new post

zzz

Rabu, 22 Februari 2012

Kelas F makalah 2 : Khutbah Jum'at Media Menyebarkan Ilmu Pengetahuan


MAKALAH
KHUTBAH JUM’AT MEDIA UNTUK MENYEBARKAN ILMU PENGETAHUAN
Mata Kuliah: Hadits Tarbawi II
Dosen Pengampuh: Ghufron Dimyati,M.S.I
KELOMPOK 2




Disusun oleh:
Nani Mulyaningsih
2021110236
Kelas F


SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN) PEKALONGAN
TAHUN 2012


PENDAHULUAN

            Ibadah sholat jum’at adalah seperti ibadah sholat-sholatyang lain yang biasa kita lakukan. Sholat jum’at itu sah dilakukan baik dikota ataupun didesa dan pertama kali di lakukan ialah bertempat pada masjid nabi SAW. di madinah. Para ulama sependapat bahwa sholat jum’at hukimnya fardhu ain bagi kaum laki-laki orang islam,merdeka berakal baligh dan bebas dari macam uzur yang memperolehkan untuk meninggalkannya,sedangkan untuk perempuan dan anak kecil tidak wajib.
Jumlah rokaatnya ada 2,sebelumnya di lakukan khutbah jumhur ulam berpendapat bahwa khotbah jum’at adalah hukumnya wajib,karena bisa juga di katakan selain ritual ibadah,khutbah jum’at juga dikatakan salah satu media dakwah yang mempunyai kaitan langsung  dengan pembinaan umat yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan yang sangat dibutuhkan oleh kepentingan manusia.

















A. HADITS
عَنْ سَالِمٍ عَنْ اَبِيهِ قَالَ: سَمِعْتُ النبِي صَلى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلمَ يَخْطُبُ عَلَى الْمِنْبَرِفَقَالَ:مَنْ جَاءَإِلَى الْجُمُعَةِ فَلْيَغْتَسِلْ.
B. TARJAMAH
            Dari Salim,dari ayahnya,dia berkata:”Aku mendengar Rosulullah SAW berkhutbah diatas mimbar,beliau berkata,”Barang siapa menghadiri shalat jum’at,maka hendaklah ia mandi terlebih dahulu.”” ¹
C. MUFRODAT
Barang siapa : مَنْ
menghadiri : جَاءَ
sholat Jum’at : إِلَى الْجُمْعَةِ
Dahulukan mandi : فَلْيَغْتَسِلْ

D.  BIOGRAFI PERAWI
            Nama sebenarnya adalah  Abu Abdullah bin Umar Bin Khaththab al Quraisy al Aday al Madany ia seorang ulama tabi’in dan seorang pemuka ilmu.
Ia menerima hadits dari ayahnya  al-ansnary,Rafi bin khadij,Abu Hurairah dan Aisyah dan juga  menerima hadits dari para tabi’in.
Para ualam menetapkan bahwa ia Tsisah dan imam dalam bidang hadits. Ishaq bin Ruhawaih berkata,”hadits yang paling shahih sanadnya bersumber dari az-Zuhry dari Salim dari ayahnya”.
Muhammad said berkata “salim adalah seorang ulama  yang banyak hadits seorang yang tinggi ilmunya” dan seorang yang wara”.
Ia wafat pada tahun 106 H.menurut al-bhukhariy dan Abu Nur’aim.
Disalin dari Biografi salim bin Abdullahb dalam Tahdzibul Asma an Nawawi,Tahdzib at Tahdzib Ibn Hajar asqalanii.²


 

¹Ibnu hajar Al-Asqalani,Fathul Baari.Jakarta.Pustaka Azzam.2008.hml.120.





               

E. KETERANGAN HADITS
            Anas RA. Berkata “Rosulullah SAW berkhutbah diatas mimbar” ini adalah hadits yang disebutkan  Imam bukhori pada pembahasan tentang Al-i’stisham  (berpegang teguh kepada agama).
            Sebagai ahli sirah nabawiyah mengatakan,pada mulanya Rosulullah SAW berkhutbah diatas tanah yang bersandarkan kayu dan kemudian para sahabat memusyawarahkan untuk membuat mimbar yang terbuat dari kayu demi kenyamanan Rosulullah  SAW dalam berkhutbah. Mimbar tetap sebagai mana adanya,yaitu mempunyai tiga anak tangga oleh marwan,kemudian dibawahnya lagi ditambah menjadi  enam anak tangga oleh marwan pada masa khalifah muawiyah.
Tujuannya di buatkan mimbar selain untuk berkhutbah Rosulullah juga untuk melaksanakan sholat jum’at diatas mimbar tersebut supaya semua orang dapat melihat sholatnya Rosulullah dengan jelas. Dan juga dalam menyampaikan isi dari khotbahnya.
            Melihat hadits diatas dijelaskan pula setiap orang dalam melaksanakan sholat disunahkan terlebih dahulu untuk membersihkan badannya karna basahnya mandi itu konsekuensiuntuk orang yang mendatangi sholat jum’at.
Demikianlah dalam kitab fathur baari.³
F.ASPEK TARBAWI.
            Sebagai media dakwah,khutbah jum’at menpunyai posisi yang sangat strategis . Pada poisi ini,khutbah jum’at bisa menjadi media terprogram yang berkesinambungan dari minggu keminggu.
            Khutbah jum’at menpunyai dua sisi yang tak terpisahkan,pertama sebagai bagian dari ibadah sholat jum’at yang melekat,kedua khutbah jum’at menjadi media untuk menyampaikan dan memberi pelajaran kpada para jamaah atau umat manusia secara umum.
Diantara pengetahuan-pengetahuan itu menyebutkan tentang perilaku manusia dan masalah-masalah kekinian ,artinya dengan masalah-masalah yang sedang ramai dibicarakan di masyarakat sehingga apa yang disampaikan memberi inspirasi para jamah dalam menyikapi permasalahan yang sedang dihadapi. Seperti hadits Rosulullah SAW yang artinya: Aku di perintahkan berbicarasesuai dengan kemampuan akal manusia.
Dan hendaklah setiap orang yang melaksanakan sholat jum’at terlebih dahulu untuk membersihkan badannya yaitu dengan cara mandi,memakai wangi-wangian dengan niat karena hikmah disunahkan untuk menjaga perasaan tidak enak pada orang lain .
Mandi adalah menjaga/menghindari diri dari aroma/bau yang kurang enak ketika berkumpul dengan jamaah.
³Ibnu Hajar Al-Asqalani ,Fathul Baari Jakarta.Pustaka Azzam.2008.hlm.127-128.
Sauuid Sabiq.Fiqih sunnah 1-2.Bandung.PT Alma’arif 1973.hlm.318.  


PENUTUP

Yakni sholat jumat yang di fardlukan oleh Allah SWT. Hanya sekali dalam seminggu,ketahuilah bahwa khutbah yang disyaratkan itu ialah yang sering dilakukan oleh Rosululla SAW. Dan dijadikannya salah satu syiiar diantara syiar-syiar agama islam yang berisi memuji kepada Allah SWT.,menyampaikan kabar gembira dan mempertakut umat manusia dan terlebih itu untuk menyatukan kerukunan umat manusia didunia.























DAFTAR PUSTAKA

● Ibnu Hajar Al-Asqalani,imam Al-hafizh,Fathul Baari.
Syarah:shahih Bukhori/Al imam Al Hafidz ibnu Hajar Al Asqalani,penerjemah,Team Azzam,2008.
●Sabiq,sayyid.Fiqih sunah 1-2.Bandung.PT Al ma’rif.1973.


21 komentar:

  1. Nisfu laila (f) 2021110272

    bagaimanakah kriteria sebuah materi khutbah, sehingga materi tersebut bisa dikatakan sebagai materi yang berkualitas,mendidik serta dapat diterima (difahami) oleh jamaah sholat jum'at?

    BalasHapus
  2. Nisfu laila (f) 2021110272

    bagaimanakah kriteria sebuah materi khutbah, sehingga materi tersebut bisa dikatakan sebagai materi yang berkualitas,mendidik serta dapat diterima (difahami) oleh jamaah sholat jum'at?

    BalasHapus
  3. nama : Dadang Irwanto
    nim : 2021110256
    kelas: F

    khutbah jumat merupakan media dalam penyebaran ilmu pengetahuan. namun, dalam konteksnya sering menggunakan dengan bahasa yang sulit dipahami(jawa misalnya)oleh para pendengarnya. bagaimana cara penyampaian khutbah yang bisa memahamkan pendengar tanpa harus kesulitan dalam memahami isi dari khutbah yang disampaikan?

    BalasHapus
  4. Nama : Diah Safitri
    Nim: 2021110260
    kelas: F

    Pada masa rosulullah, dlm berkhutbah dan menyebarkan ilmu pengetahuan dengan menggunakan media mimbar, nah.. yang mau saya tanyakan pada zaman sekarang media apa saja yang bisa digunakan untuk menyebarkan ilmu pengetahuan, khususnya pada saat berkhutbah..

    BalasHapus
  5. ahmad mursalin (202 1110 277)
    kelas F.
    apakah selama ini khutbah sholat jumat sudah efektif dalam memberikan pencerahan atau setidaknya sudah menjadi salah satu media dakwah yang efektif? atau hanya sekedar bagian dari sholat jumat saja! bagaimana pendapat anda?

    BalasHapus
  6. ARUM ARIFAH
    2021110271
    Kelas: F
    bagaimana menurut anda jika khutbah jum'at yang terlalu berpanjang lebar?

    BalasHapus
  7. ISMY ZULFATUN NIKMAH
    2021110269
    KELAS f

    terkadang banyak jama'ah sholat jumat yang sama sekali tidak menangkap materi yang telah disampaikan pada waktu khotbah, bagaimana menanggulangi hal tersebut agar setiap orang mau memperhatikan isi khotbah yang disampaikan?

    BalasHapus
  8. Chomsatun Nadhiroh
    2021110274
    Kelas : F
    apakah perlu sang khotib memakai bahasa kutipan,selayaknya bahasa yang dapat di pahami orang sekarang ini...???

    BalasHapus
  9. Lilis Handayani
    2021110246
    kelas F

    Adakah kriteria khusus bagi khotib agar dapat menyampaikan khutbah yang bermanfaat bagi jamaah?

    BalasHapus
  10. nama : nur aini
    nim :2021110263
    kelas : f

    seberapa pentingnya khutbah jum'at ataupun khutbah dalam shalat yang lainnya(shalat hari raya) sehingga ada yang mengatakan bahwa kita akan berdosa ketika kita berbincang-bincang sendiri saat khatib sedang membacakan khutbah?

    BalasHapus
  11. HENI MAYSAROH
    2021110280
    KELAS F


    Pada saat ini terlihat begitu taatnya para jamaah akan perintah diam selama khutbah berlangsung, para jamaah benar-benar hanya duduk, diam dan sebagian juga ada yang tertidur. Padahal khutbah jum’at berisi begitu banyak hikmah, nasehat dan ilmu __ berbeda dengan pengajian rutin mingguan d perumahan saya yang lebih “cair” suasananya, dan banyak juga yang mencatat isi pengajian tersebut, karena salah satu cara mengikat ilmu yaitu dengan mencatat agar isi ilmu itu tidak menguap begitu saja.

    Nah melihat hal itu__
    1. Apakah dalam Khotbah jum’at d perkenankan para jemaah untuk mencatat isi khotbah ?

    2. dan bagaimana agar khotbah jumat lebih cair suasananya supaya ilmu yang disampaiakan tidak menguap begitu saja karena banyak jemaah yang tidak memperhatikan (terutama mengantuk)?

    Terimakasih.

    BalasHapus
  12. fahmi Amrullah
    2021110248

    jika khotbah jum'at digunakan sebagai media penyebaran, maka ilmu pengetahuan seperti apakah yang sesuai penyebarannya dengan media khotbah, karena Nabi sendiri menyuruh memendekkan khotbah dan memperpanjang sholat

    BalasHapus
  13. Nur Fadhilah (2021110254)
    Kelas F
    Bagaimana khutbah tersebut dapat tersampaikan seoptimal mungkin kepada jamaah sehingga mereka mengerti maksud dan tujuannya serta tidak monoton dalam penyampaiannya ?

    BalasHapus
  14. Fatimatuz zuhro
    2021110257

    dalam khotbah jum'at biasanya materi yang disampaikan hanya dalam ruang lingkup agama saja, padahal dalam makalah khotbah merupakan media ilmu pengetahuan, dan ilmu pengetahuan tidak hanya sebatas agama saja, melainkan ilmu lainnya, sperti ilmu ekonomi,sains, sosial budaya bahkan politik.
    bagaimana tanggapan anda?

    BalasHapus
  15. ifrokha
    2021110258

    1. biasanya dalam lingkungan pedesaan seorang khotib itu menyampaikan materi khotbah bertumpu pada satu kitab/buku pegangan dan itu digunakan berulang-ulang kali. padahal ilmu pengetauan cakupannya luas. apakah khotbahnya itu bisa dikatakan sebagai penyebar ilmu pengetahuan padahal khotib itu hanya bertumpu pada satu buku yang itu-itu saja?
    2.seorang khotib itu kan bertugas untuk menyampaikan/mengajarkan tentang agama dan ilmu lainnya, truz bagaimana jika khotib tersebut tidak mengamalkan apa yang sudah di sampaikannya. apakah ia dapat dikatakan sebagai seorang khotib?

    BalasHapus
  16. Muafinah 2021110264(f)
    Mengenai khutbah jumat ,bagaimana seseorang yang mendengarkan khutbah jumat ,yang mana jiwanya ada disitu namun hatinya tergesa-gesa untuk segera pulang karena merasa bosan terhadap khutbah yang panjang lebar .

    BalasHapus
  17. Zuhrotun nisak (2021110242)
    kelas F

    Dalam makalah disebutkan bahwa khutbah jum'at itu posisinya strategis,padahal kan media penyampaian ilmu pengutahuannya disitu dapat tersampaikan kepada kaum laki-laki saja.Itupun jika jama'ahnya mau mendengarkan..sedangkan kaum perempuan juga perlu diberitahu.Bagaimana menurut anda menanggapi hal tersebut???

    BalasHapus
  18. Durrotul mustafida (2021110243)
    kelas F

    Dalam realitasnya sekarang banyak para pemuda yang menyepelekankhubah jum'at,mereka berangkatnya bila khutbahnya sudah selesai,bagaimana pendapat anda???

    BalasHapus
  19. Mariyam (F) 202109070

    Hal apa yang perlu diubah dalam proses penyampaian materi khutbah agar tidak menjadikan pendengar jenuh?
    serta agar materi tersebut dapat dipahami oleh pendengar khutbah untuk semua kalangan???

    BalasHapus
  20. Khozinatul Asror
    202 111 0265
    kelas F

    Memang khutbah jum'ah adalah media yang bagus untuk penyampaian ilmu pengetahuan, tapi kadang ada seorang khotib menyampaikan khutbahnya menggunakan bahasa arab, sedangkan kita sebagai orang Indonesia lebih banyak yang belum dapat menggunakan bahasa arab,,, masalah ini bagaimana??

    BalasHapus
  21. nama:eni marfuahnim
    nim: 2021110238
    perbuatan apa saja yang harus ditingalkan oleh khotip ketika sedang nenyampaikan khutbah?dan apa yang wajib disampaikan olek khotip ketika sedang berkhutbah?

    BalasHapus