Laman

Senin, 24 Oktober 2011

alternatif yang paling efektif untuk berdakwah


Dakwah melalui media;
Jangan dipandang sebelah mata
oleh : Irma Susanti 
2021 111 218
    
     Dakwah melalui media merupakan salah satu alternatif yang paling efektif untuk berdakwah. Hal ini dikarenakan dakwah melalui media dipandang lebih efisien untuk memberikan dakwah dimanapun dan kapanpun kepada semua masyarakat luas tanpa repot – repot untuk mengumpulkan jama'ah sebanyak – banyaknya ataupun menyebarluaskan brosur – brosur di semua daerah seluas – luasnya. Akhir -akhir ini dakwah melalui media begitu gencar dilakukan oleh semua media elektronik, misal stasiun – stasiun televisi, baik televisi milik pemerintah maupaun milik swasta. Selain itu ada banyak lagi media elektronik lain yang digunakan untuk berdakwah, diantaranya radio, internet, dan lain – lain. 

Bahkan media cetak sekalipun juga digunakan sebagai media dakwah, seperti buletin,majalah, ataupun koran.selain lebih efisien, dakwah melalui media juga lebih diminati oleh masyarakat karena mereka beralasan bahwa dakwah melalui media bisa dinikmati kapanpun dan dimanapun mereka inginkan. Tanpa pergi ke masjid – masjid ataupun mushola – mushola yang rutin mengadakan ceramah – ceramah.baik di rumah, di mobil, ataupun sambil tiduran sekalipun, mereka bisa menikmati dakwah yang dibawakan oleh ustadz – ustadz idola mereka. Tak ayal banyak para orang tua zaman sekarang yang mengajari anak – anak mereka tentang agama melalui dakwah – dakwah yang dilakukan dengan media elektronik maupun cetak agar mereka lebih mudah mencerna apa yang disampaikan oleh ustadz – ustadz tersebut.

Selain itu para orang tua beralasan dari pada anak -anak mereka terlibat dalam tontonan ataupun tayangan yang tidak mendidik, lebih baik mengajari anak – anak mereka dengan tayangan yang berbau edukasi. Hal ini di pandang sangat relevan mengingat bahwa semua orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anak – anak mereka. Apapun akan di usahakan semaksimal mungkin untuk anak – anak mereka agar anak – anaknya menjadi orang yang bermanfaat sesuai dengan cita – cita yang mereka harapkan.
  
Tentu sangatlah tidak mudah mengajarkan anak – anak mengenai agama, namun jika pembelajarannya dikemas secara apik dan menarik tentu akan membangkitkan minat sang anak agar terus belajar mengenai agama, tanpa di hantui rasa jenuh dan mengantuk pada saat mendengarkan dakwah. Dan hal ini membutuhkan ekstra kerja keras dari orang tua, sebab banyak tayangan – tayangan yang begitu menarik bagi anak, tapi acara tersebut sama sekali tidak mendidik. Orang tua harus senantiasa mendampingi apa yang di lakukan dan ditonton ataupun dibaca oleh anak – anak mereka. Sebab orang tua merupakan salah satu media preventif agar anak tidak terjebak kepada hal – hal yang tidak baik.

Dakwah melalui media sering disebut – sebut sebagai pemicu seseorang untuk lebih giat belajar mengenai agama, karena memiliki stimulus – stimulus tersendiri , diantaranya ustadz – ustadz yang cakep, atraktif, dan punya kharakteristik tersendiri, artis – artis yang didatangkan khusus sebagai bintang tamu, dan masih banyak lagi hal lain yang memotivasi mereka.hal ini tentu di pandang sebagai dampak positif mengenai penayangan ataupun penerbitan dakwah melalui media, sehingga dengan demikian, lebih mendongkrak para insan perfilman agar lebih sering menayangkan hal – hal yang berbau edukasi, khususnya dakwah.

Semakin banyak orang yang suka dengan dakwah, tentu lama – kelamaan akan menjadikan seseorang turut mengamalkan ajaran atau materi yang di sampaikan dalam dakwah tersebut dalam kehidupan sehari – hari. Jika hal tersebut di lakukan oleh mayoritas penduduk di negara kita, tentu hal ini tak pelakmenjadikan perubahan yang signifikan bagi tumbuhnya perilaku ataupun akhlak dan moral untuk semua penduduk di negara ini, untuk menjadi bangsa yang lebih bermoral dan lebih bermartabat.

Tentu hal ini membutuhkan dukungan mutlak dari semua pihak, baik dari pemerintah atau para penguasa negeri ini dan semua lapisan masyarakat penduduk indonesia agar cita – cita bangsa ini dapat direalisasikan menjadi bangsa yang secara hakikatnya benar – benar merdeka dalam arti yang sesungguhnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar