Laman

Kamis, 06 Oktober 2011

SBM (3) Kelas A



STRATEGI MAKALAH
BELAJAR MENGAJAR
“Hakikat,Ciri,Dan Komponen Belajar Mengajar”
Mata Kuliah                   :Strategi Belajar Mengajar
Dosen Pengampu         :Hufron Dimyati,M.Ag



Di Susun oleh Kelompok 3:
1.Five Indah N.               202109038
2.Siti Ahyati                     202109039
3.Naryati                          202109041
4.Eka Purwanti                 202109042

 Kelas A


SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN) PEKALONGAN
2011

PENDAHULUAN


Kegiatan Belajar Mengajar adalah Suatu kondisi yang dengan sengaja di ciptakan.Gurulah yang menciptakannya guna yang mengajar dan anak didik yang belajarPerpaduan dari kedua unsure manusiawi ini lahirlah interaksi edukatif dengan memanfaatkan bahan sebagai mediumnya.Disana semua komponen pengajaran di perankan secara optimal guna mencapai tujuan pengajaran yang telah di tetapkan sebelum pengajaran di laksanakan.Oleh sebab itu makalah ini mencoba membahas satu persatu tentang hakikat,,,cirri dan komponen belajar mengajar,ketiga aspek ini perlu betul guru ketahui dan pahami guna menunjang tugas di medan pengabdian.Semoga makalah ini dapat bermanfaat untuk semua



PEMBAHASAN

A.Hakikat Belajar Mengajar

Dalam kegiatan belajar mengajar,anak adalah sebagai subjek dan sebagai objek dari kegiatan pengajaran.Karena itu,inti proses pengajaran tidak lain adalah kegiatan belajar anak didik dalam mencapai suatu tujuan pengajaran.
Belajar pada hakekatnya bukan sekedar untuk tahu,paham,dan hafal suatu pengetahuan tertentu,melainkan bagaimana menjadi mengerti,kemudian mengamalkan,dan pada puncaknya menyemaikan manfaat bagi lingkunganya.
Amal dan manfaat bagi lingkungan bagi lingkungan merupakan dimensi terpenting dalam belajar dan berilmu. Berilmu tapi diamalkan,amat sia-sia beramal tanpadisadari juga tertolak bahkan menyesatkan. Karenanya ilmu dan amal merupakan dua entitas vital yang tidak boleh dipisahkan.[1]
Sama halnya dengan belajar , mengajarpun hakekatnya adalah suatu proses.yaitu proses mengatur ,mengorganisasi lingkungan yang ada di sekitar anak didik, sehingga dapat menumbuhkan dan mendorong anak melakukan proses belajar.Pada tahap berikutnya mengajar adalah proses memberikan bimbingan atau bantuan kepada anak didik dalam melakukan proses belajar(Nana sudjana,1991:29)[2]

B. CIRI-CIRI BELAJAR MENGAJAR
Belajar dan mengajar merupakan dua aktivitas yang berlangsung secara bersamaan,simultan dan memiliki fokus yang dipahami bersama.
Kegiatan belajar mengajar memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
a.Memiliki tujuan,yaitu untuk membentuk anak dalam suatu perkembangan tertentu.
b.Terdapat Mekanisme,prosedur,langkah-langkah,metode dan teknik yang direncanakan dan di desain untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan.
c.Fokus materi jelas,terarah dan terencana dengan baik
d.Adanya aktivitas anak didik merupakan syarat mutlak bagi berlangsungnya kegiatan belajar .mengajar.
e.Aktor guru yang cermat dan tepat
f.Terdapat pola aturan yang ditaati guru dan anak didik dalam proposi masing-masing
g.limit waktu untuk mencapai tujuan pembelajaran
h.Evaluasi, baik evaluasi proses maupun evaluasi produk[3]


C. Komponen-komponen belajar
Sebagai suatu system tentu saja kegiatan belajar mengajar mengandung sejumlah komponen yang meliputi tujuan, bahan pembelajaran,, kegiatan belajar mengajar , metode, alat dan sumber, serta evaluasi.penjelasan dari setiap komponen tersebut adalah sebagai berikut:
1.Tujuan
Merupakan suatu cita- cita yang ingin dicapai dari pelaksanaan suatu kegiatan. Tiada ada suatu kegiatan yang diprogramkan tanpa suatu tujuan, karena hal itu adalah suatu hal yang tidak memiliki kepastian dalam menentukan kearah mana kegiatan itu akan dibawa.Tujuan dalam pendidikan pengajaran adalah suatu cita-cita yang bersifat normatif.Dengan kata lain, dalam tujuan  terdapat sejumlah nilai yang harus  ditanamkan kepada anak didik. Nilai-nilai itu nantinya akan mewarnai cara anak didik bersikap dan berbuat dalam lingkungan sosialnya, baik disekolah maupun diluar sekolah.

2.Bahan pelajaran
    Adalah substansi yang akan disampaikan dalam proses belajar mengajar. Tanpa bahan pelajaran proses belajar mengajar tidak akan berjalan.Karena itu, guru yang akan mengajar pasti memiliki dan menguasai bahan pelajaran yang akan disampaikannya pada anak didik. Ada dua persoalan dalam penguasaan bahan pelajaran pokok dan bahan pelengkap. Bahan pelajaran pokok adalah bahan pelajaran yang menyangkut bidang studi yang dipeganng oleh guru sesuai dengan profesinya (disiplin keilmuannya). Sedangkan bahan pelajaran pelengkap atau penunjang adalah bahan pelajaran yang dapat menunjang penyampaian bahan pelajaran pokok.[4]

3.Kegiatan belajar mengajar
Adalah inti kegiatan dalam pendidikan. Dalam kegiatan belajar mengajar,guru dan anak didik terlibat dalam sebuah interaksi dengan bahan pelajaran sebagai mediumnya.Dalam interaksi itu anak didiklah yang lebih aktif,bukan guru.guru hanya berperan sebagai motivator dan fasilitator.Inilah system pengajran yang di kehendaki dalam pengajaran dengan pendekatan CBSA (cara belajar siswa aktif) dalam pendidikan modern
4.Metode
Metode adalah suatu cara yang di pergunakan untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan.Dalam kegiatan belajar mengajar,guru tidak harus terpaku dengan menggunakan satu metode,tetapi guru sebaiknya menggunakan metode yang bervariasi agar jalannya pengajaran tidak membosankan,tetapi menarik perhatian anak didik.

5.Alat
Alat adalah Segala sesuatu yang dapat di gunakan dalam rangka mencapai tujuan pengajaran.sebagai segala sesuatu yang dapat di gunakan dalam mencapai tujuan pengajaran,alat mempunyai fungsi yaitu alat sebagai perlengkapan,alat sebagai pembantu mempermudah usaha mencapai tujuan.
Alat dapat di bagi menjadi dua macam,yaitu alat bantu pengajaran.Yang di maksud dengan alat adalah berupa suruhan,perintah,larangan dan sebagainya.Sedangkan alat bantu pengajaran adalah berupa globe,papan tulis,batu kapur,batu tulis,gambar,diagram,slide,video,dan sebagainya.
6.Sumber Pengajaran
Yang di maksud dengan sumber-sumber bahan dan belajar adalah sebagai sesuatu yang dapat di pergunakan sebagai tempat dimana bahan pengajaran terdapat atau asal untuk belajar seseorang.Dengan demikian,sumber belajar itu merupakan bahan/materi untuk menambah ilmu pengetahuan yang mengandung hal-hal baru bagi si pelajar.Sebab pada hakikatnya belajar adalah untuk mendapatkan hal-hal baru.
Drs.Udin Saripuddin Winataputra,M.A. dan Drs.Rustana Ardiwinata (1991:165) berpendapat bahwa terdapat sekurang-kurangnya lima macam sumber belajar,yaitu:
a.manusia
b.buku/perpustakaan
c.media massa
d.alam lingkungan
e.media pendidikan

7.Evaluasi
Adalah suatu tindakan atau suatu proses untuk menentukan nilai dari sesuatu.Tujuan evaluasi dapat di lihat dari dua segi yaitu tujuan umum dan tujuan khusus
a.Tujuan umum dari evaluasi adalah:
1.Mengumpulkan data-data yang membuktikan taraf kemajuan murid yang di harapkan
2.Memungkinkan pendidik/guru menilai aktivitas atau pengalaman yang di dapat
3.Menilai metode mengajar yang di pergunakan
b.Tujuan khusus dari evaluasi adalah:
1.Merangsang kegiatan siswa
2.Menemukan sebab-sebab kemajuan atau kegagalan
3.Memberi bimbingan yang sesuai dengan kebutuhan,perkembangan dan bakat siswa yang bersangkutan.


PENUTUP

a.Hakikat Belajar Mengajar
Belajar mengajar pada hakikatnya adalah suatu proses.Yaitu proses mengatur,mengorganisasi.Lingkungan yang ada di sekitar anak didik,sehingga dapat menumbuhkan dan mendorong anak didik melakukan proses belajar.Bila hakikat belajar adalah ”Perubahan” maka hakikat belajar mengajar adalah proses “pengaturan” yang di lakukan oleh guru.
b.Ciri-ciri Belajar Mengajar
Menurut Edi Suardi:
-Belajar Mengajar memiliki tujuan
-Ada suatu prosedur
-Kegiatan belajar mengajar di tandai dengan suatu penggarapan materi yang khusus
-Di tandai dengan aktifitas anak didik
-Dalam kegiatan belajar mengajar,guru berperan sebagai pembimbing
-Dalam kegiatan belajar membutuhkan disiplin
-Ada batas waktu
-evaluasi
c.Komponen-komponen Belajar Mengajar
1.Tujuan
2.Bahan Pelajaran
3.Kegiatan Belajar Mengajar
4.Metode
5.Alat
6.Sumber Pelajaran
7.Evaluasi





Daftar Pustaka

Djamaroh,Syaiful Bahri,Aswan Zain,2006.Strategi Belajar Mengajar.Jakarta:PT.Rineka cipta
Fathurrohman,pupuh,sobry sutikno,2009.Strategi Belajar Mengajar.Bandung:PT.Rifeka Aditama
Mustakim,Zainal.Strategi dan Metode Pembelajaran.Yogyakarta:Gama media yogyakarta











[1]Zaenal mustakim.Strategi dan metode pembelajaran.(Yogyakarta:Gama media,2009),hlm.48-49.
[2] Syaiful.Bahri Djamaroh.Strategi Belajar mengajar.(Jakarta:PT.Rineka Cipta),hlm.39
[3] Pupuh Fathurrohman dkk,Strategi belajar mengajar(Bandung:PT.Adika Raditama,2009),hlm.11
[4] Syaiful Bahri Djamarah,Srtategi Belajar Mengajar(Jakarta:PT.Rineka Cipta,2006)hlm.43

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar