Laman

new post

zzz

Rabu, 07 November 2018

SBM E J4 EVALUASI DAN UMPAN BALIK (CARA EVALUASI DAN UMPAN BALIK)


EVALUASI DAN UMPAN BALIK
(CARA EVALUASI DAN UMPAN BALIK)
 
Nailil Hidayah
NIM: 2317208
Kelas E

JURUSAN PGMI 
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PEKALONGAN
 2018









KATA PENGANTAR

       Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT. Ats segala limpahan rahmat dan nikmat-Nya, terutama kenikmatan atas di karuniakan akal sehat kepada kita semua. Sehingga pada saat ini penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Cara Evaluasi dan Umpan Balik.” Makalah ini disusun guna memenuhi tugas Strategi Belajar Mengajar.
Karena kurangnya pengetahuan dan refrensi penulis, maka penulis menyadari bahwa makalah ini masih banyak kekurangan. Oleh karena itu penulis akhiri dengan ucapan cukup sekian dan terima kasih. Dan mohon maaf yang sebesar-besarnya serta mengharapkan saran dan kritikan dari semua pihak yang membaca. Agar kelak jika penulis membuat makalah lebih baik lagi. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi para pembaca yang budiman.


Pekalongan, 5  November 2018

 Penulis










DAFTAR ISI
Halaman Judul....................................................................................................... 1
Kata Pengantar...................................................................................................... 2
Daftar Isi............................................................................................................... 3
Bab  I  Pendahuluan
A. Latar Belakang Masalah....................................................................... 4
B. Rumusan Masalah................................................................................. 4
C. Tujuan Masalah..................................................................................... 4
Bab II Pembahasan                                                                                  
A. Pengertian evalusi dan umpan balik pembelajaran......................................... 5
B. cara evaluasi dan umpan balik pembelajaran............................................ 5
Bab III Penutup         
A.      Kesimpulan........................................................................................... 7
B.     Saran  ...........................................................................................7
Daftar Pustaka           ....................................................................................................8
Biodata Penulis ..................................................................................................9
Lampiran Reverensi ...........................................................................................10
Biodata Penulis ..................................................................................................11
Biodata Penulis ..........................




BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
            Dalam proses belajar mengajar seorang pendidik perlu memahami peserta didiknya, mengetahui sejauh mana peserta didik itu faham akan berbagai pembelajaran yang telah diberikan pada proses awal, karena darisitulah guru dapat menilai untuk melanjutkan ke pelajaran selanjutnya atau tetap pada sub bab tersebut.
Keberhasilan pengajaran yang diberikan oleh pendidik dapat diketahui dengan menggunakan evaluasi melalui mengajukkan pertanyaan-pertanyaan yang sekirannya sesuai dengan yang telah diajarkan. Adanya evaluasi dapat dijadikan sebagai tolak ukur dari pemahaman anak didik, kemudian dari evaluasi pula pendidik dapat memberikan umpan balik terhadap anak didiknya, agar nantinya anak didik dapat memeriksa sejauh mana memahami yang telah diajarkan, dan mencoba memperbaikinya lagi.

B.    Rumusan Masalah
1.      Apa pengertian dari evaluasi dan umpan balik
2.      Apa saja cara evaluasi dan umpan balik
C.    Tujuan Masalah
1.      Untuk mengetahui evaluasi dan umpan balik dalam pembelajaran
2.      Untuk mengetahui cara evaluasi dan umpan balik dalam pembelajaran
3.      Untuk memenuhi tugas yang telah diberikan dosen, sekaligus untuk menambah wawasan keilmuan penulis












BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Evaluasi dan Umpan Balik
1.      Pengertian Evaluasi
Menurut Wand dan Brown mengemukakan  bahwa evaluasi merupakan suatu proses untuk menentukan nilai dari sesuatu.[1] Sedangkan menurut Komite Studi Nasional tentang Evaluasi (NSCE) UCLA mengatakan bahwa evaluasi merupakan proses atau kegiatan pemilihan, pengumpulan analisis, dan penyajian informasi yang daat di gunakan sebagai dasar pertimbangan keputusanserta penyusunan program selanjutnya.  Pengertian evaluasi lebih dipertegas lagi, dengan batasan sebagai proses memberikan atau menentukan nilai kepada objek tertentu berdasarkan suatu kriteria tertentu. Pengertian secara umum evaluasi belajar dan pembelajaran adalah proses untuk menentukan nilai belajardan pembelajaran yang dilaksanakan, dengan melalui kegiatan penilaian atau pengukuran belajar dan pembelajaran. [2]
2.      Pengertian Umpan Balik
Yang di maksud umpan balik adalah pemberian informasi yang diperoleh dari tes atau alat ukur lainnya kepada peserta didik untuk memperbaiki atau meningkatkan pencapaian atau hasil belajarnya. Termasuk dalam alat ukur lainnya itu adalah pekerjaan rumah (PR) dan pertanyaan yang di ajukan guru didalam kelas. [3]
B.        Cara Evaluasi dan Umpan balik dalam  pembelajaran
1.      Cara evaluasi 
Pada situasi kelas yang sebenarnya, dimana seorang guru misalnya memiliki 24 siswa atau lebih, maka guru tersebut perlu melakukan evaluasi dengan cara yang baik. Untuk mencapai tujuan itu ia perlu menguasai macam-macam cara evaluasi dalam melakukan evaluasi yang relevan. Scara garis besar, cara evaluasi dalam pendidikan dapat dibedakan menjadi dua macam bentuk, yaitu bentuk tes dan bebtuk nontes. Bentuk evaluasi yang pertama adalah tes yang biasanya direalisasikan dengan tes tertulis. Tes ini digunakan utmanya untuk memperoleh data , baik data kuantitatif maupun kualitatif. Tes tertulis juga dapat dibedakan  menjadi dua, yaitu tes objektif dan tes esai. Tes tertulis digunakan untuk mengumpulkan data kuantitatif pengetahuan secara komprehensif dan fakta penggunaannya.
Tes objektif pada umumnya disebut juga sebagai alat evaluasi guna mengungkap atau menghafalkan kembali dan mengenal materi yang telah diberikan. Tes ini biasanya diberikan dengan item pertanyaan menghafal yang diantaranya sebagai jawaban bebas ,m melengkapi dan identifikasi. Pertanyaan esai pada umumnya dapat di bedakan kedalam dua jawaban berbeda, yaitu jawaban terbatas dan jawaban luas. Evaluasi yang dibuat dengan menggunakanpertanyaan esai biasanya digunakan untuk menerangkan, mengontraskan, menunjukkan hubungan, memberikan pembuktian, menganalisis perbedaan, menarik kesimpulan, dan menggeneralisasikan pengetahuan peserta didik.
Bentuk kedua suatu evaluasi adalah alat notes. Alat notes digunakan untuk mengevaluasi penampilan dan aspek-aspek belajar efektif dari siswa. Alat nontes kadang ada yang menggunakan pengukuran, tetapi ada pula yang tidak menggunakan pengukuran, sebagai contoh observasi, bentuk laporan, teknik audio visual, dan teknik sosiometri.
Alat observasi ini dapat berupa ceklis, skala rating, dan beberapa kartu skor. Dengan menggunakan alat observasi seorang guru dapat  mengevaluasi penampilan siswa yang baru melakukan kegiatan terencana, seperti kerja laboratorium, kebiasaan, demonstrasi, tingkah laku kelas, dan asumsi pertanggungjawaban.[4]

2.      Cara Umpan Balik
Untuk mendapatkan umpan balik dari anak didik diperlukan beberapa cara yang sesuai dan tepat dengan diri setiap anak didik sebagai makhluk individual, adapun cara-caranya antara lain:
a.       Memancing apersepsi anak didik
Anak didik adalah orang yang memiliki kepribadian dengan ciri-ciri yang khas sesuai dengan perkembangan dan pertumbuhannya, perkembangan dan pertumbuhan seorang peserta didik bisa terpengaruh oleh lingkungan dimana peserta hidup itu berdampingan dengan sekitarnya
b.      Memanfaatkan taktik alat bantu yang akseptabel
Bahan pelajaran adalah isi yang disampaikan oleh guru dalam proses belajar mengajar. Alat bantu yang akseptabel dapat dimanfaatkan sebagai taktik yang jitu untuk meningkatkan perhatian anak didik terhadap bahan pelajaran yang di sampaikan oleh guru.
c.       Memilih bentuk motivasi yang akurat
Motivasi merupakan faktor yang mempunyai arti penting bagi seorang peserta didik. Apalah artinya anak didik pergi kesekolah tanpa motivasi belajar.
d.      Menggunakan metode yang bervariasi
Proses belajar ini menuntut seorang guru memiliki ketrampilan atau metodeyang beragam agar proses belajar tersebut menyenangkan dan mampu mengembangkan kemampuan muridnyaperkembangan dan pertumbuhannya. Latar belakang kehidupan sosial anak penting untuk diketahuioleh guru .pengalaman apa yang dipunyai anak adalah hal yang sangat membantu untuk memancing perhatian anak.[5]

.





BAB III
PENUTUP
A.    KESIMPULAN
            Pengertian secara umum evaluasi belajar dan pembelajaran adalah proses untuk menentukan nilai belajardan pembelajaran yang dilaksanakan, dengan melalui kegiatan penilaian atau pengukuran belajar dan pembelajaran. evaluasi merupakan proses atau kegiatan pemilihan, pengumpulan analisis, dan penyajian informasi yang daat di gunakan sebagai dasar pertimbangan keputusanserta penyusunan program selanjutnya. 
            umpan balik adalah pemberian informasi yang diperoleh dari tes atau alat ukur lainnya kepada peserta didik untuk memperbaiki atau meningkatkan pencapaian atau hasil belajarnya. Termasuk dalam alat ukur lainnya itu adalah pekerjaan rumah (PR) dan pertanyaan yang di ajukan guru didalam kelas.


B.     SARAN
Kami menyadari bahwa penyusunan makalah ini masih belum adanya kesempurnaan didalam pembahasannya. Maka dari itulah penulis berharap kritik dan saran yang dapat membangun bagi penulis dalam menyelesaikan makalah selanjutnya.
Sebelum dan sesusahnya penulis mohon maaf dalam penulisan masih banyak kekurangan dan salah penulisan dalam makalah ini. Besar harapan kami makalah ini dapat bermanfaat bagi pemakalah khususnya dan bagi pembaca pada umumnya.


















DAFTAR PUSTAKA


Sukardi, M.(2012). Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Oprasionalnya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Mustakim, Zaenal.(2018). Strategi dan Metode Pembelajaran (Edisi Revisi). Yogyakarta: Matagraf..
Dimyati, Mujiono.(1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Silverius, Suke.(1991) Evaluasi Hasil Belajar dan Umpan Balik. Jakarta: PT Grasindo Anggota IKAPI.




BIODATA

Nama lengkap             : Nailil Hidayah
Tempat, tanggal lahir  : Batang, 02 februari 1997
Alamat                        : dusun Tremyak RT/RW 01/03 Ds. Candi, kec Bandar Kab. Batang
Riwayat Pendidikan   :           -TK Miftahul Jannah Candi
                                                -MI Islamiyah Candi
                                                -MTs As-sa’id Blado
                                                -MA NU 03 SUKA KALIWUNGU
                                                -IAIN PEKALONGAN
















COVER REVERENSI


            [1] Dimyati, Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta: Rineka Cipta, 1999), hlm 191
            [2] Zaenal Mustakim, Strategi dan Metode Pembelajaran, (Yogyakarta: Matagraf, 2018), hlm 178
[3]Suke Silverius, Evaluasi Hasil Belajar dan Umpan Balik, ( Jakarta: PT Grasindo Anggota IKAPI, 1991), hlm 148
[4]M. Sukardi, Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Oprasionalnya, ( Jakarta: Bumi Aksara, 2012) , hlm 11-12
[5] https://istpi.wordpress.com di akses pada hari senin pukul 21.35 WIB.
























Tidak ada komentar:

Posting Komentar