MAKALAH
SUMBER ILMU PENGETAHUAN
(EPISTEMOLOGI)
AKAL, ILMU DAN AMAL
Disusun Untuk Memenuhi Tugas
Mata Kuliah : Hadits Tarbawi II
Dosen Pengampu : Muhammad Hufron, M.S.I
|
Di susun Oleh :
Naelul Amalia Azmi
( 2021110103 )
Kelas C
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN) PEKALONGAN
TAHUN 2012
PENDAHULUAN
Allah SWT menciptakan manusia berbeda dengan makhluk-makhluk-Nya yang lain. Manusia dikategorikan sebagai makhluk paling sempurna karena manusia diberi akal dan pikiran oleh Allah. Yang dimana denganya manusia bisa membedakan antara yang baik dan buruk. Sehingga manusia bisa mendapatkan pengetahuan yang lebih dari yang lain, manusia memiliki ilmu pengetahuan yang luas perihal ilmu alam, sehingga manusia dipercayai oleh Allah untuk menempati bumi dripada para malaikat.
Salah satu penyakit sosial yang paling berbahaya yang melanda berbagai umat, termasuk umat Islam adalah mereka yang dikarunia akal, namun kemudian tidak mempergunakannya untuk memperoleh cahaya ilahi ( dalam bentuk ilmu ). Selain itu juga adanya penyakit pemutusan ilmu, khususnya ilmu-ilmu agama dari amal perbuatan, dan berubahnya ilmu menjadi sekumpulan teori belaka yang jauh dari kenyataan dan penerapan. Padahal, kaedah Islam menekankan bahwa ilmu senantiasa bersama dan tidak terpisah satu sama lain.
Dalam makalah ini akan dibahas bagaimana hubungan manusia dengan akal yang diberikan oleh Allah dalam mencapai kebahagiaan di dunia maupun di akhirat. Semoga makalah ini menjadi bahan pelajaran bagi kita semua.
PEMBAHASAN
A. Al hadits
عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ: قُلْتُ يَارَسُوْلَ اللهِ بَأَيِّ شَيْئٍ يَتَفَاضَلَ النَّاسُ فِى الدُّنْيَا ؟ قَالَ: بِالْعَقْلِ. قُلْتُ فَفِى اْلاَخِرَةِ ؟ قَالَ: بِالْعَقْلِ. فَقَالَتْ عَائِشَةَ: اِنَّمَا يُجْزَوْنَ بِأَعْمَالِهِمْ؟ قَالَ وَهَلْ عَمِلُوْا اِلاَّ بِقَدْرِمَا اَعْطَاهُمُ اللهُ مِنَ اْلعَقْلِ فَبِقَدْرِمَا أَعْطُوْامِنَ اْلعَقْلِ كَانْتِ أَعْمَا لُهُمْ وَبِقَدْرِ مَا عَمِلُوْا يُجْزَوْنَ
B. Terjemah
Dari ‘Aisyah-ra- ia berkata : saya bertanya kepada Rasulullah, dengan apakah manusia bisa utama di dunia. Rasulullah berkata ; dengan akal. Aisyah bertanya lagi : kalau diakhirat?, Rasulullah menjawab ; dengan akal. Maka Aisyah bertanya lagi : (bukankah) manusia sesungguhnya manusia itu dibalas hanya karena amal-amalnya. Rasulullah menjawab : dan tidaklah manusia-manusia beramal kecuali dengan sekedar yang Allah SWT berikan yaitu akal. Maka dengan sekedar apa yang telah diberikan kepada mereka (akal) itulah amal-amal mereka. Dan atas sekedar apa yang mereka kerjakan , maka mereka mendapat balasan.
C. Mufrodafz
..: فَبِقَدْرِمَا أَعْطُوْامِنَ اْلعَقْلِ كَانْتِ أَعْمَا لُهُمْ وَبِقَدْرِ مَا عَمِلُوْا يُجْزَوْنَ
Indonesia | Arab |
Dari Aisyah, | عَنْ عَائِشَةَ |
bahwa ia bertanya | قَالَتْ |
Aku bertanya –padanya- | قَالَتْ |
Wahai Rasulullah | يَارَسُوْلَ اللهِ |
, dengan apakah | بَأَيِّ شَيْئٍا |
Manusia yang utama | يَتَفَاضَلَ النَّاسُ |
Di dunia | فِى الدُّنْيَا |
Rasulullah menjawab | قَالَ: |
Dengan akal | بِالْعَقْلِ |
Aku (Aisyah) bertanya –lagi- | قُلْتُ |
Jika di Akhirat ? | فَفِى اْلاَخِرَةِ ؟ |
Rasulullah menjawab : dengan akal | قَالَ: بِالْعَقْلِ |
Maka Aisyah bertanya lagi | فَقَالَتْ عَائِشَةَ |
Bukankah manusia | اِنَّمَا |
Mendapatkan balasan | يُجْزَوْنَ |
Dengan semua amal-amalnya ? | بِأَعْمَالِهِمْ؟ |
Rasulullah menjawab | قَالَ |
Dan tidaklah manusia-manusia beramal | وَهَلْ عَمِلُوْا |
Kecuali dengan | اِلاَّ |
sekedar yang Allah SWT berikan | بِقَدْرِمَا اَعْطَاهُمُ اللهُ |
Yakni akal | مِنَ اْلعَقْلِ |
D. Biografi Perawi
Aisyah binti Abu bakar Ashidiq adalah ibu dari orang-orang mu`min.Dia seorang wanita yang cantik dan berkulit putih sehingga mendapat sebutan al-Humaira.Ibunya bernama Ummu Ruman binti ‘Amir bin Uwaimir bin ‘Abdi Syams bin ‘Attab bin Udzainah al-Kinaniyyah.Beliau lahir ketika cahaya Islam telah memancar, sekitar delapan tahun sebelum hijrah. Masa kanak-kanaknya dihabiskan dalam asuhan sang ayah ,kekasih Rasulullah SAW, Seorang sahabat mulia,Abu Bakar Ash-Shidiq ra. [1]
Beliau adalah perempuan yang paling ahli dalam fiqih. Dan merupakan istri Nabi yang paling Utama selain khotijah, mereka berdua memiliki kemasyhuran yang berbeda terdapat perbedaan berdua bahwa ia wafat pada 57 H. menurut Qoul Shahih.[2]
E. Keterangan dalam hadits
Dalam Kitab Lisan Al-Arabi (Al-a`ql) artinya sesuatu yang membedakan antara manusia dengan jenis hewan. Sedangkan (Al-a`mal) berarti mengerjakan apa yang dibutuhkan seperti bangunan, rumah, pertanian, penjagaan, dan lain-lain.[3]
Disitu dijelaskan akan fungsi akal. Yaitu untuk memahami apa yang dimaksudkan Allah baik itu perintah-Nya maupun laranga-Nya. Karena dengan manusia berakal, ia akan dapat berpikir mana yang dibolehkan dan mana yang dilarang. Maka dari itulah dengan ia mengetahui halal haram ia bisa selamat di dunia dengan menjadi orang yang unggul-mulia- dan menjadi orang yang utama di akhirat karena amal-amalnya didunia. Yang dimana ia beramal dengan memahami dengan akal. Dan mustahil orang yang tidak berakal mampu memahami perkara-perkara yang baik dan buruk. Orang yang tidak mampu memahami perkara yang baik dan buruk, maka ia tidak kurang lebih seperti hewan. Inilah manusia yang diberi akal sehingga ia unggul di dunia dari makhluk lainya. Imam Ibnu Katsir menjelaskan bahwa karena manusia itu mengetahui segala macam pengetahuan inilah ia menjadi makhluk Allah terbaik di muka bumi. Dan anak cucu adam yang berakal sehingga ia menjadi hamba Allah yang baik, maka ia akan unggul dibumi dan juga unggul di akhirat dengan mendapatkan kedudukan tertinggi yaitu surga.
Wahab bin Munabbih berkata, "Syetanmerasa paling kesulitanjikamenghadapi orang Mukmin yang berakal. Dia bias menggiring seratus orang bodoh, menuntun mereka dan bahkan menunggang di atas bahu mereka, lalu membawa mereka kemana pun yang dia kehendaki.Dia benar-benarmerasakesulitanberhadapandengan orang Mukmin yang berakaldanmembujuknya, sekalipununtukmendapatkansedikitapa yang dibutuhkandarinya."[4]
F. Aspek Tarbawi
Kata akal berasal dari bahasa arab yaitu al-aql berarti pikiran atau intelek (daya) atau proses pikiran yang lebih tinggi berkenaan dengan ilmu pengetahuan. Dimana akal merupakan akal yang menampung akal aqidah, syari`ah serta akhlak dan menjelaskannya. Dan dengan menggunakan akal secara baik dan benar sesuai dengan petunjuk Allah SWT. Manusia akan merasa dekat dan dengan sukarela mengingatkan diri kepada Allah SWT kemudian akal tersebut akan menghasilkan ilmu dan akan berkembang.[5]
Akal merupakan potensi ruhani yang dipersiapkan untuk menerima ilmu pengetahuan. Adapun bagi mereka yang dikaruniai akal, namun kemudian tidak mempergunakannya untuk memperoleh cahaya ilahi (dalam bentuk ilmu), Allah SWT sangat mencela orang-orang yang demikian bahkan mengancamnya dengan azab neraka jahannam. kaedah Islam menekankan bahwa ilmu senantiasa bersama dan tidak terpisah satu sama lain. Antara akal, ilmu dan amal sebagai perpaduan yang saling melengkapi dalam kehidupan manusia, yaitu setelah diberi akal, kemudian berilmu lalu beramal.[6]
G. Realita
Fenomena yang terjadi pada saat ini banyak orang sudah menggunakan akalnya untuk mencari ilmu, namun setelah mereka memperolehnya sangat jarang dari mereka yang mau mengamalkannya.
Beramal secara ikhlas bukanlah pekerjaan yang mudah, karena sifat manusia yang terkadang ingin diketahui , ingin dianggap dan sebagainya. Beramal bukannya karena hal, melainkan karena gengsi dan mencari sensasi. Itu adalah hal-hal yang bersifat riya` yang kita tahu yang merupakan salah satu dari sekian banyak perbuatan dosa.
H. Solusi
Agar manusia tidak menjadi sesat, maka akal manusia harus dibekali ilmu yang bermanfaat dan dikembangkan secara baik dan benar untuk memahami wahyu dan berjalan pada garis-garis yang telah ditetapkan Allah SWT di dalam wahyu-Nya.
Manusia harus lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dan menyadari bahwa dirinya bukanlah siapa-siapa, namun hanyalah bagian kecil dari banyak hal yang diciptakan Allah SWT di dunia ini.
PENUTUP
Dari uraian diatas disimpulkan bahwa akal adalah sesuatu yang dimiliki manusia, yang menjadi perbedaan manusia dengan binatang. Oleh karena itu, akal tidak boleh disia-siakan dan disalahgunakan dan haruslah didasarkan kepada wahyu-wahyu Allah SWT agar tetap terarah dan tidak menjadi sesat juga tidak akan terombang-ambing oleh zaman. Manusia diberi akal harus dipergunakan untuk memperoleh cahaya ilahi ( dalam bentuk ilmu ), khususnya ilmu-ilmu agama dari amal perbuatan. Seharusnya ketika manusia diberi akal, kemudian berilmu lalu beramal.
DAFTAR PUSTAKA
Abdul, Halim Mahmud Ali. 1998. Fiqih Responsibilitas Tanggung jawab Muslim Dalam Islam. Jakarta: Gema Insani, 1998 .
Duad Ali, Moh. 2006. Pendidikan Agama Islam. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Hajar Al-Ashqolani, Ibnu. 1995. Taqrib Ast-Tahzib. Beirut : Dar Al Fikr.
Mandzur, Ibnu. 1990. Lisan Al-Arab, Jilid 1 Beirut : Dar sidar.
Saleh, Abdullah Abdurrahman. 1994. Teori-teori Pendidikan Berdasarkan Al Qur’an. Jakarta : PT Rineka Cipta.
www.asysyariah.com
Resume
Hadits tarbawi II
A. Biografi Perawi
Aisyah binti Abu bakar Ashidiq adalah ibu dari orang-orang mu`min. Beliau adalah perempuan yang paling ahli dalam fiqih. Dan merupakan istri Nabi yang paling Utama selain khotijah, mereka berdua memiliki kemasyhuran yang berbeda terdapat perbedaan berdua bahwa ia wafat pada 57 H. menurut Qoul Shahih.[7]
B. Keterangan dalam hadits
Dalam Kitab Lisan Al-Arabi ( A`ql ) artinya sesuatu yang membedakan antara manusia dengan jenis hewan. Sedangkan (Al-A`mal) berarti mengerjakan apa yang dibutuhkan seperti bangunan, rumah, pertanian, penjagaan, dan lain-lain.[8]
C. Aspek Tarbawi
Kata akal berasal dari bahasa arab yaitu al-aql berarti pikiran atau intelek (daya) atau proses pikiran yang lebih tinggi berkenaan dengan ilmu pengetahuan. Dimana akal merupakan akal yang menampung akal aqidah, syari`ah serta akhlak dan menjelaskannya. Dan dengan menggunakan akal secara baik dan benar sesuai dengan petunjuk Allah SWT. Manusi akan merasa dekat dan dengan sukarela mengingatkan diri kepada Allah SWT kemudian akal tersebut akan menghasilkan ilmu dan akan berkembang.
D. Realita
Fenomena yang terjadi pada saat ini banyak orang sudah menggunakan akalnya untuk mencari ilmu, namun setelah mereka memperolehnya sangat jarang dari mereka yang mau mengamalkannya.
Beramal secara ikhlas bukanlah pekerjaan yang mudah, karena sifat manusia yang terkadang ingin diketahui , ingin dianggap dan sebagainya. Beramal bukannya karena hal, melainkan karena gengsi dan mencari sensasi. Itu adalah hal-hal yang bersifat riya` yang kita tahu yang merupakan salah satu dari sekian banyak perbuatan dosa.
E. Solusi
Agar manusia tidak menjadi sesat, maka akal manusia harus dibekali ilmu yang bermanfaat dan dikembangkan secara baik dan benar untuk memahami wahyu dan berjalan pada garis-garis yang telah ditetapkan Allah SWT di dalam wahyu-Nya.
Manusia harus lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dan menyadari bahwa dirinya bukanlah siapa-siapa, namun hanyalah bagian kecil dari banyak hal yang diciptakan Allah SWT di dunia ini.
[1] www.asysyariah.com
[2] Ibnu Hajar Al-ashqolani, Taqrib Ats-Tahdzib, (Beirut : Dar Al- Fikr, 1995), h. 869.
[3] Ibnu Mandzur. Lisan Al-Arab, Jilid 1. (Beirut : Dar sidar, 1990), h. 459-475.
[4] Ali Abdul Halim Mahmud, Fiqih Responsibilitas Tanggung jawab Muslim Dalam Islam. ( Jakarta: Gema Insani, 1998 ). h. 254
[5] Moh Daud Ali. Pendidikan Agama Islam. (Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2006), h. 385.
[6] Abdurrahman Saleh Abdullah, Teori-teori Pendidikan Berdasarkan Al-Qur’an. ( Jakarta: PT Rineka Cipta, 1994 ). H. 97
nama: nurul islakhah
BalasHapusnim: 2021110139
kelas: C
makalh anda membahas tentang sumber ilmu pengetahuan yaitu akal ilmu dan amal,yang saya tanyakan bagaimana keterkaitan dari ketiga hal tersebut??
Nama : Dhamira Septiana Vandini
BalasHapusNim: 2021110127
Di era modernisasi sekarang ini menurut pendapat pemakalah bagaimana caranya menyeimbangkan antara akal,ilmu dan amal????
akankah ilmu,akal dan amal selalu berkesinambungan?????????mengapa,mohon jelaskan secara spesifik disertai dengan contoh realnya??????
BalasHapusistighfaroh 2021110119
nama: abdul chamid
BalasHapusnim: 202109113
kls: C
Saya meh bertanya apakah orang yang tidak punyak akal bisa mendapatkan ilmu pengetahuan, jelaskan..?
nama: avita rohmah
BalasHapusnim 202109191
bagaimana tanggapan pemakalah jika di lingkungan sekitar pemakalah trdapat org yg brakal dan berilmu tapi tdk mau mengamalkan ilmu yg ia pnya??
bagaimana menyikapinya???
nurul khikmah
BalasHapus2021110122
kelas C
seperti dalam seminar sejuta sholawat kemaren. apa yang telah dipaparkan oleh Habib Ismail, bahwa ilmu adalah kontemplasi aktif, dan amal adalah aksi dari kontemplasi aktif. saya kira, pembahasan ini sangat berkaitan, pertanyaan saya, pemakalah sendiri melihat fenomena sekarang tentang penerapan ilmu itu bagaimana?
nama : dewi listiyaningsih
BalasHapusnim : 2021110106
kelas : c
assalamu'alaikum
bagaimana jika beramal tanpa ilmu dan dia mempunyai ilmunya tapi tidak mau beramal?
bagaimana tanggapan saudara
ayu listiyaningrum
BalasHapus2021110138
kelas C
bagaimana mengoptimalkan akal dan indera sehingga mewujudkan amal yang baik dan ilmu yang bermanfaat??
dzikriati sholikhah
BalasHapus2021110113
kelas C
bagaimana cara menyelaraskan ilmu, akal dan amal agar tetap seimbang??
khafidhotul khusna
BalasHapus2021110136
kelas C
bagaimana agar indera, ilmu dan akal agar dapat selaras dengan hadits yang anda sampaikan??
nama : lutfiyah
BalasHapusnim : 202 111 0118
bgmna tanggapan saudara tentang sesorang yang telah memanfaatkan ilmunya untuk menghancurkan orang lain atau mengamalknnya dijalan yang tidak dibenarkan dlm agama??apa yg slah jika kasus ini trjd??trmksh
Nama :Romadlon
BalasHapusNim :2021110114
kelas :C
Saya sering kali kesulitan dalam memahami suatu ilmu,,apa kah karna akal saya yang kurang dlam menyerap ilmu tersebut atau karna ada faktor lain,,????????terimakasih,,,
nama: zakirotunnikmah
BalasHapusnim: 2021110112
kelas: c
dalam makalah anda, sumber ilmu pengetahuan itu adalah akal,ilmu, dan amal.
ya pada dasarnya ketiganya itu saling berkaitan, namun ketika munculnya suatu ilmu pengetahuan baru sebenarnya mana sih yang paling berperan terlebih dahulu??????
nama: afif fathuri
BalasHapusnim;2021110096
c
apakah akal manusia menetukan semua perbuataanya? dan bagaimana bila punya akal cerdas tapi bermoral jelek?
nama : ANisah
BalasHapuskelas : C
nim : 2021110123
apa kaitannya epistimologi dengan akal, ilmu dan amal ... jelaskan juga kaintannya dengan manfaatnya bagi pendidikan islam.
nama : anita handayani
BalasHapuskelas : C
nim : 202109210
dimakalah dijelaskan tentang fungsi akal...
yang saya tanyakan bagaimana cara menjaga agar akal pikiran kita selalu berfikiran yang positif...???
Pertanyaan dari nurul islakhah ,istighfaroh dan dzikriati sholekhah hampir sama
BalasHapusBahwa antara akal,ilmu dan amal saling berkaitan atau berhubungan .karena manusia adalah makhluk yang paling sempurna . Dimana sati-satunya makhluk yang diberi akal ole allah , namun Allah tidak Cuma-Cuma memberikan kesempurnaan manusia dengan akalnya. Dengan akal manusia bisa mendapatkan ilmu pengetahuan yang lebih. Ilmu merupakan aspek teoritis dari ilmu pengetahuan . Dengan pengetahuan inilah manusia melakukan perbuatan amalnya.Jika manusia memilki ilmu namun miskin amalnya maka ilmu tersebut menjadi sia-sia. Sehingga antara akal,ilmu dan amal saling ada hubungannya.
Pertanyaan Damira,Ayu lis dan khaifidotul khusna sama,bahwa cara menyeimbangkan akal,ilmu dan amal adalah dengan meyakini bahwa Allah menciptakan manusia dari bumi tidak untuk sia-sia .selain itu juga dengan mengotimalkan rukhaniyah kita yang dipersiapkan untuk menerima ilmu pengetahuan . Setelah ilmu pengetahuan kita peroleh harus meyakini bahwa kitamempunyai tanggung jawab lebih besar karena memiliki kemampuan yang lebih.yang akan memberikan perkembangan kearah perbaikan dalam memberikan aml sholeh satu sama lain
JAWABAN MAKALAH
BalasHapusKELAC C, HADITS 21
TENTANG AKAL, ILMU DAN AMAL
PERTANYAAN:
akankah ilmu,akal dan amal selalu berkesinambungan?????????mengapa,mohon jelaskan secara spesifik disertai dengan contoh realnya??????
istighfaroh 2021110119
JAWABAN :
Dalam makalah sudah dijelaskan bahwa antara akal,ilmu dan amal saling berhubungan. Bahwa ketiganya perpaduan yang saling melengkapi dalam kehidupan manusia,yaitu setelah diberi akal kemudian berilmu lalu beramal. Contonya ketikamanusia akan memperoleh ilmu maka alat yang digunakan untuk memperoleh ilmu dengan memanfaatkan akalnya kemudian Jika manusia mempunyai ilmu tapi miskin amalnya maka ilmu tersebut menjadi sia-sia.
nama: abdul chamid
nim: 202109113
kls: C
PERTANYAAN:
Saya meh bertanya apakah orang yang tidak punyak akal bisa mendapatkan ilmu pengetahuan, jelaskan..?
JAWABAN:
Sebenarnya setiap amnusia dibekali akal oleh Allah,namun masalahnya terkadang diantara kita ada yang tidak mau memanfaatkan fasilitas yang diberikan oleh Allah tersebut yang akhirnya tidak ada keinginan untuk selalu mengembangkan ilmu pengetahuan.
nama: avita rohmah
nim 202109191
PERTANYAAN:
bagaimana tanggapan pemakalah jika di lingkungan sekitar pemakalah trdapat org yg brakal dan berilmu tapi tdk mau mengamalkan ilmu yg ia pnya??
bagaimana menyikapinya???
Menurut saya dalam menyikapi fenomena di atas menyadarkan bahwa manusia harus mendekatkan diri kepada Allah dan menyadari bahwa dirinya bukanlah siapa-siapa,namun hanyalah bagian kecil dari banyakahal yang diciptakan Allah, sehingga mempunyai kesadaran bahwa manusia mempunyai tanggung jawab dalam dirinya.
nurul khikmah
BalasHapus2021110122
kelas C
PERTANYAAN:
seperti dalam seminar sejuta sholawat kemaren. apa yang telah dipaparkan oleh Habib Ismail, bahwa ilmu adalah kontemplasi aktif, dan amal adalah aksi dari kontemplasi aktif. saya kira, pembahasan ini sangat berkaitan, pertanyaan saya, pemakalah sendiri melihat fenomena sekarang tentang penerapan ilmu itu bagaimana?
Memang benar bahwa ilmu adalh kontemplasi aktif, dan amal adalah aksi dari kontemplasi aktif . Fenomena yang terjadi pada saat ini banyak orang sudah menggunakan akalnya untuk mencari ilmu, namun setelah mereka memperolehnya sangat jarang dari mereka yang mau mengamalkannya, hal ini memang sangat ironis, dan salah satu faktornya adalah karakter seseorng yang lebih menari sensasi, artinya dalam mengamalkan ilmunya tidak secara ikhlas namun adanya sifat ingin diketahui orang lain.
nama : dewi listiyaningsih
nim : 2021110106
kelas : c
PERTANYAAN:
assalamu'alaikum
bagaimana jika beramal tanpa ilmu dan dia mempunyai ilmunya tapi tidak mau beramal?
bagaimana tanggapan saudarai
Menurut saya ketika kita beramal harus disertai dengan ilmu. Jika ada orang yang beramal tanpa didasari ilmu tidak ubahnya dengan orang yang mendirikan bangunan di tengah malam dan kemudian menghancurkannya di siang hari. Begitu juga, hal ini pun berlaku pada amal perbuatan yang lain, dalam berbagai bidang. Memimpin sebuah negara, misalnya, harus dengan ilmu. Negara yang dipimpin oleh orang bodoh akan dilanda kekacauan dan kehancuran.
Sedangkan kedua, sesungguhnya ilmu dan amal saling beriringan. Barangsiapa berilmu maka dia harus berbuat, baik itu ilmu yang berhubungan dengan masalah ibadah maupun ilmu-ilmu yang lain. Tidak ada faedahnya ilmu yang tidak diamalkan. Amal merupakan buah dari ilmu, jika ada orang yang mempunyai ilmu tapi tidak beramal maka seperti pohon yang tidak menghasilkan manfaat bagi penanamnya.
ayulistiyaningrum
2021110138
C
PERTANYAAN:
bagaimana mengoptimalkan akal dan indera sehingga mewujudkan amal yang baik dan ilmu yang bermanfaat??
Akal merupakan daya atau kekuatan yang dianugerahkan oleh Allah SWT kepada manusia sebagai alat berfikir dan alat untuk mempertimbangkan serta memikirkan baik buruknya sesuatu. Akal adalah potensi yang diberikan Allah SWT kepada manusia di samping nafsu. Cara mengoptimalkan akal agar mewujudkan amal yang baik dan ilmu yang bermanfaat dengan mempotensikan ruhani kita yang dipersiapakan untuk menerima ilmu pengetahuan, didasari dengan niat ikhlas .
JAWABAN :
nama : lutfiyah
nim : 202 111 0118
PERTANYAAN:
bgmna tanggapan saudara tentang sesorang yang telah memanfaatkan ilmunya untuk menghancurkan orang lain atau mengamalknnya dijalan yang tidak dibenarkan dlm agama??apa yg slah jika kasus ini trjd??trmksh
JAWABAN:
Masalah seseorang yang telah memanfaatkan ilmunya untuk menghancurkan orang lain , sebenarnya kasus ini banyak terjadi justru dikalangan orang-orang atasan, dalam mengamalkan ilmunya mereka tidak didasarkan dengan niat yang lurus, mereka justru niatnya menghancurkan orang lain dan ujung-ujungnya bertujuan pada materi, hal ini menurut saya keslahan pada diri orang itu sendiri,kurang adanya pendidikan akhlak.
Nama :Romadlon
Nim :2021110114
kelas :C
PERTANYAAN:
Saya sering kali kesulitan dalam memahami suatu ilmu,,apa kah karna akal saya yang kurang dlam menyerap ilmu tersebut atau karna ada faktor lain,,????????terimakasih,,,
JAWABAN:
Sebenarnya manusia diberikan potensi yang luar biasa dalam menggunakan akalnya, seorang Albert Einstain sja yang terkenal pandainya dia baru menggunakan kurang dari 50% potensi akalnya,ini membuktikan bahwa potensi akal manusia luar biasa. Kaitan dengan masalah yang anda hadapi,mungkin salah satu faktornya adalah kurangnya kefokusan anda dalam mempelajari suatu pelajaran
nama: zakirotunnikmah
BalasHapusnim: 2021110112
kelas: c
PERTANYAAN:
dalam makalah anda, sumber ilmu pengetahuan itu adalah akal,ilmu, dan amal.
ya pada dasarnya ketiganya itu saling berkaitan, namun ketika munculnya suatu ilmu pengetahuan baru sebenarnya mana sih yang paling berperan terlebih dahulu??????
JAWABAN:
Adanya ilmu pengetahuan yang baru muncul karena berkembangnya pemikiran seseorang yang disebabkan dalam memaksimalkan potensi akal kita. Namun adanya ilmu pengetahuan semuanya sudah ada dalam Al Qur’an, namun munculnya dalam dunia karena peranan akal manusia yang mencoba mengembangkannya.
nama: afif fathuri
nim;2021110096
c
PERTANYAAN
apakah akal manusia menetukan semua perbuataanya? dan bagaimana bila punya akal cerdas tapi bermoral jelek?
JAWABAN:
Sebenarnya akal merupakan alat untuk memperoleh ilmu, ilmu jika diamalkan dengan baik akan mencerminkan sikap dan moral dari seseorang. Jika masalahnya ada orang cerdas namun bermoral jelek berarti diatidak bisa mengamalkan ilmunya dengan baik.
nama : ANisah
kelas : C
nim : 2021110123
PERTANYAAN
apa kaitannya epistimologi dengan akal, ilmu dan amal ... jelaskan juga kaintannya dengan manfaatnya bagi pendidikan islam.
Epistimologi berarti sumber ilmu pengetahuan, dan salah satu dari sumber ilmu pengetahuan adalah akal, sebenarnya dalam hadits ini lebih menjelaskan pada pembahasan akalnya sebagai sumber ilmu pengetahuan. Dan kaitannya dengan manfaat bagi pendidikan islam adalah dengan akal yg kita gunakan seoptimal mungkin harapannya mampu mengembamngkan ilmu-ilmu baru khususnya dalam pendidikan Islam.
nama : anita handayani
kelas : C
nim : 202109210
PERTANYAAN:
dimakalah dijelaskan tentang fungsi akal...
yang saya tanyakan bagaimana cara menjaga agar akal pikiran kita selalu berfikiran yang positif...???
JAWABAN :
Agar akal pikiran kita selalu berfikiran yang positif dengan melakukan tindakan-tindakan yang positif juga sehingga kerja akal pun akan membawanya ke hal-hal yang positif. Selain itu yang paling penting adalah biasakan diri kita untuk selalu dekat dengan Allah, agar segala tindakan dan fikiran kita juga tidak sia-sia.