Laman

Sabtu, 22 Oktober 2011

STAIN Pekalongan mencerdaskan anak negeri


Penulis                     : Lisanto
NIM                           : 2021 111 317


3 In 1 (STAIN, Dosen, & Mahasiswa)

 
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pekalongan, status negeri inilah yang membuat kita tertarik untuk kuliah di sini. Kenapa?
Karena masyarakat Indonesia berpendapat kalau kampus yang berstatus negeri berarti sudah memenuhi syarat kampus berkualitas dengan sarana & prasarana serta pengajar yang kompeten di bidangnya. Kebanggaan kita sebagai mahasiswa stain pekalongan, biarpun tidak sepouler Universitas atau IAIN di luar kota, namun STAIN Pekalongnn menjawab solusi bagii kita untuk mengejar cita-cita.
            Yang jadi pertanyaan adalah, benarkah STAIN Pekalongan sudah sepenuhnya menjawab tantangan masyarakat untuk mencetak para mahasiswa yang berkualitas?
Pada dasarnya yang mempengaruhi kualitas mahasiswa ada 2 faktor, yakni factor kampus dan factor mahasiswa.
1. Faktor Kampus (STAIN Pekalongan)
            Sudah tidak diragukan lagi STAIN merupakan kampus yang popular untuk masyarakat pekalongan dan sekitarnya. Dari segi biaya kuliah bisa dijangkau semua kalangan, sangat membantu mahasiswa kurang mampu yang ingin melanjutkan kuliah. Apalagi disediakan beasiswa dan UKM untuk menunjang keaktifan mahasiswa.
            Namun semua fakta positif itu terkadang pudar seiring banyaknya hambatan. Letak kampus yang berdekatan dengan pantai terkadang mengganggu kegiatan perkuliahan, ataupun factor-faktor teknis yang lain.
            Kualitas dari pengajar/dosen juga ikut berperan dalam membangun kualitas mahasiswa. Tapi itu juga harus senantiasa diimbangi oleh peran aktif mahasiswa itu sendiri.

2. Faktor Mahasiswa
            Menjadi mahasiswa gampang gampang susah. Berbeda dengan masa SMA, mahasiswa dituntut lebih kritis berpendapat dan aktif dalam setiap kegiatan. Sayangnya tidak semua mahasiswa bisa bersikap demikian.

            STAIN Pekalongan, Dosen/pengajar, & mahasiswa biasa diibaratkan sebagai roda pendidikan yang saling terkait dan saling mempengaruhi, atau bisa kita sebut 3 In 1. Kualitas dari 3 komponen itu bisa menentukan keberhasilan membentuk kampus STAIN Pekalongan dalam mencerdaskan anak negeri, membentuk mahasiswa yang berdaya guna untuk keluarga, sesama, agama, bangsa dan negara. Mari kita sebagai mahasiswa saling bekerja sama dengan Dosen/Pengajar dalam mengarungi hambatan dalam roda pendidikan demi terciptanya STAIN Pekalongan yang Rahmatan lilalamin,……… Amin.
Satu kalimat terakhir, AYO SEMANGAT!!!!!!

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar