pustaka, yaitu dengan menggunakan beberapa referensi buku atau dari referensi lainnya yang merujuk pada permasalahan yang dibahas. Langkah-langkah pemecahan masalahnya dimulai dengan menentukan masalah yang akan dibahas dengan melakukan perumusan masalah, melakukan langkah-langkah pengkajian masalah, penentuan tujuan dan sasaran, perumusan jawaban permasalahan dari berbagai sumber, dan penyintesisan serta pengorganisasian jawaban permasalahan.

E.     Sitematika Penulisan Makalah

Makalah ini ditulis dalam tiga bagian, meliputi: Bab I, bagian pendahuluan yang terdiri dari: latar belakang masalah, perumusan masalah, metode pemecahan masalah, dan sistematika pnulisan makalah; Bab II, adalah pembahasan; Bab III, bagian penutup yang terdiri dari simpulan dan saran-saran.




BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Alat dan Media Pembelajaran
Media adalah  kata jamak dari medium berasal dari kata latin memiliki arti perantara. Secara definisi media adalah suatu perangkat yang dapat  menyalurkan informasi dari sumber ke penerima informasi.[1]
            Beberapa pakar atau ahli menyatakan definisi media dengan berbagai batasan tertentu. Gagne (1992) menyatakan media sebagai berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsang siswa untuk belajar. sedangkan Heinich, Molenda, dan Russel (1982) menyatakan bahwa media adalah saluran komunikasi termasuk film, televisi, diagram, materi tercetak, komputer dan instruktur.
            Dari beberapa batasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa media merupakan segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk menyalurkan pesan dan dapat merangsang pikiran, membangkitkan semangat, perhatian, dan kemauan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses pembelajaran pada diri siswa.[2]
            Alat adalah benda yang digunakan untuk mempermudah dalam melakukan sesuatu. Dalam bidang pendidikan, alat berguna dalam proses pendidikan yang mencapai tercapainya tujuan pendidikan. Alat pembelajaran adalah media pendidikan berperan sebagai perangsang siswa agar mau belajar lebih lanjut. Dalam hal ini media pengajaran merupakan salah satu pendukung yang efektif dan membantu terjadinya proses belajar.[3]


B.     Langkah-Langkah Mempergunakan Media Dalam Mengajar
            Ada beberapa langkah yang harus ditempuh oleh seorang guru dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media, yakni:
a.       Guru harus terlebih dahulu merumuskan tujua pembelajaran dengan memanfaatkan media tertentu. Dalam menggunakan media pembelajaran harus disesuaikan dengan tujuan dari materi pembelajaran tersebut agar pembelajaran dapat berjalan secara terarah dan efektif.
b.      Guru mempersiapkan diri dengan cara memilihi dan menetapkan media mana yang sesuai dengan konteks yang dihadapi yang selanjutnya akan dimanfaatkan guna mencapai tujuan pembelajaran. Setelah mengetahui tujuan guru bisa menyiapkan media apa yang akan diterapkan.
c.       Guru mempersiapkan kelas. Artinya peserta didik dipersiapkan sebelum menggunakan media. Mereka terlebih dahulu dikenalkan mengenai media akan digunakan.
d.      Guru menyajikan materi pelajaran dengan memanfaatkan media. Media digunakan untuk memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran agar materi yang tersebut dapat dipahami dengan jelas oleh sisiwa.
e.       Siswa melakukan serangkaian aktivitas belajar. Dalam proses pembelajaran siswa juga dilibatkan dalam penggunaan media dengan cara mempraktekkannya.
f.       Guru mengevaluasi proses pembelajaran sudah sejauh mana tujuan pembelajaran bisa dikuasai oleh siswa. Setelah menggunakan media yang membantu proses pembelajaran, guru melakukan evaluasi apakah dari cara tersebut siswa dapat memahami atau tidak dengan mengadakan serangkaian tes atau penilaian terkait dengan materi yang telah disampaikan.




C.    Prinsip-prinsip Pemilihan Media
Sebelum menggunakan media tentunya terlebih dahulu kita mengetahui prinsip-prinsip dalam memilih media yang akan digunakan. Beberapa prinsip dalam memilih media menurut Nana Sudjana (1991) antara lain sebagai berikut:
1.      Menentukan jenis media yang tepat. Artinya guru memilih terlebih dahulu media yang tepat berdasarkan materi yang akan disampaikan agar tujuan pembelajaran dapat tersampaikan dengan baik.
2.      Menetapkan atau mempertimbangkan subyek dengan tepat. Dalam penggunaan media disesuaikan dengan daya penyerapan anak. Apakah siswa mampu menguasai materi dengan media yang digunakan.
3.      Menyajikan media yang tepat. Dalam menggunakan media perlu adanya pengoprasian dengan baik dan tepat. Dengan tepatnya penyajian media maka materi pembelajaranpun dapat tersampaikan dengan jelas.
4.      Menempatkan atau memperlihatkan media pada waktu, tempat, dan situasi yang tepat. Penggunaan media disesuaikan dengan kepentingan dan tujuan yang jelas, tidak serta merta setiap saat mengggunakan media. [4]

D.    Pengembangan Media Pembelajaran
            Media pembelajaran merupakan wahana penyalur pesan dan informasi. Media pembelajaran yang dirancang dengan membantu peserta didik dalam mencerna dan memahami materi pelajaran. Di jaman sekarang, pembangunan media pembelajaran juga semakin maju. Penggunaan teknologi infomasi (TI) sebagai media pembelajaran sudah merupakan suatu tuntutan. Walaupun perancangan media bebasis TI memerlukan keahlian khusus, bukan berarti media tersebut dihindari dan ditinggalkan. Media pembelajaran berbasis TI dapat berupa internet, intranet, mobile phone, dan CD Room atau flash disk. Adapun komponen utamanya meliputi: learning management system (LMS), learning content (LC).[5]

E.     Penerapan Media Pembelajaran
1.      Media berbasis visual
      Keberhasilan penggunaan media berbasis visual ditentukan oleh kualitas dan efektivitas bahan-bahan visual dan grafik itu. Penerapan media berbasis visual dapat diterapkan saat kegiatan pembelajaran menampilkan berbagai gambar atau grafik yang berkaitan dengan materi pelajaran, bisa dengan buku untuk dibaca, dan visual yang lainnya.
2.      Media berbasis audio visual
      Media audio visual merupakan campuran penggunaan media audio disertai dengan media visual. Perpaduan antara penglihatan dengan pendengaran. Berikut jenis-jenis media berbasis audio visual:
a)      Media audio visual murni (media audio visual gerak)
Audio visual murni atau audio visual gerak yaitu media yang dapat menampilkan unsur suara dan gambar  yang bergerak, unsur suara gambar tersebut berasal dari suatu sumber film bersuara. Contohnyaa dalam pembelajaran menjelaskan mengenai materi pembelajaran guru memutarkan film mengenai materi, misal materi makhluk hidup.
b)      Media audio visual tidak murni (media audio visual diam)
Audio visual tidak murni yaitu media yang unsur suara dan gambarnya berasal dari sumber yang berbeda. Misal guru menjelaskan mata pelajaran mengenai sejarah, guru akan menampilkan gambar di layar dan memberi lagu sebagai suara melalui pengeras suara.
3.      Media berbasis komputer
Pemanfaatan media berbasis komputer dapat diterapkan dalam pembelajaran melalui berbagai fasilitas yang disediakan oleh komputer. Misal saja guru memberi instruksi kepada siswa dengan melalui gaambar, grafik yang disajikan di layar komputer, guru bisa melatih siswa mengetik pada Ms. Word pada komputer.
4.      Media berbasis internet
Penggunaaan internet dalam pendidikan disebut juga dengan e-learning. E-learning bisa dilakukan secara informal dengan interaksi yang lebih sederhana , misalnya melalui sarana video conference yaang dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Media pembelajaran melalui internet juga dapat diterapkan melalui pembelajaran berbasis blog. Yaitu dengan guru dan murid belajar melalui blog dengan guru sebagai pusat untuk memandu materi yang ada di blog.[6]














BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
                  Media pembelajaran merupakan alat atau sesuatu yang dapat menunjang kelancaran proses pembelajaran. Dalam media pembelajaran terdapat langkah-langkah dalam menggunakan media pembelajaran. Langkah-langkah tersebut antara lain:
a.       Guru harus terlebih dahulu merumus kan tujuan pembelajaran dengan memanfaatkan media tertentu.
b.      Guru mempersiapkan diri dengan cara memilihi dan menetapkan media mana yang sesuai dengan konteks yang dihadapi.
c.       Guru mempersiapkan kelas.
d.      Siswa melakukan serangkaian aktivitas belajar.
e.       Guru menyajikan materi pelajaran dengan memanfaatkan media.
f.       Guru mengevaluasi proses pembelajaran sudah sejauh mana tujuan pembelajaran bias dikuasai oleh siswa.
                    Kemudian terdapat prinsip-prinsip dalam memilih media, pengembangan, serta penerapan media pembelaajaran. Jadi seorang pendidik harus mampu mengolah media sebaik mungkin agar tercapainya tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien.

B.     Saran
Pada penulisan makalah ini tentunya tidak luput dari kesalahan dan kekeliruan. Saya selaku penulis dengan ikhlas dan senang hati menerima segala kritik dan saran makalah ini agar ke depannya menjadi lebih baik lagi. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa dalam menambah ilmu pengetahuan.


DAFTAR PUSTAKA

Agung, Leo dan Nunuk Suryani. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Khuluqo, Ihsana El. 2017.  BELAJAR dan PEMBELAJARAN Konsep Dasar Metode dan Aplikasi Nilai-Nilai dalam Proses Pembelajaran. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR.
Mahnun, Nunu. 2012.  Media Pembelajaran. Riau: UIN Suska Riau.
Mustakim, Zaenal. 2018.  Strategi dan Metode Pembelajaran. Pekalongan: IAIN Pekalongan Press.
Sudayana, Nana. 1990.  Media Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
Yamin, Martinis. 2007.Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan.Jakarta: GAUNG PERSADA PERS.
















Riwayat Biodata Diri

Nama  : Mariana Ulfa
Nim     : 2317201
TTL    : Pekalongan,, 18 Maret 1999
Alamat: Pekuncen, Wiradesa
Hobi    : Memasak, Membaca
Motto  : Jalani dengan usaha


[1]Martinis Yamin, Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan, (Jakarta: GAUNG PERSADA PERS, 2007 ), hlm. 176.
[2]Nunuk Suryani dan Leo Agung, Strategi Belajar Mengajar, (Yogyakarta: Penerbit Ombak, 2012), hlm. 135.   
                [3]Nunu Mahnun, Media Pembelajaran, (Riau: UIN Suska Riau, 2012), hlm. 27.  
                [4]Zaenal Mustakim, Strategi dan Metode Pembelajaran, (Pekaalongan: IAIN Pekalongan Press, 2018), hlm. 173-174.
                [5]Nana Sudayana, Media Pendidikan, (Bandung: Sinar Baru, 1990), hlm.12.
                [6]Ihsana El Khuluqo, BELAJAR dan PEMBELAJARAN Konsep Dasar Metode dan Aplikasi Nilai-Nilai dalam Proses Pembelajaran, (Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR, 2017), hlm.149-153.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar