Laman

zzz

new post

Jumat, 30 Maret 2012

D7-42 Selly Monika


MAKALAH
MINUMAN KERAS DAN MORAL ENTERTAINMENT MERUSAK HUBUNGAN SOSIAL

Disusun guna memenuhi tugas:
Mata Kuliyah : Hadts Tarbawi II
Dosen Pengampu : Bapak Muhammad Hufron







Disusun oleh :
SELLY MONIKA
2021110179
KELAS D
JURUSAN TARBIYAH (PAI)
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN) PEKALONGAN
2012
BAB 1
PENDAHULUAN
Kita mengatahui bahwa khamr dapat memabukan dan dapat mengagangu kehidupan manusia, sehingga membuat saya mengkaji  makalah ini .
Minuman keras dan amoral entertainment yang merusak hubungan sosial akan menghancurkan kehidupan manusia, pengaruhnya manusia akan memiliki sifat jahat dan keras hati.



















BAB II
PEMBAHASAN
A.    Materi Hadits Minuman Keras dan Amoral Entertainment Merusak Hubungan Sosial

عَن أَبِي مَالِكِ الأَشْعَرِيِّ قَا قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّي اللهُ عَلَيهِ وَسلَّم: لَيَسْرَبَنَّ نَاسٌ مِنْ أُمَّتِي الخَمْرُ يُسَمُّو نَهَا بِغَيْرِاسْمِهَا يُعْزَفُ عَلَي رُءُوسِهِمْ بِالْمَعَازِفِ وَالْمُغَنِّيَاتِ يَخْسِفُ اللهُ بِهِمْ الْأَرْضَ وَيَجْعَلُ مِنْهُمْ الْقِرَدَ ةَ وَالْخَنَازِيْرَ

B.     Terjemahan
Dari Abu Malik al Asy’ari berkata: “Rosulluah SAW bersabda: Sungguh, akan ada orang-orang dari umatku yang meminun khamr, mereka menamakanya dengan selain namanya bernyanyi sambil memanggul alat musik diatas mereka dan penyanyi wanita, Allah akan menghalangkan bumi mereka (memberi bencana) dan menjadikanya mereka sama derajatnya dengan kera babi.”


C.     Mufrodat

TERJEMAH
ARAB
Dari Abu Malik al Asy’ari berkata
عَن أَبِي مَالِكِ الأَشْعَرِيِّ قَالَ

Rosulluah SAW bersabda

قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّي اللهُ عَلَيهِ وَسلَّم:

Sungguh akan ada dari orang-orang dari umatku yang meminum khamr
لَيَسْرَبَنَّ نَاسٌ مِنْ أُمَّتِي الخَمْرُ

Mereka menamakanya dengan selain namanya
يُسَمُّو نَهَا بِغَيْرِاسْمِهَا يُعْزَف

Bernyanyi sambil memanggul alat musik mereka
عَلَي رُءُوسِهِمْ بِالْمَعَازِفِ

Dan penyanyi wanita
وَالْمُغَنِّيَاتِ يَخْسِفُ

Allah akan menghalangkan bumi mereka (memberi bencana)
اللهُ بِهِمْ الْأَرْضَ

Dan menjadikannya mereka
وَيَجْعَلُ مِنْهُمْ

Sama derajatnya dengan kera babi
الْقِرَدَ ةَ وَالْخَنَازِيْرَ




D.    Biografi
 Abu malik al Asy’ari atau al Harits bin Ashim al Asy’ari adalah kabilah yang masyur dinegeri Yaman. Beliau datang kepada Rosulluah bersama orang-orang asy’ar dan dianggap sebagai orang-orang syam. Beliau juga sahabat Nabi yang meriwayatkan hadits sebanyak 27 hadits.
Abu Malik al Asy’ari meninggal pada masa kekhalifahan Umar bin Al-khatab karena penyakit pes(thaun) pada tahun 18 Hijriah.[1]


E.     Keterangan Hadits


(ليشربن أناس) في رواية ناس (من أمتي الخمر) قال الطيبي : إخبار فيه شائبة إنكار (يسمونها بغير اسمها) يتسترون في شربها بأسماء الأنبذة المباحة أي يشربون النبيذ المطبوخ بالسكر ويسمونه طلا تحرجا أن يسموه خمرا وذلك لا يغني عنهم من الحق شيئا وقيل : أراد يغيرون صفتها ويبدلون اسمها ويبقى معناها ، قال ابن العربي في العارضة : والذين أنذر عليه السلام بهم هم الحنفية فإنها طبخت لتزبل عنه بزعمها اسم الخمرية وتشربه باسم آخر

Dalam suatu riwayat at-thibi berkata bahwa pernah mendengar manusia umat Nabi Muhammad yang mengatakan menamakan khamr dengan selain namanya,menutup-nutupi saat meminumnya dengan nama sari-sari buah yang telah dimasak menjadi minuman yang memabukan dengan proses yang lama sehingga bila disebut khamr hal itu tidak menjadi perkara.dan imam at-thibi mengatakan juga “seseorang yang berkehendak untuk merubah sifat dan mengganti namanya padahal hal itu maknanya tetap sama.
Ibnu arobi dalam kitabnya yang mengatakan bahwa mereka yang meminum khamr ditakut-takuti rosulluah sesuai yang diterangkan hadits diatas dan mereka itu dari golongan hanafiyah.
Maka sari buah yang dimasak dan menghasilkan sari-sarinya tetap disebut dengan khamr walaupun menamainya dengan selain namanya[2].

F.      Aspek-aspek Tarbawi
Dari beberapa penjelasan diatas dapat diambil beberapa aspek tarbawi terkait dengan kajian minuman keras dan amoral entertainment yang merusak hubungan sosial. Minuman keras yang memabukan walaupun dinamai dengan selain khamr adalah haram hukumnya, karena minuman keras terbuat dari perasan kurma kering dan kurma ranum serta campuran bahan-bahan lainya yang memabukan. Minuman keras juga dapat mengakibatkan rusaknya tatanan sosial yang merupakan salah satu pertanda datangnya hari kiamat. Oleh karena itu allah mengharamkan manusia meminum-minuman keras.[3]
Kehidupan bebas manusia sering membuat manusia tidak memiliki moral dan berisiko menghancurkan kehidupan manusia sendiri, kehidupan bebas yang tidak bermoral seperti berminum-minuman keras, bernyanyi dengan seorang wanita secara tidak sadar akan menghancurkan dirinya sendiri. Pengaruhnya manusia akan memiliki sifat jahat dan keras hati yang dapat merusak hubungan sosial dengan manusia lainya. Manusia harus bisa menjauhi perbuatan amoral yang merusak hubungan sosial agar manusia beruntung, tidak kehilangan jati diri dan dapat terhindar dari rusaknya jiwa. Dalam pendidikanpun moral dianggap sangat penting, pendidik dan peserta didik dalam sikap dan perilakunya harus sesuai dengan norma moral agama ataupun norma moral lainya yang berlaku dimasyarakat.[4]










BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Apabila seseorang yang meminum khamr dan menamakanya dengan selain namanya,atau sifatnya padahal maknanya sama tetap disebut dengan khamr maka Allah akan menghalangkan bumi mereka (memberi bencana) dan menjadikanya sama derajatnya dengan kera babi.
B.     Saran
Manusia harus bisa menjauhi minuman keras serta sikap moral yang dapat merusak hubungan sosial. Karena telah dijelaskan diatas minuman keras adalah hukumnya haram dan seseorang yang tidak memiliki moral seperti berminum-minuman keras atau bernyanyi dengan penyanyi wanita maka allah akan menghalangkan bumi mereka (memberi bencana) dan akan menyamakan derajat mereka sama dengan kera babi.   































DAFTAR PUSTKA
 Al – askolani, Ibnu Hajar 1995.Tahrib at  Tahdib jilid 1.Dar al fikri:Beirut
Faidhul Qodir jus 5
Prof.Dr.T.M Hasbi Ash-Shiddieqi 1979.Mutiara Hadits.Bulan bintang
www.wordpress.com.syakir,Abi.2010
      










































































































































































































































[1] Ibnu Hajar al-Askolani,Tahrib at Tahdib(beirut,Dar al fikri,1995)jilid 1.halm 761
[2] Faidhul Qodir jus 5,hal498
[3] Prof.Dr.Ash-Shiddieqi,TM Hasbi,Mutiara hadits(Bulan bintang,1979)hal598
[4] www.wordpress.com.syakir,Abi.2010

26 komentar:

  1. NAMA:DEWI KURNIASIH
    NIM:2021110156
    KELAS:D
    yang di maksud dengan sama derajatnya dengan kera babi itu bagaimana????

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang dimaksud dengan sama derajatnya dengan kera babi disini adalah orang-orang dari umat nabi Muhammad yang suka minum-minuman keras walaupun menamainya dengan selain khamr dan orang-orang yang tidak memiliki moral seperti orang yang mencari hiburan dengan penyanyi wanita maka diakhirat kelak allah akan menyamakan derajatnya dengan seperti hewan kera dan babi dan tidak dianggap derajatnya sebagai manusia

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. NAMA : M SYAUQIL MALIK
    NIM : 2021110180
    KELAS : D


    Bagaimana mencetak peserta didik untuk masa depan mereka agar mereka mempunyai moral ataupun akhlak yang bagus dan tidak mudah terpengaruh dengan perkembangan zaman yang notabenya dari orang orang barat???

    BalasHapus
    Balasan
    1. dengan cara mencetak generasi muda dari sd sampai pt yang bermoral dimana proses pendidikan harus membawa peseta didik kearah kedewasaan,jujur,berakhlak mulia dan berbudi pekerti. sehingga peserta didik tidak akan mudah terpengaruh budaya barat. dengan kata lain transformasi ilmu pengetahuan di sd sampai pt sang pendidik harus memiliki moralitas yang bisa dijadikan panutan peserta didik.

      Hapus
    2. Jadi disini bahwa untuk mencetak peserta didik yang bermoral baik dan agar tidak mudah terpengaruh dengan orang-orang barat adalah dimulai dari mencetak dari generasi SD sampai PT harus memilih seorang pendidik yang memiliki moral ataupun akhlak yang baik seperti jujur, sopan, disiplin dan sebagainya karena transformasi ilmu pengetauan yang baik dimulai dari seorang pandidiknya.karena seorang paendidik adalah panutan untuk peserta didiknya. seperti dalam surat Al-Kahfi ayat 66 yang artinya: Musa berkata kepada khidhr,"Bolehkah aku mengikutimu supaya kamu mengajarkan kepadaku ilmu yang benar diantara ilmu-ilmu yang telah diajarkan kepadamu?
      dalam surat ini dapat kita ambil poin penting bahwa setiap peserta didik pasti akan mengikuti pendidiknya. oleh karena itu seorang pendidik harus dapat mengajarkan ilmu yang benar.
      blog.um.ac.id/uncategorized

      Hapus
  3. nama : suci widiatmi
    nim : 2021110187


    bagaimana cara orang tua dalam mendidik anaknya agar tidak terjerumus kedalam pergaulan yang salah di zaman modern ini???

    BalasHapus
    Balasan
    1. dengan cara memberikan pengetahuan agama yang lebih pada anak dan orang tua hendaklah mencontohkan perilaku moral yang baik. agar anak memiliki pegangan agama yang kuat, sehingga anak tidak mudah terjerumus pergaaulan yang salah

      Hapus
    2. Al qur'an surat asy-syuara ayat 214, dimana kita dapat mengambil poin penting dari ayat ini bahwa peranan orang tua sangat penting dalam pendidikan agama bagi anak. mengingat setiap anak dilahirkan dalam keadaan fitrah dan orang tuanyalah yang menjadikan anak itu yahudi atau nasrani.
      file//makalah%20%20%Tafsir%20%ayat%pendidikan%20.naralawiyah.htm

      Hapus
  4. Nama: Sustianah
    NIM : 2021110154
    pertanyaan:
    apakah setiap moral intertainment itu merusak hubungan sosial???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Belum tentu tergantung perilaku Entertainment itu sendiri, dan perilaku Entertainment yang merusak hubungan sosial adalah perilaku orang-orang yang suka mencari hiburan dengan minum-minuman keras dan bernyanyi dengan penyanyi wanita, sehingga pengaruhnya akan memiliki sifat jahat dan keras hati dan hal itu tentu akan merusak hubungan sosial manusia dengan manusia lain.
      www.wordpress.com.syakir,Abi.2010

      Hapus
  5. nama : ifada roudhotul chusna
    nim : 2021110173
    kelas : D

    Bagaimana solusinya untuk memperbaiki akhlak seseorang yang sudah sudah terjerumus kehal negatif seperti di makalah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Al qur'an surat asy-syuara ayat 214, dimana dari ayat ini dapat diambil poin penting bahwa dengan cara dimulai dari orang-orang dekat, keluarga mendekatinya dengan pelan-pelan dan memberikan nasehat yang baik serta memberikan pengetahuan agama yang lebih

      Hapus
    3. Jadi dari surat asy-syuara ayat 214 yang artinya, "Dan berilah peringatan kepada kerabat-kerabatmu yang terdekat.

      disini dapat kita ambil poin pentingnya bahwa untuk memperbaiki akhlak seseorang yang buruk, misalnya contoh seseorang yang sudah terjerumus ke hal negatif berarti dengan cara dari orang-orang dekat seperti, keluarga, teman dekat untuk mendekatinya dengan pelan-pelan dan memberinya nasehat atu peringatan.

      Hapus
  6. Nama : Himatul hidayah
    kelas: D
    Nim : 2021110174
    Bagaimana cara mengfilter ilmu pengetahuan yang dalam ini pengetahuan tentang khamr yang terkadang pengetahuan tersebut malah menimbulkan adanya penasaran dan rasa ingin mencobanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dengan cara memberikan pengetahuan agama tentang hukum kekharaman khamr itu sendiri serta ancaman allah bagi yang meminumnya.kemudian berikan informasi tentang dampak ataupun akibat bagi seseorang yang meminum khamr.sehingga tidak akan ada rasa penasaran untuk mencoba meminumnya

      Hapus
  7. nama : asmaul fauziah
    kelas : D
    nim : 2021110165
    apa dampak fisik dan psikologis bagi orang yang suka minum khamr?
    dan di atas di jelaskan bahwa khamr dapat merusak tatanan sosial bisa di jelaskan lebih rinci lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. dampak fisik akibatnya seseorang akan memiliki badan semakin kurus, mempunyai penyakit paru-paru,dan sebagainya. dampak psikologisnya, seseorang akan timbul dalam dirinya sifat keras hati dan sifat jahat. maksud dari khamr dapat merusak tatanan sosial adalah menurut hadits riwayat syaikhani melalui anas yang r.a berkata "Salah satu pertanda rusaknya tatanan sosial pada hari kiamat adalah khamr banyak diminum.
      H.Hakim Taufiqul,mutiara Hadits(jepara:PT Darul falah,2006)halm,10

      Hapus
  8. nama : zulfa nurfitriana
    kelas : D
    Menurut anda moral-moral entertaiment yang dapat merusak hubungan sosial itu seperti apa contohnya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin pertanyaan anda hampir sama dengan jawaban dari mbak susti yaitu contoh dari perilaku amoral entertainment yang merusak hubungan sosial adalah perilaku seseorang yang suka mencari hiburan dengan berminum-minuman keras dan bernyanyi dengan penyanyi wanita dan hal itu pengaruhnya seseorang itu memiliki sifat jahat dan keras hati dan oleh sibabnya tentu dari sifat itu dapat merusak hubungan sosial dengan orang lain.
      www.wordpress.com.syakir,Abi.2010

      Hapus
  9. NAMA : SRI DIANAH
    NIM : 2021110171
    KELAS : D

    Apa yang akan Anda lakukan jika melihat seseorang minum khamr di depan Anda? Karena sekarang banyak orang yang secara terang-terangan melakukan hal tersebut. Apalagi kita adalah calon pendidik.

    BalasHapus
  10. yang saya lakukan jika melihat seseorang yang secara terang-terangan minum-minuman keras didepan saya, saya akan menghampiri dan menasehatinya. seperti yang dapat diambil dari point surat at tahrim ayat 6. bahwa memberikan nasehatnya itu dengan niat yang tulus dan semata-mata demi meraih ridha allah, melaksanakan syariah islam dan juga untuk melaksanakan dakwah

    BalasHapus