Laman

new post

zzz

Selasa, 05 Maret 2019

UQ B 4d URGENSI DAN APLIKASI MUNASABAH DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT

URGENSI DAN APLIKASI MUNASABAH DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT
Dini Fitriyana
NIM. (2318098)
Kelas B

JURUSAN PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
IAIN PEKALONGAN
2019


KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat  Allah SWT, karena berkat rahmat-Nya saya bisa menyelesaikan tugas makalah Ulumul Qur’an tentang Urgensi dan Aplikasi Munasabah Dalam Kehidupan Bermasyarakat.
Sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada Rasulullah SAW beserta keluarga, para sahabatnya serta orang-orang yang telah memperjuangkan ajaran agama yang telah di kibarkan olehnya.semoga kelak kita semua termasuk umat yang mendapatkan syafa’at beliau di hari kiamat nanti,Aamiin.
Makalah ini diajukan guna memenuhi tugas mata kuliah Ulumul Qur’an, dalam makalah ini membahas tentang  Urgensi dan Aplikasi Munasabah Dalam Kehidupan Bermasyarakat.
Kami mengucapkan terima kasih kepada teman teman yang telah membantu sehingga makalah ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya. Makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah ini.
Semoga makalah ini memberikan informasi bagi teman teman dan bermanfaat untuk pengembangan wawasan dan peningkatan ilmu pengetahuan bagi kita semua.Aamiin.




Pekalongan, 7 Maret 2019





DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR i
DAFTAR ISI ii

BAB I PENDAHULUAN 1
A. Latar Belakang Masalah 1
B. Rumusan Masalah 1
C. Tujuan 1

BAB II PEMBAHASAN 2
A. Peran dan Kegunaaan Ilmu Munasabah serta Kemungkinanan
Pengembangannya 2
B. Urgensi dan Aplikasi Munasabah dalam Kehidupan 
Bermasyarakat ………………………………......................       2
BAB III PENUTUP 5
A. Kesimpulan 5
B. Saran 5

DAFTAR PUSTAKA 6








BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Al-Qur’an adalah kitab suci bagi semua umat manusia di dunia ini yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW sebagai mukjizat kerasulannya, yang berisi Wahyu Allah untuk memberi petunjuk kepada manusia kearah yang terang dan jalan yang lurus agar manusia beriman kepada Allah SWT sebagai pencipta Alam semesta sehingga mustahil untuk meyakini tuhan selain-Nya. Seperti penjelasan atau penafsiran Ayat Al-Qur’an dengan Hadits yang menerangkan Asbabun Nuzul mengenai turunnya ayat tersebut, akan tetapi permasalahan selanjutnya timbul, bagaimana dengan ayat yang tidak ada Asbabun Nuzulnya? Sebagian ulama memasukkan sebuah ilmu yang termasuk dalam kategori ulumul qur’an yaitu Munasabah Al-qur’an. Lahirnya pengetahuan tentang teori Munasabah (korelasi) ini tampaknya berawal dari kenyataan bahwa sistematika Al-Qur’an sebagaiman terdapat dalam Mushaf Usmani sekarang tidak berdasarkan atas fakta kronologis turunnya. Sehubungan dengan ini, ulama salaf berbeda pendapat tentang urutan surat di dalam Al-Qur’an.

Rumusan Masalah
Apa Peran dan Kegunaaan Ilmu Munasabah serta Kemungkinanan Pengembangannya?
Apa itu Urgensi dan Aplikasi Munasabah dalam Kehidupan Bermasyarakat?

Tujuan
Untuk mengetahui peran dan kegunaan ilmu munasabah serta kemungkinan pengembangannya
Untuk mengetahui Urgensi dan Aplikasi Muasabah dalam Kehidupan Bermasyarakat



BAB II
PEMBAHASAN
A. Peran dan Kegunaan Ilmu Munasabah serta Kemungkinan Pengembangannya
Ilmu munasabah adalah ilmu yang baik (‘ilmun hasan), ilmu yang mulia  (ilmun syarif) dan ilmu yang agung (ilmun ‘azhimun). Semua julukan ini mengisyaratkan betapa ilmu munasabah mendapatkan tempat dan penghargaan yang cukup tinggi dalam lapangan ilmu-imu Al-Quran dan sekaligus memiliki fungsi dan peran yang cukup signifikan dalam memahami dan menafsirkan Al-Quran. Bahkan seperti dinyatakan az-Zarkasyi yang telah dikutipkan sebelum ini, ilmu munasabah dapat dijadikan sebagai salah satu tolak ukur utuk mengetahui kualitas kecerdasan seorang mufassir.
Banyak para analis tafssir yang menyatakan adalah salah dugaan sebagai orang yang memandang tidak perlu melakukan penggalian ilmu munasabah  dalam menafsirkan Al-Quran hanya dengan alasan karena ayat-ayat Al-Quran yang jumlah ayatnya sangat banyak itu diturunkan dalam waktu yang lama dan ditempat serta latar belakang yang berbeda pula. Ilmu munasabah berfungsi sebagai ilmu pendukung atau penopang dalam menafsirkan ayat-ayat Al-Quran. Bahkan tidak jarang dengan pendekatan ilmu munasabah penafsiran akan semakin menjadi jelas, mudah dan indah. Ilmu munasabah cukup memiliki peranan dalam meningkatkan kualitas penafsiran ayat-ayat Al-Quran.
Diantara kegunaan ilmu munasabah seperti dikemukakan oleh az-Zarkasyi ialah dapat menjadikan bagian demi bagian pembicaraan menjadi tersusun demikian rupa laksana sebuah bangunan yang kokoh lagi serasi antara bagian demi bagian. Suatu hal yang patut diingat disini ialah bahwa pekerjaan mencari hubungan antara sesama ayat Al-Quran memang bukan merupakan perkara mudah yang bisa dilakukan sembarang orang. Menelusuri munasabah al-quran antara bagian demi bagian merupakan pekerjaan yang benar-benar menuntut ketekunan dan kesabaran seseorang, maka mudah dipahami jika kenyataan memang menunjukan bahwa tidak begitu banyak mufassir yang melibatkan ilmu munasabah dalam memaparkan penafsiran al-quran, termasuk di dalamnya para ahli tafsir kontemporer sekalipun.

B. Urgensi dan Aplikasi Munasabah dalam Kehidupan Bermasyarakat
Urgensi dari keberatan ilmu munasabah akan semakin terasa kebutuhannya manakala seseorang yang menafsirkan Al-Quran menggunakan metode tafsir al-mawdhu’i (tematik) atau tafsir al-muqaran (komparasi). Bukankah satu dari sekian banyak langkah tafsir al-muwdhu’i dan al-muqaran menuntut mufassir supaya mempertimbangkan keterkaitan (munasabah) antara ayat-ayat yang berbicara tentang masalah yang sejenis.
Ilmu munasabah Al-Quran sangat penting dikuasai dalam menafsirkannya. Ia sangat membantu mufassirr dalam memahami dan mengeluarkan isi kandugannya.
Munasabah didalam memahami Al-Quran sangatlah penting, karena dengan dikuasainya ilmu ini maka akan dapat merasakan secara mendalam bahwa Al-Quran merupakan satu kesatuan yang utuh dalam untaian kata-kata yang harmonis dengan makna yang kokoh, tepat dan akurat sehingga sedikitpun tak ada cacat. Selain itu, dengan munasabah dapat memberikan gambaran yang semakin terang bahwa al-quran itu benar-benar kalam Allah, tidak hanya teksnya melainkan susunan dan urutan ayat-ayat dan surat-suratnya pun atas petunjuk-Nya.
Munasabah dapat berperan memahami Al-Quran. Muhammad Abdullah Darraz berkata : “ Sekalipun permasalahan yang diungkapkan oleh surah-surah itu banyak, semuanya merupakan satu kesatuan pembicaraan yang awal dan akhirnya saling berkaitan. Maka bagi orang yang hendak memahami sistematika surah semestinya dia memperhatikan keseluruhannya, sebagaimana juga memperhatikan permasalahnnya.”
Ada  dua urgensi munasabah yaitu :
Dari sisi balaghah, hubungan antara ayat dengan ayat menjadi keutuhan yang indah dalam tata bahasa al-quran.
Memudahkan orang dalam memahami makna, ayat atau surah.
Mengetahui hubungan antara bagian al-quran, baik antara kalimat-kalimat atau ayat-ayat maupun surat-suratnya yang satu dengan  yang lain sehingga lebih memperdalam pengetahuan dan pengenalan terhadap al-quran dan memperkuat keyakinan terdapat  kewahyuan dan kemukjizatan.
Menolak tuduhan bahwa susunan al-quran itu kacau
Dapat diketahui mutu dan tingkat ketinggian bahasa al-quran dan konteks kalimat-kalimatnya yang satu dengan yang lainnya.
Membantu menafsirkan ayat-ayat al-quran setelah diketahui hubungannya.






















BAB III
                                                       PENUTUP

Kesimpulan
Munasabah didalam memahami al-quran sangatlah penting, karena dengan dikuasainya ilmu ini maka akan dapat merasakan secara mendalam bahwa al-quran merupakan satu kesatuan yang utuh dalam untaian kata-kata yang harmonis dengan makna yang kokoh, tepat dan akurat sehingga sedikitpun tak ada cacat. Selain itu, dengan munasabah dapat memberikan gambaran yang semakin terang bahwa al-quran itu benar-benar kalam Allah, tidak hanya teksnya melainkan susunan dan urutan ayat-ayat dan surat-suratnya pun atas petunjuk-Nya.

Saran
Demikianlah makalah saya buat. Saya sadar makalah ini jauh dari sempurna. Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun dari pembaca saya harapakan. Guna kesempurnaan makalah saya selanjutnya. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua.











Daftar Pustaka

Muhammad Amin Suma , 2013.Ulumul Quran, Jakarta:PT RajaGrafindo Persada
Anwar Abu, 2009.Ulumul Quran, Jakarta:Amzah
Gufron Mohammad dan Rahmawati, 2013. Ulumul Quran, Yogyakarta:Teras


























Biodata Pemakalah dan Buku Referensi

Buku Referensi:



Biodata Pemakalah:

Nama : Dini Fitriyana
NIM : 2318098
Tempat, Tanggal Lahir : Batang, 30 Juli 2000
Alamat : Dk. Gedongan Ds. Rejosari Barat RT 03 RW 01 Tersono, Batang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar