ALAT DAN MEDIA BELAJAR
MENGAJAR
(MANFAAT ALAT DAN MEDIA
BELAJAR MENGAJAR)
Nur Ilma Susiyana
NIM:
2317178
Kelas D
JURUSAN PGMI
FAKULTAS TARBIYAH DAN
ILMU KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM
NEGERI PEKALONGAN
2018
KATA
PENGANTAR
Puji
syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT. Atas segala limpahan rahmat dan
nikmat-Nya, terutama kenikmatan atas di karuniakan akal sehat kepada kita
semua. Sehingga pada saat ini penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul
“Manfaat Alat dan Media Belajar Mennngajar.” Makalah ini disusun guna memenuhi
tugas Strategi Belajar Mengajar.
Karena kurangnya pengetahuan dan refrensi penulis,
maka penulis menyadari bahwa makalah ini masih banyak kekurangan. Oleh karena
itu penulis akhiri dengan ucapan cukup sekian dan terima kasih. Dan mohon maaf
yang sebesar-besarnya serta mengharapkan saran dan kritikan dari semua pihak
yang membaca. Agar kelak jika penulis membuat makalah lebih baik lagi. Semoga
makalah ini dapat bermanfaat bagi para pembaca yang budiman.
Pekalongan,
5 November 2018
Penulis
DAFTAR
ISI
Halaman Judul....................................................................................................... i
Kata
Pengantar...................................................................................................... ii
Daftar Isi............................................................................................................... iii
Bab I Pendahuluan
A.
Latar Belakang Masalah....................................................................... 1
B.
Rumusan Masalah................................................................................. 1
C.
Tujuan Masalah..................................................................................... 1
Bab II Pembahasan
A.
Pengertian alat dan media belajar
mengajar......................................... 2
B.
Manfaat alat dan media belajar mengajar............................................ 2
Bab
III Penutup
A.
Kesimpulan........................................................................................... 8
Daftar
Pustaka ....................................................................................................9
Lampiran
Reverensi
...........................................................................................10
Biodata
Penulis
..................................................................................................11
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Media memegang peran
penting dalam pembelajaran, sebagaimana media pembelajaran merupakan piranti
yang memegang peranan tersendiri dalam proses pembelajaran. Teori-teori yang
dikembangkan dari berbagai penelitian tentang media telah memberi arti
tersendiri bagi pengembangan pembelajaran. Penggunaan media dalam pembelajaran
dimaksudkan untuk dapat membantu mengatasi berbagai hambatan dalam proses
pembelajaran termasuk hambatan psikologis, hambatan fisik, hambatan kultural
dan hambatan lingkungan.
Dalam usaha
meningkatkan kualitas proses pembelajaran, kita tidak boleh melupakan suatu hal
yang sudah pasti kebenarannya, yaitu bahwa siswa harus sebanyak-banyaknya berinteraksi
dengan sumber belajar. Tanpa sumber belajar yang memadai sulit diharapkan dan
dapat diwujudkan proses pembelajaran yang mengarah kepada tercapainya hasil
belajar yang optimal. Dengan demikian penggunaan media sebagai sumber belajar
dalam kegiatan pembelajaran mempunyai
arti yang sangat penting.
Dengan
dimanfaatkannya media secara maksimal, pemahaman tidak akan terbatas pada apa
yang diperolehnya melalui kegiatan tatap muka tetapi akan mampu menggali
berbagai jenis ilmu pengetahuan terutama yang sesuai dengan bidang keahliannya.
B.
Rumusan Masalah
1.
Apa pengertian dari alat dan media belajar mengajar?
2.
Apa saja manfaat dari alat
dan media belajar mengajar?
C.
Tujuan Masalah
1.
Untuk mengetahui hakikat dari alat dan media belajar
mengajar
2.
Untuk mengetahui manfaat dari alat dan media belajar mengajar
3.
Untuk memenuhi tugas yang telah diberikan
dosen, sekaligus untuk menambah wawasan keilmuan penulis
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian Alat
dan Media Belajar Mengajar
Alat Pembelajaran adalah segala
sesuatu yang digunakan untuk membantu pencapaian tujuan pembelajaran. Sedangkan
media adalah alat bantu apa saja yang dapat dijadikan sebagai penyalur pesan
guna mencapai tujuan pengajaran.[1]
B.
Manfaat Alat
dan Media Belajar Mengajar
1.
Manfaat alat dalam pembelajaran
a.
Memperkokoh konsentrasi
Pada zaman modern ini, ada banyak sekali
hal yang dapat mengalihkan perhatian anak dari pelajaran sekolah. Misalnya:
suara musik penjual es krim, gangguan teman sebaya yang bosan, atau temannya
yang menangis. Semua itu dapat mengganggu konsentrasi anak dalam mendengarkan
cerita anak. Belum lagi ada banyak lagi media hiburan yang lebih menarik, seperti
televisi, DVD dan mainan anak.
Mendap pesaing-pesaing yang sedemikian
berat ini, mau tak mau para pendidik harus mencari cara yang dapat
mempertahankan knsentrasi anak. Ini bukan pekerjaan yang mudah karena semakin
muda seseorang kemampuannya untuk mencurahkan perhatian pun semakin pendek. Jika
pendidik hanya bercerita secara lisan, perhatian anak-anak mudah mengalih ke
hal-hal lain dalam waktu kurang dari 5 menit. Untuk menyiasati hal tersebut,
pendidik dapat memanfaatkan alat pembelajaran.
b.
Mengajar dengan lebih cepat
Waktu untuk menyampaikan pelajaran sering
kali terbatas. Bila pelajaran hanya disampaikan dengan kata-kata saja mungkin
dapat disalah pahami oleh pendengarannya, belum lagi waktu yang dipakai juga
panjang. Namun, dengan bantuan alat pembelajaran, pendidik juga dapat menjelaskan
banyak hal dalam waktu yang lebih singkat, juga dapat mencapai hasil mengajar
dengan lebih cepat.
c.
Mengatasi masalah keterbatasan waktu
Waktu yang sudah berlalu tidak akan
pernah kembali. Bagaimana mungkin kita bisa mengulang kembali peristiewa-peristiwa
yang pernah terjadi pada masa lampau? dengan alat-alat pembelajaran, kita dapat
menampilkan kembali peristiwa sejarah dalam bentuk alat-alat peraga tertentu.
Dengan demikian, masalah keterbatasan waktu dapat teratasi.[2]
d.
Mengatasi masalah keterbatasan tempat
Hampir semua peristiwa yang dalam
Al-qur’an terjadi diwilayah Palestina, jaraknya ribuan kilometer dari
Indonesia. Kita hampir tidak mungkin mengajak anak-anak mengunjungi langsung
kesana. Kendala ini dapat disiasati dengan penggunaan alat pembelajaran.
Misa.nya dengan menunjukkan peta atau foto wilayah Palestina.
e.
Menyampaikan suatu konsep dalam bentuk yang baru
Alat pembelajaran yang
berbentuk gambar sketsa, bagan dan lain-lain, memudahkan penerimaan suatu
konsep yang jelas dengan segera dan dapat merangsang pikiran. Alat pembelajaran
juga dapat memberikan penerangan dan penjelasan yang baru dan nyata.
f.
Menambah daya pengertian
Cara mengajar monoton membuat orang
merasa bosan, tetapi bila disampaikan dengan bentuk yang berbeda-beda akan
memberikan kesegaran pada murid, menambah suasana belajar yang menyenangkan dan
mampu membangkitkan motivasi belajar. Penggunaan alat pembelajaran harus
bervariasi agar ditengah suasana yang segar dan menyenangkan murid dapat
mempelajari kebenaran dengan lebih efektif.[3]
2.
Manfaat media pembelajaran
Secara umum, manfaat media pembelajaran
yaitu untuk memperlancar interaksi antara pendidik dengan peserta didik
sehingga kegiatan pembelajaran lebih efektif dan efisien, Sedangkan secara
lebih khusus manfaat media pembelajaran adalah sebagai berikut:
a.
Media mampu meletakkan dasar-dasar yang nyata untuk berpikir karena
dapat mengurangi verbalisme.
b.
Media dapat meningkatkan minat dan perhatian peserta didik untuk
belajar.
c.
Media dapat meletakkan dasar untuk perkembangan belajar sehingga
hasil belajar bertambah mantap.
d.
Media mampu memberikan pengalaman nyata dan dapat menumbuhkan
kegiatan mandiri pada setiap peserta didik.
e.
Menumbuhkan pemikiran yang teratur dan berkesinambungan.
f.
Membantu tumbuhnya pemikiran dan membantu berkembangnya kemampuan
berbahasa.
g.
Bahan pembelajaran akan lebih jelas maknanya, sehingga lebih dapat
mempermudah peserta didik memahaminya.
h.
Siswa lebih banyak melakukan aktivitas pembelajaran tidak hanya
mendengarkan uraian guru.
Adapun menurut Nana Sudjana dan Ahmad Rifa’i menjelaskan
mengenai manfaat media pembelajaran dalam proses belajar mengajar antara lain:
a.
Pembelajaran lebih menarik perhatian peserta didik sehingga dapat
menumbuhkan motivasi belajar.
b.
Bahan pembelajaran akan lebih jelas maknanya sehingga dapat
dipahami oleh para peserta didik dan memungkinkan peserta didik menguasai
tujuan pembelajaran yang lebih baik.
c.
Metode mengajar akan lebih bervariasi tidak semata-mata komunikasi
verbal melalui penuturan atau kata-kata oleh pendidik sehingga peserta didik
tidak bosan dan pendidik tidak kehabisan tenaga apalagi pendidik mengajar untuk
setiap jam pelajaran.[4]
Selain itu, menurut
Kemp dan Dayton (1985), bahwa manfaat media dalam pembelajaran ada delapan
yaitu:
a.
Penyampaian materi pelajaran dapat di diseragamkan
Guru mungkin mempunyai
penafsiran yang beraneka ragam tentang sesuatu hal. Melalui media, penafsiran
yang beragam ini dapat direduksi dan disampaikan kepada siswa secara seragam.
Setiap siswa yang melihat atau mendengar uraian tentang suatu ilmu melalui
media yang sama akan menerima informasi yang persis sama seperti yang diterima
teman-temannya.
b.
Proses pembelajaran menjadi lebih menarik
Media dapat
menyampaikan infrmasi yang dapat didengar (audio) dan dapat dilihat (visual),
sehingga dapat mendeskripsikan suatu masalah, suatu konsep, suatu prses atau
prosedur yang bersifat abstrak dan tidak lengkap menjadi lebih jelas dan
lengkap. Media juga dapat menghadirkan masa lampau ke masa kini, menyajikan
gambar dengan warna-wlarna yang menarik.
c.
Proses belajar siswa menjadi lebih interaktif
Media harus dirancang
dengan benar, media dapat membantu guru dan siswa melakukan komunikasi dua arah
secara aktif. Tanpa media, guru mungkin akan cenderung berbicara satu arah
kepada siswa saja. Namun, dengan media para guru dapat mengatur kelas mereka
sehingga bukan hanya kelas dominasi guru atau guru yang aktif, tetapi juga
siswa yang lebih banyak berperan.
d.
Jumlah waktu belajar mengajar dapat dikurangi
Sering kali peran guru
menghabiskan waktu yang cukup banyak untuk menjelaskan suatu materi. Padahal
waktu yang dihabiskan tidak perlu sebanyak itu jika mereka memanfaatkan media
pendidikan dengan baik.[5]
e.
Kualitas belajar siswa dapat ditingkatkan
Penggunaan media tidak
hanya membuat proses belajar mengajar lebih efisien, tetapi juga membantu siswa
menyerap materi pelajaran secara lebih mendalam dan utuh. Dengan mendengar
gurunya saja, siswa sudah memahami permasalahannya dengan baik. Tetapi, bila
pemahaman itu diperkarya dengan kegiatan melihat, menyentuh, merasakan, atau
mengalami melalui media, pemahaman mereka terhadap isi pelajaran pasti akan
lebih baik lagi.
f.
Proses belajar dapat terjadi dimana saja dan kapan saja
Media pembelajaran
dapat dirancang sedemikian rupa sehingga siswa dapat belajar dimana saja dan
kapan saja mereka mau, tanpa tergantung pada keberadaan seorang guru.
Progam-progam audio visual atau program komputer saat ini banyak tersedia di
pasaran, dan itu merupakan contoh media pendidikan yang memungkinkan siswa
belajar secara mandiri.
g.
Sikap positif siswa terhadap bahan pelajaran maupun terhadap
proses belajar itu sendiri dapat
ditingkatkan
Dengan media, proses
belajar mengajar menjadi lebih menarik. Hal ini dapat meningkatkan kecintaan
dan apresiasi siswa terrhadap ilmu pengetahuan dan proses pencarian ilmu itu
sendiri.
h.
Peran guru dapat berubah ke arah yang lebih positif dan produktif
pertama, guru tidak perlu
mengulang-ulang penjelasan mereka bila media digunakan dalam pembelajaran.
Kedua, dengan mengurangi uraian verbal (lisan), guru dapat memberi perhatian
lebih banyak kepada aspek-aspek lain dalam pembelajaran. Ketiga, peran guru tidak
lagi menjadi sekedar pengajar, tetapi juga konsultan, penasihat atau manajer
pembelajaran.[6]
BAB
III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Alat Pembelajaran adalah segala sesuatu yang digunakan untuk
membantu pencapaian tujuan pembelajaran. Sedangkan media adalah alat bantu apa
saja yang dapat dijadikan sebagai penyalur pesan guna mencapai tujuan
pengajaran.
Adapun manfaat alat
dalam pembelajaran yaitu:
1.
Memperkokoh konsentrasi
2.
Mengajar dengan lebih cepat
3.
Mengatasi masalah keterbatasan waktu
4.
Mengatasi masalah keterbatasan tempat
5.
Menyampaikan suatu konsep dalam bentuk yang baru
6.
Menambah daya pengertian
Sedangkan manfaat media dalam pembelajaran yaitu:
1.
Media dapat meningkatkan minat dan perhatian peserta didik untuk
belajar.
2.
Media dapat meletakkan dasar untuk perkembangan belajar sehingga
hasil belajar bertambah mantap.
3.
Media mampu memberikan pengalaman nyata dan dapat menumbuhkan
kegiatan mandiri pada setiap peserta didik.
4.
Menumbuhkan pemikiran yang teratur dan berkesinambungan.
5.
Membantu tumbuhnya pemikiran dan membantu berkembangnya kemampuan
berbahasa.
6.
Bahan pembelajaran akan lebih jelas maknanya, sehingga lebih dapat
mempermudah peserta didik memahaminya.
7.
Siswa lebih banyak melakukan aktivitas pembelajaran tidak hanya
mendengarkan uraian guru.
DAFTAR PUSTAKA
Ansari,
Bansu I dan Martinis Yamin. 2008. Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Gaung Persada
Press.
Mustakim, Zaenal. 2018. Strategi dan
Metode Pembelajaran Edisi Revisi. Pekalongan:
IAIN Pekalongan Press.
Usman, M. Basyiruddin dan Asnawir. 2002. Media
Pembelajaran. Jakarta: Ciputat
Pers.
Yamin, Martinis. 2007. Desain
Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan.
Jakarta: Gaung Persada Press.
Zain, Aswan dan Syaiful Bahri Djamarah.
2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:
Rineka Cipta.
REVERENSI
BIODATA PENULIS
Nama :
Nur Ilma Susiyana
Alamat :
Dk. Dilem Wetan RT/ RW 003/001, Ds. Banjarsari, Kec. Talun, Kab. Pekalongan
Tempat, tanggal lahir :
Pekalongan, 20 Januari 1998
Riwayat Pendidikan : - SDN 01 Banjarsari
-
MTS Syarif Hidayah
-
MAN 01 Pekalongan
-
IAIN Pekalongan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar