Laman

new post

zzz

Sabtu, 06 Oktober 2018

SBM D F2 PENDEKATAN PEMBELAJARAN "TUJUAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN"


PENDEKATAN PEMBELAJARAN
"TUJUAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN"
Arvela Ifadatossofa
NIM. (2317093) 
KELAS D

JURUSAN PGMI
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PEKALONGAN
2018


KATA PENGANTAR
Alhamdulillahirobbilalamin, puji syukur kehadirat Allah SWT. atas segala karunia ni’mat dan karunia-Nya, sehingga makalah yang berjudul  Tujuan Pendekatan Pembelajaran” dapat diselesaikan. Shalawat serta salam senantiasa  tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhhammad SAW, serta sahabat dan keluarganya. Dan semoga kita mendapatkan syafa’at nya di yaumulqiyamah nanti, aminn ya Rabbal ‘Alamin.
Makalah ini disusun agar pembaca dapat mengetahui seberapa pentingnya model pembelajaran, maka dari itu kami sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber. Makalah ini memuat tentang “Tujuan Pendekatan Pembelajaran” dan sengaja dipilih karena menarik perhatian penulis untuk dicermati dan perlu mendapat dukungan dari semua pihak yang peduli terhadap dunia pendidikan.
Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun makalah ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Penyusun mohon untuk saran dan kritiknya. Terima kasih.

                                                                                                         

                                                                        



DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR……………………………………………….        i
DAFTAR ISI…………………………………………………………         ii
BAB I                PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah……………………………….................            1
B.  Rumusan Masalah……………………………………..................            1
C.  Tujuan………………………….................................................... 1
BAB II    PEMBAHASAN
A.  Pengertian Pendekatan Pembelajaran............................................ 2
B.  Macam-macam Pendekatan Pembelajaran........................ ............            3         
C.  Tujuan Pendekatan dalam Pembelajaran....................................... 4
                                                                                                                   
BAB III PENUTUP
A.  Kesimpulan……………………………… ……………............... 7
DAFTAR PUSTAKA……………………………………………….         8
BIODATA PENULIS.........................................................................         9
LAMPIRAN........................................................................................          10







BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Pendekatan pembelajaran mempunyai peranan penting dalam proses belajar mengajar. Di samping dapat menarik perhatian siswa, pendekatan pembelajaran juga dapat menyampaikan pesan yang ingin disampaikan dalam setiap mata pelajaran. Penerapan pendekatan pembelajaran di sekolah, guru dapat menciptakan suasana belajar yang menarik perhatian dengan memanfaatkan pendekatan pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan variatif sehingga pembelajaran dapat berlangsung dengan mengoptimalkan dan berorientasi pada prestasi belajar.
Banyak sekali pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar. Agar diperoleh hasil yang memuaskan diperlukan pendekatan yang tepat untuk mengajarkan suatu pengetahuan atau materi sehingga hasilnya sesuai dengan yang diharapkan. Sehingga dalam mengajar diperlukan pendekatan dalam pembelajaran, pendidik harus pandai menggunakan pendekatan secara arif dan bijaksana. Pandangan guru terhadap anak didik akan menentukan sikap dan perbuatan.

B.     Rumusan Masalah
1.      Apa yang dimaksud dengan Pendekatan Pembelajaran ?
2.      Apa Saja Macam-Macam Pendekatan Pembelajaran ?
3.      Apa Saja Tujuan Pendekatan Pembelajaran ?
C.    Tujuan
1.      Untuk mengetahui pengertian Pendekatan Pembelajaran.
2.      Untuk mengetahui macam-macam Pendekatan Pembelajaran.
3.      Untuk mengetahui Tujuan Pendekatan Pembelajaran


















BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Pendekatan Pembelajaran
Menurut beberapa ahli :
1.      Pendekatan menurut Gulo (2008), bahwa pendekatan pembelajaran adalah titik tolak atau sudut pandang kita dalam memandang seluruh masalah yang ada dalam proses pembelajaran. Sudut pandang tertentu tersebut menggambarkan cara berpikir dan sikap seorang guru dalam menyelesaikan persoalan yang ia hadapi.[1]
2.      Pendekatan menurut Suprihatiningrum (2013), bahwa pendekatan pembelajaran merupakan sebuah filosofi atau landasan sudut pandang dalam melihat bagaimana proses pembelajaran dilakukan sehingga tujuan yang diharapkan tercapai.[2]
3.      Pendekatan menurut Sanjaya ialah pendekatan dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran. Istilah pendekatan merujuk kepada pandangan tentang terjadi suatu proses yang sifatnya masih sangat umum. Oleh karenanya strategi atau metode pembelajaran yang digunakan dapat bersumber atau tergantung pada pendekatan tertentu.[3]
4.      Burden, PR menyatakan bahwa pendekatan adalah tata cara pembelajaran yang melibatkan para guru dan siswa mereka untuk membangun mencapai tujuan dengan informasi mereka telah didapat secara aktif, melalui kegiatan dan keikutsertaannya.
Dan lebih luas lagi, pendekatan berarti seperangkat asumsi mengenai cara belajar mengajar. Pendekatan dapat diartikan juga sebagai titik tolak atau sudut pandang terhadap proses suatu kegiatan seperti halnya guru dalam proses pembelajaran kepada siswa.[4]
Secara garis besar pendekatan pembelajaran merupakan cara kerja mempunyai sistem untuk memudahkan pelaksanaan proses pembelajaran dan membelajarkan siswa guna membantu dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
B.     Macam-Macam Pendekatan Pembelajaran
a.       Pendekatan Individual
Pendekatan individual merupakan kegiatan mengajar yang menitikberatkan pada bantuan dan bimbingan belajar masing-masing individu, karena perilaku mereka dalam belajar, mengemukakan pendapat, dan daya serap tingkat kecerdasan yang berbeda-beda variasinya. Dari segi kebutuhan siswa pendekatan individu lebih efektif  karena siswa belajar berdasarkan kemampuannya sendiri sedangkan dari segi guru program ini kurang efisien karena siswa satu kelas masing-masing memerlukan perhatian guru sehingga akan melelahkan guru.
b.      Pendekatan kelompok
Pendekatan kelompok merupakan kegiatan belajar mengajar dimana guru membentuk kelompok kecil yang umumnya terdiri dari 3-8 siswa dan guru memberikan bantuan atau bimbingan kepada setiap anggota kelompok lebih intensif.
c.       Pendekatan Tematik
Pendekatan tematik merupakan pendekatan pembelajaran untuk mengadakan hubungan yang erat dan serasi antara berbagai aspek yang mempengaruhi peserta didik dalam proses belajar.
5.      Pendekatan Scientific
Menurut A. Machin dalam publikasinya menyebutkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan scientific merupakan suatu proses pembelajaran yang dirancang agar peserta didik secara aktif membangun konsep, hukum, atau prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati, merumuskan masalah, mengajukan, atau merumuskan hipotesis, mengumpulkan data dengan berbagai teknik, menganalisi data, menarik kesimpulan, dan mengomunikasikan konsep, hukum atau prisip yang ditemukan.
6.      Pendekatan Keterampilan Proses
Pendekatan keterampilan proses merupakan keterampilam yang diperoleh dari latihan kemampuan-kemampuan mental, fisik, dan sosial yang mendasar sebagai penggerak kemampuan-kemampuan yang lebih tinggi. Kemampuan-kemampuan mendasar yang telah dikembangkan dan telah terlatih lama kelamaan akan menjadi suatu keterampilan, sedangkan pendekatan keterampilan proses adalah cara memandang anak didik sebagai manusia seutuhnya. Cara memandang ini dijabarkan dalam kegiatan belajar mengajar memperhatikan pengembangan pengetahuan, sikap, nilai, serta keterampilan. Ketiga unsur tersebut menyatu dalam satu individu dan tampil dalam bentuk kreativitas.
C.    Tujuan Pendekatan Pembelajaran
a.        Pendekatan Individual
Tujuan dari pendekatan ini yaitu memberikan kesempatan dan keleluasaan kepada siswa untuk belajar berdasarkan kemampuan sendiri sehingga pengembangan kemampuan tiap individu bisa tercapai secara optimal.
b.      Pendekatan Kelompok
Tujuan pendekatan ini adalah memberi kesempatan kepada setiap siswa untuk mengembangkan kemampuan memecahkan masalah secara rasional, mengembangkan sikap sosial, dan semangat bergotong royong dalam kehidupan, menanamkan rasa tanggung jawab kepada setiap anggota harus sadar bahwa mereka adalah anggota kelompok yang semua tindakan dan tanggung jawab kepada setiap anggota kelompok.
c.       Pendekatan Tematik
Tujuan dari pendekatan tematik ini ialah untuk membentuk pribadi yang harmonis dan sanggup bertindak dalam menghadapi situasi yang memerlukan keterampilan pribadi, menyesuaikan pembelajaran dengan perbedaan peserta didik, memperbaiki dan mengatasi kelemahan-kelemahan yang terdapat pada metode mengajar hafalan.[5]
d.      Pendekatan Scientific
Tujuan pendekatan pembelajaran scientific antara lain :
1.      Meningkatkan kemampuan intelek, khususnya kemampuan berpikir tingkat tinggi.
2.      Untuk membentuk kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan suatu masalah secara sistematik.
3.      Terciptanya kondisi pembelajaran dimana peserta didik merasa bahwa belajar merupakan suatu kebutuhan.
4.      Diperolehnya hasil belajar yang tinggi.
5.      Untuk melatih peserta didik dalam mengkomunikasikan ide-ide khususnya dalam menulis artikel ilmiah.
6.      Untuk mengembangkan karakter peserta didik.[6]
e.       Pendekatan Keterampilan Proses
 Tujuan dari pendekatan keterampilan proses adalah sebagai berikut :
1.      Memotivasi belajar karena siswa dipacu untuk senantiasa berpartisipasi secara aktif.
2.      Memperjelas konsep, pengertian, dan fakta yang dipelajari siswa karena siswa sendirilah yang mencari dan menemukan konsep.
3.      Mengembangkan pengetahuan teori dengan kenyataan di dalam kehidupan sehari-hari.
4.      Mempersiapkan dan melatih siswa dalam mengahadapi kenyataan kehidupan sehari-hari.
5.      Melatih siswa untuk melatih siswa berpikir logis dalam memecahkan masalah.
6.      Mengembangkan sikap percaya diri, bertanggung jawab, dan rasa kesetiakawanan sosial dalam mengahdapi berbagai masalah kehidupan.[7]
                                                                                               













BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Pendekatan pembelajaran menurut Sanjaya ialah pendekatan dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran. Istilah pendekatan merujuk kepada pandangan tentang terjadi suatu proses yang sifatnya masih sangat umum. Oleh karenanya strategi atau metode pembelajaran yang digunakan dapat bersumber atau tergantung pada pendekatan tertentu. Secara garis besar pendekatan pembelajaran merupakan cara kerja mempunyai sistem untuk memudahkan pelaksanaan proses pembelajaran dan membelajarkan siswa guna membantu dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Macam-macam pendeakatan antara lain : Pendekatan Individual, pendekatan kelompok, pendekatan tematik, pendekatan scientific, pendekatan keterampilan proses. Setiap pendekatan terdapat tujuannya masing-masing. Setiap tujuan pasti saling berhubungan dengan pendekatannya.












DAFTAR PUSTAKA

Gulo W. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.
Surihatiningrum Jamil. 2003. Strategi Pembelajaran, Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Arruz Media.
Sanjaya Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Cet.III. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Maryani Ika. 2012. Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Mustakim Zaenal. 2018. Strategi dan Metode Pembelajaran (Edisi Revisi). Pekalongan: IAIN Pekalongan Press.
Rusman. 2017.  Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.


d.       
e.        












BIODATA
NAMA                                    : ARVELA IFADATOSSOFA
NIM                                        : 2317093
TTL                                         :PEKALONGAN, 05 APRIL 1999
ALAMAT                                :DESA TANGKIL TENGAH NO.102 RT/RW 05/03 KEDUNGWUNI PEKALONGAN
RIWAYAT PENNDIDIKAN: - SDM TANGKIL TENGAH
-          MTsS HIDAYATUL ATHFAL BANYURIP ALIT
-          MAS SIMBANG KULON
-          IAIN PEKALONGAN JURUSAN PGMI
ALAMAT SEKARANG         : DESA TANGKIL TENGAH NO.102 RT/RW 05/03 KEDUNGWUNI PEKALONGAN
NO HANDPHONE               : 085800220779                                 
HOBI                                      : TRAVELING
























LAMPIRAN


                            
           

       [1]  W Gulo, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: Grasindo, 2008), hlm.4
       [2] Jamil Suprihatingingrum, Strategi Pembelajaran, Teori dan Aplikasi, (Yogyakarta: Arruz
Media,2013), hlm.148
       [3] Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Cet.III, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group,2007) hlm. 127
[4] Rusman, Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Jakarta: PT Kharisma Putra Utama, 2017)            
[5] Zaenal Mustakim, Strategi dan Metode Pembelajaran (Edisi Revisi), (Pekalongan: IAIN Pekalongan Press, 2018), hlm. 85
[6] Ika Maryani, Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar, (Yogyakarta: CV Budi Utama, 2012), hlm. 4
[7] Ibid, hlm.170-171.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar