Laman

1111

Senin, 24 September 2012

SBM H3: Pendekatan Pembelajaran

SBM H3: Pendekatan Pembelajaran - word

SBM H3: Pendekatan Pembelajaran - ppt






MAKALAH
PENDEKATAN BELAJAR MENGAJAR
Disusun Guna Memenuhi Tugas
Mata Kuliah  : Strategi belajar mengajar
Dosen Pengampu  : Ghufron Dimyati, M.S.I

Description: D:\New folder\stain-pekalongan.gif
Disusun oleh
Lukmanul Ma’arif                 202 111 0366
Anis Tia Mely Azkiati            202 111 0367
M. Mastur Hilmi                    202 111 0368
Muhammad Rizqon               202 111 0369

Kelas H

JURUSAN TARBIYAH PAI
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN) PEKALONGAN
2012
BAB I
PENDAHULUAN

Dalam kegiatan belajar mengajar yang berlangsung telah terjadi interaksi yang bertujuan. Ketika kegiatan belajar mengajar itu berproses, guru harus dengan ikhlas dalam bersikap dan berbuat, serta mau memahami anak didiknya dengan segala konsekuensinya. Semua kendala yang terjadi dan dapat menghambat jalannya proses belajar mengajar, baik yang berpangkal dari prilaku anak didik maupun yang bersumber dari luar diri anak didik harus guru hilangkan dan bukan membiarkannya. Karena keberhasilan belajar mengajar lebih banyak oleh guru dalam mengelola kelas.
Dalam mengajar, guru harus pandai menggunakan pendekatan secara aktif dan bijksana, bukan sembarangan yang bisa merugikan anak didik. Pandangan guru terhadap anak didik akan menentukan sikap dan perbuatan. Setiap guru tidak mempunyai pandangan yang sama dalam menilai anak didik. Hal ini akan mempengaruhi pendekatan yang guru ambil dalam pengajaran. 











BAB II
PEMBAHASAN

A.    PENGERTIAN PENDEKATAN BELAJAR MENGAJAR
Pendekatan diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih umum, didalamnya mewadahi, mengispirasi, menguatkan dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoritis tertentu.
Pada dasarnya pendekatan pembelajaran berbeda dengan metode pembelajaran. Pendekatan lebih menekankan pada strategi dalam perencanaan, sedangkan metode lebih menekankan pada teknik pelaksanaannya.
Satu pendekatan direncanakan untuk satu penbelajaran, mungkin dalam pelaksanaan proses tersebut digunakan beberapa metode.[1]
B.     MACAM-MACAM PENDEKATAN BELAJAR MENGAJAR
1.      Pendekatan yang berhubungan dengan penyampaian materi
a.       Pendekatan kompetensi
Kompetensi merupakan indikator Kompetensi merupakan indikator yang menunjuk kepada perbuatan yang bisa diamati dan sebagai konsep yang mencakup aspek-aspek pngetahuan, ketrampilan, nilai dan sikap serta tahapan-tahapan pelaksanaannya secara utuh.[2]
b.      Pendekatan lingkungan
Belajar dengan pendekatan lingkungan berarti peserta didik mendapatkan pengetahuan dan pemahaman dengan cara mengamati sendiri apa-apa yang ada di lingkungan sekitar, baik di lingkungan rumah maupun lingkungan sekolah.
c.       Pendekatan kontekstual
Pembelajaran kontekstual (contekstual teaching and learning) yang sering disebut CTL. CTL merupakan konsep pembelajaran yang menekankan kepada keterkaitan materi pembelajaran dengan dunia kehidupan peserta didik secara nyata, sehingga para peserta didik mampu menghubungkan dan menerapkan konsep hasil belajar dalam kehidupan sehari-hari.[3]
d.      Pendekatan tematik
Pendekatan tematik merupakan pendekatan pembelajaran untuk mengadakan hubungan yang erat dan serasi antara berbagai aspek yang mempengaruhi peserta didik dalam proses belajar. Oleh karena itu pendekatan tematik sering juga disebut pendekatan terpadu.[4]
e.       Pendekatan tujuan pembelajaran
Pendekatan ini berorientasi pada tujuan akhir yang ingin dicapai.
f.       pendekatan konsep
Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan konsep berarti siswa dibimbing memahami suatu bahasan melalui pemahaman konsep yang terkandung didalamnya.
g.      Pendekatan inquiri
Penggunaan pendekatan inquiri berarti membelajarkan siswa untuk mengendalikan situasi yang dihadapi ketika berhubungan dengan dunia fisik yaitu dengan menggunakan teknik yang digunakan oleh para ahli peneliti.
h.      Pendekatan penemuan
Penggunaan pendekatan penemuan berarti siswa diberi kesempatan untuk menemukan sendiri fakta dan konsep tentang fenomena ilmiah.
i.        Pendekatan proses
Pada pendekatan proses, tujuan utama pembelajaran adalah mengembangkan kemampuan siswa dalam ketrampilan proses.
j.        Pendekatan interaktif
Pendekatan ini memberi kesempatan kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan dan kemudian melakukan penyelidikan yang berkaitan dengan pertanyaan yang mereka ajukan.

k.      Pendekatan pemecahan masalah
Pendekatan ini berangkat dari masalah yang harus dipecahkan melalui praktikum atau pengamatan.
l.        Pendekatan sains teknologi masyarakat (STM)
Pembelajaran sains dengan menggunaka pendekatan STM  mempunyai beberapa perbedaan jika dibandingkan dengan cara biasa.
m.    Pendekatan keagamaan
Untuk mata pelajaran umum, pendekatan keagamaan sangat penting digunakan. Hal ini dimaksudkan agar nilai budaya ilmu tidak sekuler, tetapi menyatu dengan nilai agama.
n.      Pendekatan keterampilan proses
Pendekatan ketrampilan proses merupakan pendekatan pembelajaran yang menekankan pada proses belajar, aktivitas dan kreativitas peserta didik dalam memperoleh pengetahuan, ketrampilan, nilai dan sikap serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.[5]
o.      Pendekatan kebermaknaan
Bahasa adalah alat untuk menyampaikan dan memahami gagasan, pikiran, pendapat dan perasaan, baik secara lisan maupun tulisan. Dalam rangka penguasaan bahasa guru tidak bisa mengabaikan masalah pendekatan dalam proses belajar mengajar. Diantara sebab kegagalan penguasaan bahasa oleh siswa adalah kurang tepatnya pendidikan yng digunakan oleh guru. Karenanya perlu dipecahkan. Salah satu alternatif  kearah pemecahan masalah tersebut maka digunakanlah pendekatan kebermaknaan.[6]
2.      Pendekatan yang berhubungan dengan penciptaan kondisi pembelajaran
a.       Pendekatan system
Pendekatan sistem yang diterapkan dalam pembelajaran bukan saja sesuai dengan perkembangan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi, tetapi juga sesuai dengan perkembembangan dalam psikologi belajar sistemik, yang dilandasi oleh prinsip-prinsip psikologi behavioristik humanistik, serta dalam kenyataan masyarakat sendiri.[7]
b.      Pendekatan penularan informasi
Pendekatan ini merupakan cermin pengajaran yang dialami kebanyakan guru. Pendekatan ini memberikan kepada mereka yang berusaha menilai hasil pendidikan dengan menularkan pengetahuan yang telah diketahui.[8]
c.       Pendekatan individual
Di kelas ada sekelompok anak didik . mereka belajar dengan gaya yang berbeda beda. Prilaku mereka juga bermacam macam cara mengemukakan pendapat, cara berpakaian, daya serap, tingkat kecerdasan dsb, selalu ada variasinya. Masing-masing  anak didik memang mempunyai karakteristik tersendiri yang berbeda dari satu anak didik dengan anak didik lainya .
Perbedaan individual anak didik tersebut memberikan wawasan kepada guru bahwa strategi pengajaran harus memperhatikan perbedaan anak didik pada aspek individual ini .
d.      Pendekatan kelompok
Anak didik adalah sejenis mahluk homosocius, yakni mahluk yang berkecenderungan untuk hidup bersama.
Dengan pendekatan kelompok , di harapkan dapat di tumbuh kembangkan rasa sosial yang tinggi pada diri setiap anak didik. Mereka di bina untuk mengendalikan rasa egois yang ada dalam diri mereka masing- masing, sehingga terbina sikap kesetiakawanan sosial dikelas.
Anak  didik dibiasakn hidup bersama, bekerjasama dalam kelompok, akan menyadari bahwa dirinya ada kekurangan dan kelebihan.
e.       Pendekatan bervariasi
Ketika guru dihadapkan kepada permasalahan anak didik yang bermasalah,maka guru akan berhadapan dengan permasalahan anak didik yang bervariasi. Setiap masalah yang dihadapi oleh anak didik tidak selalu sama, terkadang ada perbedaan.
Pendekatan bervariasi bertolak dari konsepsi bahwa permasalahan yang dihadapi oleh setiap anak didik dalam belajar bermacam-macam. Kasus yang biasanya muncul daam pengajaran dengan berbagai motif, sehingga diperlukan variasi teknik pemecahan untuk setiap kasus.
f.       Pendekatan edukatif
Setiap tindakan,sikap dan perbutan yang guru lakukan harus bernilai pendidikan, dengan tujuan untuk mendidik anak didik agar menghargai norma hukum, norma susila, norma moral, norma sosial dan norma agama.
Tindakan guru karena dendam,marah, kesal,benci dan sejenisnya bukanlah termasuk perbatan mendidik, karena apa yang guru lakukan itu menurutkan kata hati atau untuk memuaskan hati.[9]


















BAB III
PENUTUP
Simpulan :
Pendekatan dalam belajar mengajar ada dua , meliputi :
1.      Pendekatan yang berhubungan dengan penyampaian materi
a.       Pendekatan kompetensi
b.      Pendekatan lingkungan
c.       Pendekatan kontekstual
d.      Pendekatan tematik
e.       Pendekatan tujuan pembelajaran
f.       pendekatan konsep
g.      Pendekatan inquiri
h.      Pendekatan penemuan
i.        Pendekatan proses
j.        Pendekatan interaktif
k.      Pendekatan pemecahan masalah
l.        Pendekatan sains teknologi masyarakat (STM)
m.    Pendekatan keagamaan
n.      Pendekatan keterampilan proses
o.      Pendekatan kebermaknaan
2.      Pendekatan yang berhubungan dengan penciptaan kondisi pembelajaran
a.       Pendekatan system
b.      Pendekatan penularan informasi
c.       Pendekatan individual
d.      Pendekatan kelompok
e.       Pendekatan bervariasi
f.       Pendekatan edukatif




DAFTAR PUSTAKA

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Mustakim, Zaenal. 2011. Strategi dan Metode Pembelajaran. Pekalongan: STAIN Pekalongan Press



[1] Zaenal Mustakim, Strategi dan Metode Pembelajaran, (Pekalongan: STAIN Peklongan Press,2011), h. 72
[2] Ibid, h.73
[3] Ibid, h. 76-77
[4]Ibid, h. 80
[5] Ibid, h.82-85
[6] Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan zain, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 2002), h.79
[7] Zaenal Mustakim, Op.Cit, h. 87
[8] Ibid, h. 90
[9] Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, Op. Cit., h.62-70

36 komentar:

  1. Nama : mei andriyanti
    Nim : 202 111 0384
    Kls : H

    Dari berbagai macam pendekatan, pendekatan manakah yang paling efektif?
    Dan tolong dari macam-macam pendekatan manakah yang sesuaikan dengan macam -macam pembelajaran?

    BalasHapus
    Balasan
    1. semua pendekatan yang sudah ada itu menurut saya baik dan efektif namun itu semua sesuai kondisi keadaan kelas yang ada pada saat proses pembelajaran berlangsung. sepandai-pandainya guru menyiasatinya dengan keadaan yang adapada saat tersebut.

      Hapus
    2. terus kita sebagai calon guru bagaimana cars melakukan suatu pendekatan yang mana masing-masing anak berbeda-beda,apakah kita juga harus melakukan pendekatan yang berda-beda dalam 1 ruanglingkup yang sama?

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Nama : Krisna Ayu Diana
    NIM : 2021110348
    Kelas: H

    1. Pada penjelasan mengenai pendekatan keagamaan di atas, saya belum bisa memahami penjelasan yang ada. mohon untuk lebih diperjelas lagi.
    2. apakah bisa dalam suatu proses pembelajaran itu menggunakan lebih dari satu pendekatan? atau bagaimana? terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. M. Mastur Hilmi
      2021110368
      pendekatan agama merupakan pendekatan yang memasukkan unsur-unsur agama dalam setiap mata pelajaran dan untuk menanamkan jiwa agama kepada dalam diri siswa. Misalnya guru dapat menyisipkan pesan-pesan keagamaan untuk semua mata pelajaran umum, seperti guru menerangkan pelajaran biologi atau fisika. Di situ telah disebutkan di dalam Al Qur’an surat yasiin ayat 34, 36, 37, 38, 39 dan 40 dengan tujuan untuk memperkecil kerdilnya jiwa agama di dalam diri siswa yang pada akhirnya nilai-nilai agama tidak dicemoohkan dan dilecehkan, tetapi diyakini, dipahami, dihayati dan diamalkan oleh siswa tersebut.menurut saya tidak bisa dalam proses pembelajaran yang dapat digunakan hanya satu pendekatan saja, karena dari berbagai macam pendekatan diatas bila digunakan bersama sama tidak relevan,

      Hapus
  4. Nama : Bariroh
    NIM : 2021 111 029
    Kelas: E (H)

    Dalam makalah diatas disebutkan bahwa pendekatan kontekstual atau CTL menghubungkan materi dann kehidupan sehari-hari peserta didik' la bagaimana pengaplikasian nya dalam proses belajar?
    dan tujuan adanya pendekatan-pendekatan itu apa?

    BalasHapus
  5. farah dibha (2021110357)

    Pada pendekatan sains teknologi masyarakat (STM), terdapat beberapa perbedaan jika dibandingkan dengan cara biasa.
    apa perbedaannya??

    BalasHapus
  6. 2021110343

    Apa manfaat dari pendekatan itu sendiri?
    dan manfaat dalam melajar mengajar??

    BalasHapus
    Balasan
    1. M. Mastur Hilmi
      2021110368

      menurut saya pendekatan sendiri itu artinya sudut pandang atau pandangan seseorang terhadap suatu hal. pandangan seseorang itu menentukan apa yang akan dilakukan terhadap hal tersebut. sedangkan dalam hal belajar mengajar, pendekatan digunakan oleh seorang guru untuk menentukan bagaimana proses pembelajaran itu akan dilakukan nantinya.

      Hapus
    2. pendekatan dapat dijadikan pengajar sebagai pedoman umum dalam menyusun langkah-Iangkah metode pengajaran yang akan digunakan. Dari pendekatan yang dipilih oleh pengajar, maka akan melahirkan metode yang berbeda-beda.Artinya, metode suatu bidang studi, ditentukan oleh pendekatan yang digunakan

      Hapus
  7. Nama : Suswati
    NIM : 2021110358
    Kelas : H

    Dalam kegiatan belajar mengajar, manakah yang lebih diutamakan antara metode dengan pendekatan belajar mengajar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. M.Mastur Hilmi
      2021110368
      Menurut saya keduanya sama2 diutamakan, karena dalam penggunaan satu pendekatan pembelajaran itu akan memunculkan beberapa metode. keduanya tak dapat dipisahkan kare pendekatan merupakan perencanaan/planing dari pelaksanaan pembelajaran sedangkan metode merupakan teknik untuk merealisasikan pendekatan yang akan dipakai dalam pembelajaran.

      Hapus
  8. Nama : Risnatul Khikmah
    NIM : 2021110374
    KELAS : H

    Pendekatan-pendekatan yang telah disebutkan dalam makalah, sekiranya mana yang lebih cocok untuk PAUD/TK, SMP/MTs, SMA/MA?

    BalasHapus
    Balasan
    1. to the point ...

      PAUD/TK =
      > Pendekatan lingkungan
      > Pendekatan kompetensi

      SMP =
      > Pendekatan kontekstual
      > Pendekatan kontekstual

      SMA/MA
      > Pendekatan tujuan pembelajaran
      > Pendekatan bervariasi

      untuk lebih jelasnya mungkin kita bahas besok secara rinci ,,, makasihhh :)

      202 111 0366

      Hapus
  9. Nama : Nur Faizah
    NIM : 2021110347
    Kelas: H

    menurut pemakalah pendekatan mana yang paling efektif di lakukan pada belajar mengajar

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmmm ... pendekatan itu semua sama baiknya kalo diterapkan .. hanya saja punya tempat masing2 dalam penerapanya ... pendekatan yang paling efektif ya kita terapkan sesuai dengan tingkatan masing2 dunk .. kan antara jenjang SD SMP SMA berbeda cara pendekatanya ..untuk lebih lanjut entar kita bahas pas team kita menampilkan performance kita :)

      202 111 0366

      Hapus
  10. 2021110333
    fatwa adina

    Apakah semua pendekatan mempunyai syarat yang sama untuk bisa digunakan dalam belajar mengajar ataukah berbeda?

    BalasHapus
  11. Nurul Hidayah
    2021110339
    Pada makalah telah diterangkan bahwa "pendekatan inquiri berarti membelajarkan siswa untuk mengendalikan situasi yang dihadapi ketika berhubungan dengan dunia fisik yaitu dengan menggunakan teknik yang digunakan oleh para ahli peneliti"
    Bagaimana cara penerapan pendekatan tersebut terhadap siwa?

    BalasHapus
  12. Nurul Hidayah
    2021110339
    Pada makalah telah diterangkan bahwa "pendekatan inquiri berarti membelajarkan siswa untuk mengendalikan situasi yang dihadapi ketika berhubungan dengan dunia fisik yaitu dengan menggunakan teknik yang digunakan oleh para ahli peneliti"
    Bagaimana cara penerapan pendekatan tersebut terhadap siwa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penerapan Pendekatan Inkuiri :
      1.Guru menjadi fasilitator dan pemandu
      2.Diskusi kelas
      3.Siswa memproses informasi
      4.Siswa melakukan praktek lapangan
      5.Banyak melakukan pembelajaran singkat

      Hapus
  13. nama :linda puspitasari
    nim :2021110344

    apa yang membedakan pendekatan sains teknologi masyarakat dengan pendekatan yang lain.????

    BalasHapus
  14. Nama : siti mutoharoh
    nim : 2021110346

    bagaimana penerapan pendidikan inquiri dalam proses pemelajaran sendiri. apakah hanya memfokuskan pada praktek saja atau bagaimana.???

    BalasHapus
  15. nama: ida rosyida
    nim : 2021110351

    apakah kelebihan dan kekurangan dari masing-masing pendekatan belajar mengajar yang ada?????

    BalasHapus
  16. M. Nurul Amin
    202 111 0383

    Dari berbagai Pendekatan belajar mengajar, mana yang lebih spesifik menurut kelompok anda ?
    Kalau pendekatan ini dilaksanakan dalam kelas, kesulitan apa yang mungkin muncul? Menurut Anda, bagaimana cara mengatasinya?


    Class "H"

    BalasHapus
  17. di atas ada kalimat "Perbedaan individual anak didik tersebut memberikan wawasan kepada guru bahwa strategi pengajaran harus memperhatikan perbedaan anak didik pada aspek individual ini"...
    pertanyaannya,,, bagaimana cara guru untuk mengetahui perbedaan" individual anak didiknya??

    BalasHapus
  18. di atas ada kalimat "Perbedaan individual anak didik tersebut memberikan wawasan kepada guru bahwa strategi pengajaran harus memperhatikan perbedaan anak didik pada aspek individual ini"...
    pertanyaannya,,, bagaimana cara guru untuk mengetahui perbedaan" individual anak didiknya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara guru agar mengetahui perbedaan-perbedaan individual yang ada pada anak didik yaitu dengan melihat, mengamati, mencermati tingkah pola nak didik di dalam kelas atau penelitian tindakan kelas(PTK).dengan cara demikian kita sebagai guru dapat mengambil sikap yang harus dilakukan dalam mengatasi perbedaan-perbedaan yang ada.

      2021110369

      Hapus
  19. Sokhiyah
    2021110379
    apakah semua pendekatan bisa digunakan secara bersamaan dalam suatu pembelajaran?
    jelaskan...!

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa ! pendekatan seorang pendidik melihat dari situasi peserta didiknya dan hal itu tergantung dari kreatifitas sang pendidiknya bu???

      Hapus
  20. pendekatan yang bagaimanakah yang sering monoton dan tidak efektif menurut anda? terima kasih dan salam kenal all....

    BalasHapus
  21. menanggapi sistem pendidikan di Indonesia yang tidak konsisten , dari kurikulum CBSA,KBK, dan KTSP, namun dengan sistem evaluasi yang sama yaitu UAN yang berorientasi pada pengembangan aspek kognitif, maka anda sebagai calon guru apakah akan tetap menggunakan pendekatan yang berorientasi pada proses belajar atau akan mengembangkan pola pembelajaran yang diarahkan agar siswa dapat menjawab dan mengerjakan soal-aoal hapalan?

    BalasHapus
  22. Adin Refqi Larenurifta
    2021110354

    Dalam satu kelas masing-masing anak didik mempunyai gaya belajar yang berbeda-beda, ada yang mempunyai gaya belajar visual, auditori atau audiovisual . Bagaimana anda sebagai seorang guru menyikapinya?

    BalasHapus