new post

zzz

Kamis, 29 Maret 2012

G7-39 Labib Ahmad akbar Murtadlo


MAKALAH
BAHASA MANUSIA


Disusun Untuk Memenuhi Tugas
Mata Kuliah              :  Hadits Tarbawi II
 Dosen Pengampu     :  M. Ghufron, M.S.I


STAIN_2













Disusun Oleh :
Labib ahmad akbar murtadlo
2021110307




SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
PEKALONGAN
TAHUN 2012

BAB I

PENDAHULUAN


Minat manusia terhadap bahasa bukanlah sesuatu yang baru. Dari catatan sejarah ada bukti bahwa sejak jaman purba manusia sudah tertarik untuk mempelajari bahasa. Penyelidikan tentang bahasa oleh sekelompok manusia sebagai bangsa itu yang dicatat secara rapi, ada pula yang tidak dicatat, diceritakan dari mulut ke mulut, dari suatu generasi ke generasi berikutnya. Bangsa yang membuat dokumentasi yang teratur dan rapi sehingga masih bisa dilacak sampai jaman sekarang  ialah bangsa Yunani. Hampir semua cabang ilmu sebagai hasil kehidupan intelektual manusia: filsafat, moral, politik, estetika, etika, astronomi, matematika, geometri, dan linguistic, di dokumentasikan secara teratur dan rapi oleh bangsa Yunani. Oleh karena itu, minat kita untuk mempelajari bahasa, mulai dari catatan-catatan para sarjana Yunani.






















Pekalongan, 28 Februari 2012


Penulis







BAB II

PEMBAHASAN


A.    Teks Hadits (Bahasa Manusia)

۳۹ – عَن زَيْدِ بْنِ ثَا بِتِ قَالَ: أَمَرَ نِيْ رَسُو لُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ أتَعَلَمَ لَهُ كَلِمَاتِ مِن كِتَابِ يَهُو دَ قَالَ إِنَّي وَاللهِ مَا اَمَنُ يَهُو دَ عَلَى كِتَا بِيِ قَالَ فَمَا مَرَّ بِيِ نصَفُ شَهْرِ حَتَّى تَعَلَّمْتُهُ لَهُ قَالَ فَلَمَّا تَعَلَّمْتُهُ كَانَ إِذَا كَتَبَ إِلَى يَهُودَ كَتَبْتُ إِلَيْهِمْ وَإِذَا كَتَبُوا إِلَيْهِ قَرَأْ تُ لَهُ كِتَابَهُمْ (رواه التر مذي )[1]
B . Terjemah hadist
Artinya :
           dari Zaid bin tsabit,ia berkata,’’Rosullah SAW memerintahkan kepadaku untuk mempelajari kalimat-kalimat dalam kitab orang – orang  Yahudi (bahasa Yahudi) untuk menolong beliau”. beliau bersabda.”demi allah, aku tidak  yaman (memahami) tulisanku.”Zaid bin tsabit berkata.”tidak sampai setengah bulan kemudian aku telah selesai mempelajari bahasa Yahudi itu untuk membantu beliau.”ia melanjutkan,”setelah mempelajarinya, jika beliau hendak menulis surat kepada bangsa Yahudi. Maka akulah yang menuliskannya kepada mereka , dan jika mereka menuliskan surat untuk beliau , maka akulah yang membacakan surat mereka untuk beliau”[2].

 C . Mufrodat


Kalimat-kalimat
كَلِمَاتِ
Saya memperintahkan
 أَمَرَ نِيْ
Saya membaca
قَرَأْ تُ
Mempelajari
تَعَلَّمْتُهُ
Menulis
كَتَب
Setengah bulan
نصَفُ شَهْرِ


ا


D . Biografri perawi (Zaid bin Tsabit)
Nama lengkapnya Zaid bin Tsabit bin ad-Dhohak al-Anshory al-Khazrojy. Biasanya dipanggil Abu Khorojah. Digelari “Jami’ al-Qur’an al-Karim”(pengumpul al-Qur’an) dan syeikh al-muqiriin. Imam, mufti, di Madinah. Memberikan fatwa dan memutuskan perkara yang disengkatakan. Mengajarkan ilmu faroidh (pembagian harta warisan) Ayahnya meninggal dunia ketika beliau berumur enam tahun.
Beliau termasuk diantara sahabat yang cerdas dan pintar. Pada waktu Rasulullah hijrah ke Madinah, beliau masuk Islam sedangkan umurnya baru sebelas tahun. Rasulullah pernah menyuruh beliau untuk belajar bahasa Suryaniah, bahasa orang Yahudi untuk membaca isi kandungan kitab Yahudi dihadapan Rasulullah. Beliau mampu belajar bahasa itu dalam sembilan belas hari.
Ketika terjadi perang Badr, beliau ikut ayahnya pergi berperang bersama sahabat lainnya. Hanya saja Rasulullah tidak memberikan izin beliau ikut berperang karena umurnya masih kecil dan tubuhnya terlalu muda.
Beliau wafat pada tahun 45 Hijriah di Madinah. Setelah wafatnya Hassan bin Tsabit meratapinya. Abu Hurairah berkata, “Hari ini orang yang paling alim di umat Islam telah wafat, semoga Allah memberikan ganti dari keluarga Ibn Abbas.” Beliau meninggalkan seorang anak bernama Khorijah bin Zaid, salah seorang ahli fiqh tujuh yang terkenal di Madinah. Anaknya termasuk dari golongan tabi’in yang sangat berpengaruh.[3]

E. Keterangan Hadist
             Hadist ini menjelaskan bahwa Rosulallah SAW memerintahkan kepada zaid bin tsabit untuk mempelajari bahasa orang-orang yahudi. Agar bisa membaca dan menerjemahkan kalimat-kalimat dalam isi kandungan kitab Yahudi dihadapan Rasulullah. Karena kecerdasannya zaid bin tsabit dalam waktu setengah bulan dia mampu menguasai bahasa orang-orang yahudi. Dan oleh rosulallah dia dijadikan perantara untuk berhubungan dengan orang-orang yahudi.

F. Aspek - aspek Tarbawi
a.       Kita di anjurkan untuk mempelajari bahasa-bahasa asing yang ada di dunia ini supaya kita bisa saling berhubungan dan berkomunikasi.
b.      Kita juga dianjurkan untuk mempelajari kitab-kitab non islam supaya bertambahlah ilmu pengetahuan kita dan wawasan kita.
c.       Diperbolehkannya kita menjalin relasi (hubungan) dengan orang-orang non muslim.






































BAB III

PENUTUP

           Bahasa mempunyai peranan penting dalam kehidupan manusia, sebab ia merupakan alat pemersatu antara satu dengan yang lainnya, mulai dari tingkat skala kehidupan yang paling kecil  keluarga, masayarakat, hingga ke skala yang paling besar kehidupan bernegara.
          Belajar bahasa merupakan suatu kewajiban bagi semua orang yang ingin “menaklukkan” dunia. Bahasa pada saat ini telah menjadi suatu budaya yang patut dilestarikan keberadaannya. Dengan belajar bahasa berarti  juga belajar membudidayakan diri sendiri, mengembangkan diri, dan membentuk diri menjadi manusia yang luhur.




































DAFTAR  PUSTAKA


Tirmidzi, jami’ sunan tirmidzi
Zuhri,M.H. terjemah sunan at-tirmidzi. Semarang : CV.asy-syafa’











[1] Imam tirmidzi, jami’ sunan tirmidzi bab isti’dzan
[2] H.moh zuhri, terjemah sunan at-tirmidzi (semarang : cv.asy syafa),hlm.337

17 komentar:

  1. M.Lendra 2021110299 G
    Mengenai kajian linguistik, apakah semua bahasa manusia itu saling mempengaruhi terhadap perkembangan zaman dan pada masa siapakah bahasa arab atau muslim mampu menguasai perkembangan zaman ? berikan tanggapan anda

    BalasHapus
  2. Abdul Hadi (2021110300)
    Adakah batasan kita mempelajari kitab-kitab non muslim dan batasan menjalin relasi dengan mereka?

    BalasHapus
  3. mushonif
    2021110288

    bagaimana tanggapan anda dengan bahasa gaul ataupun 4L@y? mohon jelaskan!

    BalasHapus
  4. wido murni 2021110302 G
    Bagaimana menurut makalah mengenai pengertian bahasa secara psikologis, sosiologis dan komunikasi.??Tolong jelaskan yyyyy

    BalasHapus
  5. kodok

    2021110318

    apakah mampelajari bahasa asing itu penting?

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. faridah
    2021110314
    F

    bagaimanakah asbabul wurud dari hadits tersebut? kenapa kita harus mempelajari bahasa manusia dalam makul hadits tarbawi? mohon jelaskan....

    BalasHapus
  8. M Teguh Bangun S
    2021110289

    Menurut pemakalah seberapa penting mempelajari bahasa asing (yang saya maksud Bahasa Arab) bagi umat Islam, menilik bahwa sumber-sumber otentik mengenai keISLAMan kebanyakan menggunakan bhs Arab,,,,?

    BalasHapus
  9. khoirul furqon
    2021110327
    apakah yang dimaksud dari hadis tersebut hanyalah bahasa yahudi saja??? terus bagaimana dengan bahasa dialek kita

    apakah bagus kita meninggalkan bahasa kita dengan bahasa yang terpopuler,..seperti bahasa inggris

    BalasHapus
  10. khoirul fatihin
    2021110291

    bagaimana kiat kita dalam mempelajari bahasa???

    BalasHapus
  11. Moh.Zuhrufi Sani
    2021110322
    G

    Bagaimana usaha kita sebagai calon pesrta didik agar bahaasa kita mudah bisa dipahami oleh peserta didiknya? tlg penjelsannya...

    BalasHapus
  12. tarmujiyanto (ka'yan)
    2021110317

    perintah itu menujukan, betapa pentingnya mempelajari bahasa, untuk urusan duniawi, yang saya tanyakan bagimana kalo untuk urusan ukhrowi?

    * berdzikir dan bersholawatlah agar mendapat syafat ..*

    BalasHapus
  13. saiful fahad
    2021110310

    sejauh mana batasan kita dalam menjalin suatu hubungan (relasa) dengan orang non muslim...??

    BalasHapus
  14. Fatkhiyaatun Ni'mah
    2021110319

    Bagaimana jika mempelajari dan menggunakan bahasa orang non muslim dengan tujuan untuk sekedar bergaya yang kemudian dapat menjadikan tasyabbuh,,??

    BalasHapus
  15. Rif'atul Zami Izzati
    202109002

    Bahasa apakah yang digunakan pada masa Nabi Muhammad saw. ?
    Dan manfa'at apakah mempelajari bahasa?
    trims.

    BalasHapus
  16. Tri Nuroel Aeni
    202109011

    dewasa ini mempelajari bahasa asing menjadi hal yang kontrofersional, tetapi kebanyakan dari mereka lebih maminati bahsa inggris,prancis,mandarin dll dari pada bahasa arab. karena mereka menganggap bahasa prancis dll lebih gaya (gaul) dari pada bhsa arab. padahal bahasa arab merupakan bahasa Al-Quran. lalu bagaimana anda menyikapi hal tersebut....???

    BalasHapus