Laman

new post

zzz

Minggu, 17 Februari 2019

UQ C 5 PERANAN ULUMUL QUR’AN


PERANAN ULUMUL QUR’AN
Malikhatus Sa’diyah
NIM. 2318021
Kelas C

JURUSAN PENDIDIKAN GURU MI
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) PEKALONGAN
2019






KATA PENGANTAR

              Pujisyukurkehadirat Allah SWT. yang telahmemberikankekuatandankemampuan,sehinggapenulisdapatmenyelesaikanmakalah yang berjudul “PerananUlumul Qur’an”.ShalawatsertasalamsemogatetaptercurahkankepadajunjungankitaNabi Muhammad SAW.,parasahabatnyadan orang-orang yang maumengikutisunnahnya.
              UcapanTerimakasih kami tujukankepadaBpk.MuhammadHufron,M.S.I.selakudosenmatakuliahUlumul Qur’an atastugas yang diberikansehinggamenambahwawasanpenulistentangperananUluml Qur’an
              Makalah ini tentutidakterlepasdarikekurangandankesalahan.Olehkarenaitupenulisdengansenanghatimenerimakritikdan saran daripembacagunapenyempurnaanpenulisanmakalahini.Akhirnyasemogamakalah ini menambahkhazanahkeilmuandanbermanfaatbagimahasiswa.


                                                                                   

                                                                                    Pekalongan, Februari 2019
                                                                                    Penulis








                                                           
 BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
  Alqur’anadalahfirman Allah yang berfungsisebagaimukjizat yang diturunkankepadaNabi Muhammad yang tertulisdidalammushaf-mushaf ,yangdiriwayatkandenganjalanmutawatirdanmembacanyabernilaiibadah.
  UntukmendapatkanjaminankeselamatanduniamaupunakhiratmelaluiAlqur’ankarenaAlqur’anberisikanpetunjukbagiumatmanusia.MakakhususnyabagiumatislamharusberusahabelajarmemahamiisikandungandariAlqur’antersebut.DenganmemahamiisikandunganAlqur’anmakaakanmenambahperbendaharaanbaru,memperluaspandangan,danpengetahuan.SelainitujugadapatmenambahkeyakinankitaakankeunikanisikandunganAlqur’an.
            Seperti yang kitaketahui,Alqur’anditurunkandalam Bahasa Arab.banyak yang beranggapan orang yang mengerti Bahasa Arab akanmudahmemahamiisiAlqur’anpadahaltidakdemikiandiantara,parasahabatdantabi’inada yang salahdalammemahamiAlqur’ankarenatidakmemilikiilmuuntukmemahamikandungandidalamnya.Makadariituuntukmemahamiisikandunganalqur’ansecaratekstualmaupunkontekstualdiperlukansebuahilmusebagaisaranauntukmemahamiAlqur’anyaituUlumul Qur’an.
            DapatdilihatbetapapentingnyaperananUlumul Qur’an untukmembedahdanmemahamikandunganAlqur’an.TanpaUlumul Qur’an seorangmufassirtidakakanbisamemahamikandunganAlqur’an.OlehkarenaitupenulisakanmemaparkanlebihlanjutperanandariUlumul Qur’an itusendiriuntukmenambahwawasandanpengetahuanpembaca.         
B.     RumusanMasalah
1.    ApaperananUlumul Qur’an?
C.    TujuanPenulisan
1.    UntukmengetahuiperananUlumul Qur’an



BAB II 
PEMBAHASAN

Peranan Ulumul Qur’an
PerananUlumulQur,ansangatpentingyaituuntukmembedahlebihjauhisikandunganAlqur’an,selainitujugasebagaikuncipembukaterhadappenafsiranAlqur’ansesuaidenganmaksud yang terkandungdidalamnya.Sedangkedudukannyasebagaiilmu yang pokok, yang merupakanalat yang diperlukanbagiseorangMufassir.[1]
              Ulumul Qur’an ibaratperangkatilmukedokteransecaraumum yang harusdimilikiolehsemuadansetiapdokter,baikdokterituumumdanlebih-lebihdokterspesialis.tanpailmukedokteranumum,seorangdokterbedahmisalnyamustahilbisamelakukanoperasiterhadappasiennya.Demikian pula seorangmufassirAlqur’an yang mustahilbisamenafsirkanAlqur’anapalagimembedahkandungannyasecaraluasdan detail tanpamengenalidanmenguasailebihjauhilmu-ilmualqur’an.Sebab,ilmutafsirsendirimeskipunbisadijulukisebagairohUlumulQur’an,tetapsajamemilikiketergantungandenganilmu-ilmuAlqur’an.[2]
              Ulumul Qur’an jugamemilikitujuandankegunaan yang urgen/penting,yaitu :
1.      Untukmengetahuihal-ihwalAlqur’ansejakditurunkannyapertama kali padaRasulullahsampaisekarang
2.      Untukdijadikansebagaialat bantu dalammembaca Al-Qur’an,menghayati, memahamiisikandungannya,menggalihukum-hukumajarannyasertamengambildanrahasiadidalamnya
3.      Untukdijadikansenjatagunamelawan orang-orang yang mengingkaridanmenentangAlqur’an[3]
Berdasarkantujuan yang disebutkandiatasjelaskiranyabetapaurgenUlumul Qur’an bagikaummuslimin yang mempelajarinya.Bahkanbagimereka yang tidakmempelajarisecaraspesifik[4].

Urgensiulumul Qur’an akandirasakanmanfaatdandampakpositifnyadisaat-saatkitamenafsirkanayat demi ayatAlqur’andenganbantuanUlumulQur’an.RuanglingkupUlumul Qur’an yang nyaristidakterbatasdanitumemudahkansiapapundalammembedahAlqur’andariberbagaiaspeknya.Suatuhal yang layakuntukdiingatkanbahwa yang dimaksudUlumul Qur’an tidaksebatasilmu-ilmu yang bersifatkeislamansemata,tetapijugameliputibidangSainsdanTeknologi yang sangatmembantudalammemahamimaksudAlqur’an.
              Sebagaicontohbanyakatau paling sedikitadabeberapamufassir yang penafsirannyakinidirasakankurang/tidaktepatlagiseiringperkembanganzaman.Misalnyaketikamerekamenafsirkanayat :قل سير وا فى ا لارض = “Silakan kalian berlalulalang di atasbumi”.
Sebagianmufassirmengatakanbahwahurufفى artinyadidalam,tetapipadaayat ini harusdiartikanعلى(diatas).Mufassirberpendapatlogikanyakalauberjalan/berlalulalangdidalambumiitumustahilkarenamanusiatidakbisamenembusbumi,sehingga yang benaradalahberjalan/berlalulalangdiatasbumi. Namundalamkondisi modern seperti zaman sekarangsudahtidakdemikiansebabbanyaknegaramaju yang sudahmenggunakanbagiandalambumisebagaijalanrayatempatberlalulalangmasyarakatmisalnyakeretabawahtanah,subway.Sehingga kata
فى الارضtidakperlulagidiartikandenganعلى(diatas)sebagaimanamufassirklasikdahulusaatbumihanyadigunakanberlalulalangbagianatas/permukaannyasaja.
              KeberadaanUlumul Qur’an dalamkonteksnyasecaraluasdanumum,memegangperananpentingbagipenafsiranAlqur’anseiringperkembangan zaman dankemajuan IPTEK sertakecerdasannalarmanusia.[5]
BAB III
PENUTUP

1.      Kesimpulan
       Alqur’anadalahfirman Allah yang berfungsisebagaimukjizat yang diturunkankepadaNabi Muhammad yang tertulisdidalammushaf-mushaf ,yangdiriwayatkandenganjalanmutawatirdanmembacanyabernilaiibadah.
Alqur’anjugasebagaipetunjukbagiumatmanusiauntukmendapatkebahagiaan  diduniamaupun di akhirat.OlehkarenaituperluuntukmengenaldanmemahamikandungandariAlqur’an agar tidaktersesatkepadaarti yang salah.makadariitudibutuhkanperananpentingdariUlumul Qur’an untukmembedahisiataukandunganAlqur’an.TanpailmuseorangmufassirtidakakanbisamembedahkandunganAlqur’an.

2.      Saran
       Sebaiknyakitasebagaiumatmuslimharusbelajarmengenal,membacadanterlebih-lebihmemahamiisikandunganAlqur’an.UntukmemahamikandunganAlqur’analangkahlebihbaikjikamenguasaiilmunyaterlebihdahuluyaituUlumulQur’an.karenaUlumul Qur’an merupakankuncipembukabagiseorangmufassiruntukmemberikantafsir yang dapatdipertanggungjawabkankesahihannya.










                                                DAFTAR PUSTAKA

Ghufron,Muhammad.2013.Ulumul Qur’an PraktisdanMudah.Yogyakarta:Teras.
Suma,Muhammad Amin.2000.Studi-studi ilmu-ilmuAlqur’an I.Jakarta:PustakaFirdaus.
Suma, Muhammad Amin.2013.UlumulQur’an.Jakarta:PTGrafindoPersada.
Syadali,Ahmad.1997.Ulumul Qur’an I.Bandung:CVPustakaSetia.



[1]Ahmad Syadali,Ulumul Qur’an I,(Bandung: CV Pustaka Setia,1997),hlm.22
[2]Muhammad Amin Suma,Ulumul Qur’an,(Jakarta: PT Rajagrafindo Persada,2013),hlm.17
[3] Muhammad Gufron,Ulumul Qur’an PraktisdanMudah,(Yogyakarta: Teras,2013),hlm.5
[4] Muhammad Amin Suma,Studi-StudiIlmu-IlmuAlqur’anI,(Jakarta: Pustaka Firdaus,2000)hlm.9-10
[5]Muhammad Amin Suma,Ulumul Qur’an,(Jakarta: PT Rajagrafindo Persada,2013),hlm.17                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar