Laman

Sabtu, 22 Oktober 2011


Penulis       :  Nur Khalimin
NIM             :  2021 111 320

KAMPUS DAN MAHASISWA
RAHMATAN LIL ALAMIN


Dahulu, membahas tentang kuliah mungkin banyak yang sama, tak lebih dari 60% POSITIF kuliah …tapi alhamdulillah, di Pekalongan utara terdapat Sekolah Tinggi Agama Islam Negri ‘ STAIN ‘ Pekalongan yang  mana mampu menampung kurang lebihnya delapan ratus mahasiswa , berstatus Negri dibangun beberapa gedung baru untuk jurusan Tarbiyah .
Disamping itu, yang cukup melegakan biayanya dapat dijangkau oleh kaum menengah kebawah ,memang terkenal satu-satunya PERTI Negri pencetak tenaga didik dan sebagainya dibidang Agama Islam di Pekalongan dengan dosen-dosen bertitel S2 serta disediakan berbagai macam UKM dan fasilitas yang mendukung perkuliahan, peyaluran hobi dan bakat, kreativitas, informasi, komunikasi serta hiburan religius diharapkan mampu mengoptimalkan  potensi Mahasiswa dan perkuliahannya .

MahaSiswa Rahmatan Lil Alamin
Dengan bermottokan Rahmatan Lil Alamin , merupakan suatu kebanggaan STAIN, yakni Rahmat untuk alam semesta. Dimana yang tercantum didalamnya yakni antara manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia, dan manusia dengan alam .
Tentunya ,dengan kehadiran STAIN itu sendiri di pesisir Pekalongan ini dapat mamberi manfaat bagi alam sekitarnya, baik alam fisik maupuin sosialnya .
Rahmat untuk alam semesta, sangat besar diharapkan dapat menjadi acuan semangat mahasiswa, terutama yang tergolong junior dalam perkuliahan, dimana ia mesti dilatih dan berfikir kritis bagaimana, apa, siapa, kapan dan dimana ia berpijak sebagai ‘’Khalifah’’ yang pada keharusannya ia belajar dan kelak berkarya tak hanya sebatas untuk kesuksesan hidupnya semata, namun tetapi berhasil dunia akhirat, yakni hidup di dunia bermanfaat untuk dirinya, orang lain, lingkungan dalam konteks Islami dan berhasil untuk hal akhirati dari amalan-amalannya di dunia . Yang selanjutnya terciptalah generasi terpelajar muslimin muslimat yang tak sekedar menyandang status KTP melainkan Jati Diri demi menciptakan peri kehiduan Rahmatan Lil Alamin antara manusia dengan Allah SWT, manusia dengan manusia, manusia dengan alam yang mencerminkan Mahasiswa Muslim Rahmatan Lil Alamin .

Kampus Rahmatan Lil Alamin
Disamping segi social Mahasiswa diatas, untuk menjawab pertanyaan masyarakat luar apakah STAIN sudah berhasil dalam pencetakan Pendidik Islam yang saat ini merupakan kebutuhan pokok Bangsa Indonesia dalam menghadapi segala kemungkinan adanya Globalisasi yang tak mungkin terelakkan ?  Disamping pertanyaan mengenai fakta di masyarakat dan mahasiswa, yang menyinggung tentang letak geografis STAIN itu sendiri yang dapat dibilang sangat dekat dengan pantai dan TPI Pekalongan, yang mana bila pada tiap pagi hari tercium menyengat bau garam dan ikan yang dibawa oleh pedagang yang cukup membuat mual. Lebih ditekankan lagi mengenai jarak dengan pantai yang dekat, tidak harus menunggu hujanpun kampus sudah tergenang. Tentunya ini dapat mengurangi poin dari Rahmatan Lil Alamin tersebut, terutama pada musim penghujan kita dapat menyebutnya “ kampus terapung”  meskipun area didalam kampus sudah ditinggikan permukaan tanahnya masih dirasa kalah jauh dengan kandasnya jalan Kusuma bangsa yang meruakan satu-satunya akses menuju ke Kampus  Rahmatan Lil Alamin .
Mengenai hubungan sossial kaitannya antara MahaSiswa dengan Masyarakat sekitar gedung Tarbiyah yang baru memang dirasakan perlu adanya rekondisi pada diri MahaSiswa itu sendiri berdasarkan kenyataan di lapangan dengan terdapatnya polisi tidur yang cukup banyak di gang sekitar gedung baru merupakan bentuk ketidaknyamanan Warga sekitar disebabkan lalu lalang kendaraan Mahasiswa berstempel Rahmatan Lil Alamin namun secara empiris belum dijiwai dengan praktik di Masyarakat, maka dari itu kita segeralah menyadari bahwa kita memerlukan kesadaran bersama dalam perwujudan Rahmatan Lil Alamin tanpa saling membanding-bandingkan, saling menghujat, menyalahkan, mengeluh apalagi putus asa tetapi kita sadarkan pada kerja keras dan do’a, menerima keadaan, mensyukuri, serta mau menimba ilmu dari hikmah-hikmah yang telah diberikanNya adalah jalan menuju Rahmatan Lil Alamin …amiin
Sekian sekiranya dapat bermanfaat


Wassalamualaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar