Laman

new post

zzz

Rabu, 07 November 2018

TT D J4 OBYEK PENDIDIKAN INDIRECT (KERABAT SEBAGAI OBYEK PENGAJARAN)


OBYEK PENDIDIKAN INDIRECT
"KERABAT SEBAGAI OBYEK PENGAJARAN"
QS. As Syuraa 26: 214
Isma Maelani
NIM. (2117288)
Kelas D 

JURUSAN PAI
FAKULTAS TARBIYAHDAN ILMU KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) PEKALONGAN
2018



BAB I
PENDAHULUAN

Latar Belakang
Kegiatan dan proses pendidikan dapat terjadi dalam tiga lingkungan yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat. Ketiga lingkungan ini harus bekerja sama dan saling mendukung untuk hasil yang maksimal dalam membentuk kepribadian seorang anak yang baik dan sholeh. Lingkungan pertama yang punya peran adalah lingkungan keluarga, disinilah anak dilahirkan,di rawat dan dibesarkan. Disinilah proses pendidikan berawal, orang tua adalah guru pertama dan utama bagi anak. Orang tua adalah guru agama, bahasa dan sosial pertama bagi anak, kenapa demikian? Karena orang tua (ayah) adalah orang yang pertama kali melafazdkan adzan dan iqomah ditelinga anak di awal kelahirannya. Orang tua adalah orang yang pertama kali mengajarkan anak berbahasa dengan mengajari anak mengucapkan kata ayah, ibu, nenek, kakek dan anggota keluarga lainnya. Orang tua adalah orang yang pertama mengajarkan anak bersosial dengan lingkungan sekitarnya.
Orang tua, ibu khususnya karena seorang ibu yang biasanya punya banyak waktu bersama anak dirumah, bisa menjadi guru yang baik bagi anak-anaknya, jika seorang ibu mampu mengarahkan, membimbing dan mengembangkan fitrah dan potensi anak secara maksimal pada tahun-tahun pertama kelahiran anak dimana anak belum disentuh oleh lingkungan lain, dalam artian anak masih suci.
Masa-masa anak hanya berinteraksi dengan anggota keluarga, ini adalah saat yang tepat bagi orang tua untuk membentuk karakter seorang anak. Orang tualah yang mengarahkan kehidupan anak dengan kebiasaan yang dilakukan sehari-hari dirumah yang merupakan teladan bagi anak. Disadari atau tidak oleh orang tua, gerak-gerik dan tingkah laku mereka sehari-hari yang setiap waktu bahkan setiap saat dilihat, dirasakan dan di dengar oleh anak adalah proses belajar bagi mereka.
Rumusan Masalah
1.      Apa Hakikat kerabat?
2.      Bagaimana dalil tentang kerabat?
3.      Apa yang dimaksud kerabat sebagai pengajaran?


BAB II
PEMBAHASAN
A.    Hakikat  kerabat
Kerabat Kerabat memiliki 3 arti. Kerabat adalah sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. Kerabat memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga kerabat dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.
KERABAT /KE-RA-BAT/
Arti: Kerabat berarti yang dekat (pertalian keluarga); sedarah sedaging: masih kerabat dengan engkau
KERABAT /KE-RA-BAT/
Arti: Kerabat berarti keluarga; anak saudara: kaum kerabat
KERABAT /KE-RA-BAT/
Arti: Kerabat berarti keturunan dari induk yang sama yang dihasilkan dari gamet yang berbeda.
Yang dimaksud dengan kerabat di sini adalah orang-orang yang memiliki kedekatan pada seseorang dari sisi kekeluargaan atau nasab keturunan baik dari pihak bapak atau ibu, seperti misalnya saudara,paman,bibi,sepupu, dan lainnya yang memilki hubungan nasab. Dalam  islam , mereka mendapatkan kedudukan yang harus dijaga hak-haknya, sebagaimana Allah berfirman, “dan berikanlah kepada keluarga yang dekat akan haknya.”(al-isra:26)
B.     Dalil Kerabat sebagai Pengajaran
Ø  Surat Asy-Syu’ara’ : 214
وَأَنْذِرْ عَشِيرَتَكَ الْأَقْرَبِينَ.  (الشعراء: 214)
Artinya:
“Dan berilah peringatan kepada kerabat-kerabatmu yang terdekat.
 (QS. Asy-Syu’ara’: 214 )
Ø  Mufrodat Surat Asy-Syu’ara’ : 214
 وَأَنذِرۡ =       Dan berilah peringatan
عَشِيرَتَكَ ٱلۡأَقۡرَبِينَ =        kerabat-kerabatmu yang terdekat
Ø  Asbaabun Nuzul Surah Asy-Syu’ara’ : 214
Ketika ayat ini turun, Rasul SAW naik ke puncak bukit Shafa, di Mekah, lalu menyeru keluarga dekat beliau dari keluarga besar ‘Ady dan Fihr yang berinduk pada suku Quraisy. Semua keluarga hadir atau mengirim utusan. Abu Lahab pun datang, Ialu Nabi SAW bersabda: “bagaimana pendapat kalian, jika aku berkata bahwa:di belakang lembah ini ada pasukan berkuda bermaksud menyerang kalian, apakah kalian mempercayai aku?” mereka berkata: “Ya, kami belum pernah mendapatkan darimu kecuali kebenaran”. Lalu Nabi bersabda: “Aku menyampaikan kepada kamu semua sebuah peringatan, bahwa di hadapan sana (masa datang) ada siksa yang pedih”. Abu Lahab yang mendengar sabda beliau itu, berteriak kepada Nabi SAW berkata: “celakalah engkau sepanjang hari, apakah untuk maksud itu engkau mengumpulkan kami? Maka turunlah surah Tabbat Yada Abi Lahab” (HR.Bukhori, Muslim, ahmad, dan lain-lain melalui ibn abbas(. Demikianlah ayat ini mengajarkan kepada rasul SAW dan umatnya agar tidak pilih kasih, atau memberi kemudahan kepada keluarga dalam hal pemberian peringatan.Ini berarti Nabi Muhammad SAW dan keluarga beliau tidak kebal hukum, tidak juga terbebaskan dari kewajiban. Mereka tidak memiliki hak berlebih atas dasar kekerabatan kepada rasul SAW, karena semua adalah hamba Allah, tidak ada perbedaan antara keluarga atau orang lain. Bila ada kelebihan yang berhak mereka peroleh, maka itu disebabkan karena keberhasilan mereka mendekat kepada Allah dan menghiasi diri dengan ilmu serta akhlak yang mulia.
Ø  Penafsiran Surat Asy-Syu’ara’ : 214
Dalam ayat ini, Allah s.w.t. memerintahkan Nabi Muhammad s.a.w. untuk member peringatan kepada kaum kerabantnya yang terdekat dan agar bergaul dengan orang-orang mukmin dengan lemah lembut. Imam Bukhari  dan Imam Muslim menyebutkan riwayat dari Ibnu Abbas r.a.,[1] bahwa ketika Allah menurunkan ayat di atas, Nabi s.a.w. naik ke bukit Shafa lalu berseru, “Wahai orang-orang, sudah pagi.” Lalu orang-orang berkumpul kepadanya, ada yang datang sendiri dan ada yang mengutus utusannya. Kemudian Rasulullah s.a.w. berpidato, “Wahai Bani Abdul Muththalib, wahai Bani Fihr, wahai Bani Lu’ay, apa pendapat kalian jika aku memberitahu kalian bahwa di kaki bukit ini ada seekor kuda yang hendak menyerang kalian, apakah kalian mempercayai aku?” Mereka menjawab, “Ya, kami mempercayai anda.” Beliau bersabda, “Sesungguhnya aku memperingatkan kalian akan azab yang sangat keras.” Abu Lahab berkata, “Celakalah kamu untuk selama-lamanya! Apakah hanya untuk ini kamu memanggil kami?” Maka Allah ta’ala menurunkan surat Al-Lahab, di antaranya sebagai berikut:
“Binasalah kedua tangan Abu Lahab, dan sesungguhnya dia akan binasa.”(Al-Lahab: 1)
Menurut Al-Maraghi, pemberian peringatan dalam surat Asy-Syu’ara’: 214 di atas, sifatnya adalah pemberian peringatan secara khusus, dan ini merupakan bagian dari peringatan yang bersifat umum, yang untuk itulah Rasulullah s.a.w. diutus. Sebagaimana firman Allah s.w.t.:[2]
“Dan agar kamu member peringatan kepada (penduduk) Ummul qura (Makkah) dan orang-orang yang berada di lingkungannya.” (QS. Al-An’am: 92)
Al-Maraghi juga menambahkan, bahwa kedekatan nasab atau keturunan tidak memberi manfaat sama sekali seandainya jalan keimanan yang ditempuh berbeda. Dalam kisah ayat di atas terdapat dalil pembolehan interaksi antara mukmin dan kafir, serta memberinya petunjuk dan nasehat.
Ø  Penjelasan Surat Asy-Syu’ara’ : 214
Sesuai dengan ayat sebelumnya (QS At Tahrim:6) bahwa terdapat perintah langsung dengan fi’il amar (berilah peringatan). Namun perbedaanya adalah tentang objeknya, dimana dalam ayat ini adalah kerabat-kerabat. “Aq Alrobin” mereka adalah Bani Hasyim dan Bani Muthalib, lalu Nabi SAW memberikan peringatan kepada mereka secara terang-terangan. Demikianlah menurut keterangan Hadits yang telah dikemukakan oleh Imam Bukhori dan Imam Muslim. Namun hal tersebut berarti khusus untuk Nabi SAW saja kepada Bani Hasyim dan Mutholib, tetapi juga untuk seluruh umat islam, karena dilihat dari munasabah ayat, selanjutnya terdapat ayat ke 215:” Dan rendahkanlah dirimu terhadap orang-orang yang mengikutimu, yaitu orang-orang yang beriman jadi perintah ini juga berlaku untuk seluruh umat islam”
Ø  Pendapat Ulama Surat Asy-Syu’ara’ : 214
At Thobari meriwayatkan bahwa ketika ayat ini turun, Nabi menyampaikan pesan suci yang diterimanya kepada seluruh kerabat dan keluarga terdekatnya. Sementara Al Bukhori meriwayatkan bahwa ketika ayat tersebut turun Nabi langsung menuju dan naik bukit shofa seraya mengumpulkan sanak kerabat dan sahabatnya.
Ø  Aspek Kandungan Pendidikan Surat Asy-Syu’ara’ : 214
Alquran Surat Asy-syu’ara:214 berisi perintah menjadikan keluarga terlebih dahulu dalam arti sebagai objek pendidikan yang utama. Baru kemudian kerabat jauh dan akhirnya seluruh manusia seperti yang dijelaskan dalam hadits tadi. Selain itu Lingkungan keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama bagi anak, oleh karena itu peranan keluarga(orang tua) dalam pengembangan kesadaran beragama anak sangatlah dominan.
Ayat As-syuaraa’ ayat 214 وَأَنْذِرْ عَشِيرَتَكَ الْأَقْرَبِين “Dan berilah peringatkan kepada kerabat-kerabatmu yang terdekat”(Q.S As-syuaraa’ ayat 214).
Di sini jelas, perintah menjadikan keluarga terdekat terlebih dahulu dalam arti sebagai objek pendidikan yang utama. Baru kemudian kerabat jauh dan akhirnya seluruh manusia.
Selain itu Adapun dasar operasional pendidikan yang harus kita ketahui terdiri atas, Dasar historis, Dasar social, Dasar ekonomi, Dasar politik dan administrative, Dasar psikologis , Dasar filosofis. Lingkungan keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama bagi anak, oleh karena itu peranan keluarga(orang tua) dalam pengembangan kesadaran beragama anak sangatlah dominan, hal ini menunjukkan orangtua mempunyai kewajiban untuk memberikan pendidikan kepada anak dalam upaya menyelamatkan mereka dari siksa api neraka.Maka dari itu keluarga adalah sebagai objek pendidikan yang utama.
Al-Quran Surat Asy-syu’ara:214 berisi perintah menjadikan keluarga terlebih dahulu dalam arti sebagai objek pendidikan yang utama. Baru kemudian kerabat jauh dan akhirnya seluruh manusia seperti yang dijelaskan dalam hadits tadi. Selain itu Lingkungan keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama bagi anak, oleh karena itu peranan keluarga(orang tua) dalam pengembangan kesadaran beragama anak sangatlah dominan.
Ayat As-syuaraa’ ayat 214 وَأَنْذِرْ عَشِيرَتَكَ الْأَقْرَبِين “Dan berilah peringatkan kepada kerabat-kerabatmu yang terdekat”
Di sini jelas, perintah menjadikan keluarga terdekat terlebih dahulu dalam arti sebagai objek pendidikan yang utama. Baru kemudian kerabat jauh dan akhirnya seluruh manusia. Selain itu Adapun dasar operasional pendidikan yang harus kita ketahui terdiri atas, Dasar historis, Dasar social, Dasar ekonomi, Dasar politik dan administrative, Dasar psikologis , Dasar filosofis. Lingkungan keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama bagi anak, oleh karena itu peranan keluarga (orang tua) dalam pengembangan kesadaran beragama anak sangatlah dominan, hal ini menunjukkan orangtua mempunyai kewajiban untuk memberikan pendidikan kepada anak dalam upaya menyelamatkan mereka dari siksa api neraka. Sesuai dengan ayat sebelumnya (QS. At Tahrim: 6) bahwa terdapat perintah langsung dengan fi’il amar (berilah peringatan). Namun perbedaannya adalah tentang objeknya, dimana dalam ayat ini adalah kerabat-kerabat.
”Al Aqrobyn” mereka adalah Bani Hasyim dan Bani Mutalib, lalu Nabi saw. Memberikan peringatan kepada mereka secara terang-terangan; demikianlah menurut keterangan hadis yang telah dikemukakan oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim.
Namun hal ini bukan berarti khusus untuk Nabi SAW saja kepada Bani Hasyim dan Muthollib, tetapi juga untuk seluruh umat Islam. Jadi perintah ini juga berlaku untuk seluruh umat Islam.
Dalam QS. Asy Syu’araa Ayat 214 menunjukan yang menjadi obyek pendidikan dalam ayat ini diutamakan adalah kerabat terdekat dari kita dan orang-orang yang dekat kepada azab Allah Swt.
C.    Kerabat Sebagai Pengajaran
Prof. Habib Mufti, dalam sebuah tulisannyadalam the Islamic jurnal, memulai tulisannya yang berjudul “impact of Modern Civikization on Muslim Family”, dengan kalimat : “semua itu, islam telah melakukannya atau membayar untuk kepentingan keluarga sebagai suatu pondasi dan dasar untuk memulai poin-poin yang baik secara makro dan mikro untuk membentuk kembali tingkatan masyarakat mudah-mudahan junjungan Nabi Muhammad Saw akan selalu mendapatkan kedamaian, juga bagi kerabat dan sahabatnya.
Islam memandang lembaga kelurga bukan sekedar wajah interaksi social semata, tetapi lembaga ini merupakan pranata yang mengemban fungsi didik, dan hubungan-hubungan interaksi dlam lingkungan anggota keluarga merupakan peritiwa pendidikan yang besar pengaruhnya terhadap pembentukan kepribadian dan watak mereka.

Keluarga merupakan tempat pendidikan pertama dan utama bagi seseorang dan orang tua sebagai kuncinya. Pendidikan dalam keluarga terutama berperan dalam pengembanghan watak, kepribadian, nilai-nilai budaya, nilai-nilai keagamaan dan moral, serta keterampilan sederhana. Pendidikan dalam konteks ini mempunyai arti pembudayaan, yaitu proses sosialisasi dan enkulturasi secara berkelanjutan dengan tujuan untuk mengantar anak agar menjadi manusia yang  beriman, bertakwa, berakhlak luhur, tangguh mandiri, kreatif, inovatif, beretos kerja, setia kawan, peduli akan lingkungan dan lain sebagainya.
Prof. Wardiman Djojonegoro dalam kapasitasnya sebagai menteri pendidikan dan kebudayaan pernah mengatakan, bahwa di Negara-negara maju (dimana peranan keluarga mengalami demassifikasi) akhir-akhir ini ada kecenderungan dalam masyarakat untuk menjadikan kembali kelurga sebagai basis pendidikan anak. Dibawah semboyan “back to family” keluarga dihidupkan kembali peranannya yang besar dalam pembentukan watak dan kepribadian anak serta pengembangan nilai-nilai moral anak. Dengan demikian, kembali kepada keluarga merupakan solusi yang praktis namun strategis terhadap berbagai persoalan yang tidak mudah diatasi jika diserahkan sepenuhnya kepada institusi diluar keluarga.
Al-Ghozaly dalam Muhammad Tholhah Hasan menilai dalam peranan keluarga yang terpenting dalam fungsi didiknya, adalah sebagai jalur pengembangan “naluri beragama secara mendasar” pada saat anak-anak usia balita, sebagai kesinambungan dari bawaan fitrah mereka. Pembiasaan ibadah-ibadah ringan, seperti bacaan do’a sebelum dan sesudah makan, setiap memulai pekerjaan dan permainan, menghormati anggota keluarga yang lebih tua, dan lain sebagainya, akan merupakan pembentukan private cultur yang kuat sekali pengaruhnya.
Dalam hal fungsi atau peranan keluarga sebagai pranata pendidikan, apa yang diamanatkkan oleh undang-undang RI Nomor: 2 Tahun 1989 tentang sistem pendidikan nasional, yakni kelurga berperan sebagai pranata:
1. Yang memberikan keyakinan agama
2. Yang memberikan nilai-nilai moral dan budaya
Ada sejumlah hadist Nabi saw. Yang menjelaskan maslah ini, antara lain :
a.       Memberikan nama yang bagus
b.      Memberikan makanan yang halal
c.       Mengajari membaca Al-Qur’an
d.      Melatih sopan santun
e.       Mencintai Nabi Muhammad saw.
            3. Yang memberikan teladan
            4. Yang memberikan keterampilan dasar
















BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
Tanggung jawab terhadap pendidikan anak diisyaratkan dengan kewajiban anak untuk berbakti kepada kedua orang tuannya, sebagai balas jasa atas jerih payah dalam mendidiknya semenjak masih dalam kandungan.
Pendidikan disekolah tidak mungkin berhasil secara optimal apabila tidak dimulai dari pendidikan diri dan keluarga. Pendidikan diri adalah pendidikan terhadap pribadi-pribadi yang memikul tanggung jawab keluarga. Orang pertama yang bertanggung jawab terhadap keluarga adalah ayah dan ibu. Dari kedua orang inilah, pendidikan harus dimulai keberhasilan pendidikan tingkat awal ini akan membawa pada keberhasilan pendidikan disekolah dan masyarakat.
Pada akhirnya, tujuan pendidikan akan menjadikan kebahagiaan hidup dunia dan akhirat bagi manusianya sendiri, selain itu pendidikan akan mendorong manusia untuk semangat dalam beribadah kepada Allah. Pendidikan juga bertujuan untuk pengembangan potensi manusia. Dengan demikian, diharapkan pendidikan dalam keluarga dapat dilaksanakan secara optimal.









DAFTAR PUSTAKA


Ahmad Mustafa Al-Maragi. 1986. Tafsir Al-Maragi Juz XXVII. Semarang: PT. Karya toha putra.
Gojali, Nanang. 2013. Tafsir dan hadis tentang pendidikan. Bandung.  CV.Pustaka setia.
Hamka. 1982. Tafsir Azhar Juz XIX. Jakarta: PT. Pustaka panjimas
Munir, Ahmad. Tafsir Tarbawi Mengungkap Pesan Al-qur’an tentang Pendidikan. 2008. Yogyakarta: Teras.Nata, Abuddin. Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan. 2002. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Nata, Abuddin. Tafsir Ayat-Ayat Pendidikan. 2002. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar