Laman

zzz

new post

Kamis, 29 Maret 2012

H7-42 Anis Tia Mely Azkiati


MINUMAN KERAS DAN AMORAL ENTERTAINMENT  MERUSAK HUBUNGAN SOSIAL
Untuk Memenuhi Tugas Hadits Tarbawi dengan
Dosen Bapak Muhammad Hufron M.S.I



STAIN
 


Disusun Oleh:








Anis tia Mely Azkiati:              202.111.0367
Kelas:            H
Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri
                                                             Pekalongan
                                                                   2012

BAB I
Pendahuluan

             Seiring perkembangan zaman jenis – jenis Khamr sudah beraneka macam dan nama nya pun berbeda – beda,bahkan kita sering kesulitan membedakan mana yang memabukkan dan mana yang tidak memabukkan seperti Minuman keras, Ganja, Psikotropika (Heroin, sabu – sabu, ekstasi, pil koplo), Mariyuana dan lain sebagainya yang secara langsung dapat memabukkan pemakainya termasuk dalam golongan Khamr dan haram hukumnya bagi umat islam.
Secara garis besar makalah ini membahas tentang Khamr atau minuman keras serta amoral Entertainment yang merusak hubungan sosial yang terjadi pada zaman sekarang yang diperkuat dengan keterangan dari surat Al-Maidah ayat 90 dan Hadits yang diriwayatkan oleh Abi Malik Al Asy’ari ra beserta aspek tarbawi yang dapat kita petik didalamnya.















BAB II
Pembahasan


A.    Hadits
حدّثناعبدالله بن سعيد٫حدّثنامعن بن عيسى عن معاويه بن صالح٫ عن حا تم بن حريث عن مالك بن ابى مريم عن عبدالرّحمن بن غنم الاشعرىّ٫ عن ابى مالك الاشعرىّ قال؛ قال رسول الله صلى الله عليه وسلم ليشربنّ ناس من امّى الخمر يسمّونها بغيراسمها٫يعزف على رٶوسهم بالمعازف  الارض٫ ويجعل منهم القردۃ والخنازير۞ الله بهم والمغنيّات٫يخسف

 Terjemahan .
“ Dari Abi Malik Al Asy’ari ra berkata : Rasulullah S.A.W bersabda : Sungguh ( pada suatu saat ) nanti orang – orang dari umatku minum Khamr, mereka menamakannya tidak dengan nama Khamr. Dinyanyikan diatas kepala mereka dengan nyanyian dan lagu – lagu ( nada – nada ). Allah akan menenggelamkan mereka didalam bumi, dan Allah akan menjadikan mereka seperti para kera dan babi “ .





( Lil Hafidz Abi abdillah Muhammad ibn yazid Al Qazwiny, Sunan Ibn majah ( Beirut : Darul Fikr, 1995 ) Juz II, Halaman 503

B.     Mufrodat
Minum
ليشربن
Khamr
الخمر
Mereka menamakannya
يسمّونها
Tidak dengan nama Khamr
بغيراسمها
Dinyanyikan
يعزف
Nyanyian
معازف
Lagu – lagu atau Nada - nada
مغنّيات  مغنّيه٬
Hilang / lenyap / tenggelam
خسف يخسف ٬
Allah menjadikan
يجعل
Kera
قردٌ قردۃ٬
Babi
خنزير خنازير٬











C.     Biografi Rowi
Abi Malik al asy’ari adalah seorang sahabat. Nama lain Abu Malik al asy’ari adalah Harits bin Harits, Ubaid, Ubaidillah, Amr, Ka’ab bin ‘ Ashim, Ka’ab bin Ka’ab, Abi Malik Al asy’ari memperoleh hadits langsung dari Nabi Muhammad S.A.W. Banyak sekali murid – murid beliau yang meriwayatkan hadits dari beliau, antara lain Ibrahim bin Miqsam Al hudzally, jabir bin Abdillah, Kholid bin Said bin Abi maryam, Rabi’ah bin Amr Al Jurasyi, Syurih bin Ubaid Al Khadlromy, Syahr bin Hausyab, Abdullah bin Ma’aniq Al asy’ari, Abdurrahman bin Ghonam Al asy’ari, Atho’ bin Yasar, Abu Salam Al Asurad, Abu Sholeh Al Asy’ari, Umi Darda’. Abi Malik Al Asy’ari wafat pada masa pemerintahan Kholifah Umar bin Khottob.
( Lil Hafidz Jamaluddin Abi al Hajjaj Yusuf Al Mazzi, ( Beirut : Darul Fikr, 1994), Juz 22
 اسماءالرجال فى ل الكما تهذيب )

D.    Keterangan Hadits
Khomr adalah segala jenis minuman yang memabukkan, sehingga menghilangkan kesadaran peminumnya, baik berbentuk tablet, makanan sigaret ataupun cairan yang disuntikkan. Tegasnya, sekalipun nama minuman keras yang mereka minum / makan itu bukan khamr, namun bisa memabukkan, termasuk golongan khamr, baik itu jumlahnya sedikit ataupun banyak.
Nabi Muhammad S.A.W telah memprediksi bahwa suatu saat nanti akan ada golongan  dari umat beliau yang menamakan Khamr dengan nama yang lain. Contohnya pada zaman sekarang ini orang – orang menamakan khamr dengan aneka macam, seperti Ganja, ekstasi, sabu – sabu, Heroin dan masih banyak yang lainnya. Mereka seakan – akan mempermainkan dalil dari surat Al Maidah ayat 90:
يَااَيُّهاالَّذيْنَ اٰمَنُوا اِنَّماالْخَمْروَالمْيسِرُ واْلَانْصَابُ واْلاءَزْلَامُ رِجْسٌ مِّنْ عَمَلِ  الشَّيْطَانِ فاَجْتَنِبُوهُ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ۝۹۰




Artinya :
  Hai orang-orang yang beriman, Sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah[434], adalah Termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan ۝۹۰
       Mereka menganggap bahwa yang diharamkan Allah adalah minuman yang bernama Khomr. Selain itu, walaupun memabukkan mereka tidak menamakannya dengan khomr .

E.     Aspek Tarbawi
Berdasarkan uraian dari Surat Al Maidah ayat 90 dan Hadits diatas dapat disimpulkan bahwa Aspek Tarbawi atau nilai – nilai pendidikan yang dapat kita petik antara lain :
Ø  Kita harus lebih bisa membedakan mana yang memabukkan dan mana yang tidak memabukkan, karena pada zaman sekarang sulit membedakan mana yang termasuk khamr tersebut.
Ø  Kita harus bisa menjaga akal yang ada pada diri kita, karena menjaga akal   (العقل حفظ) adalah salah satu dari 5 ( lima ) prinsip dasar islam.







BAB III
Penutup
A.      Kesimpulan
    Khamr adalah segala jenis minuman atau makanan yang memabukkan. Minum khamr hukumnya haram. Jadi, segala jenis minuman ataupun makanan yang memabukkan walaupun namanya bukan khamr tetap saja dilarang oleh Allah. Nabi Muhammad saw. pernah bersabda bahwa suatu saat nanti aka nada dari umat beliau yang menamakan khamr tidak dengan nama khamr.

















DAFTAR PUSTAKA
Al Qazwiny, Hafidz Abi Abdillah Muhammad bin Yazid. 1995. Sunan Ibnu Majah. Beirut:    Darul Fikr.
Al mazzi, Hafidz Jamaluddin Abil hajjaj Yusuf. 1994. Tahdzibul Kamal Fi Asma Ar rijal. Beirut: Darul Fikr.


10 komentar:

  1. farah dibha (2021110357)
    judul dari makalah Anda adl "MINUMAN KERAS DAN AMORAL ENTERTAINMENT MERUSAK HUBUNGAN SOSIAL"
    tp mengapa dlm makalah Anda hanya membahas soal khomer saja?

    BalasHapus
  2. Dalam aspek tarbawi anda menyebutkan? kita harus bisa menjaga akal yang ada pada diri kita, karena menjaga akal (العقل حفظ) adalah salah satu dari 5 ( lima ) prinsip dasar islam.
    Mohon sebutkan 5 prinsip dasar Islam, dan jelaskan masing-masing dan tujuannya??


    Class H

    BalasHapus
    Balasan
    1. menjawab pertanyaan moh. nurul amin & suswati:

      5 prinsip dasar islam yaitu :
      - menjaga agama, yaitu menjaga aqidah islam dari kemurtadan
      - menjaga nyawa, yaitu menjaga diri kita dari pembunuhan termasuk juga menjaga anggota tubuh kita dari pencideraan
      - menjaga akal, yaitu memelihara akal dari kerusakan yang dapat disebabkan oleh meminum khamr
      - menjaga keturunan, yaitu memelihara manusia dari melakukan perzinaan agar keturunan dari mereka menjadi jelas nasabnya
      - menjaga harta benda

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  3. SUSWATI (H)
    2021110358

    pada keterangan diatas anda menjelaskan bahwa menjaga akal adalah salah satu dari 5 prinsip dasar islam, mohon dijelaskan lebih detail apa yg dimaksud dg kalimat trsebut,

    BalasHapus
  4. mei andriyanti(H)
    2021110384
    Menurut anda apakah khomer dapat merusak moral kita,sampai-sampai allah melarang kita untuk meminumnya?padahalkalau sedikitkan tidak memabukan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya,
      karena dengan meminum khamr, akal kita akan menjadi rusak / akal kita tidak dapat berfungsi dengan baik, sehingga kita tidak dapat membedakan antara perkara yang baik dan buruk. Dan karena kita tidak dapat membedakan antara yang baik dan buruk,bisa jadi kita melakukan perkara yang buruk yang tanpa kita sadari dapat merusak moral kita.

      Hapus
  5. Millatul Izzah
    202 111 0334 (H)

    Bagaimana tanggapan pemakalah tentang orang yang selalu mengkonsumsi khamer yang ia anggap akan memecahkan masalah sejenak dan orang tersebut sadar bahwa khamer itu merusak akal dan berbahaya.
    Dan bagaimana cara agar meluruskan dia ke jalan yang benar??

    BalasHapus
  6. wahyu retti rena yusyansari
    2021110352

    1. Dalam aspek terbawi tertulis "Kita harus bisa menjaga akal yang ada pada diri kita"
    yang saya tanyakan.......bagaimana cara menjaga akal tersebut agar tidak terjerumus ke dalam hal2 yang di laarang agama??????

    BalasHapus
  7. cara menjaga akal yang telah kita miliki salah satunya dengan menjauhi minum minuman keras, dan kita harus memanfaatkan fungsi akal kita agar dapat membedakan antara yang baik dan buruk, sehingga kita berada di jalan yang benar dan tidak terjerumus ke dalam hal-hal yang dilarang agama...

    BalasHapus