Laman

Minggu, 18 Maret 2012

C6-35 Dzikriati Sholikhah

HADITS TARBAWI 2

Disusun untuk memenuhi tugas:
           Mata Kuliah : Hadits Tarbawi II
Dosen Pengampu : Muhammad Ghufron,M.S.I.


stain-Pekalongan


Disusun oleh :
Dzikriati Solikhah
2021110113

Kelas : C Tarbiyah PAI


SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN) PEKALONGAN


BAB 1
PENDAHULUAN

Ilmu Fisika adalah ilmu yang mem pelajari gejala alam yang tidak hidup serta interaksi dan lingkup ruang dan waktu. Dalam bahasa Yunani ilmu ini sering disebut dengan phsycos yang artinya alamiah.
Orang yang mempelajari ilmu Fisika adalah mengamati perilaku dan sifat materi dalam bidang yang beragam yang mulai dari partikel submikrokopis yang membentuk segala materi (fisika partikel) hingga perilaku materi alam semesta sebagai satu kesatuan kosmos.
Beberapa sifat disebut sebagai ilmu paling mendasar karena ilmu alam lainnya semua mempelajari jenis sistem materi tertentu yang memenuhi hukum fisika
Semua penjelasan diatas hanya pandangan secara umum saja tentang apa itu ilmu fisika. didalam makalah ini akan dijelaskan bagaimana kedudukan ilmu fisika itu sendiri menurut pandangan Islam yang didasari pada sebuah hadits. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas bersama tentang hadts tersebut dari makalah ini semoga bermanfaat untuk kita semua.
Amiiiinnn.......




BAB 2

PEMBAHASAN

"HADITS TENTANG ILMU FISIKA"

A. Teks Hadits

عبد الله بن عمرو بن العاصي أنه سمع رسول الله صلى الله عليه و سلم قال والذي نفس محمد بيده ان مثل المؤمن لكمثل القطعة من الذهب نفخ عليها صاحبها فلم تغير ولم تنقص
B. Terjemahan Hadits

Dari Abdullah bin Amru bin Ash menceritakan kepadaku, bahwasanya dia mendengar Rasulullah SAW bersabda:" ........Demi zat yang jiwa Muhammad berada ditangan_NYA, sesungguhnya perumpamaan seorang mukmin seperi sepotong emas, pemiliknya meniupnya namun emas itu tidak berubah dantidak berkurang....."

C. Mufrodat

Perumpamaan :  مثل
Sepotong emas :  القطعة
Meniupnya   :  نفخ
Tidak berubah :  فلم تغير
Tidak berkurang :  فلم تغير


D. Biografi Perawi

Abdullah bin Amru bin Ash As sahmi Al-Quraysi. Dia masuk Islam sebelum ayahnya. Abdullah bin Amru bin Ash termasuk ahli ibadah dan ulama' dari kalangan sahabat. Abdullah bin Amru bin Ash lahir pada tahun 583 M. Dia sudah pandai menulis pada masa jahiliah. Dia meminta izin kepada Rasulullah untuk menulis apa yang dia dengar darinya, maka beliau mengizinkannya. Dia ikut dalam beberapa peperangan dan menyabet dari dua pedang sekaligus. Dia membawa panji bapaknya pada perang Yarmuk, mati sahid di perang Shiffin ikut pada pihak Muawwiyah. Muawwiyah mengangkatnya menjadi gubernur di Kuffah dalam beberapa waktu yang tidak terlalu lama. Abdullah bin Amru bin Ash meninggal pada tahun 65 H atau tahun 664 M. Dan hadits-haditsnya dicantumkan dalam kitab-kitab hadits sebanyak 7000 hadits.

E. Keterangan Hadits

Dari Abdullah bin Amr bin Ash dia sesungguhnya dia mendengar Rasulullah saw bersabda : Demi dzat yang jiwa Muhammad berada di Tangan-Nya, sesungguhnya perumpamaan seorang mukmin seperti sepotong emas, pemilik meniupnya namun emas itu tidak berubah dan berkurang


keterangan
Jenis sains atau teknologi apapun yang memuasi keperluan-keperluan manusia, atau berguna bagi hamba-hamba Allah dan menolong mereka mempertahankan hidup mereka, serta memenuhi keperluan sehari-hari mereka adalah diperbolehkan oleh agama untuk diajarkan dan dipelajari tak terkecuali ilmu fisika seperti dicontohkan dalam hadits diatas yaitu menyepuh emas.
Mempelajari alam akan mengungkapkan rahasia-rahasianya kepada manusia dan menampakkan koherensi (keterpaduan), konsistensi, dan aturan di dalamnya. Ini akan memungkinkan menggali kekayaan-kekayaan dan sumber-sumber yang tersembunyi di dalam alam dan mencapai kesejahteraan materi lewat penemuan-penemuan ilmiahnya.



F. Aspek Tarbawi

Seperti yang telah di jelaskan dalam hadits diatas bahwa dalam segi kependidikan semua ilmu mempunyai fungsinya masing –masing, kesemuanya mempunyai peran sendiri-sendiri bagi kehidupan. Dan dalam hadits yang telah dijelaskan diatas lebih dikhususkan pada ilmu alam semesta dan membahas pada ilmu Fisika. Dan dari hadits diatas maka dapat di simpulkan bahwa nilai aspek tarbawinya yang dapat diambil dari hadits tersebut diantaranya:
1.      Seluruh ilmu, baik ilmu agama maupun ilmu alam merupakan alat untuk mendekatkan diri kepada Allah, dan selama memerankan peranan ini, maka ilmu itu suci.
2.      Dalam perspektif ini, aneka ragam pengetahuan termasuk ilmu fisika juga harus kita pelajari dengan seksama, karena ilmu fisika juga mempunyai perana yang sangat penting untuk kehidupan.
3.      Ilmu fisika dapat membantu manusia untuk menggali kekayaan-kekayaan dan sumber daya alam yang bermanfaat bagi kesejahteraan umat.
               











BAB  3
KESIMPULAN

Dari hadits diatas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa jenis ilmu sains atau teknologi apapun yang memuasi keperluan-keperluan manusia, atau berguna bagi hamba-hamba Allah dan menolong mereka mempertahankan hidup mereka, serta memenuhi keperluan sehari-hari mereka adalah diperbolehkan oleh agama untuk diajarkan dan dipelajari tak terkecuali ilmu fisika seperti dicontohkan dalam hadits diatas yaitu menyepuh emas.
Mempelajari alam akan mengungkapkan rahasia-rahasianya kepada manusia dan menampakkan koherensi (keterpaduan), konsistensi, dan aturan di dalamnya. Ini akan memungkinkan menggali kekayaan-kekayaan dan sumber-sumber yang tersembunyi di dalam alam dan mencapai kesejahteraan materiil lewat penemuan-penemuan ilmiahnya.
                                                                                                                                 












DAFTAR PUSTAKA

Dr. Mustafa. Al Wafi Syarah Hadits Arbain Munawir. Jakarta: Pustaka Al kautsar, 2008
Gulsyani, Mahdi, Filsafat Sains Menurut Al-Qur’an. Bandung: Mizan, 1993
Hamid,Abdul. Musnad Imam Ahmad. Jakarta: Pustaka Azzam, 2009
Hasan, Abdillah F. Tokoh-Tokoh Mashur Dunia Islam. Surabaya: Jawara, 2004

17 komentar:

  1. naelul amalia azmi
    2021110103
    menurut pmklah pngobtan habatusauada sjuh mana dkenal oleh msyrakt skrg, mngingt hrgnya yg ckup mhal?dan apa klbihan dari pngobtan ini dbnding pngobtan pada umumnya??

    BalasHapus
  2. nurul islakhah
    2021110139

    habbatussaudah itu bisa di temukan di arab di sekitar al-akhdur aswat, dan juga dapat di temukan di sekitar Iraq, menurut pemakalh apakah tumbuhan habatussaudah hanya hidup didaerah yang tandus saja?adakah tmbuhan tersbut diindonesia?mhon jelskan?

    BalasHapus
  3. abdul chamid
    202109113
    apa maksud dari tidak ada obat kecuali dalam habbatussauda, darinya dapat menyembuhkan kecuali kematian...
    dan bagaimana dengan adanya penyakit sekarang ini yang belum ada obatnya seperti HIV AID apakah bisa disembuhkan dengan habbatussauda....?

    BalasHapus
  4. riqoh ahmidtsani rosyada
    2021110121
    kenapa dalam hadits mb, habbatasauda begitu diistimewakan.
    Bagaimana dengan flora yang Laen yang sesuai tema hadits ' manfaat flora bagi manusia"?

    terima kasih

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayu Kusuma Dewi
      2021110104
      assalaammualaikum , numpang nanyak yaaa mbak inok :) menurut mbak inok bagaimana cara melestarikan obat2n alamiyah, seperti tumbuh-tumbuhan herbal. karna pada realitas sekarang banyak sekali orang yang udah enggak peduli dengan tumbuh-tumbuhan yang bermanfaat disekitar. syukrooon :) waasalaammualaikum wr wb

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  6. dzurrotun nasikhah
    2021110130

    apakah semua flora itu pasti mengandung kemanfaatan? karena pada hakikatnya terdapat tanaman yang keberadaannya malah meresahkan seperti halnya tanaman yang mengandung racun,,

    BalasHapus
  7. Zakirotunnikmah
    2021110112
    C

    "....sesungguhnya perumpamaan seorang mukmin seperi sepotong emas, pemiliknya meniupnya namun emas itu tidak berubah dantidak berkurang..."
    tolong jelaskan makna dari potongan makna matan hadits anda itu....!!!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. seperti halnya dengan emas yang tidak akan pernah berubah kadar karatnya walaupun telah diolah sedemikian rupa,,,perumpamaan mukminpun demikian tidak akan pernah berubah kadar keimanannya meskipun diuji dengan berbagai ujian oleh ALLAH tidak akan merubah rasa imannya kepada ALLAH...

      Hapus
  8. Zakirotunnikmah
    2021110112
    C

    dalam point aspek Tarbawi yang anda cantumkan dalam point 1 menyebutkan tentang "ilmu itu suci".
    sebenarnya konsep ilmu suci itu bagaimana si?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksud dari kata bahwa ilmu itu suci adalah bahwa pada hakikatnya semua ilmu itu mempunyai kedudukan yang sama dalam islam baik itu ilmu agama ataupun ilmu umum....jika ilmu itu digunakan sebagai sarana untuk lebih mendekatkan kita pada sang khaliq yaitu ALLAH AZA WAJALLA....

      Hapus
  9. Zakirotunnikmah
    2021110112
    C

    Bagaimana keterkaitan antara hadits yang anda jelaskan dengan Ilmu Fisika?

    BalasHapus
    Balasan
    1. keterkaitanya hadits dengan ilmu fisika ada pada kata" menyepuh emas....
      karena dalam hal penyepuhan emas ada unsur ilmu fisiknya yaitu mengambil manfaat dari alam atau dengan menyepuh emas itu terdapat unsur-unsur ilmu fisika didalamnya....

      Hapus
  10. Roikhatul Miskiyah
    2021110141

    menurut pemakalah kitannya dengan ilmu fisika pelajaran apa yang dapat kita ambil dari hadits diatas???
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. meniup emas......diartikan sebagai penyepuhan emas....
      dalam proses penyepuhan emas itu terdapat unsur-unsur fisika yang terkait....
      namun jika disuruh menjelaskan tentang ilmu fisika yang terkait itu, saya tidak dapat menjelaskan secara mendetail karena bukan bidang saya di ilmu fisika.....

      yang jelas dalam proses penyepuhan ilmu fisika itu mengalami proses perubahan bentuk.....
      BalasHapus

      Hapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus