MAKALAH
MENYEBARKAN ILMU KE KALANGAN
EKSTERNAL
Disusun guna memenuhi tugas:
Mata
Kuliah : Hadits Tarbawi
II
Dosen
Pengampu : Muhammad Hufron, M.S.I
Disusun Oleh :
DEWI
LISETYAWATI
2021111139
Kelas E
JURUSAN TARBIYAH (PAI)
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN) PEKALONGAN
2013
BAB
I
PENDAHULUAN
Seiring dengan perkembangan zaman, di masa sekarang ini media publik sangat
membantu dalam penyampaian ilmu atau informasi ke seluruh kalangan masyarakat
secara luas. Media publik merupakan sarana yang efisien dan efektif serta mudah
diterima oleh semua kalangan secara luas.
Perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi telah membawa perubahan yang sangat signifikan terhadap berbagai
dimensi kehidupan manusia, baik dalam ekonomi, sosial, budaya maupun
pendidikan. Oleh karena itu agar pendidikan tidak tertinggal dari perkembangan
iptek tersebut perlu adanya penyesuaian-penyesuaian, terutama yang berkaitan
dengan faktor-faktor pengajaran di sekolah. Salah satu faktor tersebut adalah
media pembelajaran. Selain itu dengan semakin berkembangnya media publik
khususnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, masyarakat menjadi lebih
mudah dalam mengakses informasi.
Untuk lebih jelasnya dalam makalah
ini akan dijelaskan salah satu hadits tentang memanfaatkan media publik untuk
menyebarkan ilmu ke kalangan eksternal.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
MATERI
HADITS
عَنْ
سَعِيْدِ بْنِ جُبَيْرٍ عَنْ اِبْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ الله ُعَنْهُمَا قَالَ:
(لَمَّا نَزَلَتْ: وَأَنْذِرْ عَشِيْرَتَكَ اْلاَقْرَبِيْنَ وَرَهْطَكَ
مِنْهُمُْمُخْلَصِيْنَ خَرَجَ رَسُوْلُ الله ِصَلَّى الله ُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
حَتَّى صَعِدَ الصَّفَا فَهَتَفَ يَاصَبَاحَاهْ فَقَالُوْا: مَنْ هَذَا؟
فَاجْتَمَعُوْ إِلَيْهِ فَقَالَ أَرَأَيْتُمْ إِنْ أَخْبَرْ تُكُمْ أَنَّ خَيِلاً
تَخْرُجُ مِنْ سَفْحِ هَذَا الْجَبَلِ َاكُنْتُمْ مُصَدِّقِيَّ قَالُوا
مَاجَرَّبْنَا عَلَيْكَ كَذِبً قَالَ فَإِنِّي نَذِيْرٌ لَكُمْ بَيْنَ يَدَيْ
عَذَابٍ شَدِيْدٍ قَالَ أَبُوْلَهَبٍ تَبَّالَكَ مَاجَمِعْتَنَا إِلاَّ لِهَذَا؟
ثُمَّ قَامَ فَنَزَلَتْ:(تَبَّتْ يَدَا أَبِيْ لَهَبٍ وَتَبَّ), وَقَدْ تَبَّ.
هَكَذَا قَرَأَهَا الأَعِمَشُ يَوْمَئِذٍ . (رواه البخارى فى الصحيح, كتاب تفسير
القرآن الكريم, باب تباب خسران تتبيب تدمير)
B.
TERJEMAH
“Dari Sa’id
bin Jubair, dari Ibnu Abbas RA, dia berkata, “Ketika turun ‘Dan berilah
peringatan keluargamu yang paling dekat, dan kelompokmu di antara mereka yang
ikhlash’, Rasulullah SAW keluar hingga naik ke shafa, lalu berteriak, ‘ya
shabahaah’. Mereka bersabda, ‘Siapa ini?’ Mereka pun berkumpul kepadanya.
Beliau bersabda,’ Bagaimana pendapat kalian jika aku mengabarkan bahwa pasukan
berkuda keluar dari balik bukit ini, apakah kalian membenarkanku?’ Mereka
berkata, ‘Kami tidak pernah mencoba dusta kepadamu’. Beliau bersabda,
Sesungguhnya aku adalah pemberi peringatan dihadapan adzab yang pedih’. Abu
Lahab berkata, Binasalah kamu, kamu tidak mengumpulkan kami kecuali untuk ini?’
Kemudian dia berdiri. Maka turunlah ayat, ‘Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan
sesungguhnya dia akan binasa’, yakni sungguh binasa. Demikian dibaca oleh Al
A’masy pada hari itu”.(HR. Bukhori)[1]
C.
MAKNA
MUFRODAT
Turun : نَزَلَتْ
Berilah peringatan :
اَنْذِرْ
Kerabat-kerabatmu :
عَشِيْرَتَكَ
Yang terdekat :
اْلاَقْرَبِيْنَ
Golonganmu :
رَهْطَكَ
Naik : صَعِدَ
Berseru :
فَهَتَفَ
Waspadalah : بَاصَبَاحَاهْ
Berkumpullah :
اِجْتَمَعُوْ
Balik : سَفْحِ
Gunung :
جَبَلَ
Berdusta :
كَذِبٌ
Yang pedih : شَدِيْدٌ
Binasalah :
تَبَّتْ
D. BIOGRAFI PERAWI
Biografi
Sa’id bin Jubair
Nama
lengkap Sa’id bin Jubair adalah Abu Abdillah (Abu Muhammad Sa’id) bin Jubair
bin Hisyam al-Asadi al-Walibi al-Kufi.[2]
Sa’id
bin Jubair al-Asadi al-Kufi, yang mempunyai nama julukan “Abu Abdillah”, adalah
seorang ahli fiqh, pembaca al-Qur’an dan ahli ibadah. Sufyan ats-Tsauri lebih
mendahulukannya dari pada Ibrahim an-Nakha’i. ia berkata: “Ambillah tafsir dari
empat orang, yaitu dari Sa’id bin Jubair, Mujahid, Ikrimah, dan Adl-Dlahhak.
Ibnu
Jubair pernah menulis untuk Abdul bin Utbah bin Mas’ud ketika Abdullah menjadi
qadli di Kuffah. Sesudah itu ia menulis untuk Abi Burdah bin Abi Musa.[3]
Tidak
lama kemudian beliau ditangkap oleh Khalid al-Qisra atas perintah Amir Irak
Al-Hajjaj ats-Tsaqafi. Setelah dibawa menghadap al-Hajjaj maka beliau
dibunuhnya. Sa’id merupakan sosok manusia yang mempunyai prinsip yang kukuh. Beliau
sangat tegar dan selalu berpegang pada pendiriannya bagaikan sebuah gunung yang
tinggi yang tidak mempedulikan ancaman dan tindakan kesewenang-wenangan Amir
Irak al-Hajjaj yang telah merenggut nyawanya. Beliau dibunuh al-Hajjaj pada
tahun 95 H dalam usia 49 tahun karena dipandang memihak kepada musuhnya.[4]
Sa’id
bin Jubair meriwayatkan dari Abdullah bin az-Zubair, Anas bin Malik, Abu Sa’id
al-Khudri. Dari mereka ini hadits-haditsnya musnad. Namun, ia tidak mendengar
langsung dari Abu Hurairah, Abu Musa Al-Asy’ari, Ali, Sayyidah Aisyah. Jadi,
semua riwayatnya yang bersumber dari mereka adalah Mursal. Mengenai hal ini,
Yahya bin Sa’id berkata: “Hadits-hadits mursal Sa’id lebih aku sukai dari pada
Hadits-hadits mursal Atha.”
Yang
meriwayatkan hadits dari Sa’id bin Jubair antara lain: Al-A’masi, Manshur
al-Mu’tamir, Ya’la bin Hakim ats-Tsaqafi, dan Simak bin Harb. Maimun bin Mahram
berkata: “Sa’id bin Jubair meninggal dunia, sementara orang yang berada di muka
bumi ini pasti membutuhkan ilmunya.[5]
Biografi
Imam Bukhari
Nama
lengkap Al Bukhari ialah Abu Abdullah Muhammad bin Isma’il bin Ibrahim bin
Mughirah al-Kufi yang merupakan hamba sahaya Persi berasal dari Bukhara.
Kakek-kakek beliau beragama Majusi. Kakeknya yang mula-mula memeluk Islam ialah
Al-Mughirah, yang diislamkan oleh al-Yaman al-Ja’fi, Gubernur Bukhara.
Imam
Bukhari dilahirkan pada tahun 194 H. Ayah beliau seorang ahli hadits, yang
meninggal ketika Imam Bukhari masih kecil.[6] Ia
seorang imam yang tak tercela hapalan haditsnya dan kecermatannya. Ia mulai
menghapal hadits ketika umurnya belum mencapai 10 tahun. Ia mencatat dari
seribu guru lebih, hafal 100.000 hadits shahih dan 200.000 hadits yang tidak shahih.
Dialah pengarang kitab besar
Al-Jami’ash-Shahih yang merupakan kitab paling shahih sesudah al-Qur’qn
al-Majid. Hadits yang ia dengar sendiri dari gurunya lebih dari 70.000 buah. Ia
dengan tekun mengumpulkannya selama 16 tahun. Para hafiz mempunyai beberapa
komentar terhadap sebagian haditsnya. Mereka telah melontarkan kritik atas 110
buah di antaranya. Dari 110 hadits itu, ditakhrijkan oleh Imam Muslim sebanyak
32 hadits dan oleh dia sendiri sebanyak 78 hadits. Ibnu hajar al-Asqalani
berpendapat bahwa hadits-hadits yang di persoalkan ini tidak seluruhnya
ber’illat tercela, melainkan kebanyakan jawabannya mengandung kemungkinan dan
sedikit dari jawabannya menyimpang.
Al-Bukhari
mempunyai banyak karangan, antara lain At-Tawarikh
ats-Tsalatsah al-Kabir wal-Ausath wash-Shaghir (Tiga Tarikh: Besar, Sedang
dan Kecil), kitab Al-Kuna, kitab Al-Wuhdan, kitab Al-Adab al-Mufrad dan kitab
Adl-Dlu’afa.
Al-Bukhari
meriwayatkan Hadits bersumber dari Adl-Dlahhak bin Mukhallad Abu Ashim
An-Nabil, Makki bin Ibrahimal-Handlali, Ubaidullah bin Musa al-Abbasi, Abdullah
Quddus bin al-Hajjaj, Muhammad bin Abdullah al-Anshari, dan lail-lain.
Sedangkan
yang meriwayatkan darinya banyak sekali. Diantara yang terkenal adalah
At-Tirmidzi, Muslim, an-Nasa’i, Ibrahim bin Ishaq al-Hurri, Muhammad bin Ahmad
ad-Daulabi, dan orang terakhir yang meriwayatkan darinya ialah Manshur bin
Muhammad al-Bazwadi.
Imam
Bukhari wafat pada tahun 256 H di sebuah desa di Samarkand yang bernama Khartak
dalam usia 62 tahun.[7]
- KETERANGAN HADITS
(surah tabbat yadaa
abii lahab. Bismillahirrohmanirrohim). Pada selain riwayat Abu
Dzar tidak mencantumkan basmalah. Abu
Lahab adalah Ibnu Abdul Muthalib. Namanya adalah Abdul Uzza, dan ibunya adalah
Khuza’iyah. Dia dipanggil Abu Lahab, karena mungkin anaknya bernama Lahab, atau
mungkin roman pipinya yang sangat merah. Al Fakihi meriwayatkan dari jalur
Abdullahbin Katsir, dia berkata, “dia dinamai Abu Lahab karena wajahnya putih
bersih karena ketampanannya.” Ternyata hal itu bersesuaian dengan akhir
urusannya, yaitu dia akan masuk api yang berkobar-kobar. Oleh karena itu, dalam
al-Qur’an disebutkan panggilannya lebih masyhur selain bahwa nama aslinya
menggunakan nama patung.
Hal
ini tidak dapat dijadikan hujjah bagi mereka yang membolehkan memberi nama
panggilan orang musyrik secara mutlak. Bahkan pembolehan ini terbatas jika
tidak menunjukkan pengagungan atau sesuatu yang mengharuskannya. Al Waqidi
berkata “Abu Lahab adalah manusia paling memusuhi Nabi Muhammad SAW. Hal itu
dikarenakan Abu Thalib berkelahi dengan Abu Lahab. Namun, ternyata Abu Lahab
lebih unggul dan dia menduduki dada Abu Thalib. Saat itu Nabi Muhammad SAW datang
dan memegang pinggul Abu Lahab, lalu membantingnya ke tanah. Abu Lahab berkata
padanya “Kami berdua adalah pamanmu.
Mengapa engkau melekukan hal ini kepadaku? Demi Allah, hatiku tidak akan
mencintaimu selamanya.” Peristiwa ini berlangsung sebelum kenabian.
Ketika
Abu Thalib meninggal, saudara-saudara Abu Lahab berkata kepadanya, “Sekiranya
engkau mendukung putra pamanmu niscaya engkau adalah manusia paling berhak atas
hal itu.” Abu lahab bertemu Nabi dan bertanya tentang leluhurnya, maka nabi
menjawab mereka tidak menganut agama. Mendengar hal itu Abu Lahab marah dan
terus menerus memusuhi beliau. Abu Lahab meninggal setelah peristiwa Badar. Dia
tidak menghadiri Perang Badar, tetapi hanya mengirim pengganti. Ketika sampai
kepadanya apa yang menimpa kaum Quraisy dia pun meninggal karena kalut.
وَتَبَّ: خَسِرَ، تَبَّابُ: خُسْرَانٌ (Tabba
artinya merugi. Tabaab artinya kerugian). Dalam riwayat Ibnu Mardawih di
sebutkan dari jalur lain dari Al A’masy, “Maka Allah menurunkan تَبَّتْ
يَدَا أَبِيْ لَهَبٍ وَتَبَّ (binasalah kedua tangan Abu Lahab dan sungguh
binasa). Dia berkata, “yakni merugi dan binasa”.” Maksdnya, dia merugi
serta apa yang diusahakannya, yaitu anaknya. Abu Ubaidah berkata tentang
firman-Nya dalam surat Al-Mukmin ayat 37, وَمَا كَيْدُ فِرْعَوْنَ اِلاَّ فِيْ تَبَّابِ (dan tipu daya Fir’aun itu tidak lain
hanyalah membawa kerugian), yakni kebinasaan.
: تَدْمِيْرٌتَتْبِيْبٌ (Tatbiib artinya kehancuran). Abu Ubaidah berkata tentang
Firman-Nya dalam surat Huud ayat 101, غَيْرَ تَتْبِيْبٍوَمَا زَادُوْهُمْ (Dan sembahan-sembahan itu tidaklah menambah kepada mereka kecuali
kebinasaan belaka), yakni kehancuran. [8]
(Bab firman Allah,
“Dia tidak lain hanyalah pemberi peringatan bagi kamu sebelum (menghadapi)
adzab yang keras”). Disebutkan hadits Ibnu Abbas tentang turunnya firman
Allah , وَاَنْذِرْ عَشِيْرَتَكَ
اْلاَقْرَبِيْنَ (Dan berilah
peringatan kepada kerabat-kerabatmu yang
terdekat).[9]
Dalam hadits ini di jelaskan bahwa Rasulullah SAW ketika menyampaikan informasi kepada para sahabat
adalah dengan metode dakwah atau ceramah. Yaitu Rasulullah SAW menaiki Bukit
Shafa dan berteriak atau memberi peringatan kepada para sahabat agar tidak
berada dalam kekufuran serta agar terhindar dari siksa api neraka atau adzab
yang pedih.
- ASPEK TARBAWI
Berdasarkan hadits di atas, dalam menyampaikan informasi ke kalangan
eksternal Rasulullah SAW menggunakan metode dakwah yaitu dengan memberikan
pengajaran atau peringatan secara langsung kepada seluruh umat. Walaupun media
atau metode pengajaran Rasulullah SAW masih sangat sederhana atau tradisional, tetapi
media atau metode yang diterapkan oleh Rasulullah SAW dapat dijadikan petunjuk
atau pedoman dalam sistem pembelajaran pada masa sekarang.
Dengan adanya media publik seperti di zaman sekarang ini seperti televisi,
internet, radio, hp, dan lain-lain, penyebaran ilmu dapat dilakukan dengan
lebih mudah sehingga ilmu atau materi yang disampaikan atau diajarkan lebih
mudah di terima oleh masyarakat luas. Misalnya, seperti penyebaran ilmu agama
melalui tayangan ceramah di televisi menjadikan seseorang lebih mudah dalam
memperoleh ilmu.
Akan tetapi, walaupun media publik pada zaman sekarang ini sudah sangat
canggih, kita tetap tidak boleh meninggalkan atau melupakan media atau metode
yang di gunakan Rasulullah pada zaman dahulu. Karena media atau metode tersebut
sudah memberikan inspirasi dalam mengembangkan media publik di zaman sekarang
ini.
BAB
III
PENUTUP
Dari pembahasan makalah di atas dapat di simpulkan bahwa dalam
menyebarkan ilmu ke kalangan eksternal atau masyarakat luas, Rasulullah SAW menggunakan
metode dakwah atau ceramah yaitu dengan menaiki Bukit Shafa dan berteriak untuk
memberi peringatan kepada seluruh umat manusia.
Berbeda dengan zaman Rasulullah SAW
dahulu yang menggunakan metode dakwah dalam menyebarkan ilmu, di zaman sekarang
ini metode atau media yang di gunakan lebih modern. Yaitu dengan adanya media
elektronik seperti televisi, internet, redio, hp, dan lain-lain sehingga
penyebaran ilmu dapat di lakukan dengan sangat mudah. Akan tetapi, walaupun
media publik pada zaman sekarang ini sudah sangat canggih, kita tidak boleh
meninggalkan atau melupakan media atau metode yang di gunakan Rasulullah dalam
menyebarkan ilmu.
DAFTAR
PUSTAKA
Al-Azqalani,
Ibnu Hajar dan Al Imam Al-Hafizh. 2008. Fathul Baari. Juz. 23. Jakarta:
Pustaka Azzam.
Al-Azqalani,
Ibnu Hajar dan Al Imam Al-Hafizh. 2008. Fathul Baari. Juz. 24. Jakarta:
Pustaka Azzam.
Ash-Subhi, Shalih. 2009. Membahas Ilmu-ilmu
Hadis. Jakarta: Pustaka Firdaus.
Fayyad, Mahmud Ali. 1998. Metodologi Penetapan
Kesahihan Hadis. Bandung: CV Pustaka Setia.
[1]Ibnu
Hajar Al-Azqalani, Al Imam Al-Hafizh, Fathul Baari (Jakarta: Pustaka
Azzam, 2008), Juz. 24,
hlm. 642-643.
[2]Mahmud Ali Fayyad, Metodologi
Penetapan Kesahihan Hadis (Bandung: CV Pustaka Setia, 1998), hlm. 127.
[3]Subhi ash-Shalih, Membahas
Ilmu-ilmu Hadis (Jakarta: Pustaka Firdaus, 2009), hlm. 353.
[4] Mahmud Ali Fayyad, Loc. Cit.,
[5]Subhi ash-Shalih, Op. Cit., hlm.
353-354.
[6]Mahmud Ali Fayyad, Op. Cit., hlm.
146-147.
[7]Subhi ash-Shalih, Op. Cit., hlm.
365-366.
[9]Ibnu
Hajar Al-Azqalani, Al Imam Al-Hafizh, Fathul Baari (Jakarta: Pustaka
Azzam, 2008), Juz. 23,
hlm. 668.
Nurul Inayatissaniyyah
BalasHapus2021 111 141
apa hubungan antara maksud hadits tersebut dengan pembahasan mengenai pemanfaatan media publik untuk menyebarkan ilmu kekalangan eksternal? mohon jelaskan!
pada zaman sekarang ini, media publik seperti internet sangat mudah diakses oleh siapa saja termasuk anak-anak. jika anak tersebut menonton video ataupun membaca artikel-artikel tentang agama lain, bisa jadi anak tersebut akan berperilaku menyimpang dari agamanya sendiri karena usia anak-anak cenderung mengikuti apa yang dia lihat. bagaimana menurut pemakalah mengatasi hal demikian?
hubungan antara maksud hadits dengan pemanfaatan media publik untuk menyebarkan ilmu ke kalangan eksternal adalah dalam hadits tersebut kan di jelaskan bahwa Nabi Muhammad SAW dalam memberi peringatan atau pengajaran dengan menaiki Bukit Shafa dan berteriak dan bersabda kepada seluruh umat. itu berarti pada zaman itu dalam menyebarkan ilmu ke publik Nabi tidak memandang dimana tempatnya dan tidak peduli bahwa itu orang muslim ataupun orang kafir. Dan Nabi memanfaatkan bukit Shafa sebagai tempat member peringatan kepada umat.
HapusSedangkan cara agar anak tidak terpengaruh oleh dampak negative dari perkembangan media publik adalah dengan cara orang tua harus selalu mengawasi apa yang di perbuat oleh anaknya agar anaknya tersebut tidak terpengaruh terhadap hal-hal yang negatif. Dalam hal ini bukan berarti orang tua itu mengekang anaknya, tetapi memberikan kebebasan pada anak namun kebebasan itu terbatas.
Begitu mb ina, semoga puas dengan jawabannya…
Assalamu,alaikum
BalasHapusdedew saya mau tanya, kan makalah ini judulnya menyebarkan ilmu kekalangan eksternal, berarti bukan yang sefaham dengan kita, begitu apa bukan... semisal NU dengan Muhammadiyah... kan eksternal (luar).. hehe... tolong beri penjelasannya lagi maksudnya apa...
terimakasih
wa'alaikumsalam mb bibah...
Hapusyang dimaksud menyebarkan ilmu ke kalangan eksternal itu adalah kita menyebarkan ilmu di luar lingkungan kita sendiri. misalnya dengan melalui media televisi seperti acara-acara dakwah atau pengajian. sehingga dengan tayangan tersebut dapat diketahui oleh masyarakat luas. dan masyarakat yang berada jauh dari kita dapat memahami apa yang disampaikan lewat tayangan tersebut.
terima kasih..
assalamu'alaikum,,
BalasHapusdiatas dijelaskan kalau kita tetap tidak boleh meninggalkan atau melupakan media atau metode yang di gunakan Rasulullah pada zaman dahulu. Karena media atau metode tersebut sudah memberikan inspirasi dalam mengembangkan media publik di zaman sekarang ini.
yang ingin saya tanyakan,,
contoh pengembangan media publik di zaman sekarang yang terinspirasi dari zaman Rasulullah apa??
terimakasih,,
wassalamu'alaikum,,
jadi begini mb, zaman Rasulullah dahulu kan dalam memberi peringatan kepada umat menurut hadits ini dengan cara menaiki Bukit Shafa lalu berteriak serta bersabda kepada umat. jadi Rasulullah hanya menggunakan Bukit Shafa sebagai tempat untuk memberi peringatan atau pengajaran kepada umat yaitu dengan metode dakwah. sedangkan di zaman sekarang yang sudah modern ini dalam menyebarkan ilmu sudah dapat melalui media publik seperti siaran ceramah atau dakwah di televisi yang bisa di ketahui oleh masyarakat luas yang tempat tinggalnya jauh. dan itu merupakan pengembangan media publik yang terinspirasi oleh Rasulullah yaitu dengan metode dakwah. dimana dahulu ketika Rasulullah memberi peringatan hanya memanfaatkan bukit Shafa sedangkan di zaman sekarang ini sudah di kembangkan melalui media publik seperti televisi, radio, internet dan lain sebagainya.
Hapusbegitu mb...
2021 111 167
BalasHapusbagaimanakah kita seharusnya bersikap dengan perkembangan media saat ini agar tidak menimbulkan dampak negatif????
jadi kita itu harus pandai pandai menyaring informasi yang kita dapat yang sesuai dengan apa yang kita butuhkan. kita harus bisa atau mampu memilah dan memilih informasi yang terdapat di berbagai media yang berkembang pada saat ini dan hanya mengambil informasi yang baik saja. Intinya media publik ini di manfaatkan dengan sebaik-baiknya.
Hapusterima kasih
Assalamu 'alaikum....
BalasHapusmbak dew,
menurut anda, partisipasi kita sebagai generasi bangsa untuk ikut dalam menyebarkan ilmu ke kalangan eksternal bagaimana caranya ?
karena melihat kondisi yang ada para kader-kader bangsa belum terlihat kiprahnya dalam dunia pendidikan, kebanyakan dari mereka hanya memperbarui dan melengkapi, bukan menciptakan cara penyampaian ilmu yang baru, inovatif dan menyenangkan, sehubungan dengan hal itu, bagaimana sikap dan solusinya ?
kemudian mengenai keterangan hadits diatas, saya kurang memahami, mohon dijelaskan dengan bahasa yang komunikatif,
sekian.
terima kasih...
partisipasi kita sebagai generasi bangsa adalah kita yang memulai untuk menyebarkan ilmu di media publik misalnya dengan ikut berpartisipasi atau membantu dalam acara-acara keagamaan. kemudian kita mengajak teman,kerabat,tetangga dsb untuk mengikuti langkah kita. kita optimalkan media yang sudah ada untuk penyebaran ilmu Islam. dengan hal itu Insya Allah kita akan membantu dalam penyebaran ilmu ke kalangan di luar kita.
Hapussedangkan yang generasi muda kebanyakan dari mereka hanya memperbarui dan melengkapi yang sudah ada dan tidak menciptakan cara penyampaian ilmu yang baru menurut saya itu karena kurangnya rasa kesadaran dan mereka itu tidak mempunyai keinginan untuk menciptakan hal-hal baru untuk memajukan bangsa. menurut saya solusinya adalah generasi bangsa harus mempunyai kesadaran dan keinginan untuk menciptakan hal-hal baru. dan tidak hanya mengandalkan apa yang sudah ada.
Hubungan antara hadits dengan keterangannya adalah dalam hadits kan di jelaskan bahwa pada saat Nabi memberi peringatan tentang adzab yang pedih, Abu Lahab tidak mempercayai hal itu. Sehingga turunlah ayat yang menyatakan “binasalah kedua tangan Abu Lahab dan sesungguhnya dia akan binasa” sedangakan dalam keterangan hadits di jelaskan bahwa ketika itu Abu Lahab bertemu dengan Nabi dan bertanya tentang leluhurnya, maka Nabi menjawab bahwa mereka tidak menganut agama. Melihat hal itu Abu Lahab marah dan terus memusuhi Nabi. Sehingga turun ayat yang artinya “binasalah kedua tangan Abu Lahab dan sungguh binasa. Jadi hubungan antara hadits dengan keterangannya adalah bahwa intinya Abu Lahab itu tidak percaya dengan perkataan Nabi SAW. Sehingga turunlah ayat Al-Lahab.
Begitu mb desi, semoga anda puas dengan jawabannya.
Matur thankyu…
assalamualaikum
BalasHapusmbak
apakah kelebihan dan kekurangan antara metode dakwah dizaman sekarang yang menggunakan media modern dibanding dengan media dizaman rosulullah saw, tolong jelaskan?
menurut saya,
Hapusmetode dakwah di zaman sekarang mempunyai kelebihan dari segi keefektifan waktu nilai kepraktisan, dimana orang yang menerima ilmu lebih mudah menangkap materi karena sumber utama ilmu hanya dari orang yang menyampaikan ilmu.
sedangkan kekurangannya adalah tingkat partisipasi dari orang yang menerima ilmu sangat rendah, orang yang menerima ilmu hanya sebatas mendengarkan dan menerima apa adanya hal-hal yang disampaikan oleh orang yang menyampaikan ilmu.
terima kasih...
bagaimana langkah-langkah atau cara aga kita dapat melaksanakan dalam menyebarkan ilmu ke kalangan eksternal ?? pelajaran dan hikmah apa yang kita ambil dari pembahasan hadis ini???
BalasHapusmenurut saya langkah-langkah agar kita dapat melaksanakan dalam menyebarkan ilmu ke kalangan eksternal adalah pertama yang kita lakukan adalah ikut berpartisipasi dalam menyebarkan ilmu ke masyarakat luas misalnya dengan membantu kegiatan atau acara-acara keagamaan seperti pengajian. dengan itu kita bisa membantu dalam penyebaran ilmu ke kalangan eksternal.
Hapussedangkan pelajaran yang bisa di ambil dari pembahasa hadits ini adalah dalam menyebarkan ilmu itu tidak memandang tempat di mana kita menyebarkan ilmu tersebut. sebagai mana dalam hadits ini di jelaskan bahwa ketika memberi peringatan kepada umat, Rasulullah SAW melakukannya dengan menaiki Bukit Shafa.
terima kasih...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusNurul Azizah
BalasHapus2021 111 142
Assalamu'alaikum ....
jika penggunaan media cetak dan elektronik dalam penyebaran ilmu di kalangan eksternal itu di salah gunakan, semisal ilmu yang disampaikan tidak sesuai sedangkan dalam hal ini ada sebagian orang yang tidak tahu, bagaimana menurut pemakalah untuk meminimalisir hal ini? apakah ada dampak positif dan negatifnya???
terima kasih...
menurut saya jika ilmu disampaikan tidak sesuai dengan syari'at itu merupakan perbuatan yang menyeleweng dan tidak di benarkan dalam Islam. seharusnya kita sebagai pengguna media cetak dan elektronik harus bisa membedakan antara ilmu yang memberi manfaat kepada kita (pendidikan) dan kita harus selektif dalam membedakan antara yang positif dan negatif. misalnya saja media elektronik (televisi), dalam tayangan televisi sering kali menayangkan hal-hal yang tidak memberi pendidikan bagi para penonton.sangat sedikit yang bermanfaat yang di tayangakan di televisi. jadi intinya kita itu harus selektif. terima kasih
Hapuszahrul fitriyah
BalasHapus2021 111 156
dalam menyampaikan info kepada kalangan ekstern, apakah ada batasan-batasannya apa yang harus disampaikan dan apa yang tidak harus disampaikan? jika ada, bagaimana cara memilah-milah info tersebut?
menurut saya dalam menyebarkan ilmu ke kalangan ekstern itu tidak ada batasannya. asalkan ilmu yang di sampaikan memberi manfaat bagi yang menerima ilmu itu.
Hapuspanji hardiko 2021 111 352
BalasHapusassalamualaikum wr wb
apa hukumya jika tidak Mnyebarkan ilmu ke kalangan luar? mengapa demikian, berikan contohnya
menurut saya,
Hapuspada dasarnya menyebarkan ilmu itu adalah suatu kewajiban bagi seseorang yang mempunyai pengetahuan lebih. na lebih-lebih di kalangan luar, misalnya saja daerah pelosok yang pengetahuan agamanya masih sangat rendah, maka jika kita mampu memberikan pengajaran kepada mereka akan lebih bermanfaat dari pada yang di kalangan intern.
inayah 2021111165
BalasHapusdengan semakin pesatnya media elektronik semakin mudah pula cara penyebaran kajian ilmu pengetahuan baik ilmu agama maupun ilmu umum. bagaimana cara mengimbangi antara kedua ilmu tersebut agar diantara keduanya tidak ada mengalami (keanjlogan)???
terimakasih
menurut saya cara agar dalam mempelajari ilmu agama dan ilmu umum itu seimbang dengan cara dalam mempelajari keduanya harus seimbang pula. tidak hanya memahami salah satunya saja tetapi keduanya harus seimbang. hal itu agar kita dapat memahami kedua ilmu tersebut.
Hapusterima kasih
tria novianti 2021 111 164
BalasHapusbagaimana cara yang tepat islam dalam penyebaran ilmu ke kalangan umum sesuai perkembangan zaman sekarang yang semakin modern??
tidak hanya dengan pengajaran langsung seperti ceramah tetapi juga bisa melalui media publik seperti radio, televisi, internet, dan lain sebainya. karena di zaman yang serba canggih ini penggunaan media publik dapat dimanfaatkan untuk menyebarkan ilmu yang penyebaran ilmu tersebut dapat diketahui oleh masyarakat luas.
Hapusterima kasih
Haniammaria
BalasHapus2021 111 279
ass...
Di intrnet sekarang banyak semacam dakwah-dakwah yang mengatas namakan islam. contohnya dalam fb jika kita menyukai semisal "dakwah rosulluah" pastinya kita akan menemukan bacaan-bacaan yang membahas tentang rosulluah itu sendiri dan bahkan tentang islam.trus bagaimanakah penilaian pemakalah tentang hal itu.??? sedangkan kita belum bisa memastikan bahwa itu benar atau salah... trimakasih... :)
menurut saya dalam menyikapi hal tersebut kita itu harus selektif dalam menerima dakwah-dakwah tersebut. jangan asal percaya begitu saja dengan materi pelajaran tentang agama yang kita dapat.
Hapusterima kasih...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusNur Fitriyani 2021 111 143
BalasHapusDalam pembelajaran eksternal, apakah dengan media publik akan menjadikan hasil yang maksimal dalam proses pembelajaran? mohon jelaskan terima kasih!!
menurut saya dengan media publik dapat memaksimalkan proses pembelajaran, karena dengan media publik pengajaran agama bisa menjadi lebih luas karena tidak hanya di ketahui oleh kalangan sendiri tetapi juga bisa di ketahui oleh masyarakat luas yang letaknya jauh dari kita.
Hapusterima kasih...
Assalamu'alaikum
BalasHapusIka nur fitriana 2021 111 168
Dalam hadits diatas dijelaskan tentang metode dakwah Raasulullah degan cara ceramah, sedangkan sekarang ini sudah banyak media yang lebih diminati oleh banyak orang dibandingkan dengan metode ceramah, karena yang sering terjadi metode ceramah itu membosankan, bahkan banyak orang yang tidak mendengarkan ceramah tapi malh ribut sendiri sedang metode tersebut adalah metode yang digunakan oleh Rasulullah. Nha bagaimana menurut pemakalak tntang hal tersebuta? adakah kiat-kiat yang bisa menjadikan metode ceramah itu menyenangkan bukan malah membosankan? terimakasih
menurut saya setiap metode itu ada kelebihan dan kelemahannya masing-masing. begitu juga metode ceramah mempunyai kelemahan dan kelebihan.
BalasHapusmenurut saya agar metode ceramah menjadi menyenangkan mungkin dengan diselingi dengan sedikit candaan atau nyanyian sehingga pendengar tidak merasa bosan. dan dalam melakukan ceramah tidak hanya monoton.
terima kasih
assalamu'alaikum...
BalasHapussaya nur atikah Nim 2021 111 133
yang saya tanyakan apa dampak negatif dan dampak positif dari media eksternal?
trimakasih..
wa'alaikumsalam...
Hapusmeneyrut saya dampak negatifnya adalah bagi orang awam yang belum terlalu mengetahui ilmu agama mereka bisa jadi salah pemahaman tentang apa yang disampaikan.
sedangkan dampak positifnya, dengan penyebaran ilmu melalui media publik maka ilmu yang disampaikan bisa diketahui oleh masyarakat luas yang keberadaannya jauh dari kita.
terima kasih...