EVALUASI DAN UMPAN BALIK
(CARA EVALUASI DAN UMPAN BALIK)
Nailil Hidayah
NIM: 2317208
Kelas E
JURUSAN PGMI
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PEKALONGAN
2018
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT. Ats segala limpahan rahmat dan
nikmat-Nya, terutama kenikmatan atas di karuniakan akal sehat kepada kita
semua. Sehingga pada saat ini penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul
“Cara Evaluasi dan Umpan Balik.” Makalah ini disusun guna memenuhi tugas
Strategi Belajar Mengajar.
Karena
kurangnya pengetahuan dan refrensi penulis, maka penulis menyadari bahwa
makalah ini masih banyak kekurangan. Oleh karena itu penulis akhiri dengan
ucapan cukup sekian dan terima kasih. Dan mohon maaf yang sebesar-besarnya
serta mengharapkan saran dan kritikan dari semua pihak yang membaca. Agar kelak
jika penulis membuat makalah lebih baik lagi. Semoga makalah ini dapat
bermanfaat bagi para pembaca yang budiman.
Pekalongan, 5 November 2018
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman
Judul....................................................................................................... 1
Kata
Pengantar...................................................................................................... 2
Daftar
Isi............................................................................................................... 3
Bab I Pendahuluan
A. Latar Belakang
Masalah....................................................................... 4
B. Rumusan
Masalah................................................................................. 4
C. Tujuan
Masalah..................................................................................... 4
Bab II Pembahasan
A. Pengertian evalusi dan umpan balik
pembelajaran......................................... 5
B. cara evaluasi dan umpan balik
pembelajaran............................................ 5
Bab III
Penutup
A.
Kesimpulan........................................................................................... 7
B. Saran ...........................................................................................7
Daftar
Pustaka ....................................................................................................8
Biodata Penulis
..................................................................................................9
Lampiran Reverensi
...........................................................................................10
Biodata Penulis
..................................................................................................11
Biodata Penulis ..........................
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Masalah
Dalam proses belajar mengajar seorang pendidik
perlu memahami peserta didiknya, mengetahui sejauh mana peserta didik itu faham
akan berbagai pembelajaran yang telah diberikan pada proses awal, karena
darisitulah guru dapat menilai untuk melanjutkan ke pelajaran selanjutnya atau
tetap pada sub bab tersebut.
Keberhasilan pengajaran yang diberikan oleh
pendidik dapat diketahui dengan menggunakan evaluasi melalui mengajukkan
pertanyaan-pertanyaan yang sekirannya sesuai dengan yang telah diajarkan.
Adanya evaluasi dapat dijadikan sebagai tolak ukur dari pemahaman anak didik,
kemudian dari evaluasi pula pendidik dapat memberikan umpan balik terhadap anak
didiknya, agar nantinya anak didik dapat memeriksa sejauh mana memahami yang
telah diajarkan, dan mencoba memperbaikinya lagi.
B. Rumusan Masalah
1. Apa
pengertian dari evaluasi dan umpan balik
2. Apa saja
cara evaluasi dan umpan balik
C. Tujuan Masalah
1. Untuk
mengetahui evaluasi dan umpan balik dalam pembelajaran
2. Untuk
mengetahui cara evaluasi dan umpan balik dalam pembelajaran
3. Untuk
memenuhi tugas yang telah diberikan dosen, sekaligus untuk menambah wawasan
keilmuan penulis
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Evaluasi
dan Umpan Balik
1.
Pengertian Evaluasi
Menurut Wand
dan Brown mengemukakan bahwa evaluasi
merupakan suatu proses untuk menentukan nilai dari sesuatu.[1] Sedangkan menurut Komite Studi Nasional
tentang Evaluasi (NSCE) UCLA mengatakan bahwa evaluasi merupakan proses atau
kegiatan pemilihan, pengumpulan analisis, dan penyajian informasi yang daat di
gunakan sebagai dasar pertimbangan keputusanserta penyusunan program
selanjutnya. Pengertian evaluasi lebih
dipertegas lagi, dengan batasan sebagai proses memberikan atau menentukan nilai
kepada objek tertentu berdasarkan suatu kriteria tertentu. Pengertian secara
umum evaluasi belajar dan pembelajaran adalah proses untuk menentukan nilai
belajardan pembelajaran yang dilaksanakan, dengan melalui kegiatan penilaian
atau pengukuran belajar dan pembelajaran. [2]
2.
Pengertian Umpan Balik
Yang di maksud umpan balik adalah pemberian informasi yang
diperoleh dari tes atau alat ukur lainnya kepada peserta didik untuk
memperbaiki atau meningkatkan pencapaian atau hasil belajarnya. Termasuk dalam
alat ukur lainnya itu adalah pekerjaan rumah (PR) dan pertanyaan yang di ajukan
guru didalam kelas. [3]
B. Cara Evaluasi dan Umpan balik
dalam pembelajaran
1.
Cara evaluasi
Pada situasi
kelas yang sebenarnya, dimana seorang guru misalnya memiliki 24 siswa atau
lebih, maka guru tersebut perlu melakukan evaluasi dengan cara yang baik. Untuk
mencapai tujuan itu ia perlu menguasai macam-macam cara evaluasi dalam
melakukan evaluasi yang relevan. Scara garis besar, cara evaluasi dalam
pendidikan dapat dibedakan menjadi dua macam bentuk, yaitu bentuk tes dan
bebtuk nontes. Bentuk evaluasi yang pertama adalah tes yang biasanya
direalisasikan dengan tes tertulis. Tes ini digunakan utmanya untuk memperoleh
data , baik data kuantitatif maupun kualitatif. Tes tertulis juga dapat
dibedakan menjadi dua, yaitu tes
objektif dan tes esai. Tes tertulis digunakan untuk mengumpulkan data
kuantitatif pengetahuan secara komprehensif dan fakta penggunaannya.
Tes objektif
pada umumnya disebut juga sebagai alat evaluasi guna mengungkap atau
menghafalkan kembali dan mengenal materi yang telah diberikan. Tes ini biasanya
diberikan dengan item pertanyaan menghafal yang diantaranya sebagai jawaban
bebas ,m melengkapi dan identifikasi. Pertanyaan esai pada umumnya dapat di
bedakan kedalam dua jawaban berbeda, yaitu jawaban terbatas dan jawaban luas.
Evaluasi yang dibuat dengan menggunakanpertanyaan esai biasanya digunakan untuk
menerangkan, mengontraskan, menunjukkan hubungan, memberikan pembuktian,
menganalisis perbedaan, menarik kesimpulan, dan menggeneralisasikan pengetahuan
peserta didik.
Bentuk kedua
suatu evaluasi adalah alat notes. Alat notes digunakan untuk mengevaluasi
penampilan dan aspek-aspek belajar efektif dari siswa. Alat nontes kadang ada
yang menggunakan pengukuran, tetapi ada pula yang tidak menggunakan pengukuran,
sebagai contoh observasi, bentuk laporan, teknik audio visual, dan teknik
sosiometri.
Alat observasi
ini dapat berupa ceklis, skala rating, dan beberapa kartu skor. Dengan
menggunakan alat observasi seorang guru dapat
mengevaluasi penampilan siswa yang baru melakukan kegiatan terencana,
seperti kerja laboratorium, kebiasaan, demonstrasi, tingkah laku kelas, dan
asumsi pertanggungjawaban.[4]
2.
Cara Umpan Balik
Untuk mendapatkan umpan balik dari anak didik diperlukan beberapa
cara yang sesuai dan tepat dengan diri setiap anak didik sebagai makhluk
individual, adapun cara-caranya antara lain:
a.
Memancing apersepsi anak didik
Anak didik
adalah orang yang memiliki kepribadian dengan ciri-ciri yang khas sesuai dengan
perkembangan dan pertumbuhannya, perkembangan dan pertumbuhan seorang peserta
didik bisa terpengaruh oleh lingkungan dimana peserta hidup itu berdampingan
dengan sekitarnya
b.
Memanfaatkan taktik alat bantu yang akseptabel
Bahan pelajaran
adalah isi yang disampaikan oleh guru dalam proses belajar mengajar. Alat bantu
yang akseptabel dapat dimanfaatkan sebagai taktik yang jitu untuk meningkatkan
perhatian anak didik terhadap bahan pelajaran yang di sampaikan oleh guru.
c.
Memilih bentuk motivasi yang akurat
Motivasi
merupakan faktor yang mempunyai arti penting bagi seorang peserta didik. Apalah
artinya anak didik pergi kesekolah tanpa motivasi belajar.
d.
Menggunakan metode yang bervariasi
Proses belajar
ini menuntut seorang guru memiliki ketrampilan atau metodeyang beragam agar
proses belajar tersebut menyenangkan dan mampu mengembangkan kemampuan
muridnyaperkembangan dan pertumbuhannya. Latar belakang kehidupan sosial anak
penting untuk diketahuioleh guru .pengalaman apa yang dipunyai anak adalah hal
yang sangat membantu untuk memancing perhatian anak.[5]
.
BAB III
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Pengertian
secara umum evaluasi belajar dan pembelajaran adalah proses untuk menentukan
nilai belajardan pembelajaran yang dilaksanakan, dengan melalui kegiatan
penilaian atau pengukuran belajar dan pembelajaran. evaluasi
merupakan proses atau kegiatan pemilihan, pengumpulan analisis, dan penyajian
informasi yang daat di gunakan sebagai dasar pertimbangan keputusanserta
penyusunan program selanjutnya.
umpan balik
adalah pemberian informasi yang diperoleh dari tes atau alat ukur lainnya
kepada peserta didik untuk memperbaiki atau meningkatkan pencapaian atau hasil
belajarnya. Termasuk dalam alat ukur lainnya itu adalah pekerjaan rumah (PR)
dan pertanyaan yang di ajukan guru didalam kelas.
B.
SARAN
Kami menyadari
bahwa penyusunan makalah ini masih belum adanya kesempurnaan didalam
pembahasannya. Maka dari itulah penulis berharap kritik dan saran yang dapat
membangun bagi penulis dalam menyelesaikan makalah selanjutnya.
Sebelum dan
sesusahnya penulis mohon maaf dalam penulisan masih banyak kekurangan dan salah
penulisan dalam makalah ini. Besar harapan kami makalah ini dapat bermanfaat
bagi pemakalah khususnya dan bagi pembaca pada umumnya.
DAFTAR PUSTAKA
Sukardi, M.(2012). Evaluasi Pendidikan Prinsip dan
Oprasionalnya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Mustakim,
Zaenal.(2018). Strategi dan Metode Pembelajaran (Edisi Revisi). Yogyakarta:
Matagraf..
Dimyati,
Mujiono.(1999). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Silverius, Suke.(1991) Evaluasi
Hasil Belajar dan Umpan Balik. Jakarta: PT Grasindo Anggota IKAPI.
BIODATA
Nama
lengkap : Nailil Hidayah
Tempat,
tanggal lahir : Batang, 02 februari 1997
Alamat : dusun Tremyak RT/RW
01/03 Ds. Candi, kec Bandar Kab. Batang
Riwayat
Pendidikan : -TK Miftahul Jannah Candi
-MI
Islamiyah Candi
-MTs
As-sa’id Blado
-MA
NU 03 SUKA KALIWUNGU
-IAIN
PEKALONGAN
COVER REVERENSI
[1] Dimyati,
Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta: Rineka Cipta, 1999), hlm
191
[2] Zaenal Mustakim, Strategi dan Metode Pembelajaran,
(Yogyakarta: Matagraf, 2018), hlm 178
[3]Suke
Silverius, Evaluasi Hasil Belajar dan Umpan Balik, ( Jakarta: PT
Grasindo Anggota IKAPI, 1991), hlm 148
[4]M. Sukardi, Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Oprasionalnya, ( Jakarta: Bumi Aksara, 2012) , hlm 11-12
[5] https://istpi.wordpress.com
di akses pada hari senin pukul 21.35 WIB.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar