Laman

1111

Minggu, 08 April 2012

A8-46 Eliya Sri Aisah


MAKALAH
BUDAYA SUAP DAN RENDAHNYA KUALITAS KERJA

Disusun Untuk Memenuhi Tugas
Mata kuliah : Hadits Tarbawi II
Dosen Pengampu : M. Ghufron Dimyati, M.S.I


STAIN




Disusun oleh :
Eliya Sri Aisah (2021110046)
Kelas: A

JURUSAN TARBIYAH (PAI)
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN) PEKALONGAN
2012

BAB I
PENDAHULUAN

                Perbuatan suap menyuap merupakan perbuatan yang di laknat Allah SWT.baik yang menyuap, menerima suap, yang memberi peluang dan yang menjalankannya, baik dalam jumlah yang sedikit maupun yang banyak.
            Budaya suap menyuap dalam masa sekarang rupanya sudah menjadi hal yang biasa dalam segala hal,yang mana dalam kegiatan tersebut dilakukan oleh orang yang kecil (masyarakat kecil) sampai dengan para pejabat dalam pemerintahan sehingga mengakibatkan rendahnya kualitas kerja maupun rendahnya kinerja seseorang, mereka berfikir dengan uang (cara suap menyuap ) bisa menjadikan seseorang menjadi sukses dalam kehidupan.














BAB II
BUDAYA SUAP DAN RENDAHNYA KUALITAS KERJA

A.    Hadits

عَنْ ثَوْ بَانَ قَالَ: لَعَنَ رَ سُو لُ اللهِ صَلئ اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ الرَّ اشِيَ وَالْمُرْ تَشِيَ وَالرَّ ائِشَ يَعْنِي الَّذِي يَمْشِي بَيَنَهُمَا
(رواه أحمد فى المسند, با قي مسند الأنصار,باب ومن حد يث ثو بان)
B.     Terjemah

Dari Tsaubana, ia berkata : Rasulullah SAW melaknat orng yang menyuap,orang yang menerima suap dan orang – orang yang mejadi perantara yaitu orang-orang yang pergi diantara keduanya.

C.     Mufrodat (kata-kata penting)

·         Orang yang menyuap                                         الرَّ اشِي
·         Orang yang menerima suap                                          وَالْمُرْ تَشِيَ
·         Dan orang – orang yang menjadi perantara                 وَالرَّ ائِشَ
·         Yaitu orang-orang yang pergi diantara keduanya         يَعْنِي الَّذِي يَمْشِي بَيَنَهُمَا
       D. Biografi Rowi
            Tsaubana Al Hasimi adalah orang yang dimerdekakan Nabi,yang menemani Nabi SAW dan selalu mengikutinya. Ia bertempat tinggal di Syam dan meninggal di Hamsh pada tahun 54 H. [1]
Tanda (  بح,م,ع ) menandakan bahwa hadits-hadits yang di riwayatkan perawi ini terdapat di empat kitab Bukhori dan muslim.

E. Aspek Tarbawi
            Suap menurut bahasa adalah suatu yang dapat menghantarkan tujuan dengan segala cara, dengan prinsip asal tujuan tercapai definisi ini di ambil dari kata riswah yaitu rosya yang bermakna : tali timba yang di gunakan mengambil air dari sumur, sedangkan Arrosy adalah orang yang memberikan sesuatu kepada pihak kedua yang siap mendukung perbuatan bathil, adapun roisy adalah mediator dari penyuap dan penerima suap, sedangkan mutorrosyi  adalah penerima suap.
            Suap menurut istilah syar’i, menurut Ibrahim An Nakhoi dalam mausu’ah fiqiyah 1/271 bahwasanya riswah adalah suatu yang diberikan kepada seseorang untuk menghidupkan kebathilan atau untuk menghancurkan kebenaran. [2]
            Suap menurut UU RI adalah barn siapa yang memberikan hadiah kepada pegawai pemerintah atau hakim dengan harapan segala keinginan penyuap diluluskan atau dimenangkan kasusnya atas musuhnya di pengadilan, meskipun hal tersebut menyalahi ketentuan jabatan dan wewenang penerima suap.
            R. Susilo dalam bukunya tanya jawab Hukum pidana mengklasifikasikan menjadi :
·         Aktif , yaitu barang siapa memberi hadiah kepada seorang pegawai negeri oleh sebab atau berhubung dengan pegawai negeri itu sudah berbuat atau menghafal sesuatu apa  dalam menjalankan pekerjaannya yang bertentangan dengan kewajibannya. Suap aktif ini diancam hakim paling lama 2 tahun 8 bulan atau denda, jika yang di suap seorang hakim maka penyuap terkena pasal 20 ancamannya lebih berat yaitu pidana penjara selama-lamanya 7 tahun.
·         Pasif, yaitu menerima pemberian suap, sedang di ketahuinya pemberian itu diberikan kepadanya oleh karena itu berhubungan dengan apa yang telah dilakukan dalam jabatannya yang berlawanan dengan kewajibannya. Bentuk suap ini melanggar pasal 419 yaang diancam penjara selama-lamanya 5 tahun.



F. Keterangan  
      Akhir-akhir ini suap sudah menjadi tradisi di negara kita dan beragam nilainya, suap merupakan  sosok kanker sosial yang sulit diagnosa secara persial, suap mampu menjungkirbalikan kebenaran dan menyuap kebathilan menjadi kenyataan juga merupakan masalah sosial yang rumit. Mendapatkan sesuap nasi dengan manhaj syaitani yang keji ini telah melayang harga dirinya, aqidahnya telah dirusak virus kekafiran.
      Bahaya suap ini meliputi :
·         Bahaya ini tidak hanya sampai pada penerima suap akan tetapi dampaknya ke segi status / jabatan yang tidak di ridhoi Allah.
·         Suap mendorong seseorang menjadi milyarder, mendidik tanpa harus memeras keringat sehingga ambisi ini membutakan mata dan hati, tapi bahaya suap tersebut mulai dihapus denan adanya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang dapat menekan angka suap menyuap menjadi sedikit.

G. Solusi
·         Membantu individu muslim yang komitmen dengan konsep Islam secara totalitas, membentuk menjadi muslim yang handal dengan sentuhan tarbiyah,imaniyah yang kuat.
·         Mewarnai aktivitasnya dengan tilawatil qur’an dan berupanya untuk memahami kandungan-kandungan ayatnya.
·         Memperbanyak amalan ibadah yang lainnya





BAB III
PENUTUP
Demikianlah sekilas penjelasan mengenai budaya suap dan rendahnya kualitas kerja,jadi dapat disimpulkan bahwa akhlak dan moral berperan penting dalam mengukur kualitas kerja seseorang . Dengan akhlak dan moral yang senang dengan perbuatan suap menyuap, maka dapat mengkibatkan suatu kualitas kerja ( kinerja ) seseorang menjadi rendah.


















DAFTAR PUSTAKA

Ahmad, Syihabuddin bin Ali bin Hajar Al Asqolani. 1995. Ta’ ributtahdzib. Beirut: Darul Fikri
Abdul Halim Ahmad S, Abu. Suap dan dampak dan Bahayanya Tinjauan Syar’i dan Social



[1] Syihabuddin Ahmad bin Ali bin Hajar Al Asqolani, Ta’ ributtahdzib. 1995. (Beirut: Darul Fikri), juz 1. Hlm.83
[2] Abu Abdul Halim Ahmad S, Suap dan dampak dan Bahayanya Tinjauan Syar’i dan Social, hlm. 13-16

32 komentar:

  1. NAILU ZULFA CHUSNA (2021110017)

    apa yang menyebabkan mereka mudah menerima suap?

    BalasHapus
    Balasan
    1. . faktor ekonomi
      . faktor ketergiyuran nominal suap
      . faktor ancaman
      . faktor kekerabatan

      Hapus
    2. Apakah ada faktor lain dari empat faktor yang sudah anda sebutkan mbak?mungkin dari sistemya begitu?
      Karena yang sering kita ketahui, sekuat-kuatnya iman seseorang jika dihadapkan dengan keadaan sistem yang berbeda dengan yang selama ini dia hadapi, maka iman seseorang tersebut insyaallah akan tergiur juga mbak?betul tidak?terima kasih.

      Hapus
  2. bagaimana pandangan islam mengenai suap?

    nuning puji
    A
    2021110021

    BalasHapus
  3. Nama : Irma Hardika Saputri
    NIM : 2021110010
    Kelas : A

    Menurut pemakalah, apakah segala bentuk pemberian dianggap suap menyuap ??
    Jika seseorang mendapatkan jabatan dari suap menyuap, apakah gaji yang diperoleh haram/tidak, bagaimana pendapat anda ??
    Suap menyuap identik dengan orang yang mempunyai banyak harta, apakah berarti orang kaya yang menguasai negara ini ??

    BalasHapus
  4. Nadlifatul ULya 2021110003

    saya mohon penjelasan tentang solusi yang dipaparkan dalam makalah yang lebih spesifik dan contoh riil dikehidupan nyata!!!!!!!!
    trims.

    BalasHapus
  5. Upaya-upaya apa yang seharusnya dilakukan untuk meningkatkan kualitas etos kerja suatu kinerja aparat hukum dalam pemerintah, sedangkan etos kerja di pemerintahan ini di anggap masih rendah ..... !!!!!!!!

    BalasHapus
  6. Bagaimana menurut pendapat anda mengenai praktek suap yang belakangan ini sering terjadi?? dan faktor apa saja yang menyebabkan seseorang itu menerima suap?
    terimakasih

    Rizqon Budi Santoso
    2021110033

    BalasHapus
    Balasan
    1. #

      menurut pendapat saya, mengenai praktek suap yang belakangan ini sering terjadi secara tidak langsung menunjukkan rendahnya moralitas bangsa ini, dan juga menggambarkan betapa rendahnya kualitas kerja yang dimiliki oleh bangsa kita, sehingga suap-menyuap sudah seperti menjadi hal yang lumrah disekitar kita.
      sering kita temui secara sengaja ataupun tidak, di berbagai instansi baik pemerintahan maupun swasta, ada "sekelompok orang" yang gencar melakukan suap menyuap.
      Terlebih, mereka yang mengaku muslim juga terlibat.
      ironisnya lagi, pihak-pihak yang seharusnya bertanggung jawab malah terjerumus kedalamnya.
      inilah kenyataan yang terjadi di negara kita tercinta.
      sehingga negara ini sudah seperti menjadi "Republik Suap"
      .faktor ekonomi
      .faktor ketergiyuran nominal
      .faktor ancaman
      .faktor kekerabatan

      Hapus
  7. mnurut anda bgaimana dengan fenomena budaya suap pada lembaga pendidikan saat ini, yang menggunakan tes msuk akn ttpi hnya untuk formalitas saja?

    nurul fauziyah 2021110023_A

    BalasHapus
  8. Nama : Vitta Permatasari
    NIM : 2021110030
    Kelas: A

    Apabila memasuki tahun ajaran baru sering terjadi penyuapan yang dilakukan oleh orang tua calon murid kepada pihak sekolah.
    bagaimana menurut pandangan anda tentang kejadian tersebut yang pada hakikatnya pendidikan itu mulia, tapi ditempuh dengan cara yang bathil/dengan kata lain jalan yang kotor seperti menyuap ??

    BalasHapus
  9. Assalamu'alaikum...

    Dijelaskan di atas bahwa budaya suap menyuap sekarang ini sudah menjadi hal yang biasa dalam segala hal,yang mana dalam kegiatan tersebut dilakukan oleh berbagai kalangan.
    Pertanyaan saya,,
    apakah budaya suap ini bisa dihilangkan??
    mohon penjelasannya..

    Nama : Nurul Maulidah
    NIM : 2021110039_A

    BalasHapus
  10. NIM : 2021110004

    Mengapa HARTA,TAHTA,dan WANITA selalu ada dalam dunia pemerintahan. mohon jelaskan??????

    BalasHapus
  11. NIM : 2021110002



    bagaimana cara meminimalisir praktik suap yang telah merajalela pada zaman sekarang ini?

    BalasHapus
  12. shofiyatul inayah 232108104
    assalamualaikum....
    bagaimana menghilangkan budaya suap ini dan bagaimana ketika kita mendapat suap dengan basa basi yang lain apa kita akan menerima atau menolaknya tolong jelaskan

    BalasHapus
  13. Muslimah 232108343
    kelas A

    Bagaimana cara mendidik anak sejak dini agar bisa menghindari budaya suap menyuap?

    BalasHapus
  14. apabila budaya suap dalam dunia pendidikan, misalnya calon guru yang ingin melamar dalam sekolah namun dengan persyaratan hrus mengeluarkan sekian juta.....bagaimana penjelasannya menurut anda?????

    BalasHapus
  15. muhammad arif ismanto
    2021110005
    assalmualaikum wr wb
    ada sebuah kasus tentang orang yang di tilang polisi, mereka tidak mau di sidang tapi mereka memberi sjumlah uang kepada polisi tersebut pada saat itu juga? dan polisipun menerima terus membiarkan orang tersebut pergi?
    pertanyaan saya, bagaimana penjelasan anda tentang kasus tersebut, apakah itu termasuk suap atau tidak? jika ia berikan alasannya dan jika tidak juga berikan alasannya.mkash.

    BalasHapus
  16. Hafifah Nur Hidayah
    2021110035
    A

    faktor apa saja yang memicu terjadinya budaya suap menyuap?? terus ditinjau dari realita kerja masyarakat Indonesia memang kualitas kerjanya itu semakin rendah bagaimana tanggapan anda dan apa tindakan anda untuk menyikapi hal itu???

    BalasHapus
  17. istikharah
    2021110037
    A
    bagaimana menurut pemakalah menanggapi persoalan d negara kita mengenai kualitas kerja yang rendah ??????

    BalasHapus
  18. latifah adawiyah
    2021110011
    A
    bagaiman sikap pemakalah dalam menanggapi budya suap yang sudah mendarah daging dan merajalela di indonesia ????

    BalasHapus
  19. nadirotul asroriyah
    2021110020
    A
    bagaimana pendapat pemakalah mengenai hukuman yang pantas bagi pelaku suap menyuap agar kondisi tersebut tidak membudaya di negara kita???

    BalasHapus
  20. Hikmah Rifqiyani
    2021110001
    A

    kenapa pada zaman sekarang banyak kasus suap menyuap muncul, menurut anda apa penyebab kemunculannya???

    BalasHapus
  21. Mungkin anda pusing ya mbak, menghadapi berbagai pertanyaan dari teman-teman tentang suap menyuap?
    Saya hanya ingin menambahi sedikit pertanyaan dari pertanyaan pertama mbak?
    Bagaimana anda menghadapi suatu sistem yang didalamnya sangat besar kemungkinan terjadinya suap menyuap?apakah kita harus menghindar atau kita harus menghadapi sistem tersebut dan berusaha supaya tidak terjebak didalamnya?terima kasih.

    BalasHapus
  22. Slamet Uripah
    202 1110025
    A

    Menurut anda apakah budaya suap di pengaruhi oleh tingkat ekonomi seseorang dan tingkat kedudukannya...???
    mohon penjelasannya....?

    BalasHapus
  23. kasus suap telah marak di indonesia saat ini,tidak diragukan lagi dilakukan oleh lembaga pemerintahan dan badan hukum yang seharusnya memberi contoh yang baik dalam berperilaku.bagaimana solusi atas realitas tersebut,jika dikaitkan dengan tema makalah anda?

    BalasHapus
  24. budaya suap menyuap lebih dominan dilakukan oleh orang-orang yang mempunyai kedudukan (berpangkat), menurut pemaakalah apakah faktor kedudukan/pangkat merupakan faktor yang mempengaruhi adanya budaya suap-menyuap,jika iya..apa dampak dari realitas tersebut?

    BalasHapus
  25. Bagaimana menanggulangi kasus suap menyuap yang tejadi di indonesia?

    BalasHapus
  26. Assalamualaikum :)
    Untuk memberantas suap di negeri ini tentunya kita harus mulai dari generasi-generasi muda Indonesia..
    Nahh yang jadi masalah, Bagaimana menanamkan sikap anti suap pada anak usia dini??

    BalasHapus
  27. banyak orang mengetahui bahwa suap menyuap itu dilarang agama, tp kenyataannya banyak para pejabat negara yang melakukan suap. bagaimana cara untuk menyadarkan mereka bahwa perbuatan tsb adalah salah sdangkan kita tdk mmpunyai kekuasaan untuk melakukan hal tsb.

    BalasHapus
  28. KHAYYUN NAFI
    2021110028

    Sebagai generasi penerus bangsa,, apa yang kita lakukan agar budaya suap bisa diminimalisir atau bahkan bisa dihilangkan dalam negara kita...???
    terimakasih,,.

    BalasHapus