SBM G3: Pendekatan Pembelajaran - word
SBM G3: Pendekatan Pembelajaran - ppt
SBM G3: Pendekatan Pembelajaran - ppt
MAKALAH
PENDEKATAN BELAJAR MENGAJAR
Mata
kuliah : Sistem Belajar Mengajar
Dosen Pengampu : Ghufron
Dimyati M.S.I
Disusun Oleh:
M. Subkhan
: (2021110320)
M.
Abdur Rozak :
(2021110321)
Moh. Zuhrufi Sani :
(2021110322)
M. Haris Fahmi
:
(2021110323)
( Kelas G )
JURUSAN TARBIYAH
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
STAIN PEKALONGAN
2012
PENDAHULUAN
Dalam
kegiatan belajar mengajar pembelajaran, bukanlah hanya sekedar transfer of
knowledge yang tidak memperhatikan kondisi yang dialami oleh murid. Manusia
bukanlah robot yang bisa kita atur semau kita, manusia juga bukan binatang yang
dapat dengan mudah disuruh-suruh. Manusia adalah mahluk unik. Keunikan yang
dimiliki manusia.
Karena ia
dikarunia akal, yang dengan akal tersebut manusia dapat berpikir, mana yang
terbaik atau yang terburuk untuknya, mana yang boleh dan mana yang tidak
boleh untuk dilakukan, dan lain-lain.
Setiap
manusia pun mempunyai masalah sendiri-sendiri , yang mana cara dan
penanganannya memerlukan pembedaan antara masing-masing individu. Dibutuhkan
suatu keahlian khusus bagi seorang guru untuk memahami segala situasi yang
terjadi pada para muridnya.
Dan untuk
itulah pendekatan dalam pembelajaran harus dipelajari oleh masing-masing guru,
agar proses pembelajaran menjadi lancer dan sukses. Strategi dalam pembelajaran
yang digunakan oleh guru sangat menentukan hasil dari sebuah pembelajaran tersebut.
PEMBAHASAN
A. Pengertian Pendekatan Belajar
Mengajar
Pendekatan pembelajaran diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita
terhadap proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya
suatu proses yang sifatnya masih sangat umum, didalamnya mewadahi,
menginspirasi, menguatkan dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan
teoritis tertentu.
Pada
dasarnya pendekatan pembelajaran berbeda dengan metode pembelajaran. Pendekatan
lebih menekankan pada strategi dalam perencanaan, sedangkan metode lebih
menekankan pada teknis pelaksanaannya.
B. Macam-macam Pendekatan Belajar
Mengajar
Pendekatan yang Berhubungan dengan Penyampaian Materi
a. Pendekatan
Kompetensi
Kompetensi menunjukkan kepada kemampuan melaksanakan sesuatu yang diperoleh
melalui pembelajaran dan latihan, mulai dari menggosok gigi sampai dengan
melaksanakan operasi jantung. Dalam hubungannya dengan proses pembelajaran,
kompetensi menunjuk kepada perbuatan (performance) yang bersifat rasional dan
memenuhi spesifikasi tertentu dalam proses belajar.
b. Pendekatan
Lingkungan
Pendekatan lingkungan merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang berusaha
untuk meningkatkan keterlibatan peserta didik melalui pendayagunaan lingkungan
sebagai sumber belajar. Pendekatan ini berasumsi bahwa kegiatan pembelajaran
akan menarik perhatian peserta didik jika apa yang di pelajari diangkat dari lingkungan,
sehingga apa yang di pelalajari berhubungan dengan kehidupan dan berfaidah bagi
lingkungannya.
c. Pendekatan
Kontekstual
Pembelajaran kontekstual (contekstual teaching and learning) yang sering di
sebut CTL merupakan salah satu model pembelajaran berbasis kompetensi yang
dapat di gunakan untuk mengefektifkan dan menyukseskan kurikulum 2004.
CTL merupakan konsep pembelajaran yang menekankan kepada keterkaitan materi
pembelajaran dengan dunia kehidupan peserta didik secacra nyata, sehingga para
peserta didik mampu menghukumkan dan menerapkan kompetensi hasil belajar dalam
kehidupan sehari-hari.
d. Pendekatan
Tematik
(Thematic Approach)
Pendekatan tematik (Thematic Approach) merupakan salah satu pendekatan
pembelajaran yang di gunakan dalam implementasi kurikulum 2004.
Pendekatan tematik merupakan pendekatan pembelajaran untuk mengadakan hubungan
yang erat dan serasi antara berbagai aspek yang mempengaruhi peserta didik
dalam proses belajar.Oleh karena itu pendekatan tematik sering juga di sebut
pendekatan terpadu (Integrated).
e. Pendekatan Tujuan Pembelajaran
Pendekatan ini berorientasi pada tujuan akhir yang akan di capai.Sebenarnya
pendekatan ini tercakup juga ketika seorang guru merencanakan pendekatan
lainnya, karena suatu pendekatan itu di pilih untuk mencapai tujuan
pembelajaran. Semua pendekatan dirancang untuk keberhasilan suatu tujuan.
f. Pendekatan Konsep
Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan konsep berarti siswa dibimbing untuk
memehami suatu bahasan melalui pemahaman konsep yang terkandung di dalamnya.
Dalam proses pembelajaran tersebut penguasaan dan sub konsep yang menjadi
fokus. Dengan berbagai metode siswa dibimbing untuk memehami konsep.
g. Pendekatan Inquiri
Penggunaan pendekatan inquiri
berarti membelajarkan siswa untuk mengendalikan situasi yang dihadapi ketika
berhubungan dengan dunia fisik yaitu dengan menggunakan teknik yang digunakan
oleh para ahli peneliti.
h. Pendekatan Penemuan
Penggunaan pendekatan penemuan berarti kegiatan belajar mengajar siswa diberi
kesempatan untuk menemukan sendiri fakta dan konsep tentang fenomena ilmiah.
i.
Pendekatan Proses
Pendekatan proses adalah pendekatan yang mempunyai tujuan uatma mengembangkan
kemampuan siswa dalam keterampilan proses.
j.
Pendekatan Interaktif (Pendekatan
Pertanyaan Anak)
k. Pendekatan Pemecahan Masalah
l.
Pendekatan sains teknologi dan
Masyarakat (STM)
m. Pendekatan terpadu
n. Pendekatan Keagamaan
o. Pendekatan Keterampilan Proses
Menurut Dr.E. Mulyasa, M.Pd bahwa sedikitnya terdapat lima pendekatan
pembelajaran yang perlu dipahami guru untuk dapat mengajar dengan baik, yaitu
pendekatan kompetensi, pendekatan keterampilan, pendekatan kontekstual,
pendekatan lingkungan, dan pendekatan tematik. Kelima pendekatan tersebut
dijelaskan sebagai berikut :
1. Pendekatan Kompetensi
Kay ( 1997 ) mengemukakan bahwa “ Competency based education, an approach to
instruction that aims to teach each student the basic knowledge, skill, attitudes,
and values essential to competence”. Kompetensi selalu dilandasi
oleh rasionalitas yang dilakukan penuh kesadaran “mengapa” dan “bagaimana”
perbuatan tersebut dilakukan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
kompetensi merupakan indikator yang menunjuk kepada perbuatan yang bisa
diamati, dan sebagai konsep yang mencakup aspek-aspek pengetahuan,
keterampilan, nilai, dan sikap, serta tahap-tahap pelaksanannya secara utuh.
Pembentukan kompetensi bersifat tradisional, bergantung pada kondisi-kondisi dan
pihak-pihak yang terlibat secara aktual.
Dalam kaitannya dengan pengembangan pembelajaran berdasarkan pendekatan
kompetensi, Ashan (1981) mengemukakan bahwa ada tiga hal yang perlu di
perhatikan, yaitu menetapkan kompetensi yang ingin di capai, mengembangkan
strategi untuk mencapai kompetensi, dan evaluasi.
Langkah-langkah umum
pembelajaran dengan pendekatan kompetensi dapat di lakukan sebagai berikut :
a. Tahap Perencanan
Dalam tahap perencanaan
pertama-tama perlu ditetapkan kompetensi-kompetensi yang akan diwujudkan dalam
kegiatan pembelajaran. Berdasarkan kompetensi-kompetesi tersebut selanjutnya
dikembangkan tema, sub tema dan topik-topik mata pelajaran yang akan di
ajarkan.
b. Pelaksanaan Pembelajaran
Pelaksanaan pembelajaran menrupakan langkah merealisasikan konsep pembelajaran
dalam bentuk perbuatan.Dalam pendidikan berdasarkan kompetesi pelaksanaan
pembelajaran merupakan suatu rangkaian pembelajaran yang di lakukan secara
berkesinambungan, yang meliputi tahap persiapan, penyajian, aplikasi dan
penilaian.
c. Evaluasi dan Penyempurnaan
Evaluasi dan penyempurnaan perlu dilakukan sebagai suatu proses yang kontinu
untuk memperbaiki pembelajaran dan membimbing pertumbuhan peserta didik.
2. Pendekatan Keterampilan Proses
Pendekatan keterampilan proses merupakan pendekatan pembelajaran yang
menekankan pada proses belajar, aktifitas dan kreatifitas peserta didik dalam
memperoleh pengetahuan,keterampilan, nilai dan sikap, serta menerapkannya dalam
kehidupan sehari-hari.
Pendekatan Lingkungan Pembelajaran mendasarkan pendekatan keterampilan
proses perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
a. Keaktifan peserta didik didorong
oleh kemauan untuk belajar karena adanya tujuan yang ingin di capai (asas
motivasi)
b. Keaktifan peserta didik akan
berkembang jika dilandasi dengan pendayagunaan potensi yang dimilikinya
c. Suasana kelas dapat mendorong atau
mengurangi aktifitas pesertaa didik. Suasana kelas harus dikelola agar dapat
merangsang aktifitas dan kreatifitas belajar peseerta didik
d. Dalam kegiatan pembelajaran tugas
guru adalah memberikan kemudahan belajar melalui bimbingan dan motivasi untuk
mencapai tujuan.
Pendekatan lingkungan
merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang berusaha untuk meningkatkan
keterlibatan peserta didik melalui pendayagunaan lingkungan sebagai sumber
belajar.Pendekatan ini berasumsi bahwa kegiatan pembelajaran akan menarik
perhatian peserta didik jika apa yang dipelajari diangkat dari lingkungan,
sehingga apa yang di pelajari berhubungan dengan kehidupan dan berfaedah bagi
lingkungannya.
Pembelajaran berdasarkan pendekatan lingkungan dapat dilakukan dengan dua cara
:
a. Membawa pesera didik ke lingkungan
untuk kepentingan pembelajaran. Hal ini bisa dilakukan dengan
metode karya wisata, metode pemberian tugas dll.
b. Membawa sumber-sumber dari
lingkungan ke sekolah (kelas) untuk kepentingan pembelajaran. Sumber
tersebut bisa sumber asli, seperti nara sumber, bisa juga sumber tiruan,
seperti model dan gambar.
3. Pendekatan Kontekstual
Pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning) yang sering
disingkat dengan CTL merupakan salah satu model pembelajaran berbasis
kompetensi yang dapat digunakan untuk nmengefektifkan dan menyukseskan
implementasi kurikulum 2004.
CTL merupakan konsep pembelajaran yang menekankan pada keterkaitan antara
materi pembelajaran dengan dunia peserta didik secara nyata, sehingga para
pesera didik mampu menghubungkan dan menerapkan kompetensi hasil belajar dalam
kehidupan sehari-hari.
4. Pendekatan tematik ( Thematic
Approach )
Pendekatan tematik ( Thematic Approach ) merupakan salah satu pendekatan
pembelajaran yang digunakan dalam implementasi kurikulum 2004, terutama di
Taman Kanak-Kanak dan Raudhotul Athfal (TK dan RA), serta pada kelas rendah di
Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah (SD dan MI).
Pendekatan tematik atau pendekatan terpadu merupakan suatu
pendekatan pembelajaran yang menyatupadukan serangkaian pengalaman belajar,
sehingga terjadi saling berhubungan satu dengan yang lainnya, dan terpusat pada
sebuah pokok atau persoalan.[2]
Sedangkan menurut Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain
pendekatan dalam pembelajaran dapat di klasifikasikan sebagai berikut :
a. Pendekatan Individual
b. Pendekatan kelompok
c. Pendekatan Bervariasi
d. Pendekatan Edukatif
e. Pendekatan Pengalaman
f. Pendekatan Pembiasaan
g. Pendekatan Emosional
h. Pendekatan Rasional
i.
Pendekatan Fungsional
j.
Pendekatan Keagamaan
PENUTUP
Dalam
melakukan pembelajaran,agar para murid terkondisikan dan dapat menerima
pelajaran dengan baik, maka di perlukan suatu pendekatan yang harus di lakukan
seorang pengajar kepada siswanya.
Pendekatan belajar mengajar merupakan hal yang sangat penting untuk menciptakan
iklim pembelajaran yang kondusif, efektif dan menyenangkan. Pendekatan
pembelajaran juga merupakan suatu titik tolak atau sudut pandang terhadap
proses pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentangterjadinya suatu proses
yang sifatnya masih sangat umum, di dalamnya mewadahi, menginspirasi, menguatkan
dan melatari metode pelajaran dengan cakupan teoritis tertentu.
DAFTAR PUSTAKA
Mustakim
Zainal, 2009. Strategi & Metode Pembelajara, Pekalongan:
STAIN Pekalongan Press.
Mulyasa.
E, 2005. Menjadi Guru Profesional, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Bahri
Djamarah Syaiful & Zain Aswan, 1996. Strategi Belajar Mengajar,
Jakarta : PT Rineka Cipta.
[1] Zainal Mustakim, Strategi & Metode Pembelajaran,
(Pekalongan: STAIN Pekalongan Press, 2009),hlm 72-86
[3] Syaiful Bahri Djamarah & Aswan Zain, Strategi Belajar
Mengajar, ( Jakarta: PT Rineka Cipta, 1996) hlm. 62-79
wido murni
BalasHapus202110302
Pendekatan dengan cara apa yang perlu dilakukan oleh guru dan strategi apa yang akan dilakukan oleh guru tersebut...?
AbduL Hadi
BalasHapus(2021110300)
Apakah dalam sebuah kurikulum harus memperhatikan dan mengambil semua pendekatan diatas untuk menyempurnakan sebuah kurikulum?
ANNA IRHAMNA
BalasHapus2021110303
JELASKAN langkah-langkah apa saja yang harus di lakukan dalam pendekatan belajar mengajar agar bisa berjalan dengan baik dan lancar!!!
M.Lendra 2021110299
BalasHapusApakah Pendekatan Lingkungan serupa dengan pengaturan iklim kelas? Bagaimanakah pengaturan kelas yang tepat, Borich (1996) mendefinisikan 3 tipe iklim kelas, yaitu tipe kompetitif, kooperatif, dan individualistik. Berikan tanggapan anda tentang 3 tipe iklim kelas tersebut!!!!!
Apakah pendekatan kelompok dapat dioptimalkan dengan pengembangan Social Skill peserta didik ?????
Nama : DEWI ZULAIKHA
BalasHapusNIM : 2021110330
Kelas : G
Pertanyaan:pendekatan pembelajaran yang perlu dipahami guru untuk dapat mengajar dengan baik, yaitu pendekatan kompetensi, pendekatan keterampilan, pendekatan kontekstual, pendekatan lingkungan, dan pendekatan tematik.Menurut pemakalah dari kelima pendekatan itu guru diusahakan dapat dan harus menguasainya.saya mengambil semple satu yaitu pendekatan tematik,memang pada dasarnya banyak guru yang dapat menguasai kelima pendekatan tersebut tetapi banyak kendala seorang guru khususnya guru laki- laki itu kurang bisa mengendalikan diri dalam mengatur kesabarannya dalam mengajar kelas bawah yaitu kelas 1, kelas 2 dan kelas 3 dibandingkan guru perempuan.bagaimana menurut pemakalah agar seorang guru laki- laki bisa sabar dan tenang pada waktu ngajar kelas bawah.tolong jelaskan terima kasih
TARMUJIYANTO (KA YAN)
BalasHapus2021110317
ASSALAMUALAIKUM
MAU TANYA NICH BOLEH KAN ... GINI LOCH ..
pendekatan sperti apa yang harus qta lakukan, apabila mempunyai anak didik, katakan anak tersebut nakal dan bandel, juga malas dalam belajar, bagaimana menangani hal tersebut ..
OH ya ADA lagi nich ...
apa ada tips yang membuat kita slalu giat dalam belajar ...
WASSALAMUALAIKUM.
Himatul hidayah
BalasHapus2021110174
Pertanyaan saya singkat saja. Bagaimana batasan-batasan dalam pendekatan pembelajaran ???serta mohon berikan contohnya!
khoirul furqon
BalasHapus2021110327
apakah dalam pendekatan tersebut saling berkaitan??
apakah seorang guru harus menggunakan semua pendekatan tersebut atau hanya memadukan salah satu saja???
muhammad sukron
BalasHapus2021110328
ketika sebuah pendekatan telah tepat dalam kondisi pembelajaran..apakah kita harus fanatik terhadap satu pendekatan yang cocock tersebut..atau kita selalu berganti setiap harinya???
Atina Mauila Safitri
BalasHapus2021110284
Mohon jelaskan masing-msing mengenai pendekatan menurut Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain dari a-k tersebut, serta berikan contohnya!
kemudian dari masing-masing pendekatan tersebut manakah yang paling efektif dan serig digunakan oleh guru dalam pembelajaran?
terimakasih.
MUTHOHAROH
BalasHapus2021110329
Apakah maksud dari pernyataan "mulai dari menggosok gigi sampai dengan melaksanakan operasi jantung" dari penjelasan pendekatan kompetensi???
Apakah pemakalah setuju dengan pendapat Dr.E. Mulyasa, M.Pd??? apa alasannya???
juka anda mengajar di suatu sekolah yang baru tertimpa bencana,, pendekatan apakah yang anda gunakan???
Menurut pemakalah apakah semua pendekatan tersebut harus digunakan oleh seorang pendidik? Terus jelaskan alasannya!
BalasHapusTolong jelaskan kembali mengenai pendekatan inquiry!