Laman

zzz

new post

Minggu, 18 Maret 2012

C6-33 Zakirotunnikmah: ILMU ASTRONOMI


ILMU ASTRONOMI
Disusun untuk memenuhi tugas:
Mata Kuliah     : Hadits Tarbawi II
Dosen Pengampu          : Muhammad Hufron, M.Si.
logo stain.jpg
Disusun oleh:
ZAKIROTUNNIKMAH
2021110112
Kelas: C

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
STAIN PEKALONGAN

BAB I
PENDAHULUAN

            Rasulullah SAW memerintahkan kita untuk menuntut ilmu. Ilmu yang ada di dunia ini beraneka macam. Ada ilmu Pengetahuan dan Ilmu Agama. Keduanya harus kita cari dengan seimbang karena ilmu Pengetahuan merupakan bekal hidup kita di dunia, sedangkan ilmu Agama adalah bekal ilmu untuk kita hidup di Akhirat.
            Dalam makalah ini, akan dijelaskan bagaimana Rasulullah menyuruh kita untuk menuntut ilmu. Ilmu di sini akan lebih dikhususkan dalam menuntut ilmu pengetahuan tentang alam semesta. Karena alam semesta merupakan tempat di mana kita berada dan melakukan aktivitas setiap harinya. Di dalam alam semesta banyak sekali ilmu yang tersimpan dan belum dapat dijangkau oleh pemikiran manusia.
            Di dalam makalah ini, akan membahas tentang ilmu Astronomi dari segi pandang hadits. Ilmu Astronomi adalah ilmu pengetahuan alam yang membahas tentang perbintangan seperti matahari, bulan, dan bintang-bintang. Banyak hal yang dapat kita temukan dalam ilmu Astronomi karena dalam ilmu Astronomi menunjukkan betapa Kebesaran Allah dalam menciptakan alam beserta isinya.
            Semoga dengan adanya makalah ini dapat menambah wawasan kita tentang ilmu pengetahuan alam terutama Ilmu Astronomi serta meningkatkan ketaqwaan kita semua atas nikmat Allah yang telah diberikan melalui ciptaan-ciptaan_Nya.


BAB II
PEMBAHASAN
“HADITS TENTANG ASTRONOMI”

A.     TEKS HADITS

عن بن أبي أوفي قال رسول الله صلي عليه وسلم : إن خيار عباد الله الذين يراعون الشمس والقمر والنجوم والأظلة لذكر الله عَزَّ وَ جَلَّ  

B.     TERJEMAHAN HADITS
Diriwayatkan dari Ibnu Abi ‘Auf telah berkata: Rasulullah SAW bersabda
Sesungguhnya hamba Allah yang terpilih yaitu orang-orang yang memperhatikan matahari. bulan, bintang,dan kegelapan untuk mengingat Allah”
(HR. Al-Baihaqi)

C.     MUFRODAT
خيار
Yang terpilih
عباد الله
Hamba Allah
يراعون
Orang-orang yang mengamati
الشمس
Matahari
القمر
Bulan
النجوم
Bintang
الأظلة
Kegelapan
لذكر الله عَزَّ وَ جَلَّ
Untuk mengingat Allah yang  Maha Luhur


D.    BIOGRAFI ROWI

            Ibnu ‘Auf  adalah seorang pemimpin yang mengendalikan hartanya, bukan seorang budak yang dikendalikan oleh hartanya. Sebagai buktinya, ia tidak mau celaka  dengan mengumpulkannya dab tidak pula dengan menyimpannya. Bahkan ia mengumpulkannya secara santai dan dari jalan yang halal. Kemudian ia tidak menikmatinya sendiria tapi ikut menikmatinya bersama keluarga dan kaum kerabatnya serta saudara-saudaranya dan masyarakat seluruhnya.
            Ketika Ibnu ‘Auf masuk Islam, menyebabkannya menderitakan nasib malang berupa penganiayaan dan penindasan dari kaum Quraisy. Dan sewaktu Nabi SAW., memerintahkan para sahabatnya hijrah ke Habsyi, Ibnu ‘Auf ikut berhijrah dan kemudian kembali lagi ke Makkah, lalu hijrah untuk kedua kalinya ke Habsyi dan kemudian hijrah ke Madinah, ikut bertempur di perang Badr, Uhud, dan peperangan-peperangan lainnya.
Pada tahun ke-32 H, tubuhnya berpisah dengan ruhnya.

E.     KETERANGAN DARI KITAB SYARAH
(إن خيار عباد الله) أي من خيارهم (الذين يراعون الشمس والقمر والنجوم والأظلة) أي يترصدون دخول الأوقات بها (لذكر الله) أي لأجل ذكره (تعالى) من الأذان للصلاة ثم لإقامتها ولإيقاع الأوراد في أوقاتها المحبوبة وقال في البرهان في المراعاة أمور ظاهرة وأمور باطنة أما الظاهرة فالرؤية بحاسة البصر في الطلوع والتوسط والغروب والحركة فإذا تأمله المتأمل ذكر الله وسبحه ومجده بتحقيق سيما إذا أطلعه الله على أسرار نتائجها وأفعالها ومن اشتغل عنها مما يدل على أحكام القدرة الأزلية في المصنوعات المترتبة على الأسباب وعن علي أن رجلا أتاه فقال أريد الخروج لتجارة وكان في محاق الشهر فقال تريد أن يمحق الله تجارتك استقبل الشهر بالخروج (طب ك) في الإيمان (عن ابن أبي أوفى) قال الحاكم صحيح وأقره الذهبي وقال الهيثمي رجال الطبراني موثقون وقال المنذري رواه ابن شاهين وقال تفرد به ابن عيينة عن مسعود وهو حديث غريب صحيح.

F.      ASPEK TARBAWI
Dari hadits diatas dapat kita dapat memetik hikmah baik dari matan hadits maupun biografi rawinya. Hal-hal yang dapat kita petik adalah:
1.      Jadilah seorang pemimpin yang mampu mengendalikan hartanya bukan dikendalikan oleh hartanya.
2.      Mencari harta dengan jalan yang halal.
3.      Hamba Allah yang terpilih adalah orang yang mengamati matahari, bulan, bintang, dan kegelapan karena tidak semua orang bias melakukannya.
4.      Ilmu yang kita cari sebagai jalan kita untuk selalu mengintat Allah.
5.      Alam yang Allah ciptakan banyak mengandung ilmu pengetahuan.

G.    PERANAN ILMU ASTRONOMI
1.      Menentukan waktu-waktu sholat
2.      Menentukan arah Qiblat
3.      Menentukan awal bulan Qomariyah
4.      Menentukan terjadinya gerhana













BAB III
PENUTUP

            Alam ini banyak menyimpan ilmu pengetahuan yang masih belum dapat digali secara optimal. Untuk menemukan ilmu itu harus melalui pemikiran. Itulah sebagai alsan manusia diberi akal pikiran oleh Allah SWT. Namun, tidak semua ilmu itu dapat dijangkau oleh akal pikiran manusia karena ilmu itu Rahasia Allah.
            Allah maha Agung atas segala ciptaan-Nya. Semakin bertambahnya ilmu yang kita punya maka seharusnya dapat menambahkan rasa syukur kepada Allah maha Luhur. Tidak lain dan tidak hanya Allah menciptakan alam semesta ini untuk memenuhi kelangsungan hidup manusia. Setiap hari kita hidup dalam alam yang penuh karunia Allah.
            Pergunakanlah ilmu yang kita punya untuk meningkatkan keimanan kita pada Allah melalui rasa syukur kita atas segala nikmat dan karunia-Nya









DAFTAR PUSTAKA
Bahasa, Ali, Mahyuddin Syah, dkk. 1982. Karakterisik Perihidup 60 Shahabat Rasululah. Bandung: CV. Diponegoro.
Kamus elektrik Al-Mufid.
Kitab Faidhul qadir juz 2.
Kitab Sunan Al-Baihaqi Al-Kubra.

23 komentar:

  1. naelul amalia azmi
    2021110103
    dam aspek trbawi dijelaskan bahwa Hamba Allah yang terpilih adalah orang yang mengamati matahari, bulan, bintang, dan kegelapan karena tidak semua orang bisa melakukannya...bisa dijelaskan mksdnya? adakah kaitannya dengan keilmuan seseorg??jzk

    BalasHapus
    Balasan
    1. begini penjelasannya....
      ketika kita bisa mendapatkan sesuatu yang belum tentu orang lain bisa maka kita wajib untuk bersyukur kepada Allah. Allah memilih kita untuk menjadi orang menerima nikmatnya dalam hal itu.
      begitu juga dengan keilmuan seseorang, tanpa seizin Allah maka manusia tidak akan mampu menguasai ilmu tersebut.maka manusia itu wajib bersyukur.
      silahkan amati makna hadits lagi, dan dicerna baik-baik maka kamu akan menemukan suatu makna jika kita harus bersyukur kepada Allah atas semua nikmat-Nya

      Hapus
  2. Seberapa pentingkah memperhatikan alam?????bagaimana cara memanfaatkan alam dengan baik??istighfaroh2021110119c

    BalasHapus
    Balasan
    1. amat sangat penting sekali banget......
      karena kita hidup di dunia ini itu berdampingan alam. banyak hal yang kita maanfaatkan dari alam seperi minum dengan air dan masih banyak lagi.
      ketika kita memanfaatkan alam maka kita harus tetap menjaga keseimbangannya, kita tidak boleh rakus dan egois terhadap alam. manfaatkan alam dan tetap jaga keseimbangannya itu cara yang baik yang kita bisa lakukan.....

      Hapus
  3. abdul chamid
    202109113
    bolehkah saya tahu pada hadis atau mufrodat yang mana anda bisa menuliskan aspek tarbawi pada poin 1 dan 2 itu....?terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk aspek tarbawi poin 1 dan 2, saya mengambil hikmah dari kisah perawi haditsnya.....memang tidak tercantum dalam mufrodatnya namun menurut pribadi saya itu bisa dijadikan suatu pembelajaran dalam hidup kita......

      Hapus
  4. nama : mega yuliana
    nim : 2021110137

    salah satu peranan ilmu astronomi yaitu menentukan awal bulan komariah tetapi mengapa dalam menentukan awal bulan hijria banyak ulama berbeda pendapat dalam mentukan 1 syawal?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya itu karena perbedaan cara pandang ulama-ulama tersebut. mereka punya dasar masing-masing untuk menentukan tanggal 1 syawal.
      jika ditanya benar yang mana maka saya kembalikan ke keyakinan masing-masing. karena Allah melarang kita untuk tidak mendekati hal-hal yang syubhat......mana yang kamu yakini maka lakukanlah...!!!!

      Hapus
  5. nama: alfi maziyah
    nim: 2021110115
    kls: c

    mbak zaki............
    mohon diterangkan mengenai syarah hadits tersebut....mungkin bisa diartikan....!!!!!
    matur nuwun..........

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mengartikan secara mendetail per-katanya saya kurang bisa....karena saya belum menemukan kitab syarah yang terjemahan bahasa Indonesia....
      namun bisa sedikit saya terangkan...
      jikalu hamba Allah yang terpilih adalah orang yang bisa memperhatikan bulan, matahari, bintang, dan kegelapan untuk mengingat Allah...
      seperti halnya untuk menentukan waktu-waktu sholat....
      jadi orang tersebut memanfaatkan ilmunya untuk senantiasa mengingat kepada Allah....

      Hapus
  6. riqoh ahmidtsani rosyada
    2021110121

    Assalam....
    mb zaki,
    dimakalah mb hanya diterangkan positif dr ilmu astronomi, Trus bagaimana dg sisi negatifnya ilmu astronomi tsb shg dijadikan ramalan" dsb?

    Bagaimana dg hukum mempelajari ilmu astronomi tsb yg sya sempat dengar d yg tdk memperbolehkannya?
    mtur nwun.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. seuatu itu ada sisi baiknya dan ada sisi buruknya tergantung pada manusianya mb.....
      ya kalau tujuannya untuk ramalan jelas tidak boleh tha....kn kita tidak boleh mendahului takdir Tuhan.....
      untuk masalah ini kita bisa kaitkan dengan qaidah hukum islam dalam pembelajaran makul Masail....."kembali ke niatnya"....

      Hapus
  7. Nama : lutfiyah
    Nim : 202 111 0118
    Apa kaitannya dr aspek trbwi dlm mklah yg brbunyi Jadilah seorang pemimpin yang mampu mengendalikan hartanya bukan dikendalikan oleh hartanya dan Mencari harta dengan jalan yang halal dg mklah anda yg brjudul ttg ilmu astronomi???mhon jelaskn ktrkaitnnya...trmksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. nama : ANisah
      nim : 2021110123
      kelas : C
      dalam arti hadits anda berbunyi "Sesungguhnya hamba Allah yang terpilih yaitu orang-orang yang memperhatikan matahari. bulan, bintang,dan kegelapan untuk mengingat Allah”"
      yang ingin saya tanyakan kegelapan yang di sini dimaksud apa? apakah ada kaitan antara kegelapan dengan astronomi? terimakasih

      Hapus
    2. jawaban untuk luthfiyah:
      aspek itu saya ambil dari biografi perawinya karena dari segi pandang saya hal tersebut ada kaitannya meski tidak secara langsung dijelaskan.
      ketika seorang tersebut dapat mengendalikan hartanya bukan malahan dikendalikan oleh hartanya dan mencari hartanya tersebut dengan jalan Allah (halal) maka sudah pasti dapat dikatakan bahwa orang tersebut selalu mengingat Allah.....
      dalam hadits disebutkan jikalau kita itu memanfaatkan ilmu kita untuk selalu mengingat Allah (gampanya gitu)......

      Hapus
    3. Anisah letak koment anda ada di balasn jadi saya bingung, tak kira mau ngejawab pertanyaan dari luthfiyah ternyata sebuah pertanyaan untuk makalah....
      maaf...
      perkiraan saya...kegelapan disini yang dimaksud adalah kegelapan ruang angkasa karena kalu di TV atau digambar-gambar itu kalau warna angkasa pasti lbih banyak hitamnya....

      Hapus
  8. nama : arham ali firdaus
    nim : 202 111 0101
    sebetulnya aspek terpenting dari hadits anda itu apa?apa kita hanya dituntut untuk mempelajari tentang angkasa saja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak hanya tentang angkasa saja yang perlu dipelajari, semampu kalian ingin mempelajari ilmu apa saja selama tida melanggar syariat agama.....
      aspek yang paling penting itu adalah kita senantiasa harus mengingat Allah atas semua yang sudah kita miliki karena itu merupakan nikmat dari Allah.....yang belum tentu orang lain miliki....

      Hapus
  9. Ayu Listiyaningrum
    2021110138

    pada aspek tarbawi yang point 2 yang "Mencari harta dengan jalan yang halal" itu maksudnya gimana jika dikaitkan dengan hadits tentang astronomi .. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. orang mencari harta itu pasti ada ilmunya juga, meski itu ilmu dari pengalaman tetap saja itu namanya ilmu......
      ketika sesorang itu mencari harta dengan cara yang halal...otomatis orang tersebut selalu ingat dengan Allah dengan ilmunya....

      Hapus
  10. dzikriati solikhaha
    2021110113


    bagaimana tanggapan islam sendiri tentang penggunaan ilmu astronomi yang sekarang ini digunakan sebagai alat untuk meramal yang digunakan oleh para ahli nujum...???

    BalasHapus
    Balasan
    1. pertanyaan anda, pada intinya sama dengan yang ditanyakan oleh mb Riqoh....jadi jawabannnya silahkan lihat di balasan milik mb Riqoh....

      Hapus
  11. 202109210
    kelas C

    bagaimana cara mempelajari ilmu astronomi yang baik agar tidak terjadi kebingungan dalam mempelajarinya...???

    BalasHapus