Laman

zzz

new post

Sabtu, 24 Maret 2012

H6-36. Karimatul Khasanah


MAKALAH
MANFAAT FLORA BAGI MANUSIA


Disusun guna memenuhi tugas :
Mata Kuliah : Hadits Tarbawi 2
Dosen Pengampu :  Ahmad Ghufron, M.Ag



 










Disusun Oleh :
KARIMATUL KHASANAH
2021110361
                                                      Kelas         : H
                                          




SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN) PEKALONGAN
2012
PENDAHULUAN

Sesungguhnya Islam menetapkan tujuan pokok kehadirannya untuk memelihara agama, jiwa, akal, jasmani, harta dan keturunan. Setidaknya tiga hari yang disebut di atas berkaitan dengan kesehatan yaitu kesehatan jiwa, akal dan jasmani. Sehat dapat diaktifkan sebagai keadaan baik segenap badan serta bagian-bagiannya bebas dari penyakit.
Suatu hadits menerangkan, apabila mengalami sakit maka harus berusaha untuk berobat agar mendapatkan kesembuhan, termasuk berobat dengan Habbadatus Sauda. Dan makalah ini akan menjelaskan Hadits tentang Habbadatus Sauda.



PEMBAHASAN

A.    Hadits
عن ابن هريرة ان رسول الله صلى الله عليه وسلم قال: ما من دائ الافى الحبة السوداء منه شفاء الاالسام. (رواه مسلم فى الصحيح. كتاب السلام. باب التداوى بالحبة السوداء) [1]
B.     Terjemah Hadits
Dari Abi Huraiah,sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda: tidak ada satupun penyakit melainkan pada habbatussauda terdapat suatu kesembuhan baginya melainkan as-sam (kematian).[2]

C.    Mufrodat
حبة السوداء
Jinten Hitam
شفاء
Obat
داء
Penyakit
السام
Kematian

D.    Biografi
Abu Hurairah ketika masih dalam masa jahiliyah bernama Abdu Al-Syam bin Shar. Setelah memeluk Islam. Namanya diganti oleh Rasulullah SAW dengan Abdu Al-Rahman Ibnu Sakhr Ad-Dausy At-Tamimy.[3]
Beliau lahir tahun 21 SH / 602 M. Semula beliau bekerja sebagai penggembala domba dan dalam setiap menggembalanya domba-dombanya, beliau selalu ditemani seekor kucing kecilnya. Beliau sangat menyayangi kucingnya itu. Sehingga siang dan malam selalu dijadikan temannya. Ketika beliau menggembalakan domba-dombanya, dan kucing kecilnya itu diletakkan di atas pohon. Oleh karena, sangat sayangnya terhadap kucing kecil itu. Kemudian orang-orang menyebutnya Abu Hurairah (Bapa Kucing Kecil).[4]
Beliau memeluk Islam pada tahun ke-7 H. Beliau meriwayatkan hadits sejumlah 5374 hadits. Hadits-haditsnya banyak diriwayatkan oleh sahabat dan Tabi’in. Lebih dari 800 perawi menerima hadits dari beliau. Dan beliau meninggal dunia di usia 78 th, di Madinah pada tahun 57 H.[5]

E.     Keterangan Hadits
الحبة السوداء merupakan biji belah hitam, beraroma tajam dan biasa digunakan sebagai salah satu bumbu masak yang juga ditambahkan pada makanan untuk menyedapkan rasa. Jinten hitam ini juga dikenal dengan sebutan kemunaswad (adas hitam) dan habbah mubarokah (biji penuh barokah). Prof. Ahmad Al-Qodi melakukan penelitian uji validitas hadits ini menurut pandangan medis. Dan ia berkesimpulan bahwa jinten hitam merupakan biji-bijian yang mengandung obat bagi tersebut memilih hubungan langsung dengan sistem kekbalan tubuh manusia yang difungsikan oleh Allah SWT untuk melindungi tubuh.[6]
Menurut riwayat, kematian adalah salah satu jenis penyakit. Seorang penyair berkata, “Penyakit kematian tidak ada obatnya”.[7] Dengan demikian segala penyakit yang selain tersebut di atas dapat disembuhkan menggunakan habbatussauda.


F.     Aspek Tarbawi
1.      Allah SWT menciptakan alam dan seluruh isinya agar bisa di manfaatkan oleh manusia.
2.      Kita harus memanfaatkannya untuk hal-hal yang baik, seperti untuk pengobatan.
3.      Sebagai manusia, kita harus selalu berusaha untuk mempertahankan kesehatan.





PENUTUP

Bahwa Habbadatussauda adalah biji belah hitam, beraroma tajam dan biasa digunakan sebagai salah satu bumbu masak yang ditambahkan pada makanan untuk menyedapkan rasa yang dapat dijadikan obat. Sedangkan kematian merupakan salah satu jenis penyakit yang tidak ada obatnya. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa seluruh yang ada di alam ini pasti berguna untuk manusia. Tergantung manusianya sendiri. Apakah dia bisa memanfaatkan karya atau tidak.



DAFTAR PUSTAKA

Alawi Al-Maliki, Muhammad. 2009.  Ilmu Ushul Hadis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hasbi Ash-Shiddieqy, Teungku Muhammad. 1997. Sejarah dan Pengantar Ilmu Hadits. Semarang: PT. Pustaka Rizki.

Ibnu Hajar Al Asqalani, Al Imam Al Hafizh. 2008. Fatkhul Baari 28. Jakarta: Pustaka Azzam.

Najar, Zaagkilan. 2006.  Pembuktian Sains dalam Sejarah. Jakarta: Amzah.

Shohih Muslim Bisyarhinnawawi, Kitab As-Salam, bab Likulli da’in dawa’in wastahbabut-Tadawi. Libanon: Beirut.






[1] Shohih Muslim Bisyarhinnawawi, Kitab As-Salam, bab Likulli da’in dawa’in wastahbabut-Tadawi, Jilid 14, 1981. hal. 202.
[2] Al Imam Al Hafizh Ibnu Hajar Al Asqalani, Fatkhul Baari 28, (Jakarta: Pustaka Azzam, 2008), hal. 139.
[3] Muhammad Alawi Al-Maliki, Ilmu Ushul Hadis, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009), hal. 187.
[4] Teungku Muhammad Hasbi Ash-Shiddieqy, Sejarah dan Pengantar Ilmu Hadits, (Semarang: PT. Pustaka Rizki, 1997). hal. 254.
[5] Muhammad Alawi Al Maliki, Op.,cit. hal. 193.
[6] Zaagkilan Najar, Pembuktian Sains dalam Sejarah, (Jakarta: Amzah, 2006), hal. 120-122.
[7] Al-Imam Al Hafizh Ibnu Haar Al Asqalani, Fathul Baari 28, (Jakarta: Pustaka Azzam, 2008), hal. 139.

15 komentar:

  1. Krisna Ayu Diana (2021110348)

    1. Bagaimana dengan orang-orang yang tidak memiliki pengetahuan banyak mengenai flora yang bisa dijadikan obat?
    2. Apakah semua flora bisa dijadikan sebagai obat?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ilmu pengetahuan termasuk salah satu instrument atau alat pembenahan dan perbaikan masyarakat yang harus dikuasai umat Islam. Dan dalam Al-Hulliyat Abu Nu’aim meriwayatkan bahwa seorang sahabat agung Nabi Muhammad SAW, Muaz bin Jabbal berkata: “Ilmu pengetahuan sebagai pemimpin sementara amal perbuatan sebagai amal pengikutnya”. Dan ilmu pengetahuan juga bisa dikatakan sebagai dasar dari aktivitas manusia yang berkaitan dengan Allah SWT dan manusia. Dari sinilah kita dapat mengetahui mengenai flora mana yang bisa dijadikan obat, tentunya dengan ilmu pengetahuan. Kalau kita belum tahu maka sebaiknya kita mencari tahu tentang pengetahuan mengenai flora yang bisa dijadikan obat baik dengan bertanya kepada orang yang lebih tahu atau bisa juga mencari pengetahuan dari media massa atau media elektronik, karena kalau kita belum mengetahui tapi sudah menerapkan itu akan berakibat buruk bagi diri sendiri, bisa jadi obat yang digunakan itu ternyata adalah racun.

      Hapus
  2. Nama: Risnatul Khikmah
    kelas : H
    NIM: 2021110374

    Makalah anda membahas tentang haubatus sauda,,
    apakah tanaman haubatusauda itu bisa digunakan untuk semua penyakit? Karena saya pernah dengar, haubatusauda itu hanya untuk penambah nafsu makan, apakah benar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama:Karimatul khasanah
      Menurut saya habatussauda itu bisa digunakan untuk semua penyakit,sebagaimana telah di jelaskan dalam makalah diatas, tapi ada satu penyakit yang tidak bisa di sembuhkan dengan habatussauda' yaitu penyakit "kematian".
      karena pada habatussauda sendiri dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dari serangan virus,kuman, dan bakteri. dengan adanya pertahanan tersebut maka penyakit-penyakit pun tidak akan tumbuh kalaupun terlanjur tumbuh maka dapat di sembuhkan.

      Hapus
  3. Nama:Irfaqiyah
    NIM:2021110354

    yang saya pahami dari makalah ini adalah bahwa flora (jinten hitam) itu bisa dijadikan sumber pengetahuan dalam ilmu pengobatan, adakah hal-hal lain yang bisa kita pelajari dari flora?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya, tentunya ada hal-hal lain yang bisa kita pelajari dari flora. Misalnya ilmu merawat tumbuhan, ada flora yang bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan (misal bisa dijadikan bahan baku kerajinan, contoh: enceng gondok).

      Hapus
  4. ida rosyida (2021110351)
    apa sajakah manfaat jinten hitam??
    adakan flora lain yang mempunyai manfaat seperti jinten hitam??
    apakah fauna juga mempunyai manfaat untuk menyembuhkan???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Manfaat dari jinten hitam yaitu dapat menyembuhkan segala penyakit kecuali penyakit kematian. Misalnya: bermanfaat mengobati demam, batuk berdahak, membuka sumbatan-sumbatan angin serta mengeringkan bagian yang basah di usus dan lain-lain.
      Menurut saya, ada jenis flora yang memiliki manfaat sama dengan jinten hitam seperti pada jinten hitam dapat bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit pernapasan, dan flora lain pun ada yang bisa digunakan untuk menyembuhkan yaitu daun kecubung dengan kunyit dan kencur.
      Tentunya ada fauna yang bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit, misalnya saja lebah, karena lebah menghasilkan madu yang mana di dalam Al-Qur’an telah diterangkan kalau madu itu dapat menjadi obat yang menyembuhkan yang memiliki manfaat yang sama seperti jinten hitam. Tidak hanya hasil dari lebah saja yang bisa dijadikan sebagai obat bahkan sengatannya pun dapat dijadikan obat.

      Hapus
  5. Selain bermanfaat untuk pengobatan adakah manfaat dari flora yang ada di muka bumi ini?

    Muhammad Rizqon (2021110369)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Manfaat-manfaat lain dari flora selain untuk pengobatan, diantaranya:
      • sumber bahan makanan untuk makhluk hidup, seperti tanaman padi, jagung, gandum, dan semua jenis buah-buahan.
      • memenuhi kebutuhan manusia, misal untuk bahan bangunan. Biasanya yang digunakan untuk bangunan ini adalah jenis batang yang berkambium.
      • sumber penghasilan manusia dengan cara mengolah flora dengan sebaik mungkin, bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan. Sumber penghasilan manusia itu dapat diperoleh dari manapun, bisa dari sumber bahan pokok, ataupun tanaman-tanaman lainnya.

      Hapus
  6. Nama: Nurul Khikmah
    NIM: 2021110355

    Adakah tumbuhan lain yng mempunyai kelebihan atau serupa spt jinten hitam???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama:Karimatul Khsanah
      menurit saya kalau tumbuhan yang memiliki kelebihan sama seperti jinten hitam itu tidak ada,tetapi kalau selain dari jenis tumbuhan yang hampir sama dengan jinten hitam itu ada,yaitu:madu

      Hapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Nama; Suswati (H)
    2021110358
    Apa sajakh kelebihan Haubatusauda dibandingkan dengan obat-obat lainnya? kenapa dalam keterangan hadist diatas yang ditekankan adalah haubatusauda?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kelebihan haubatussauda:
      sebagaimana yang telah dijelaskan dalam makalah bahwa haubatussauda bisa dijadikan obat untuk seluruh penyakit, kecuali penyakit kematian.
      kalau flora yang lain, manfaatnya hanya dapat menyembuhkan sebagian dari penyakit.

      Hapus