Laman

zzz

new post

Jumat, 27 April 2012

G10-63 Muthoharoh

MAKALAH
HADIST TENTANG REBOISASI
Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Hadiat Tarbawi
Dosen Pengampu : Muhamad Ghufron


























Disusun Oleh :
Nama   : Muthoharoh
Nim     : 2021110329





JURUSAN TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAIN) PEKALONGAN
TAHUN AJARAN 2011/2012
Pendahuluan
Alam semesta merupakan karunia yang paling besar terhadap manusia, untuk itu Allah SWT mmenyuruh manusia untuk memanfaatkannya dengan baik dan terus bersyukur kepadaNya. Akan tetapi pada kenyataan lain terjadi kerusakan disana-sini akibat perbuatan manusia itu sendiri.
Mereka sangat serakah dalam meng eksploitasi kekayaan alam tanpa memperdulikan akibatnya. Padahal sudah jelas baik aAl-Qur’an maupun hadist memerintahkan untuk menjaga dan melestarikan lingkungan. Seperti yang akan dibahas pada makalah ini tentang pentingnya mmenanam pohon atau melakukan reboisasi.













A.     HADIST

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا مِنْ مُسْلِمٍ يَغْرِسُ غَرْسًا أَوْ يَزْرَعُ زَرْعًا فَيَأْكُلُ مِنْهُ طَيْرٌ أَوْ إِنْسَانٌ أَوْ بَهِيمَةٌ إِلَّا كَانَ لَهُ بِهِ صَدَقَة
صحيح البخاري - (ج 8 / ص 1118)

B.       TERJEMAHAN
Diriwayatkan dari Anas Bin Malik r.a : Rasulullah SAW pernah bersabda, “Akan di pandang sebagai melakukan sedekah, seorang muslim yang menabur benih dan menanam pohon, kemudian manfaat di ambil oleh manusia, burung, atau hewan lainnya” [3 : 5513-5.A]2
C.       MUFRODAT                      
Mufrodat
Arti
يَغْرِسُ
Menanam (Pohon)
يَزْرَعُ
Bercocok tanam
يَأْكُلُ
Makan
طَيْرٌ
Burung
إِنْسَانٌ
Manusia
بَهِيمَةٌ
Hewan
صَدَقَة
Sedekah


 

1Kitabumaja’afilkhartsiwalmuzaro’ati
2Az-zabidi imam, ringkasan sohih al-buhori, PT Mizan Pustaka,2004, Bandung. Hal 427
3Fathulbarilaibnuhajarbabulmuzaro’ati
D.       BIOGRAFI PERAWI
Anas bin Malik mempunyai nama lengkap Anas bin Malik bin Nadhar bin Dhamdham Al Anshari Al Khasraji, Beliau biasa di panggil Abu hamzah dan di beri gelar khadim Rasulillah (pembantu/pelayan Rasulullah). Ana bin maliklahir dikota Yatsrib (Madinah tahun 8 sebelum hijriyah).
Ibunya yang bernama Umi Salim Binti Malhan Bin Holid Bin zaid Bin Haram menitipkannya kepada Rasul untuk menjadi pembantu beliau. Saat itu Anas berusia 10 th. Beliau pernah berkata “aku membantu Rasulullah selama 10 th selama itu, aku belum pernah mendengar beliau mengatakan kata “ah” kepadaku. Beliau juga tidak pernah mencela pekerjaan yang aku lakukan.
Setelah Rasulullah wafat Anas merantu ke Damaskus kemudian ke Basroh Ia meriwayatkan 2286 hadist dari Nabi. Beliau merupakan sahabat yang paling akhir meninggal yaitu pada th 91 H dalam usia 99th di Basrah.4
E.       KETERANGAN DARI KITAB
Hadist ini menjelaskan tentang keutamaan menanam pohon dan bercocok tanam. Pahala orang yang mau menanam pohon dan bercocok tanam akan tetap ada sampai hari kiamat. Pada hadist ini juga menerangkan masalah pahala di akhirat yang hanya tertentu bagi kaum muslim sedangkan kaum kafir hanya mendapatkan manfaat dari apa yang Ia tanam di dunia dan tidak ada pahala akhirat.5











4http://www.ppnuruliman.com/biografi/247-anas-bin-malik-pembantu-rasulullah.html
5sarah nawawi muslim, bab masakop, keutamaan mmenanam pohon dan bercocok tanam
F.        ASPEK TARBAWI
Seorang muslim yang menanam tanaman tak akan pernah rugi di sisi Allah SWT, sebab tanaman tersebut akan di rasakan manfaatnya oleh manusia dan hewan, bahkan bumi yang kita tempati.  Tanaman yang pernah kita tanam lalu di ambil oleh siapa saja, baik dengan jalan yang halal maupun jalan yang haram, maka kita sebagai penanam tetap mendapatkan pahala, sebab tanaman yang di ambil tersebut berubah menjadi sedekah bagi kita.
Penghijauan merupkan amalan sholeh yang mengandung banyak manfaat bagi manusia di duunia dan untuk membantu kemaslahatan akhirat manusia. Tanaman dan pohon yang ditanam oleh seorang muslim memiliki banyak manfaat, seperti pohon itu bisa menjadi naungan bagi manusia dan hewan yang lewat, buah dan daunnya terkadang bisa di makan, batangnya bisa bisa di buat menjadi berbagai macam peralatan, akarnya bisa mencegah terjadinya erosi dan banjir, daunnya bisa menyejukan pandangan bagi orang yang melihatnya, dan pohon juga bisa menjadi pelindung dari gangguan tiupan angin, membantu sanitasi lingkungan dalam mengurangi polusi udara, dan masih banyak lagi manfaat tanaman dan pohon yang tidak sempat kita sebutkan di lembaran sempit ini. Jika demikian banyak manfaat dari Reboisasi, maka tak heran jika agama kita  memerintahkan umatnya untuk memanfaatkan tanah dan menanaminya.







DAFTAR PUSTAKA


Kitabumaja’afilkhartsiwalmuzaro’ati
Az-zabidi Imam, Ringkasan Sohih Al-Buhori, PT Mizan Pustaka,2004, Bandung. Hal 427
Fathulbarilaibnuhajarbabulmuzaro’ati
http://www.ppnuruliman.com/biografi/247-anas-bin-malik-pembantu-rasulullah.html
Sarah Nawawi Muslim, Bab Masakop, Keutamaan Menanam Pohon dan Bercocok Tanam

30 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. 2021110312
    Dengan maksud mengamalkan hadits diatas ketika orang gemar menyebar benih dikebun atau lahan kosong(tidak diketahui pemiliknya), Apakah orang yang menebar benih dikebun tersebut mempunyai hak milik atas tanaman yang dihasilkan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya..
      selama lahan itu memang tidak ada pemiliknya,,,
      dengan niat menanam pohon agar suatu hari kelak dapat bermanfaat.
      masalah hasilnya kita bisa berbagi dengan yang lainnya.

      Hapus
  3. 2021110291
    Saya pernah mendengar bahwa menanam tanaman disekitar rumah itu dapat membantu mempertajam ingatan.
    Apakah anda juga pernah dengar? Kalau sudah tolong jelaskan, kalau belum tolong carikan penjelasannya disertai dengan dalil-dalilnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya,,,
      saya memang pernah mendengar hal tersebut, swetelah saya cari tahu, ternyata yang membuat menanam pohon dapat mempertajam ingatan adalah: pohon mengahasilkan oksigen, ketika kita banyak menghirup oksigen yang berasal dari pohon (oksigen yang belum terkontaminasi) maka aliran darah kita menjadi lancar dan tidak terhambat, termasuk aliran darah ke otak sehingga dapat mempertajam ingatan. apalagi jika di sertai dengan olahraga yang cukup, pasti hasdil akan lebih maksimal.

      Hapus
  4. Atina Mauila Safitri
    2021110284

    Dalam arti hadits terdapat kalimat "Akan di pandang sebagai melakukan sedekah, seorang muslim yang menabur benih dan menanam pohon, kemudian manfaat di ambil oleh manusia, burung, atau hewan lainnya”..
    Apakah petani dalam menanam padi juga termasuk melakukan sedekah?, mohon jelaskan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya....
      tentu dalam menanam padi petani juga terhitung juga melakukan sedekah. pedi yang ditanam oleh petani tentunya akan memberikan manfaat bagi yang mengonsumsinya(manusia, burung, dll) itulah sedekah yang dimaksud karena tanpa petani manusia, burung dll tidak akan bisa menikmati padi.

      Hapus
  5. khoirul furqon
    2021110327
    menurut anda apakah seseorang yang gemar menanam pohon akan tetapi tidak mau merawatnya. apakah hal tersebut juga mendatangkan pahala??

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya.....
      orang itu tetap akan mendapatkan pahala walau tanpa merawat pohon tersebut. tetapi alangkah lebih baiknya jika pohon itu juga dirawat karena jika pohon itu dirawat maka akan memperbanyak hasil sehingga manfaatnyapun akan lebih berlipat dan pahala yang didapatkan pun akkan lebih banyak.
      bahkan ketika pohon yang ditanam itu mati si penanam akan mendapat pahala dengan catatan ketika menanam telah berniat " saya menanam pohon agar suatu hari kelak pohon ini dapat bermanfaat". karena pada dasarnya ketika melakukan sesuatu sekecil apapun dengan niat yang mulia tetap akan mendapatkan pahala.

      Hapus
  6. Apakah pohon yang kita tanam itu senantiasa bertasbih kepada yang kuasa... jelaskan....

    BalasHapus
    Balasan
    1. tentu...karena semua makhluk yang ada di dunia senantiasa bertasbih kepada llah SWT kecuali iiblis. dan tanaman yang kita tanam senantiasa mendoakan agar pananam diberi keberkahan. wujut terkkabulnyado''a sebatangpohon adalah melimpahnya hasil dari tanaman yang kita tanam

      Hapus
  7. Faidatul Aula
    G_(0316)

    dari aspek tarbawi di atas dikatakan bahwa pohon juga bisa menjadi pelindung dari gangguan tiupan angin, akan tetapi menurut saya, bukankah ketika ada angin kencang justru sebaiknya kita menghindari pepohonan, terutama pohon yang sudah tua dan rapuh..?
    bagaimana tanggapan pemakalah mengenai hal ini..?
    lalu, adakah dampak negatif dari reboisasi itu sendiri..?
    jika ada tolong jelaskan..! thanks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya...
      ada benarnya tetapi hal itu untuk pohon yang sudah tua/rapun dan tidak ber reproduksi lagi, ooleh karena itu di anjurkan reboisasi agar pohon yang sudah rapuh/tua itu diganti yang baru.
      menurut saya tidak ada dampak negatif dari reboisasi hanya saja ada beberapa masalah yang timbul dan berkaitan dengan pohon. misal; pohon tumbang, longsor dll.

      Hapus
  8. M.Lendra 2021110299 G
    bagaimanakah dengan adanya peran serta beberapa Instansi atau Perusahaan dalam Program Penanaman Seribu ataupun Sejuta pohon. APakah hal tersebut dapat dikatan Sedekah dari Instansi atau Perusahaan.........

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya,,,
      itu juga dapat dikatakan sedekah,,,
      misal: sebuah perusahaan memberikan sponsor untuk penyelenggaraan tanam seribu pohon. itu berarti perusahaan tersebut telah di anggap sedekah.

      Hapus
  9. apakah yang anda dapat setelah mengkaji makalah andan sendiri?????

    dan setela mengetahui isi atau manfaat yg banyak anda langsung mau malakukan REBOISASI????

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang saya dapat setelah membuat makalah ini adalh saya dapat mempertajam pengetahuan saya tentang manfaat penanaman pohon bagi kita semua, baik dunia maupun akhirat.
      apakh saya akan melakukan reboisasi atau tidak,???
      maaf,,, bukannya sombong, tapi se belum membuat dan memahami makalah inipun saya sudah senang menanam pohon,,, kalau tidak percaya,,, silahkan ke rumah saya,,, di sana alhamdulillah banyak tanaman hasil penanaman saya.
      mungkin setelah ini saya akan semakin giat melakukan penanaman pohon. dan jika bisa, saya akan berbagi pengetahuan tentang hal ini.

      Hapus
  10. muhammad Romadhon
    2021110297

    jenis tanaman apa yang cocok sebagai sarana reboisasi di kawasan padang pasir seperti wilayah timur tengah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jenis tanaman yang cocok di kawasan padang pasir diantaranya adalah; kaktus dan pohon kurma. karena tanaman tersebut merupakan tanaman yang dapat bertahan pada iklim yang panas.

      Hapus
  11. 202109004
    Akan di pandang sebagai melakukan sedekah, seorang muslim yang menabur benih dan menanam pohon.
    Yang di maksud terjemahan hadits di atas itu sedekah yg seperti apa..??apakah sedekah jariyah tau yg lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksud dari sedekah dalam makalah saya adalah sebagai suatu kebaikan yang akan mendapat reward tersendiri. reward dalam hal ini tidak hanya dunia tapi juga akhirat. reward di dunia berupa hasil dari pohon atau tanaman yang kita tanam, dan reward akhirat yang berupa pahala dari Allah SWT.

      Hapus
  12. 2021110317
    tarmujiyanto (ka yan)

    Pada hadist anda menerangkan masalah pahala di akhirat yang hanya tertentu bagi kaum muslim sedangkan kaum kafir hanya mendapatkan manfaat dari apa yang Ia tanam di dunia dan tidak ada pahala akhirat, jelaskan analisa anda ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya...
      seorang muslim yang menanam pohon akan mendapat pahala di dunia dan akhirat. pahala di dunia maksudnya hasil dari pohon yang kita tanam dan pahala di akhirat berupa reward tersendiri dari Allah SWT. sedangkan orang kafir hanya mendapat pahala di dunia yang berupa hasil dari pohon yang sia tanam, hanya itu dan tidak lebih.

      Hapus
  13. Riskiyah (2021110304)

    Bagaimana pendapat anda tentang penebangan pohon secara liar yang ada dihutan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab?apakah yang seharusnya kita lakukan agar orang yang tidak bertangggungjawab itu tidak merusaknya lagi???
    Makasich........

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk massalah itu tidak bisa diselesaikan secara instan karena itu merupakan masalah yang kompleks. perlu campur tangan dari banyak pihak untuk memberantas penebangan liar baik dari oknum pemerintah maupun masyarakat.
      yang dapat kita lakukan hanya sekedar meminimalis dampak dari penebangan itu sendiri dengan cara melakukan reboisasi dan memberikan nasehat tentang pentingnya pohon dalam kkehiduan ini kepada orang yang berada di sekitar kita.

      Hapus
  14. Dewi zulaikha
    20210330
    grimakasih

    Apakah dalam bercocok tanam/ menanam pohon itu harus pohon pohon yang bermanfaat saja, lalu bagaimana apabila kita suka menanam tanaman hias?,dan apakah dalam menanam pohon ada kriteria tertentu untuk mendapatkan suatu manfaat, ? mhon dijelaskan. te

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua pohon pasti bermanfaat seperti halnya tanaman hias. dalam menanam pohon agar mendapat hasil yang maksimal perlu adanya pertimbangan tentang lahan yang sesuai dengan tanamman yang akan ditanam dan segi manfaatnya bagi kita.

      Hapus
  15. Anna irhamna
    2021110303
    Bagamana jika seseorang gemar menebang pohon untuk memberikan manfaat dirinya sendiri?boleh gak yaw mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jelas itu tidak boleh, karena penebangan pohon yang secara berlebihan dapat mengganggu ekosistem. ketika akan menebang pohon seharusnya sudah ada pohon penggantinya sehingga ekosistem tidak terganggu dan alam inipun tetap lestari.

      Hapus
    2. wido murni 2021110302

      ndonesia adalah sebagai salah satu negara dengan luas hutan terbesar di dunia sangat perlu melakukan konservasi dan pengelolaan hutan untuk kelestarian dan keseimbangan ekosistem alam di bumi. berbagai jenis hutan yang ada di inedonesia memiliki fungsi sebagai berikut...tolong jlaskan fungsinya.....

      Hapus