Laman

zzz

new post

Kamis, 01 Maret 2012

Kelas E, Ely Mustaghfiroh, 3 : MEMANFAATKAN MEDIA PUBLIC UNTUK MENYEBARKAN ILMU KE KALANGAN INTERNAL




MAKALAH

MEMANFAATKAN MEDIA PUBLIC UNTUK MENYEBARKAN ILMU KE KALANGAN INTERNAL
Mata kuliah      :  Hadits Tarbawi 2
Dosen Pengampu  : M.Ghufron Dimyati
Description: C:\Users\acer\Documents\stain-pekalongan.gif
                      Disusun oleh:
ELY MUSTAGHFIROH  (2021110204)
SEKOLAKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
PEKALONGAN
2012




BAB 1
PENDAHULUAN

             Mencari ilmu baik dunia maupun akhirat adalah wajib bagi muslimin dan muslimat. Ilmu akan lebih sempurna, ketika ilmu itu tersebar dan berkembang serta dipegang oleh orang  yang tepat. Dalam penyampaian ilmu, tak aneh jika membutuhkan media demi melangsungkan penyebaran ilmu kepada khalayak.
             Antar sesama manusia dapat saling menjada media terhadap yang lainnya. Dimana, manusia merupakan makhluk sosial yang membutuhkan media dari sesamanya.

.

  





BAB II
                   PEMBAHASAN
A.      MATERI HADITS
عن ابي بكرة رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: إِنَّ الزَّمَانَ قد استدار كهيئته يوم خلق الله السمولت والارض السنة اثنا عشر شهرا منها اربعة حرم, ثلاث متواليات: ذوا القعدة وذوالحجة والحرم ورجب شهر مضر الذي بين جمادى وشعبان" ثم قال:" اي شهر هذا؟" قلنا: الله ورسوله اعلم قال: فسكت حتى ظننا انه سيسميه بغير اسمه, قال: "اليس ذالحجة؟" قلنا: بلى, قال:" فأي بلد هذا؟" قلنا: الله ورسوله اعلم, قال: فسكت حتى ظننا انه سيسميه بغير اسمه, قال:" اليس البلدة؟ قلنا: بلى,قال:" فأي يوم هذا؟ قلنا: الله ورسوله اعلم, قال: فسكت حتى ظننا انه سيسميه بغير اسمه قال:" اليس يوم النحر؟ " قلنا: بلى يا رسول الله, قال:" فان دماء كم واموالكم (قال محمد: واحسبه قال) واعرضكم, حرام عليكم كحرمة يومكم هذا, في بلدكم هذا في شهركم هذا, وستلقون ربكم فيسألكم عن اعلمالكم, فلا ترجعن بعدي ضلالا يضرب بعضكم رقاب بعض. الا ليبلغ الشاهد الغائب, فلعل بعض من يبلغه يكون او عى له من بعض من سمعه" ثم قال: "الا هل بلغت؟"
(رواه مسلم)
B.      TERJEMAHAN HADITS
Diriwayatkan dari Abu Bakrah ra, dari Nabi SAW. Beliau bersabda, “Sesunggunya, masa itu beredar sebagaimana keadaannya pada masa Allah menciptakan langit dan bumi, yaitu satu tahun sebanyak dua belas bulan. Diantara satu tahun itu ada empat tahun yang dimuliakan, yaitu tiga bulan berturut-turut Dzulqa’dah, Dzulhijah, dan Muharram, serta Rajab, bulan yang sangat dihormati oleh suku mudhar yang terletak antara bulan Jumadil sani dan Sya’ban”. Lalu Beliau bersabda,”bulan apakah ini?” Kami menjawab,”Kami tidak tahu, Allah dan Rasulullah Nya yang lebih mengetahuinya”. Lalu beliau diam sehingga kami mengira beliau akan memberinya nama  lain. Beliau bersabda,”bukankah bulan ini adalah bulan dzulhijah?” kami mejawab,”ya, benar.” Lalu beliau bersabda,”Negeri apakah ini?” Kami menjawab,”kami tidak tahu Allah dan RasulNya yang lebih tahu.”Lalu beliau diam dan kami mengira beliau akan memberinya nama yang lain. Beliau bersabda,”bukankah ini negeri Makkah?” kami menjawab,”ya, benar”. Lalu beliau bersabda,” hari apakah ini?”kami menjawab,”kami tidak tahu, Allah dan RasulNya yang lebih tahu”. Lalu beliau diam sehingga kami mengira beliau akan memberinya nama yang lain. Beliau bersabda,”Bukankah hari ini hari Nahr (sepuluh dzulhijah)?” kami menjawab,” ya, benar, wahai Rasulullah.” Beliau bersabda,”Sungguh darahmu, hartamu, dan kehormatanmu itu haram atasmu seperti haramnya hari kamu di negeri Dia akan menanayai kamu tentang segala amal perbuatanmu. Oleh karena itu janganlah kamu kembali tersesat sesudahku, yaitu sebagian kamu memenggal leher sebagian yang lainnya. Hendaklah yang hadir ini menyampaikan berita ini kepada yang tidak hadir karena bisa jadi orang yang disampaikan beritanya lebih mengetahui dari pada orang yang mendengarkannya.” Kemudian beliau bersabda,”Bukankah aku telah menyampaikan (pesan ini)?”.[1]

C.MUFRODAT

Beredar
استدار
Diam
فسكت
Memberinya nama
سيسميه
Darahmu
دمأكم
Hartamu
اموالكم
Kehormatanmu
اعراضكم
Akan menemuimu
ستلقون
Jangan kembali
فلا ترجعون
Leher
رقاب



D.BIOGRAFI PERAWI
Abu Bakrah nama lengkapnya yaitu Nafi’ bin al-harith bin kaldah bin ilaj bin abi salamah dikenal sebagai masruh. Bapaknya, yaitu al-harith bin lukadah.
Menurut ibnu abd al-bar al husain al basri salah seorang ulama tabih terkemuka mengatakan tak ada seorang sahabat pun dari kalangan sahabat Rasulullah SAW yang tinggal di Basrah lebih  dibandingkan dengan Imran bin al husain dan Abu Bakrah r.a. Beliau mempunyai banyak pengikut dan merupakan orang terhormat di Basrah.[2]

    E.KETERANGAN HADITS
Media merupakan segala bentuk yang diagunakan untuk suatu proses penyaluran informasi.Dapat juga diartikan sebagai benda yang dapat dimanipulasikan, dilihat, didengar, dibaca, atau dibicarakan.[3]
Sebagai seorang pendidik, Rasulullah SAW memiliki keteladanan bagi setiap murid-muridnya, salah satunya dengan menggunakan mimbar sebagai media pembelajaran yang dapat mengoptimalkan para sahabat untuk bisa meneladani Rasulullah.[4]
Dari hadits diatas dimaksudkan agar disampaikan (pesan rasul ini) oleh asy-syahid (orang yang hadir) kepada al ghaib (orang yang tidak hadir). Didalam hadits ini terkandung kewajiban untuk menyampaikan ilmu dan kewajiban itu adalah fardhu kifayah, maka wajib menyampaikannya yang sekiranya bisa menyebar imu itu (supaya sebagian dari yang menyampaikannya bisa lebih menjaga ilmunya dari pada sebagian yang mendengar).
Para ulama menjadikan hujjah (dasar hukum) untuk kebolehan menyampaikan ilmu baik orang yang pandai dan selain mereka misalya dari orang-orang tua yang tak punya cukup ilmu dan kurang paham dalam membuat batasan tentang ilmu yang disampaikan.


F.ASPEK TARBAWI
1.      Sampaikanlah ilmu yang kalian pahami
2.      Setiap manusia menjadi media terhadap sesamanya
3.      Ilmu perlu dijaga sebagaimana  kita menjaga darah, harta, dan kehormatan kita
4.      Ilmu akan berkah dengan disampaikan kepada khalayak
5.      Kita akan mempertanggung jawabkan semua amal perbuatan yang kita lakukan
6.      Dalam kehidupan kita, tidak dibenarkan untuk saling menjrumuskan



DAFTAR PUSTAKA
Asnawir.2002. Media Pembelajaaran. Jakarta: Ciputat Prees
 Zoerni, Muchtar. 2002. Ringkasan Shohih Muslim. Bandung: Mizan
 Ramayulis. 2002.  Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Radar Jaya










[1] Muchtar Zoerni, Ringkasan Shohih Muslim, (Bandung: Mizan, 2002), hal. 551-552

[2] http://anawinta.woraprees.com/2010/07/05/abu.bakrah.prawi.hadits/diaksestgl/25-02-2012/12.09
[3] Asnawir, Media Pembelajaaran, (Jakarta: Ciputat Prees,2002), hal. 2
[4] Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Radar Jaya, 2002) hal. 185

33 komentar:

  1. Sri Setianingrum 2021110209

    Bagaimana hukumnya ketika media itu digunakan dalam penyampaian dipublik yang masyarakatnya belum menerima adanya media itu????

    BalasHapus
    Balasan
    1. dikatakan sebuah media karena dapat bermanfaat bagi orang lain, jadi tidak mungkin dalam sebuah masyarakat itu tidak ada media. kalau dapat sya saran,alangkah baiknya media yg anda tnyakan lebih diperjelas, jika yang anda maksud anda mksud adl media elektronik yg memang tdk semua kalangan masyrakat tersedia,caranya dengan kita sebagai anggota masyarakat, adl yg mnjadi media bagi masyarakat kita sndri, tentunya dengan kadar yang lebih, karena untuk menunjang adanya kekurangan media.

      Hapus
  2. Nama : Nita Eviana
    Nim : 2021110217
    Kelas : E

    Menurut anda apakah media publik mempengaruhi peningkatan mutu pendidikan madrasah pada saat ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan anda berfikiran media publik(elektronik, dkk) adl satu-satunya jalan yang sangat berpengaruh dalam peningkatan mutu madrasah, karena bagaimana pun sebuah lembaga atau hal apapun akan berkualitas jika komponen2nya yg menciptakan dan mengelola kualitas tsb,memang dalam penciptaan dan pengelolaan yg akan dilakukan, berkaitan erat dengan ada tidak nya media yg mendukung, tapi jika kita mjd media berusaha maksimal dalam pengelolaan dan penciptaan kualitas tsb, insya Allah mutu sebuah lembaga akanmenigkat dan bertahan

      Hapus
  3. Nama: setyoningsih
    Nim:2021110163
    Kelas: D
    bagaimana jika media internet yang di gunakan sebaai media ilmu pengetahuan justru memberikan permasalahan ? misal seperti beredarnya artikel2 yang justru bertolak belakang dengan apa yang kita sampaikan?

    BalasHapus
  4. Nama: Rizki Amalia R (2021110213)
    Kelas: E
    Zaman sekarang media publik sudah dengan mudahnya diakses, tidak jarang sampai disalah gunakan.
    bagaimana solusinya agar media publik dapat digunakan secara tepat dan secara arif untuk menyebarluaskan ilmu yang bermanfaat?

    BalasHapus
  5. Kurnia Hidayati
    Kelas E
    202 111 0206

    Sejauh mana peranan media pada kemajuan ilmu pengetahuan pada zaman modern seperti sekarang ini?

    BalasHapus
  6. Nama: Dewi Riska Khodijah
    Kelas: E
    Nim: 2021110219

    menurut anda bagaimanakah kriteria media menurut hukum syariat islam,,sesuai hadits yang anda paparkan.

    BalasHapus
  7. Nama : Laila Fitriani
    Kelas : E
    Nim : 2021110225

    menurut anda, bagaimana media elektronik modern mendukung dalam proses pembelajaran??dan apakah ada efek negatifnya???

    BalasHapus
  8. Nama ; Dyah Titis Pratita
    Kelas : E
    Nim : 2021110221

    menurut anda, apa saja kelebihan dan kekurangan adanya media publik dalam dunia pendidikan?

    BalasHapus
  9. Nama: Ulva Rizkillah
    Kelas: E
    NIM: 202 111 0195

    Hal apa yang menjadi dasar diwajibkan manusia mencari ilmu?

    BalasHapus
  10. nama : ismaroh
    nim : 2021110142
    kelas : D

    Abu Bakrah nama lengkapnya yaitu Nafi’ bin al-harith bin kaldah bin ilaj bin abi salamah dikenal sebagai masruh.

    BalasHapus
  11. nama : ismaroh
    nim : 2021110142
    kelas : D

    Abu Bakrah nama lengkapnya yaitu Nafi’ bin al-harith bin kaldah bin ilaj bin abi salamah dikenal sebagai masruh.maksud dari kata masruh itu apa??jelaskan!

    BalasHapus
  12. akromurijal (2021110234)kelas E

    bagaimana menurut anda tentang proses pengajaran zaman sekarang yang masih mempunyai kendala dalam media pemebelajarannya, khususnya di daerah yang terpinggirkan?

    BalasHapus
  13. Hammydiati Azifa L I (2021110208) kelas E

    menurut anda apakah penyampaian informasi dapat tercapai dengan efektif jika penyampaian informasi pembelajaraanya dilakukan jarak jauh?

    BalasHapus
  14. ferri jariyah (2021110227) kelas E

    bagaimana menurut anda keefektifan media public dalam mendukung pemahaman peserta didik

    BalasHapus
  15. jawaban untuk sri setianingrum
    media itu tdk hrus brupa media yg skiranya sulit dijangkau oleh byk pihak,kita sendri pun mnurut sya bisa mjd media untk mnybarkan ilmu,yg penting kita pnya bhan/mteri yg akan dsmpaikan

    BalasHapus
  16. jawaban untuk nita
    pasti,krn dg media proses penybaran akan berlangsung cpat dg jangkauan yg luas,mka smakin byk pula respon,masukan, yg akan ditrima dr byk pihak terhdap ilmu yg disebarkan itu.

    BalasHapus
  17. Jawaban untuk setioningsih
    sbnernya yg menjadikan stiap persoalan adlh sebuah permasalahan, adlh dri kita sendri. ketika dlm proses pnyebaran ilmu nantinya kita dikenai persoalan,tugas kita adlh klarifikasi thdp pihak yg mlakukan nya itu,& mnjelaskan kpd publik bhwa hal tsb tdak sesuai dg apa yg kita sampaikan.

    BalasHapus
  18. jawaban untuk feri jariyah
    keefektifan akan dicapai jika antara penyebar ilmu dg penerima ilmu beserta media yg digunakan saling menjangkau

    BalasHapus
  19. jawaban untuk riski amalia
    perlunya sosialisasi/peraturan dari pemerintahan /lembaga perhubungan & komunikasi kpd masyarakat mengenai waktu utk mengakses&program2 yg patut dipublikasikan.

    BalasHapus
  20. nama: fitriana musofa
    nim: 2021110189
    Kenapa sebuah pembelajaran sangat membutuhkan media??

    BalasHapus
  21. Nuhisa Filiandi
    2021110233
    Kelas : E

    Ilmu dan teknologi itu, bagaikan pisau bermata dua, ada sisi positif maupun negatifnya, bagaimana cara kita agar kita terhindar dari pengaruh negatifnya, terutama pada era sekarang ini, dimana hal yang negatif, khususnya dalam internet, mudah untuk diakses anak-anak, sungguh membahayakan, nah bagaimana pendapat Ely akan hal itu dan apa solusinya ?, Trim's atas jawabannya ..

    BalasHapus
  22. jawaban untuk kurnia
    peran media tlah byk digunakan utk proses penyampaian dakwah,publikasi lembga pendi2kan agma,program tnya jwab,publikasi pengadaan kgiatan dakwah dll.

    BalasHapus
  23. jawaban untuk dewiriska
    media tsb bisa menjangkau antra penyampai ilmu & objek ilmu tsb, dan bisa dijangkau oleh keduanya. Intinya tdk dlm keadaan yg sulit utk proses tsb.

    BalasHapus
  24. jawaban untuk laila f
    media elektronik penybran ilmu dg:
    1.publikasi adnya lmbga pendi2kan keagamaan
    2.publikasi program/kgiatan keagamaan
    3.pnayangan materi/ilmu
    4.plyanan tnya jwb dst
    utk efek ngatif, psti ada,tergntung kita mnggunkannya spt pngaksesan program yg tak lyak diakses dll

    BalasHapus
  25. jwaban utk dyah titis
    klbihannya spt daerah terjangkaunya daerah yg luas dlm wkt yg singkat,tnaga yg tdk byk,prosesny cpt&akurat.
    kkurangannya spt hnya pd phak trtntu yg mampu mggnkan media tsb,tdk smua klangan dpt mngkonsumsi mdia tsb,perlu dna lmayan byk.

    BalasHapus
  26. jwaban utk ulva r
    manusia akan bisa bertahan hidup hnya dg ilmu,
    mnusia sndri ada krn sbuah ilmu, adanya alam jg dg ilmu, sdh spantasnya kita wajib mncari ilmu utk bkal hdup dunia dan akhirat.

    BalasHapus
  27. jwaban utk ismaroh
    masruh itu nama julukan/lain utk abu bakrah

    BalasHapus
  28. jwaban utk akromurijal
    perlu adanya pnyediaan media dr lmbga pmerinthan di bidang pndidikan kpd lmbga pndidikan khususnya yg kurang tersedianya media

    BalasHapus
  29. jwaban utk hamidiyati dan ferri j
    jelas kurang efektif ktika pnybran ilmu mggnakn media public krn keefektifan&kberkhan sbuah ilmu itu terltak ktika pnyampai ilmu& pnrima ilmu itu saling terkait/ada ikatan. apa lagi dlm jrak yg jauh

    BalasHapus
  30. jwaban utk fitriana musofa
    utk meningkatkan kualitas,pngembngan,prlindungan,mmpercpat pnybran thd ilmu yg disampaikan

    BalasHapus
  31. jwaban utk nuhisa
    prlu disosialisasikannya program dan wkt utk pengaksesan intrnetdr lmbga prhbungan dan komunikasi

    BalasHapus