Laman

1111

Rabu, 22 Februari 2012

Kelas C makalah 2 : Menjaga Kehormatan dan Fungsi Masjid


MAKALAH
MENJAGA KEHORMATAN DAN FUNGSI MASJID

Disusun guna memenuhi tugas ;
Mata Kuliah         :    Hadits Tarbawi II
Dosen Pengampu  :    M. Ghufron Dimyati, M.S.I
Copy of STAIN2









Disusun oleh ;
Avita Rohmah              (202109191)
Kelas :        C

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN) PEKALONGAN
2012
PENDAHULUAN

Masjid menurut istilah adalah suatu bangunan yang memiliki batas-batas tertentu yang didirikan untuk tujuan beribadah kepada Allah SWT seperti sholat, berdzikir, membaca al-qur’an dan ibadah lainnya.
Di Indonesia terdapat kurang lebih 600.000 buah masjid. Jika dimisalkan umat islam di Indonesia berjumlah sekitar 160 juta orang, maka rata-rata setiap masjid akan membawahi sekitar 267 jama’ah.
Namun sayangnya, masjid-masjid sekarang mulai terlihat sepi bahkan ada pula yang menyalahgunakan fungsi dari masjid itu sendiri. Oleh karena itu, pada masa sekarang ini kita seharusnya mampu menghidupkan kembali fungsi dari masjid. Bukannya malah menyalahgunakan masjid sebagai tempat yang tidak seharusnya.















PEMBAHASAN

A.      Hadits
: ﻮﺳﻠﻢ ﻋﻠﻴﻪ ﺻﲆ ﺮﺳﻮل ﻗﺎل ﻗﺎل ﻋﻨﻪ ﺮﴤ ﻣﺎﻟك ﺑن أﻧﺲ ﻋن  
﴿ﻳﺄﰐﻋﲆاﻟﻨﺎس٫زﻣﺎنﻳﺘﺤﻠﻘﻮنﰲﻣﺴﺎﺟدﻫﻢﻮﻟﻴﺲﻫﻤﺘﻬﻢٳﻻاﻟدﻧﻴﺎﻟﻴﺲﻟﻟﻪﻓﻴﻬﻢﺣﺎﺟﺔ
ﻓﻼﺗﺠﺎﻟﺴﻮﻫﻢ﴾
 (رﻮاہﻟﺤﻛﻢﰱاﻟﻤﺴﺘدرك،ﻮﻗﺎل:ﻫذاﺣدﻳﺚﺻﺤﻴﺢاﻹﺳﻨﺎدﻮﱂﳜﺮﺟﺎﻩ)

B.       Terjemah
Dari Anas bin Malik ra. berkata: Rasulullah SAW bersabda, “akan datang pada manusia suatu zaman, dimana mereka melingkari masjid dan tidaklah yang dicita-citakan kecuali urusan dunia dan tidaklah Allah menginginkan atas mereka hal tersebut, maka janganlah kamu sekalian duduk bersama mereka.” (HR. Al-Hakim, Al-Mustadrok)

C.      Mufrodat
1.    ﻳﺄﰐ            = Akan datang
2.    ﻳﺘﺤﻠﻘﻮن       = Melingkari
3.    ﻫﻤﺘﻬﻢ         = Dicita-citakan
4.    اﻟدﻧﻴﺎ           = Keduniawian

D.      Biografi Perawi
Anas bin Malik, memiliki nama lengkap Anas bin Malik bin Nadhar bin Dhamdham Al Anshari Al Khazraji. Ia biasa dipanggil Abu Hamzah dan diberi gelar Khadim Rosulillah (pembantu/ pelayan Rasulullah). Anas bin Malik lahir di kota Yatsrib (Madinah tahun 8 sebelum hijrah).
Ibunya menitipkannya kepada Rasul untuk menjadi pembantu beliau. Saat itu Anas baru berusia 10 tahun. Ibunya memohon kepada Rasul agar anaknya dijadikan sebagai pembantu beliau dan mohon untuk didoakan beliau. Rasulullah lalu berdoa untuk Anas, “Ya Allah perbanyaklah harta dan anaknya, dan berkahilah apa-apa yang Engkau anugerahkan kepadanya.” (HR. Al Bukhori dan Muslim)
Ia pernah mengatakan, “aku membantu Rasulullah selama 10 tahun. Selama itu, aku belum pernah mendengar beliau mengatakan kata ‘ah’ kepadaku. Beliau juga tidak pernah mencela pekerjaan yang aku lakukan.” (HR. At-Tirmidzi).
Ia memilliki anak lebih dari 100 orang anak. Setelah menghatamkan Al Qur’an, ia selalu mengumpulkan anggota keluarganya, lalu ia berdoa untuk mereka.[1]
Setelah Rasulullah wafat, Anas merantau ke Damaskus kemudian ke Bushrah. Ia meriwayatkan 2286 hadits dari Nabi. Diantaranya ialah hadits tersebut di atas tentang kabar akan datang kepada manusia kelak pada suatu zaman manusia melingkari masjid dengan tujuan untuk masalah keduniaan.
Ia adalah sahabat yang paling akhir meninggal. Ia meninggal di Bashrah tahun 91H dalam usia 99 tahun. Jenazahnya dimandikan oleh Tabi’in besar, Muhammad bin Sirin.

E.       Keterangan Hadits
Hadits yang diriwayatkan oleh Al-Hakim tersebut di atas, bersumber dari sahabat Anas bin Malik menjelaskan bahwa kelak pada suatu zaman akan datang kepada manusia, di mana masjid akan digunakan sebagai tempat yang difungsikan tidak sebagaimana mestinya. Manusia akan datang ke masjid dan melingkarinya hanya untuk membicarakan masalah keduniawian. Kata melingkari dalam hadits tersebut yang dimaksud adalah kumpulan orang-orang yang duduk bersama.
Kelak manusia akan lupa dengan fungsi utama dari masjid. Mereka akan memperlakukan masjid dengan tidak terhormat.
Kita sebagai manusia terutama adalah orang muslim diharapkan mampu menghormati masjid. Misalnya, membersihkan masjid, memelihara, serta memberikan wewangian. Seperti yang dijelaskan dalam hadits yang bersumber dari Aisyah ra:
اﻣررﺳولﷲﺻﲆﷲﻋﻠﻴﻪوﺳﻠﻢﺑِﺒِﻨَﺎءِاﻟﻤَﺴْﺠِدِﰱِاﻟدُّوْرِوَاَنْﺗُﻨَﻆّﻒُﻮَﺗُﻂّﻴِﺐُ

Artinya:
“Rasulullah SAW memerintahkan supaya dibangun masjid di tiap kampung (tiap tempat kediaman), sebagaimana Rasulullah memerintahkan kita menjaga kebersihan masjid dan mewangikannya.”[2]
Janganlah kita melakukan hal yang tidak sepantasnya dilakukan di masjid seperti, berkumpul di masjid untuk membicarakan masalah duniawi. Apabila ingin membicarakan urusan keduniawian maka lebih baik carilah tempat selain di masjid, seperti pasar atau jalan. Atau lebih baik berdiamlah di rumah.[3]
 Karena masjid merupakan sebaik-baik tempat berkumpul untuk berdzikir, untuk sholat berjama’ah, membaca dan mempelajari al-qur’an, serta tempat menimba ilmu pengetahuan.
Telah sering dijelaskan oleh Rasulullah tentang larangan membicarakan masalah dunia di dalam Masjid atau bahkan menggunakan masjid sebagai tempat bisnis. Seperti yang dijelaskan dalam hadits berikut ini.
·         Amer ibn Syu’aib dan ayahnya dan kakeknya berkata:
ﻧﻴﻰرﺳﻮلﷲﺻﲆﷲﻋﻠﻴﻪوﺳﻠﻢﻋﻦاﻟﺒﻴﻊﻮاﻟﺸراءﰱاﻟﻤﺴﺠدﻮانﺗﻨﺸدﻓﻴﻪاﻻﺷﻌﺎرﻮانﺗﻨﺸدﻓﻴﻪ اﻟﻀﺎﻟﺔﻮﻋﻦاﻟﺤﻠﻖﻳﻮﻣ٫اﻟﺠﻤﻌﺔﻗﺒﻞاﻟﺼﻼۃ
Artinya:
“Rasulullah SAW telah melarang jual beli dalam masjid, menyanyikan syi’ir, menanyakan binatang yang hilang, duduk berlingkar (berhalaqah) di dalam masjid di hari jumat sebelum sholat.” (HR. Ahmad, Abu Daud, At-Turmudzi, dan Ibnu Majah, Al- muntaqa 1:336)
·         Ibnu Khathathab ra. berkata:
ﻋﻠﻴﻪوﺳﻠﻢاذ٫راﻳﺘﻢﻣﻦﺑﻴﻊاﻮﺑﻴﺘﺎعﰱاﳌﺴﺠدﻓﻘﻮﻟﻮاﻟﻪﻻارﺑﺢﷲ ﺻﲆ ﺮﺳﻮل ﻗﺎل
ﺗﺠﺎرﺗﻚ
Artinya:
Rasulullah SAW bersabda, “apabila kamu melihat oranag berjual beli di dalam Masjid, maka katakanlah kepadanya: mudah-mudahan Allah tidak akan memberi keuntungan perniagaan itu.” (HR. An-Nasa’i dan At-Turmudzi, Bulughul Maram:39).[4]
Contoh hadits di atas merupakan bukti bahwa masalah keduniawian tidak perlu dibahas di dalam Masjid, lebih baik carilah tempat lain yang lebih pantas dalam hal tersebuut. Gunakan masjid sesuai dengan fungsinya agar masjid tetap memiliki keutamaannya dan terjaga kehormatannya.
F.       Aspek Tarbawi
Nilai-nilai kependidikan yang dapat diperoleh dari hadits di atas adalah:
1.      Kita dilarang mempergunakan masjid sebagai tempat ajang keduniawian.
2.      Kewajiban seorang muslim adalah memakmurkan masjid (menghidupkan, menghormati, memelihara, dll.)
3.      Selalu menjaga sikap dan ucapan ketika berada dalam masjid.
4.      Fungsikan masjid sebagai tempat berdzikir, sholat berjamaah, membaca Al-Qur’an, menimba ilmu, dan ibadah lainnya.










PENUTUP

Masjid merupakan tempat berdzikir, sholat berjamaah, membaca Al- qur’an, menimba ilmu dan tempat ibadah lainnya. Kita sebagai orang muslim janganlah pernah menyalahgunakan masjid untuk tempat yang tidak sepantasnya dilakukan. Seperti halnya yang dijelaskan dalam sabda Nabi, bahwa kelak pada suatu masa manusia akan melingkari masjid (duduk bersama) hanya untuk membahas masalah duniawi saja. Dan apabila kita melihat hal yang demikian itu, maka janganlah kita ikut duduk barsama mereka. Fungsikanlah masjid sebagaimana mestinya, agar masjid tetap terjaga fungsi utama dan kehormatannya.















DAFTAR PUSTAKA
Al-Hasyimi Sayyid Ahmad, Syarah Mukhtarul Al-Hadits, (Bandung: CV Sinar Baru, 1993)
Hasbi Ash-Shiddiqieqy Teungku Muhammad, Koleksi Hadits-hadits Hukum Jilid 1, ( Semarang: Pustaka Riski Putra,2002)

Sa’id Mursi Syaih Muhammad, Tokoh-tokoh Besar Islam Sepanjang Sejarah, (Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2007)



[1] Syaih Muhammad Sa’id Mursi, Tokoh-tokoh Besar Islam Sepanjang Sejarah, (Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2007), hlm 125
[2] Teungku Muhammad Hasbi Ash-Shiddiqieqy, Koleksi Hadits-hadits Hukum Jilid 1, ( Semarang: Pustaka Riski Putra,2002), hlm 519
[3] Sayyid Ahmad Al-Hasyimi, Syarah Mukhtarul Al-Hadits, (Bandung: CV Sinar Baru, 1993), hlm 535
[4] Ibid, Koleksi Hadits-hadits hukum....hlm 519

32 komentar:

  1. Nama ; Roikhatul miskiyah
    Nim : 2021110141
    Kelas: C

    pertanyaan:
    bagaimana pendapat pemakalah menanggapi fenomena sekarang bahwa banyak orang mengadakan rapat dan diskusi dalam masjid.apakah hal tersebut menyimpang dari fungsi masjid yang sesungguhnya atau tidak????lalu bagaimana solusinya??

    BalasHapus
  2. Nama: Ayu Listiyaningrum
    Nim: 2021110138
    Kelas: C

    Bagaimana tanggapan anda melihat fakta Masjid yang dijadikan objek wisata yang mungkin bernilai komersil tinggi ????

    BalasHapus
  3. nama ; Dzikriati Solikhah
    NIM ; 2021110113
    kELAS ; C

    Bagaimana tanggapan pemakalah tentang fenomena sekarang yang menjadikan mesjid sebagai lahan untuk mencari nafkah, misalnya yaitu seperti dijadikan sebagai jtempat jual beli...?????
    terima kasih atas jawaban........

    BalasHapus
  4. nama : Arham ali firdaus
    nim : 202 111 0101
    kelas c

    bagaimana kalau masjid itu digunakan untuk mengkaji kemaslahatan masyarakat, karena di kampung saya sering kali mengadakan rapat di masjid?

    BalasHapus
  5. nama : Dzurrotun Nasikhah
    NIM : 2021110130
    kelas : C

    yang ingin saya tanyakan, bagaimana hukumnya jika seorang musafir atau orang yang bepergian jauh bersinggah di masjid, untuk istirahat atau tidur. bahwasanya masjid adalah tempat suci yang diperuntukkan sebagai tempat ibadah ??

    BalasHapus
  6. Nama : Dhamira s.v
    Nim : 2021110127
    kelas : C

    Melihat fakta sekarang ini, banyak orang berbondong - bondong membangun masjid , namun masjid tersebut tidak bisa difungsikan secara baik atau diramaikan dengan kegiatan islami. bagaimana menurut anda menggapi hal tersebut ??

    BalasHapus
  7. nama : anita handayani
    nim : 202109210
    kelas : C

    dalam keterangan hadits diatas dilarang menggunakan masjid untuk membicarakan maslah duniawi....
    tetapi banyak orang didalam masjid membicarakan masalah duniawi bahkan menbicarakan masalah orang lain...
    itu bagaimana menanggapinya...

    BalasHapus
  8. NAMA : PUJI RAHAYU
    NIM : 2021110095
    KELAS: C

    Bagaimana kalau fungsi masjid yang dijadikan sebagai tempat ibadah disalahgunakan sebagai tempat menginap ketika ada bencana, apakah tidak mengganggu kegiatan yang dilaksanakan didalamnya???

    BalasHapus
  9. Anisah (2021110123)
    di makalah disebutkan "Kelak manusia akan lupa dengan fungsi utama dari masjid. Mereka akan memperlakukan masjid dengan tidak terhormat." apakah hal ini dapat disamakan dengan masjid yang seharusnya digunakan untuk beribadah tapi masyarakat sekitar tersebut tidak menggunakan masjid untuk beribadah malah dibuat kosong dan terbengkalai? atau samakah dengan orang2 yang berbicara di masjid pada saat khutbah jum'at?
    mohon dijelaskan secara global tidak berfungsinya masjid sebagai mana mestinya

    BalasHapus
  10. nama : Anisah
    nim : 2021110123
    kelas : c
    di makalah disebutkan "Kelak manusia akan lupa dengan fungsi utama dari masjid. Mereka akan memperlakukan masjid dengan tidak terhormat." apakah hal ini dapat disamakan dengan masjid yang seharusnya digunakan untuk beribadah tapi masyarakat sekitar tersebut tidak menggunakan masjid untuk beribadah malah dibuat kosong dan terbengkalai? atau samakah dengan orang2 yang berbicara di masjid pada saat khutbah jum'at?
    mohon dijelaskan secara global tidak berfungsinya masjid sebagai mana mestinya
    terus bagaimana dengan perilaku masyarakat zaman sekarang, kan banyak orang2 yg seenaknya sendiri meletakkan sandal / sepatu sampai melebihi batas suci. terus kadang di toilet masjid kadang kita menjumpai keadaan kotornya. apakah ada hubungan dengan memperlakukan masjid tidak terhormat?

    BalasHapus
  11. Nama :Romadlon
    Nim :2021110114
    Kelas:C

    Apabila dalam satu kaampung terdapat dua masjid,manakah masjid yang paling afdhol untuk melaksanakan sholat jum'at?dan apabila kedua masjid itu digunaka untuk sholat jum'at semua haruskah ada jarak antar kedua masjid itu,kalau ada berapakah jaraknya?

    BalasHapus
  12. nama: Zakirotunnikmah
    NIM: 202110112
    Kelas: C

    Mbak. lha kalau masjid digunakan sebagai tempat rapat hukumnya bagaimana?
    boleh tidak?
    kalau boleh apa alasannya?
    kalau tidak apa alasannya?

    BalasHapus
  13. riqoh ahmidtsani rosyada
    2021110121
    kls c

    mhon pendapat makalah bagaimana ttg pernyataan:
    1. berhalaqah sebelum sholat masjid?
    Bagaimana korelasinya dg muskam pakah sdh ssuai dg maksud hadits trs?

    2. Mengenai masjid kubah dg memperindah masjid yg justru sbg aset pariwisata tow sbg transit ktika mnGgunakan embel" stlah ziaroh?

    BalasHapus
  14. nama:ISTIGHFAROH
    NIM:2021110119
    KELAS:C
    Apa yang sebenarnya dinamakan dengan masjid?
    Jelaskan sebenarnya apa fungsi dari masjid(untuk ibadah lainnya?
    Mengapa di depan masjid ada spanduk yang bertuliskan "jangan makan dan berjualan di masjid"?

    BalasHapus
  15. nama: DEWI AFRIYANI
    nim : 2021110107
    kelas : C

    pertanyaan:

    realita saat ini banyak yang berlomba-lomba memegahkan atau memperindah bangunan-bangunan masjid, bahkan ada masjid yang dijadikan salah satu wisata yang mana terkadang orang-orang malah berfoto-foto didalamnya atau disekitarnya.
    menurut pemakalah apakah fungsi masjid di era globalisasi sekarang ini?
    apakah sudah sesuai dengan pembahasan dlm makalah anda?
    krn yg kita lihat bahwa seiring dg perkembangan zaman bahwa masjid telah mengalami alih fungsi, yg mana tidak hny sbg wadah ibadah saja?
    dan bagaimana agar masjid itu dipenuhi para pemuda-pemudi untuk beribadah? agar tdk hnya pd sholat jum'at saja yg ramai.
    terimasih,,,

    BalasHapus
  16. Nama : Khurotul Aini
    NIm : 202 1110 131
    Kelas : C

    Pertanyaan:
    Bagaimanakah hukumnya wanita yang sedang haid masuk ke dalam masjid, apakah hal tersebut diperbolehkan atau tidaK??
    sebab ada yang mengatakan ada yang membolehkan ada yang tidak, dan apakah hal tersebut termasuk tidak menjaga kehormatan masjid????
    dan bagaimanakah caranya menghormati masJid ???

    Lalu bagaimana hukumnya apabila sebuah masjid dibangun dari uang haram????

    BalasHapus
  17. nama: nurul khikmah
    nim: 2021110122
    kelas: C

    fungsi masjid telah panjang lebar di bahas dan kita ketahui, pertanyaan saya simple saja...sekarang banyak masjid yang di alihkan fungsinya disadari atau tidak, digunakan sebagai wahana rekreasi dan menarik banyak pengunjung. apa tanggapan anda tentang hal ini?

    BalasHapus
  18. nama: Chusnul Chotimah
    NIM: 2021110124
    kelas: C


    di beberapa keterangan fiqh, di jelaskan bahwa bagi wanita yang sedang haid, nifas maupun junub, tidak diperbolehkan masuk dan berjalan di depan masjid. bagaimana pendapat anda tentang keterangan ini?

    BalasHapus
  19. nama : azimatun ni'mah
    nim : 2021110140
    kelas: c

    saat ini sering dijumpai,ada beberapa masjid yang keadaannya ditutup pada waktu di luar sholat. sehingga orang yang mau sholat jd sholat diluar. pa itu tidak membbatasi fungsi masjid sebagai tempat ibadah? bagaimana tanggapan anda?

    BalasHapus
  20. nama: Alfi maziyah
    nim : 2021110115
    kelas : c

    fenomena saat ini masjid digunakan untuk istirahat sekedar melepas lelah setelah perjalanan jauh seperti pada saat ziaroh ato masjid digunakan sebagai tempat diskusi ato sekedar ngobrol ngalor ngidul seperti yang bisa kita jumpai di masjid WS.Bagaimana tanggapan anda melihat fenomena ini ??????
    yang kedua bagaimana ketika ada pengemis yang meminta minta di area mesjid,,,,apakah itu mengurangi kehormatan masjid ato tidak ???
    jika ia apa alasannya ????
    jika tidak apa alasannya????

    BalasHapus
  21. nama : ayu kusuma dewi
    nim : (2021110104)
    kelas :c

    yang saya ingin tanyakan ,bagaimana menurut pemakalah jika masjid digunakan bukan hanya untuk tempat beribadah saja tetapi juga untuk tidur dan terkadang juga untuk tempat ngobrol" yg tdk jelas?karena fenomena skrg banyak org2 yang menyalahgunakan masjid,apa hukumnya? terima kasih..

    BalasHapus
  22. Nama : Hinda iliana
    NIM : 2021110099
    Kelas :C
    Bagaimana seharusnya kita sebagai mahasiswa STAIN pekalongan khususnya dan umumnya bagi mahasiswa di seluruh di Indonesia supaya bisa sadar untuk menjaga kehormatan dan fungsi masjid ?

    BalasHapus
  23. nama : nurul islakhah
    nim : 2021110139
    kelas : c

    saya ingin tanya,jaman sekarang banyak sekali model2 bangunan masjid,bagaimana hukumnya jika masjid dibangun dengan desain mirip dengan klenteng ( tempat ibadah agama lain)??

    BalasHapus
  24. bismillaah
    assalamu'alaikum

    sdkit mnt pndapat antum ttg fenomena d kampus kita,bhwasany masjid kampus kita sangatlah rame,namun bkn u/ beribadah ato sbg sarana brbagi ilmu melainkn u/ tmpt mnunggu jam kuliah slnjutny. mirisny tdk sdkit yg sembari mnunggu mndengarkn musik mlalui hp n dg suara yg cukup mngusik. tanggapan n solusi ap yg akn antum berikn ats fenomena tsb, stlh antum mengkaji n memahami makalah yg antum buat,terima kasih

    wiwik agustin (2021110105)

    BalasHapus
  25. M.A.Rohman
    kelas : C
    2021110126

    apa yang bisa kita lakukan agar masjid tetap berfungsi sebagaimana mestinya???apakah kita perlu membuat UU tentang masjid???agar aktifitas-aktifitas yang berada di masjid sekiranya tidak menyimpang dari fungsi masjid??

    BalasHapus
  26. Ahmad Khairudin
    2021110098
    C

    asslm ,,
    sebenarnya hampir sama spt yang da di atas , yang saya tanyakn adlh , ketika berbicara ttng masjid scara umum banyak sekali kadang di gunakan sbg tmpat beristirahat orang yang melakukan perjalanan jauh , pdahal yang saya tahu yang namanya masjid itu jangankan buat tidur sbg tempat berbicra yng tidak da gunanya wlaupun sbntar pun itu kan tdk boleh , lha bagmna pndngan pemakalh mengenai hal itu ??

    trm ksh ,,

    BalasHapus
  27. Nama: Avita Rohmah
    NIM: 202109191
    JAWABAN...
    a. Roikhatul Miskiyah
    Rapat/ diskusi apa mbak?? Jk diskusi ttg pengembgn, pemikirn keilmuan/ keagamaan ya boleh saja. Masjid d masa Rasul jg d fungsikn sbg t4 pusat kgiatan dakwah, N pusat keilmuan, dll..
    b. Ayu Listianingrum
    Mnrut saya masjid dijadikn objek wisata yg brnilai komersil tinggi, itu tdk boleh yaa..
    Krn jk yg dilihat hny nilai komersilnya saja. Trutama bgi para pengurus masjid, sebaiknya jgn mMprgunakn masjid dgn 7an besarnya nilai komersil yg d dpt.
    7an objek wisata k masjid,agar org mau dtg k masjid N mau beribadah di dlmnya. kalauPun ada embel” u/ ziarah, mgkin sebaiknya jgn mengedepankn 7an komersil, tp 7an/ dampak ibadah yg mMpu menambah keimanan serta ketaqwaan pengunjung. Apabila pengurus masjid mMpunyai 7an sprti itu justru akan lbh baik N bahkan men+ berkah.
    c. Dzikriati solikhah
    Sdah dilaskan di dlm makalah mbak N sudah ada haditsnya. Di situ di jelaskn bahwa berjualbeli dlm masjid t d larang, dan bahkan haram. Rasul saja memerintahkn Qta u/ mendoakn agar org yg jualbeli d masjid itu tdk untung (rugi). Masjid itu t4 ibadah bkn berjual beli. Berjual belilah di pasar..
    d. Arham Ali Firdaus
    Masjid u/ mgkaji kemaslahatn umat menurut saya boleh saja. Tp harus ingat batasan antara kemaslahatan umat atau urusan keduniawian. Ya tergantung apa yg di bahas sajalah mas..
    e. Dzurrotun Nasikhah
    Hukum seorang musafir bristirahat/ tdr dlm masjid boleh. Asal,,, tdk mngotori masjid, dan tetap brsikap sopan ktka bristirahat.
    Rasul saja mMbiarkn lho mbak wktu mlht sahabt Ali ra. sdg tdr d masjid...

    BalasHapus
  28. nama: avita rohmah
    Nim: 202109191
    f. Dhamira. Sv
    Mnrt saya, mreka itu hny ingin pamer(riya’), ingin bermegah”an. Seharusnya tdk boleh meniru hal trsbt. Akan lbh baik jka mrka berbondong” u/ memakmurkn masjid, meramaiknnya, srta mMfungsikan semaximal mgkn.
    g. Anita Handayani
    Membicarakn mslh dunia/ org lain d masjid itu sgt dilarang. Dan jk Qta mlht org sprti itu, yaa... Qt jgn ikut duduk” brsama mrka.
    h. Puji Rahayu
    Menginap dlm masjid krn bncana itu dibolehkan. Tp jk sudah wktunya u/ ibadah ya masjid ttp digunakan u/ t4 ibadh. Kn bsa dibagi (1/2).. jd ttp bsa u/ keduanya. Namun jk ada t4 lain slain masjid, ya akan lbh baik
    i. Anisa
    Tdk mggunkn masjid/ mMbiarkn kosong= lupa dgn fungsi masjid.
    Tp, yg dimksd dlm mkalh yaitu lupa dgn fungsi utamaNya. Di sini lbh di condongkn bhw msjd itu ttp ramai, tp ramainya itu bkn u/ ibadah tp u/ mMbhs mslh duniawi.
    Org yg brbcara ktka khutbah jumat= tdk mghormati etika sholat jumat d msjid/ tdk mghrgai khotib yg sdg brkhutbah.
    Sdgkn org yg mletakn sandal mlbhi batas suci, mngotori toilet, mkan dlm masjid= mMprlkukn msjid tdk trhormat. Masjid kn t4 suci, msak di ktori, bahkan mlakukn hal seEnaknya sndri.
    Kalau tdk brfgsinya masjid itu, misal org ramai sX ke masjid tp trnyata mlh u/ ngobrol, tdk u/ bribadah. Itu brarti masjidnya tdk di fungsikn dgn baik.

    BalasHapus
  29. nama: avita rohmah
    jawaban...
    j. Romadhon
    Lbh baik mMilih masjid yg di bngun lbh dahulu/ lbh tua. Jka tdk tau umur msjd yaa... pilih masjid yg mngkumandangkan adzan trlbh dahulu.
    Tdk ada jrak yg mNentukan k-2nya. Sebaiknya ya dlm 1 kmpung ushakn hny ada 1 masjid saja. Oke...
    Beda lg jk mslhnya pd sholat hari raya, klau u/ itu pilihlah masjid yg trjauh krna dgn jrak jauh Qta bsamMprpnjg / mMprbnyk takbir d prjlnan. Dan pahalanya akan lbh br+.
    k. Zakirotun nikmah
    Qt hrus tahu dlu ttg tema apa yg akan d bhas.krna Qt tdk bsa lgsg mlarang atau mMbolehkn bgtu saja.
    l. Riqoh Ahmidtsani Rosyada
    brHalaqoh itu bisa jg d ktakn brkumpul, boleh 2org atau lbh. Jka muskam di masjid u/ mMbhs kambing yg hilang(Misal), itu sesuai dgn hadits yg di bahas dlm mkalah saya. Dan itu dilarang..tp jka muskamnya u/ mMbhas rncana pringatan keagamaan d masjid, ya di bolehkn.
    mNgenai masjid kubah u/ pariwisata?? Jka para pengurus membangn u/ pamer, mngagungkan masjid, mngharap bayaran dr pariwisata, ya saya sangat tdk setuju.
    m. Istighfaroh
    Masjid adl bangunan yg mMiliki batas” trtentu yg didirikn u/ 7an bribadah kpada Allah SWT.
    Fungsi masjid adl u/ t4 sholat, dzikir, membaca dan mMpelajari Al- Qur’an, serta ibadah lainnya.
    Masjid itu t4 suci, t4 bribadah kpda Allah, org yg makan dan berjualan di masjid itu sama dgn tdk mghormati masjid, tdk sopan. Dan itu sangat di larang,,
    Oleh krna itu di psg spanduk agar org mLihat dan ingat u/ tdk mlakukn di msjid.
    n. Dwi Afriyani
    Di era global ini memang bnar masjid beralih fungsi dgn sndrinya. Tdk ush jauh”, di kmpus Qta/ di masjid walisongo sndri, bnyk org duduk” d masjid u/ mgobrol, bahkan ada yg cm mndengarkn MP3 d masjid. Bukannya membaca Al-Qur’an,,
    Mengenai agar masjid ramai tdk hny sholat jumat, mgkin dgn sring mngadakn pngajian u/ mncerahkn pkran.
    Ya itu kembali pada kesadaran diri masing” saja mbak..
    o. Khurotul Aini
    Org haid itu boleh masuk masjid.
    Asal....!! darah haidnya itu tdk mnetes d masjid. Jka yakin kalau tdk akan mnetes yaa,, silahkan saja. Mereka” yg tdk mMbolehkn ya krn alasan trsebut. Takut kalau masjid itu trkna kotorn, krna masjid itu suci. Cara mennghormati masjid, ya dgn slalu mnjagakebersihan, tdk makan d masjid, tdk berteriak” di masjid, dll..
    Masjid dibangun dgn uang haram, ttp boleh digunakan u/ ibadah. Tp org yg mggunakan uang haram itu tdk akan mndapat pahala, justru akan brdosa.

    BalasHapus
  30. nama: avita rohmah
    jawaban..
    1. nurul hikmah
    menurut pndapat saya, kalau mlihat masjid yg di gunakan sbg t4 wahana rekreasi saya sangat tidak setuju. blh lah pengurus mMbuat ide agar masjid ramai, tp tidak dgn mnjdikn t4 rekreasi.

    2. chusnul chotimah
    kalau setahu saya wanita haid, nifas,itu tetap boleh lewat di dpn majid N masuk k dlmNya.
    yg mjdikn larangan itu krna di takutkn apabila darah dr ke 2nya menetes di masjid. krna itu mrpkn najis. tp kalau brkaitan dgn wanita junub apabila lewat N masuk ya di harapkn bisa brsuci trlebih dahulu.

    3. azimatun ni'mah
    masjid di tutup pada waktu luar sholat, mnrt saya itu mMbuat fungsi masjid jd trbatas. saya sendiri tdk stju jika hal demikian trjadi.
    tp mgkin para pengurus pny alasan trtntu mbx. ya, berKhusnu dzon saja. mungkin pengurusnya takut apabila barang" d masjid hilang di curi org. makanya masjid d tutup saat di luar wktu sholat.

    BalasHapus
  31. nama: avita rohmah
    jawaban..
    - alfi maziyah
    masjid skdr t4 mlepas lelah itu di bolehkan, karena Rasul sendiri tdk melarang ktika para sahabat tdr" d masjid. kalau u/ diskusi ea itu blm bsa di larang atau di blhkn. Qt hrs tau dlu apa yg di diskusikn d masjid itu.
    sdgkn pengemis di area masjid itu mengurangi kehormatan masjid. org yg mengemis sndiri sgt di larang oleh Allah apalagi di+ org" trsebut mengemis di area masjid.jlz org trsebut tdk akn mndpt brkah dlm hidupnya, bhkn akan smkn mndrita.
    -ayu kusuma dewi
    org yg tidur d masjid itu sbnrnya hukumnya makruh. tp ttp di blhkn apabila org trsbt bnr" butuh istrht/ musafir.
    sdgkn org" yg ngobrol" itu sebaiknya cari t4 lain saja sprti di pasar atau d jln atau d rmh.
    - hinda iliana
    seharusnya org yg sudah sadar akan fungsi masjid N dlm mnjjga khormatan masjid harus mau mengingatkn org" yg blm sadar dlm fungsi masjid N u/ mnjga kehormatan masjid.
    tp jka org trsebut di ingtkn tp ttp tdk sadar. ea biarkn saja. itu kn kmbali pada ksdrn dr msing".
    -nurul islakhah
    mengenai hukum design bngunan trsebut saya krg tau ya mbx bgaimana.
    yg saya tau itu dlm bngunan masjid itu tdk blh berlebih"n/ mewah" dlm mMbngun.
    ea, sbaiknya masjid di bangun sederhana saja N bngunannya tdk prlu yg aneh".

    BalasHapus
  32. nama: avita rohmah
    jawaban..
    - wiwik agustin
    tanggapannyaa gmn ya mbak. bingunx jg,,
    ya yg pzti klo buat mahasiswa stain sndiri itu ya seharusnya bisa memillih t4 yg seharusnya. jgn buat masjid sbg ajanx yg dmikian.
    -M. A. Rohman
    agr msjid brfungsi ya di harapkn kesadarn dri masing" u/ bisa meraikn masjid, membiasakn diri mempergunakan masjid sbg t4 ibadah, dll..
    mskipun di buatkn UU, tp klau orgnya sndri tdk mMpnyai kesadarn dri ya percuma saja.
    - Ahmad Khairudin
    masjid di gunakan u/ t4 istirahat org yg mlakukn prjlnan jauh itu tdk apa" mas, itu di perbolehkn. tp u/ brbicara masalah duniawi itu tdk boleh.
    tp jka u/ mMbicarakn mslh keagamaan, pendidikn. itu di bolehkn.

    BalasHapus