Laman

zzz

new post

Rabu, 22 Februari 2012

Kelas G makalah 2 : Meningkatkan Fungsi Masjid Sebagai Pusat ilmu Pengetahuan


Makalah
 Meningkatkan Fungsi Masjid Sebagai Pusat ilmu
Pengetahuan

              Mata Kuliah                           :        Hadist Tarbawi II
             Dosen Pengampu                    :      Muhammad Ghufron, M. A.g
 

                                                                       







Disusun Oleh:
Muslihin
202109431
Kelas G



SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
STAIN PEKALONGAN
2012

PENDAHULUAN
Pada suatu ketika diririwayatkan nabi melihat disuatu  masjid ada dua majlis yang digunakan untuk tempat ibadah dan tempat mengkaji ilmu pengetahuan.Hal ini membuktikan bahwa masjid tidak hanya sebagai tempat untuk beribadah saja namun juga dapat digunakan sebagai tempat mengkaji ilmu pengetahuan.Bagamaianakah penjelasan lebih lengkap tentang hadits tersebut? Selengkapnya akan dibahas pada bab selanjutnya.





















PEMBAHASAN
A.    Materi   Hadits
عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرٍو قَالَ: خَرَ جَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَاتَ يَوْمٍ مِنْ بَعْضِ حُجَرِهِ فَدَخَلَ الْمَسْجِدَ فَإِذَا هُوَ بَحَلْقَتَيْنِ إِحْدَاهُمَا يَقْرَ ءُونَ الْقُرْ اَنَ وَيَدْعُو نَ اللهَ وَ الْأُ خْرَى يَتَعَلَّمُونَ وَيُعَلَّمُو نَ فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كُلّ: عَلَى خَيْرِ هَؤُلَا ءِيَقْرَءُو نَ الْقُرْ اَنَ وَيَدْعُو نَ اللهَ فَإنْ شَاءَ أَعْطَا هُمْ وَإِنْ شَباءَ مَنَعَهُمْ وَهَؤُ لَا ءِ يَتَعَلَّمُونَ وَإِلَّمَا بُعِثْتُ مُعَلَمًا فَجَلَسَ مَعَهُمْ (رواه ا بن ما جه فى السنن, كاب المقدمة, باب فضل العلما ء والحث على طلب العلم)
Artinya:
Hadits dari Abdullah bin Amr, ia berkata : Pada suatu hari Rasulullah  keluar lalu beliau melihat dua majlis didalam masjid, maka beliau masuk kedalam masjid, salah satu majlis mereka membaca Al Qur'an dan berdoa dengannya (Al Qur'an) sedangkan yang lainnya mereka belajar dan mengajar, maka bersabda Rasulullah  : Semuanya mereka berada dalam kebaikan adapun mereka yang membaca Al Qur'an dan memohon dengannya maka jika Allah menghendaki maka Allah akan memberi, dan jika tidak menghendaki Allah akan menahannya. Adapun mereka (majelis kedua) maka mereka mengajar manusia dimana aku diutus sebagai guru maka beliau duduk bersama majlis yang kedua (yang ada proses belajar dan mengajar).[1]
B.     Keterangan hadits
Hadits itu menerangkan bahwa pada waktu itu nabi muhammad saw sedang masuk kedalam suatu masjid beliau melihat ada dua majlis dalam masjid.Salah satu majlis sedang membaca al-qur’an dan majlis yang lainya sedang terjadi proses belajar mengajar.Dari kegiatan tersebut keduanya merupakan hal yang baik dan sama-sam bermanfaat.

C.    Mufrodhat
                                                                                                                  
Keluar
خَرَ جَ
Memohon / berdoa
وَيَدْعُو
Belajar
يَتَعَلَّمُو
Mengajar
يُعَلَّمُو

D.    Biografi perawi
Abdillah bin Amr,Dia adalah seorang dari Abadilah yang faqih, ia memeluk agama Islam sebelum ayahnya, kemudian hijrah sebelum penaklukan Mekkah. Abdullah seorang ahli ibadah yang zuhud, banyak berpuasa dan shalat, sambil menekuni hadits Rasulullah Shallahllahu ‘alaihi Wassalam. Jumlah hadits yang ia riwayatkan mencapai 700 hadits, Sesudah minta izin Nabi Shallahu ‘alaihi Wassalam untuk menulis, ia mencatat hadits yang didengarnya dari Nabi. Mengenai hal ini Abu Hurairah berkata “ Tak ada seorangpun yang lebih hapal dariku mengenai hadits Rasulullah, kecuali Abdullah bin Amr bin al-Ash. Karena ia mencatat sedangkan aku tidak”.Abdullah bin Amr meriwayatkan hadits dari Umar, Abu Darda, Muadz bin Jabal, Abdurahman bin Auf, dan beberapa yang lain. Yang meriwayatkan darinya antara lain Abdullah bin Umar bin Al-Khatthab, as-Sa’ib bin Yazid, Sa’ad bin Al-Musayyab, Thawus, dan Ikrimah.Sanad paling shahih yang berpangkal darinya ialah yang diriwayatkan oleh Amr bin Syu’aib dari ayahnya dan kakeknya Abdullah.Abdullah bin Amr wafat pada tahun 63 H pada malam pengepungan Al-Fusthath. [2]

F. Aspek tarbawi
Ø  Kita harus bisa memanfaatkan  masjid secara optimal tidak hanya sebagai tempat ibadah namun juga bisa digunakan untuk pengkajian ilmu pengetahuan.
Ø  Dalam proses pendidikan tidak hanya terkonsentrasi pada lembaga pendidikan formal saja namun juga pendidikan informal.

















Daftar Pustaka

Sunan ibnu majah,semarang:cahaya putra .tt hal.80-83      


























PENUTUP

Masjid bukan hanya sebagai tempat ibadah yang lebih bersifat vertikal yaitu kepada Allah swt namun juga dapat berfungsi sebagai tempat terjadinya proses pembelajaran ( Majlis ) yaitu tempat untuk mengkaji berbagai masalah ilmu pengetahuan.Seperti yang diriwayatkan dalam hadits tersebut.




























 α


 


[1] Sunan ibnu majah,semarang:cahaya putra .tt hal.80-83    

18 komentar:

  1. nama : faridah
    nim : 2021110314
    kelas : g
    maksud dari aspek tarbawi bahwa "Kita harus bisa memanfaatkan masjid secara optimal tidak hanya sebagai tempat ibadah namun juga bisa digunakan untuk pengkajian ilmu pengetahuan." itu bagaimana?optimal dalam arti yang bagaimana?

    BalasHapus
  2. nama : jumaroh
    nim : 2021110295
    kelas : g

    dari keterangan hadits di atas menjelaskan bahwa tidak apa-apa jika dalam satu masjid digunakan untuk melakukan dua hal yang sama-sama bermanfaat. sedangkan kita tahu bahwa ketika ada orang yang sedang membaca al qur'an, kita diwajibkan untuk mendengarkannya..bagaimana tanggapan saudara tentang hal itu?

    BalasHapus
  3. nama : nur khikmah
    nim : 2021110313
    kelas : G

    apa saja bukti2 yang mendukung, sehingga dikatakan masjid sebagai pusat ilmu pengetahuan?

    BalasHapus
  4. nama : khoirul fatikhin
    nim : 2021110291
    kelas: G

    bagaimana cara menyampaikan ilmu yang diajarkan/diterapkan Rosulullah ketika dalam masjid?

    BalasHapus
  5. Nama :Fatkhiyatun Ni'mah
    NIM :2021110319
    Kelas:G

    Meningkatkan fungsi Masjid sebagai pusat ilmu pengetahuan, apakah hal itu masih relevan dan bisa diterapkan pada zaman sekarang ini?

    BalasHapus
  6. Nama :M.Lendra
    NIM : 2021110299
    Kelas : G
    apakah masjid masih relevan digunakan sebagai tempat pembelajaran, sementara sang Imam/Pengurus masjid belum tentu mengetahui proses pembelajaran yang sesuai dengan era modernisasi, Sang Imam terkadang hanya menguasai bidang agama saja dan pengajarannyapun secara tradisional (pengajian kitab), berikan tanggapan anda !!!!!!!!

    BalasHapus
  7. Nama :Anna irhamna
    Nim :2021110303
    kELAS :G

    apabila adzan dhuhur telah tiba,dan di saat itu masih ada proses pembelajaran,bagaimana tindakan yang sebaiknya kita dahulukan.

    BalasHapus
  8. NAMA : Muhammad sukron
    NIM : 2021110328
    kelas: G

    efektifkah kita mempelajari ilmu umu(formal)
    di dalam masjid
    utarakan alasan anda!!

    BalasHapus
  9. Nama : Rif'atul Zami Izzati
    NIM : 202109002
    KELAS : G

    Bagaimana cara meningkatkan fungsi masjid sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan?

    BalasHapus
  10. nama :Mushonif
    NIM : 2021110288
    kelas : G

    jika fungsi masjid menjadi pusat ilmu pengetahuan, maka bagaimana anda menyikapi terhadap wanita yang sedang berhalangan (udzur)?

    BalasHapus
  11. naelul izah
    2021110324
    G
    jika dilihat dari judul makalah ini, lebih penting mana fungsi antara masjid dan madrasah untuk digunakan sebagai tempat mencari ilmu sedangkan madrasah sendiri sudah jelas fungsinya sebagai tempat mencari ilmu?

    BalasHapus
  12. Menurut pendapat saudara, apakah mungkin menjadikan masjid sebagai tempat untuk pengkajian ilmu pengetahuan itu sesuai dan tidak akan membawa dampak-dampak yang negatif, yang dapat merusak citra masjid..?
    _Faidatul Aula (2021110316)

    BalasHapus
  13. khoirul furqon
    20201110327
    G

    apabila kita berada dalam masjid,kemudian kita melihat dua even tersebut,apa yang harus kita dahulukan terlebih dahulu???

    BalasHapus
  14. M.Farid ash-shiddieqi (2021110306)
    layakkah sebuah masjid dijadikan museum (blue mosque, turki), bukankah itu sebuah penghinaan terhadap keagungan masjid sebagai tempat beribadah?

    BalasHapus
  15. Nama: Moh.Zuhrufi Sani
    NIM : 2021110322
    KLS : G

    Bagaimanakah cara mengembangkan masjid sebagai ilmu pengetahuan dan proses belajar mengajar seperti apa yang ada di hadits tersebut? tolong contohkan lebih spesifiknya dari proses belajar mengajar yang ada di hadits?

    BalasHapus
  16. laelatul murodah
    2021110287


    ilmu pengetahuan apa saja yang bisa kita dapatkan didalam masjid....?

    BalasHapus
  17. atina mauila safitri
    2021110284


    berikan contoh lembaga informal tetepi yg masih ada kaitannya dg manfaat masjid....?

    BalasHapus
  18. Tarmujiyanto
    2021110317
    kls:G
    bagaiaman langkah-langkah meramaikan majlis syiar islam yang berada di ditengah-tengah keadaan non muslim ?

    BalasHapus