Laman

new post

zzz

Kamis, 12 Oktober 2017

sbm B 7-b “CIRI-CIRI STRATEGI PEMBELAJARAN”

STRATEGI PEMBELAJARAN
“CIRI-CIRI STRATEGI PEMBELAJARAN”

Siti Marlina
2023116092
KELAS B


JURUSAN PGMI
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) PEKALONGAN
2017




KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum, Wr. Wb.
Puji syukur penulis panjatkan atas keridhoaan Allah swt yang telah memberikan beribu-ribu kenikmatan, taufik, hidayah serta inayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul STRATEGI PEMBELAJARAN Ciri –ciri Strategi Pembelajaran Yang kedua sholawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad saw beserta keluarga, sahabat dan semua umatnya hingga akhir zaman.
Dalam penulisan dan penyusunan makalah ini, penulis telah banyak mendapat dan menerima bimbingan, pengarahan, dan bantuan dari yang terhormat bapak Muhammad Hufron, M.S.I selaku dosen pengampu mata kuliah Strategi Belajar Mengajar.  Untuk itu penulis menghaturkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada beliau dan semua pihak yang telah membantu dalam penyelesaian makalah ini. Semoga kebaikan dan bantuan yang telah diberikan mendapat balasan dari Allah SWT dan mudah-mudahan makalah ini dapat memberikan makna dan manfaat bagi pembaca. Penulis telah berusaha menyelesaian makalah ini dengan baik. Apabila ditemui kesalahan oleh pembaca, penulis menerima kritik dan saran.
Wassalamu’alaikum, Wr. Wb.                    

                                                                             Pekalongan,   Oktober 2017
                                                                                                            Penulis

                                                                                                SITI MARLINA
                                                                                                NIM.2023116092
BAB I
PENDAHULUAN
A.    Tema
Strategi pembelajaran
B.     Sub Tema
Ciri-ciri Strategi Pembelaran
C.     Mengapa penting untuk dikaji?
Tugas pengawas satuan pendidikan tidak hanya melakukan supervisi managerial kepala sekolah,namun juga membina guru melalui supervise akademik. Dalam pembinaan guru tertentu harus mengacu pada kompetensi guru,terutama kompetensi professional berkaitan dengan proses pembelajaran. Sejalan dengan perkembangan teknologi serta teori –teori pembelajaran ,maka guru pun dituntut mampu menguasai dan memilih strategi pembelajaran yang tepat,sehingga menjadikan siswa aktif,kreatif,dan belajar dalam suasana senanmg serta efektif.












BAB II
PEMBAHASAN
A.    Strategi  Pembelajaran
              Strategi pembelajaran merupakan cara pengorganisasian isi pelajaran,penyampaian pelajaran,dan pengelolaan kegiatan belajar dengan menggunakan berbagai sumber belajar yang dapat dilakukan guru untuk mendukung terciptanya efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran.dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan strategi pembelajaran adalah cara pandang ,pola berpikir dan arah berbuat yang diambil guru dalam memilih metode pembelajaran yang memungkinkan efektif pembelajaran.[1]
B.     Ciri-ciri Strategi pembelajaran
              Kegiatan belajar mengajar sebagai suatu proses pengaturan memiliki, ciri-ciri sebagai berikut:
1.      Belajar mengajar memiliki tujuan,yakni untuk membentuk peserta didik dalam suatu perkembangan tertentu.dengan demikian,dalam belajar mengajar menempatkan peserta didik sebagai pusat perhatian.peserta didik menjadi unsure yang utama ,sedangkan unsur yang lain sebagai pengantar dan pendukung.
2.      Kegiatan belajar mengajar ditandai dengan satu penggarapan materi yang khusus.dalam hal ini materi harus didesain sedemikian rupa,sehingga cocok untuk mencapai tujuan. Sudah barang tentu,hal ini perlu memperhatikan komponen-komponen yang lain.materi harus sudah didesain dan disiapkan sebelum berlangsungnya kegiatan belajar mengajar.[2]
3.      Dalam belajar mengajar terdapat suatu strategi yang direncanakan,dan didesain untuk mencapai tujuan secara optimal ,maka dalam melakukan interaksi perlu adanya prosedur atau langkah-langkah yang sistematik dan relevan. Untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu mungkin akan membutuhkan prosedur dan desain yang berbeda pula.[3]
4.       Belajar mengajar ditandai dengan aktivitas peserta didik. Aktivitas peserta didik dalam hal ini ,baik secara fisik maupun secara mental aktif. Inilah yang sesuai dengan konsep cara belajar siswa aktif (CBSA). Jadi tidak ada gunanya melakukan kegiatan belajar mengajar,jika peserta didik nya pasif;sebab peserta didiklah yang belajar,maka merekalah yang harus melakukannya.
5.      Dalam kegiatan belajar mengajar,guru berperan sebagai pembimbing. Dalam perannya sebagai pembimbing,guru harus berusaha menghidupkan dan memberikan motivasi,agar terjadi proses interaksi yang kondusif. Guru harus siap sebagai moderator dalam kegiatan dalam segala situasi proses belajar mengajar.[4]
6.      Dalam kegiatan belajar mengajar membutuhkan disiplin.disiplin dalam kegiatan belajar mengajar diartikan sebagai suatu pola tingkah laku yang diatur sedemikian rupa menurut ketentuan yang sudah ditaati oleh guru dan peserta didik dengan sadar.mekanisme konkret dari ketaatan pada ketentuan atau tata tertib yang berlaku akan terlihat dari pelaksanaan pembelajaran.
7.      Dalam kegiatan belajar-mengajar ada batas waktu.untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu dalam sistem kelas,batas waktu menjadi salah satu ciri yang tidak bisa ditinggalkan. Setiap tujuan akan diberi waktu tertentu,kapan tujuan itu harus sudah dicapai.
8.      Dalam kegiatan belajar mengajar ada evaluasi. Dari seluruh kegiatan belajar mengajr,evaluasi menjadi bagian penting yang tidak bisa diabaikan. Guru harus melakukan evaluasi untuk mengetahui tercapai tidaknya tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. [5]


BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
        strategi pembelajaran adalah cara pandang ,pola berpikir dan arah berbuat yang diambil guru dalam memilih metode pembelajaran yang memungkinkan efektif pembelajaran.
Ciri-ciri dari strategi pembelajaran adalah sebagai berikut:
1.      Belajar mengajar memiliki tujuan.
2.      Kegiatan belajar mengajar ditandai dengan satu penggarapan materi yang khusus.
3.      Dalam belajar mengajar terdapat suatu strategi yang direncanakan,dan didesain untuk mencapai tujuan secara optimal
4.      Belajar mengajar ditandai dengan aktivitas peserta didik
5.      guru berperan sebagai pembimbing.
6.      Dalam kegiatan belajar mengajar membutuhkan disiplin
7.      Dalam kegiatan belajar-mengajar ada batas waktu
8.      Dalam kegiatan belajar mengajar ada evaluasi
B.     Saran
       
        Saya menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak terdapat  kekurangan. Oleh karena itu,saya mengharapkan kritik dan saran yang  membangun dari para pembaca terutama pada Dosen mata kuliah ini,agar dalam pembuatan makalah selanjutnya menjadi lebih baik. Atas kritik dan sarannya,saya ucapkan terima kasih.






DAFTAR PUSTAKA


Darmansyah.2014. Strategi Pembelajaran menyenangkan dengan humor.Yogyakarta:AR-RUZZ.
Hamzah, Nurudin. 2011. Belajar dengan Pendekatan Pailkem. Jakarta: Bumi Aksara
Mustakim, Zaenal. Strategi dan Metode Pembelajaran, Pekalongan: IAIN Pekalongan Pers.
Suyadi.2013.Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter.Bandung:PT Remaja Rosdakarya.
Suryani ,Nunuk.2012.Strategi belajar mengajar.Yogyakarta:Penerbit OMBAK





PROFIL PENULIS

A.    BIODATA PRIBADI
Nama Lengkap                  :Siti Marlina
Tempat,Tanggal Lahir       :Pekalongan,8 Mei 1997
Jenis Kelamin                    :Perempuan
Agama                               :Islam
Alamat                              :karangdowo  Gentongan RT.06/RW.03 Kedungwuni Pekalongan
No HP                               :085712942949
Email                                 :Marlinehidayatku67@gmail.com
B.     RIWAYAT PENDIDIKAN
TK                         :TK RA Muslimat NU karangdowo
SD/MI                   :MI WS Karangdowo 02
SMP/MTS             :SMP  Negeri 1 Wonopringgo
SMA/SMK/MA    :SMK Muhammadiyah Karanganyar
Perguruan Tinggi   ;IAIN Pekalongan (semester 3)




















[1] Darmansyah, Strategi Pembelajaran menyenangkan dengan humor,(Yogyakarta:AR-RUZZ MEDIA,2014).hlm.28-30
[2] Zaenal Mustakim,Strategi dan metode pembelajaran,(Pekalongan :IAIN Pekalongan Pers),hlm.95-97
[3] Suyadi ,Strategi Pembelajaran pendidikan karakter,(Bandung:PT Remaja Rosdakarya,2013) hlm.145-147
[4] Nunuk suryani dkk,Strategi belajar mengajar,(Yogyakarta:penerbit OMBAK,2012)hlm.38-40
[5] Nurudin Hamzah,Belajar dengan Pendekatan Paikem,(Jakarta:Bumi Aksara,2011)hlm 75-77

Tidak ada komentar:

Posting Komentar