Laman

new post

zzz

Sabtu, 21 Oktober 2017

sbm G 7-b “ciri-ciri strategi pembelajaran”

STRATEGI PEMBELAJARAAN
“ciri-ciri strategi pembelajaran”

Rr Isnaini Nurul Istiqomah
(2021115234) 
Kelas G 

JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS TARBIYAH dan ILMU KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) PEKALONGAN
2017




KATA PENGANTAR

Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allāh SWT yang telah melimpahkan rahmat, hidayah dan karunia–Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah yang bertemakan Strategi Pembelajaran dengan sub–tema Ciri–Ciri Strategi Pembelajaran ini dengan baik.
Shalawat serta salam selalu tercurah kepada Rasūlullāh SAW beserta keluarga, shahabat, tabi’in, tabi’ut tabi’in dan para pengikutnya yang selalu setia kepada Al Qur’an dan Al Hadits (Sunnah) sampai akhir zaman. Aamiin.
Saya juga menyadari bahwa dalam menyelesaikan penulisan makalah ini bukan hanya karena usaha keras dari saya sendiri, akan tetapi karena adanya dukungan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, saya ingin berterima kasih kepada :
1. Bpk. Dr. H. Ade Dedi Rohayana, M.Ag., selaku Rektor IAIN Pekalongan
2. Bpk. Dr. M. Sugeng Sholehuddin, M.Ag., selaku Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
3. Bpk. M. Yasin Abidin, M.Ag., selaku Ketua Jurusan Pendidikan Agama Islam
4. Bpk. Muhammad Hufron, M.S.I., selaku Dosen Pengampu Matakuliah Strategi Belajar Mengajar
5. Orang Tua (Bapak dan Ibu) yang sudah mendukung saya dalam mengikuti perkuliahan Strategi Belajar Mengajar.
6. Serta semua pihak yang membantu penulis menyelesaikan makalah ini
Saya menyadari bahwa masih banyak kekurangan yang terdapat dalam penulisan makalah ini. Oleh karena itu, saya minta maaf kepada semua pihak yang merasa kurang berkenan. Namun demikian, saya selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik. Kiranya makalah ini dapat memberi manfaat bagi semua pihak yang membacanya. Terima kasih




Pekalongan, 22 Oktober 2017

Rr Isnaini Nurul Istiqomah
NIM. 2021115234

BAB I
PENDAHULUAN
A. Tema
Strategi Pembelajaran
B. Sub Tema
Ciri-ciri Strategi Pembelajaran
C. Mengapa penting untuk dikaji
Makalah ini penting untuk dikaji karena penggunaan strategi dalam pembelajaran sangat perlu untuk mempermudah proses pembelajaran sehingga dapat mencapai hasil yang optimal. Dalam mencapai proses pembelajaran yang diinginkan seorang pendidik, strategi pembelajaran memiliki peranan yang sangat besar dalam mengantarkan peserta didik untuk bisa sampai pada tujuan pembelajaran. Dengan memahami strategi pembelajaran yang komprehensif, pendidik akan mampu memilih strategi mana yang cocok untuk diterapkan dalam menyampaikan pembelajaran.
Karakteristik atau ciri–ciri merupakan pembeda atau dapat dikatakan tidak sama dengan yang lain, dengan begitu seseorang dapat mempermudah mengenal atau mengidentifikasi dengan baik.
Begitu juga dengan ciri–ciri strategi pembelajaran, karena strategi pembelajaran begitu banyak sehingga perlu adanya karakteristik untuk membedakan antara satu strategi pembelajaran dengan strategi pembelajaran yang lain.
Dalam makalah ini akan dibahas mengenai ciri–ciri strategi pembelajaran dengan begitu pendidik akan lebih mengenal strategi pembelajaran dengan baik.












BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Strategi Pembelajaran
Strategi pembelajaran adalah pendekatan menyeluruh dalam suatu sistem pembelajaran, yang berupa pedoman umum dan kerangka kegiatan untuk mencapai tujuan umum pembelajaran yang melukiskan prosedur yang sistematis dalam membantu usaha belajar, mengatur dan merencanakan bahan ajar untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu.
 Strategi pembelajaran juga dapat diartikan sebagai siasat guru dalam mengefektifkan, mengefensiasikan, serta mengoptimalkan fungsi dan interaksi antara siswa dengan komponen pembelajaran dalam suatu kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Strategi pembelajaran sangat berguna, baik untuk guru maupun untuk siswa. Bagi guru strategi dapat dijadikan pedoman atau acuan untuk berinteraksi secara sistematis dalam pelaksanaan pembelajaran. Sedangkan bagi siswa penggunaan strategi pembelajaran dapat mempermudah proses pembelajaran (mempermudah dan mempercepat proses pembelajaran) karena strategi pembelajaran dirancang untuk mempermudah proses pembelajaran.

B. Ciri-ciri Strategi Pembelajaran
Kegiatan belajar mengajar yang merupakan perpaduan kegiatan siswa yang melakukan kegiatan belajar serta guru yang melakukan kegiatan pengajaran. Perpaduan dua aktivitas yang dilakukan guru dan dan dan murid pada waktu yang bersamaan tentunya memiliki ciri-ciri tersendiri.Adapun ciri-ciri belajar mengajar sebagai berikut:
1. Belajar mengajar memiliki tujuan
Kegiatan pembelajaran yang dibagun oleh guru dan siswa adalah kegiatan yang bertujuan. Sebagai kegiatan yang bertujuan, maka segala sesuatu yang dilakukan guru dan siswa hendaknya diarahkan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Dengan demikian dalam setting pembelajaran, tujuan merupakan pengikat segala aktivitas guru dan siswa.
2. Ada suatu prosedur
Dalam kegiatan belajar mengajar perlu ditempuh prosedur atau langkah-langkah yang telah direncanakan dan didesain sedemikian rupa untuk mencapai tujuan belajar mengajar yang telah ditetapkan. Prosedur tersebut disusun secara sistematik.
3. Kegiatan belajar mengajar ditandai dengan penggarapan materi yang khusus
Dalam kegiatan belajar mengajar perlu diterapkan materi khusus atau materi pokok atau materi standar yang dibawa dalam setiap kali pertemuan tatap muka. Materi harus dipersiapkan dan didesain sedemikian rupa agar dapat mencapai penguasaan materi secara tuntas dalam kegiatan pembelajaran.
4. Kegiatan belajar mengajar ditandai dengan pengalaman belajar kepada siswa
Dalam kegiatan pembelajaran siswa harus mengalami sendiri kegiatan belajar mengajar atau pemberian pengalaman belajar. Pengalaman belajar merupakan serangkaian kegiatan yang harus diperbuat dan dikerjakan oleh siswa secara berurutan untuk mencapai indikator pembelajaran dan kompetensi dasar.
5. Kegiatan belajar mengajar ditandai dengan pengembangan kecakapan hidup siswa
Seiring dengan pemberian pengalaman belajar pada siswa, tak kalah pentingnya dalam pembelajaran berbasis kompetensi pada tingkat satuan pendidikan adalah pemberian kecakapan hidup kepada siswa
6. Dalam kegiatan belajar mengajar, guru berperan sebagai pembimbing
Guru sebagai pembimbing adalah membuat suasana belajar mengajar menjadi hidup penuh dengan interaksi antara guru dengan siswa dan antara siswa dengan siswa lainnya, serta memberikan motivasi. Guru hanya berperan sebagai mediator.
7. Ada batas waktu
Kegiatan pembelajaran ada batas waktunya berdasarkan tujuan yang hendak dicapai. Tujuan tersebut dibatasi dalam bentuk setiap kali pertemuan.
8. Evaluasi
Evaluasi penting dilakukan untuk menilai keberhasilan belajar yang dicapai oleh siswa serta sekaligus keberhasilan pengajaran yang dilakukan oleh guru serta untuk mengetahui apakah tujuan belajar mengajar yang telah ditetapkan telah tercapai atau belum tercapai.
Beberapa ahli memiliki perspektif yang berbeda mengenai karakteristik strategi/desain pembelajaran. Berikut beberapa perspektif tersebut:
Rangke L Tobing, dkk mengidentifikasi lima karakterististik suatu strategi atau model pembelajaran yang baik, yang meliputi berikut ini.
1. Prosedur ilmiah, yaitu Suatu model pembelajaran harus memiliki suatu prosedur yang sistematik untuk mengubah tingkah laku siswa atau memiliki sintaks yang merupakan urutan langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan guru-siswa.
2. Spesifikasi hasil belajar yang direncanakan, yaitu Suatu model pembelajaran menyebutkan hasil-hasil belajar secara rinci mengenai penampilan siswa.
3. Spesifikasi lingkungan belajar, yaitu Suatu model pembelajaran menyebutkan secara tegas kondisi lingkungan dimana respon siswa diobservasi.
4. Kriteria penampilan, yaitu  Suatu model pembelajaran menunjuk kriteria penerimaaan penampilan yang diharapkan dari para siswa. Model pembelajaran merencanakan tingkah laku yang diharapkan dari siswa yang dapat didemonstrasikannya setelah langkah-langkah mengajar tertentu.
5. Cara-cara pelaksanaannya, yaitu Semua model pembelajaran menyebutkan mekanisme yang menunjuk reaksi siswa dan interaksinya dengan lingkungan.
Bruce dan Weil mengidentifikasi karakteristik strategi/ modell pembelajaran ke dalam aspek-aspek berikut.
1. Sintaks, yaitu Suatu model pembelajaran memiliki sintaks atau urutan tahap-tahap kegiatan belajar yang diistilahkan dengan fase menggambarkan bagaimana model tersebut dalam aksinya.
2. Sistem sosial, yaitu Sistem sosial menggambarkan peran-peran guru dan siswa dan hubungannyanya satu sama lain.
3. Prinsip reaksi, yaitu Prinsip reaksi menggambarkan bagaimana seharusnya guru melihat siswa dan merespon apa yang telah siswa lakukan.
4. Sistem pendukung, yaitu Sistem pendukung menggambarkan kondisi-kondisi yang harus diperhatikan agar model ini dapat terlaksana, misalnya alat dan bahan, kesiapan guru, serta kesiapan siswa.
5. Dampak pembelajaran langsung dan iringan. Dampak pembelajaran langsung merupakan hasil belajar yang dicapai dengan cara mengarahkan para siswa pada tujuan yang diharapkan sedangkan dampak iringan adalah hasil belar lainnya yang dihasilkan oleh suatu proses pembelajaran.
Sedangkan secara luas W. Gulo menyebutkan komponen-komponen strategi pembelajaran meliputi aspek-aspek berikut:
1. Tujuan Pembelajaran. Tujuan pembelajaran merupakan aspek yang paling penting yang untuk diacu dalam penentuan strategi pembelajaran.
2. Guru. Masing-masing guru memiliki karakteristik yang berbeda dalam hal pengalamana, pengetahuan, kemapuan menyajikan pelajaran, gaya mengajar, pandangan hidup, maupuj wawasnnya. Perbedaan ini mengakibatkan perbedaan dalam pemilihan strategi belajar mengajar yang diginakan dalam program pembelajaran
3. Peserta didik. Di dalam kegiatan belajar mengajar, peserta didik mempunyai latar belakang yang berbeda-beda, seperti lingkungan sosial, budaya, gaya belajar, dan keadaan ekonomi. Perbedaan ini perlu dipertimbangkan dalam menyusun suatu strategi pembelajaran
4. Materi pelajaran. Materi pelajaran yang perlu dipertimbangan dalam pemilihan strategi pembelajaran adalah materi yang bersumber baik  dari rujukan yang formal (misal buku teks) maupun yang bersumber ari lingkungan sekolah yang bersangkutan.
5. Metode pembelajaran. Ada berbagai metode pembelajaran yang dapat di[ilih dalam strategi pembelajaran, penentuan metode ini salah satunya disesuaikan dengan karakteristik materi yang akan disampaikan.
6. Media pembelajaran. Pemilihan media untuk program pembelajaran tidak ditentukan dari canggihnya media tersebutm, namun lebih pada ketepatan dan kefektifan media yang digunakan oleh guru.
7. Faktor administrasi dan finansial. Yang termasuk komponen ini adalah jadwal pelajaran, kondisi gedung dan ruang belajar.

Untuk mendukung suatu pembelajaran, dibutuhkan strategi–strategi yang sesuai dengan pelajaran yang diberikan. Agar bisa membedakan macam–macam strategi pembelajaran terdapat sebuah karakteristik atau ciri–ciri dari strategi pembelajaran tersebut, adapun ciri–ciri strategi pembelajaran itu sebagai berikut :
1. Ciri–ciri Strategi Pembelajaran Aktif
Beberapa ciri dari pembelajaran aktif sebagaimana dikemukakan dalam panduan pembelajaran model ALIS (Active Learning in School) antara lain sebagai berikut :
a. Pembelajaran berpusat pada siswa
b. Pembelajaran terkait dengan kehidupan nyata
c. Pembelajaran mendorong anak untuk berpikir tingkat tinggi
d. Pembelajaran melayani gaya belajar anak yang berbeda-beda
e. Pembelajaran mendorong anak untuk berinteraksi multi arah
f. Pembelajaran menggunakan lingkungan sebagai media atau sumber belajar
g. Penataan lingkungan belajar memudahkan siswa untuk melakukan kegiatan belajar
h. Guru memantau proses belajar siswa
i. Guru memberikan umpan balik terhadap hasil kerja anak.
2. Ciri–ciri Strategi Pembelajaran Inkuiri
Strategi pembelajaran inkuri terdapat beberapa ciri–ciri sebagai berikut :
a. Pembelajaran inkuri menekankan kepada aktivitas siswa secara maksimal untuk menari dan menemukan, artinnya pembelajaran ini menempatkan siswa sebagai subjek belajar. Dalam proses pembelajaran, siswa tidak hanya berperan sebagai penerima pelajaran melalui penjelasan guru secara verbal, tetapi mereka berperan menemukan sendiri ini dari materi pelajaran itu sendiri.
b. Seluruh aktivitas yang dilakukan siswa diarahkan untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari sesuatu yang dipertanyakan, sehingga dapat menumbuhkan sikap percaya diri (self belief). Aktivitas pembelajaran biasanya dilakukan melalui proses tanya jawab antara guru dan siswa. Oleh karena itu, kemampuan guru dalam menggunakan teknik bertanya merupakan syarat utama dalam melakukan inkuri.
c. Tujuan dari penggunaan strategi inkuri dalam pembelajaran adalah mengembangkan kemampuan berfikir secara sistematis, logis dan kritis atau mengembangkan kemampuan intelektual sebagai bagian dari proses mental. Dengan demikian, dalam inkuri siswa tak hanya dituntut untuk menguasai materi pelajaran, akan tetapi bagaimana mereka dapat menggunakan potensi yang dimilikinya. 
3. Ciri–ciri Strategi Pembelajaran Langsung (Direct Instruction)
Pembelajaran langsung adalah pembelajaran yang menekankan pada penguasaan konsep atau perubahan perilaku dengan mengutamakan pendekatan deduktif, adapun ciri–ciri strategi pembelajaran langsung adalah sebagai berikut :
a. Transformasi dan keterampilan secara langsung
b. Pembelajaran berorientasi pada tujuan tertentu
c. Materi pembelajaran yang telah terstruktur
d. Lingkungan belajar yang telah terstruktur
e. Distruktur oleh guru
Guru berperan sebagai penyampaian informasi, dan dalam hal ini guru seyogyanya menggunakan berbagai media yang sesuai, misalnya film, tape recorder, gambar, peragaan dan sebagainya. Informasi yang disampaikan dapat berupa pengetahuan prosedural (pengetahuan tentang sesuatu dapat berupa fakta, konsep, prinsip atau generalisasi).
Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa ciri strategi pembelajaran langsung meliputi adanya tujuan pembelajaran dan pengaruh model pada siswa termasuk prosedur penilaian hasil belajar, pola keseluruhan dan alur kegiatan pembelajaran dan sistem pengelolaan dan lingkungan model yang diperlukan agar kegiatan pembelajaran tertentu dapat berlangsung dengan berhasil. Karena strategi pembelajaran langsung dirancang secara khusus untuk mengembangkan belajar siswa.











BAB III
PENUTUP
A. Simpulan
Strategi pembelajaran adalah pendekatan menyeluruh dalam suatu sistem pembelajaran, yang berupa pedoman umum dan kerangka kegiatan untuk mencapai tujuan umum pembelajaran yang melukiskan prosedur yang sistematis dalam membantu usaha belajar, mengatur dan merencanakan bahan ajar untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Pada intinya setiap strategi pembelajaran mempunyai karakteristik atau ciri–ciri khusus yang membedakan antara pembelajaran yang lainnya, ini digunakan untuk mempermudah setiap pendidik menentukan strategi apa yang akan digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Tetapi dari semua strategi pembelajaran harus memenuhi ciri-ciri antara lain: Belajar mengajar memiliki tujuan, Ada suatu prosedur, Kegiatan belajar mengajar ditandai dengan penggarapan materi yang khusus, Kegiatan belajar mengajar ditandai dengan pengalaman belajar kepada siswa, Kegiatan belajar mengajar ditandai dengan pengembangan kecakapan hidup siswa, Dalam kegiatan belajar mengajar, guru berperan sebagai pembimbing, Ada batas waktu dan Evaluasi.



DAFTAR PUSTAKA

Anissatul Mufarokah. 2013. Strategi & Model-Model Pembelajaran. Tulungagung: STAIN Tulungagung Press.
Etin Solihatin. 2012. Strategi pembelajaran PPKn. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamzah B dan Nurdin Mohamad. 2008. Belajar Dengan Pendekatan PAIKLKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan Kreatif, Efektif, Menarik, Cet 1. 2011 Jakarta: PT Bumi Aksara.
M. Ngalim Purwanto. 2004. Prinsip-Prinsip dan Teknik Pengajaran. Bandung: Rosda Karya.
Made Wena. 2009. Strategi pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual. Jakarta: Bumi Aksara.
Oemar Hamalik. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pusaka.
Syaiful Bahri dan Aswan Zan. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raneka Cipta.
Wina Senjata. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Wina Senjata. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.





PROFIL

Data Diri
Nama : Rr Isnaini Nurul Istiqomah
Tempat, Tanggal Lahir : Brebes, 02 November 1997
Agama : Islam
Jenis Kelamin : Perempuan
Alamat : Brebes, Jawa Tengah, Indonesia.
Hobi : Menyanyi, Jalan-jalan, Bela diri.
Akun Sosial Media : Istagram: @rr_isnaini
  Facebook: Isnaini nurul
 Twitter: @Rrisnaini
Riwayat Pendidikan
SD : SD N Pemaran 03 Brebes
SMP : SMP N 05 Brebes
SMA/MA : MAN 01 Brebes
Perguruan Tinggi : Sedang Menempuh (S1 di IAIN PEKALONGAN)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar