MAKALAH
MASJID PUSAT ILMU PENGETAHUAN
Disusun guna memenuhi tugas :
Mata kuliah : Hadist Tarbawi II
Dosen Pengampu : Ghufron Dimyati, Msi
Disusun Oleh :
ABDUL CHAMID
202109113
Kelas C
JURUSAN TARBIYAH PAI
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
PEKALONGAN
2012
PENDAHULUAN
Kata masjid terulang sebanyak dua puluh delapan kali di dalam Al-Quran.Dari segi bahasa,kata tersebut terambil dari akakata sajada-sujud,yang berarti patuh, taat,serta tundukdengan penuh hormat dan takzim.
Meletakkan dahi,kedua tangan, lutut,dan kaki kebumi,yang kemudian dinamai sujud oleh syariat,adalah bentuk lahiriah yang paling nyata dari makna-makna diatas.itulah sebabnya mengapa bangunan yang dikhususkan untuk melaksanakan shalat dinamakan masjid,yang artinya "tempat bersujud."
Dalam pengertian sehari-hari, masjid merupakan bangunan tempat shalat kaum Muslim.Tetapi, karena akar katanya mengandung makna tunduk dan patuh, hakikat masjid adalah tempat melakukan segala aktivitas yang mengandung kepatuhan kepada Allah semata.
Mesjid, secara bahasa, adalah tempat sujud. Adapun secara syar’i, mesjid adalah tempat yang dipersiapkan untuk digunakan shalat lima waktu secara berjamaah oleh kaum muslimin.
Akan tetapi, terkadang mesjid mempunyai arti yang lebih luas dari itu. Karenanya, tempat yang dijadikan oleh seseorang di rumahnya untuk melaksanakan shalat sunnah atau shalat wajib karena dia tidak mampu untuk shalat di mesjid, yang orang-orang mendirikan shalat berjamaah di dalamnya, dinamakan mesjid pula.
A.Materi hadits dan terjemahan hadits
-Abu buraidah berkata = ابُو بُرَيْدَةَ يَقُوْلُ
-Ketika rasulullah berkhutbah dipahami = كَانَارَسُوْ لُ اللهِ صَلَى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَمْ يَخْتُبُناَ
-Tiba-tiba hasan dan husain datang = اذْ جَاءَ الْحَسَنُ
-Keduanya mengenakan gamis merah = عَلَيْهِمَا قَمِيْصَانِ أَحْمَرَانِ يَمْشِيَانِ وَيَعْشُرَانِ
berjalan Dan terjatuh maka rasulullah saw
turun dariMimbar
-Kemudian mengendong keduanya dan = نَزَلَ رَسُوْ لُ اللِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنَ الْمِنْبَرِ
meletakkan Keduanya dihadapannya. فَحَلَمَهُمَا بَيْنَ يَدَيْهِ
-Kemudian beliau bersabda maha besar allah = ثَمَّ قَالَ صَدَ قَاللهُ إِنَّمَا أَمْوَالَكُمْ وَأَوْلاَ دُكُمْ فِتْنَةٌ
Dengan segala firmannya:”Sesungguhnya
Harta kamu dan Anak kamu adalah cobaan.
-maka aku melihat kedua tersebut berjalan = فَنَظَرْتُ إِلَى هَذَيْنِ الصَبِيْيَيْنِ يَمْشِيَانِ وَيَعْثُرَانِ
dan terjatuh
-Maka aku tidak tega melihat keduanya sampai = فَلَمْ أَصْبِرْ قَطَعْتُ حَدِيْشى وَرَفَعْتُهُمَا
aku memotong Hadits dan mengangkat keduanya.
C.Mufrodat
- Sesungguhnya harta kamu dan = إِنَّمَا أَمْوَالَكُمْ وَأَوْلاَ دُكُمْ فِتْنَةٌ
anak-anak kam adalah cobaan
- Gamis merah = قَمِيْصَانِ أَحْمَرَانِ
D.Keterangan Hadits
Hadits ini ketika buraidah mendengarkan khutbah nabi tiba-tiba datanglah hasan dan husain(cucu nabi )berjalandan terjatuh/tergelincir diatas tanah karena masih kecil dan lemah.dan nabi bersabda maha besar allah dengan segala firmannya sesungguhnya hartamu dan anak-anakmu adalah cobaan untuk makhluknya agar diketahui siapa yang taat dan siapa yang durhaka.Dan abu buraidah tidak tega melihat hasan dan husain kemudian dia memotong haditsnya ketika melihatnya dan ikut mengangkatnya.
E.Aspek tarbawi
Masjid juga merupakan tempat mencari ilmu agama,berdiskusi dan berdebat ,disamping merupakan tempat untuk menyelenggarakan ibadah komunal dan pertemuan,belajar mandiri,serta melakukan iktikaf.Dengan ungkapan lain,masjid merupakan tempat yang didalamnya aspek-aspek keagamaan dari suatu hal dapat diteliti dan sekligus merupakan tempat orang mencari kebenaran agama,norma,aturan dan juga sebagai petunjuk agama dalam lingkup yang lebih luas,yang semuanya bermuara pada al-quran.
Selain dimanfaatkan sebagai ajang berbagai kegiatan dan fungsi diatas,pada masa awal orang yang memiliki pengetahuan agama biasanya secara leluasa mengomunikasikan pengetahuannya dan mengajar apabila mereka bertemu dengan para pendengar.Kegiatan ini tidak lagi berupa belajar menghafal,tetapi lebih luas lagi,mengajarkan makna ayat-ayat al-quran,hadits yang belum diketahui oleh masyarakat setempat,ajaran tentang cara seseorang seharusnya bertindak dalam situasi kehidupan yang berbeda,dan menjawab persoalan-persoalan doktrinal yang berkaitan dengan pengetahuan mengenai tuhan dan wahyu.Pengajaran agama tingkat lanjut ini dimulai dari masjid yang akhirnya mendorong perkembangan ilmu pengetahuan kegamaan.
PENUTUP
Disamping masjid menjadi tempat untuk berdakwah,beribadah,serta tempat umat berkumpul,sejak awal masjid berfungsi sebagai tempat mengajaran agama dan penerapannya dalam kehidupan.Al-quran menganggap agama sebagai sesuatu yang dapat diketahui dan dikomunikasikan dengan bantuan akal.Menurut riwayat,Nabi muhammad biasa mengajar dan menjawab berbagai pertanyaan dimasjid madinah.Sepanjang sejarah islam,kajian agama terus digalakkan.
Masjid telah menjabarkan fungsinya sehingga lahi peranan masjid yang beraneka ragam. Sejarah mencatat tidak kurang dari sepuluh peranan yang telah diemban oleh Masjid yaitu sebagai:
1. Tempat ibadah (shalat, zikir).
2. Tempat konsultasi dan komunikasi (masalah
ekonomi-sosial budaya).
3. Tempat pendidikan.
4. Tempat santunan sosial.
5. Tempat latihan militer dan persiapan alat-alatnya.
6. Tempat pengobatan para korban perang.
7. Tempat perdamaian dan pengadilan sengketa.
8. Aula dan tempat menerima tamu.
9. Tempat menawan tahanan, dan
10. Pusat penerangan atau pembelaan agama.
DAFTAR PUSTAKA
- Abdurohman,abdulatif,”Al-jami ash shohih”,juz 5,al mubarar fikri.1978.
- Kitab tukhfatul akhmadi
- Ahmad balquni dkk,”ensiklopedia oxford (dunia islam),mizan dia semesta,2002.
nama: khoirunnisak
BalasHapusnim : 2021110135
kelas: c
apa maksud isi hadits tersebut kaitannya dengan judul makalah anda: masjid pusat ilmu pengetahuan.
karena isi hadits tersebut sepertinya lebih menekankan pada sikap Rasulullah yang menolong hasan dan husein ketika terjatuh.
NAMA : PUJI RAHAYU
BalasHapusNIM : 2021110095
KELAS : C
Apakah ada keterangan dari kitab syarah yang menjelaskan tentang hadits anda, bagaimana kaitannya dengan kehidupan atau realita kekinian?
Anisah (2021110123)
BalasHapusdalam terjemahan hadits disebutkan , "Maka aku tidak tega melihat keduanya sampai aku memotong Hadits dan mengangkat keduanya."
mohon dijelaskan kembali mufrodatnya agar dapat dipahami. Sebenarnya dari penjelasan peristiwa tersebut apa yang hendak disampaikan Rosul pada kita kaitanya dengan masjid sebagai pusat ilmu pengetahuan.
nama : Anisah
BalasHapusNim : 2021110123
kelas : C
dalam terjemahan hadits disebutkan , "Maka aku tidak tega melihat keduanya sampai aku memotong Hadits dan mengangkat keduanya."
mohon dijelaskan kembali mufrodatnya agar dapat dipahami. Sebenarnya dari penjelasan peristiwa tersebut apa yang hendak disampaikan Rosul pada kita kaitanya dengan masjid sebagai pusat ilmu pengetahuan.
nama: Yuliardi Mughni
BalasHapusNIM: 2021110109
kelas: C
bagaimana hukumnya jika masjid digunakan untuk tempat pendidikan orang-orang non Muslim?
riqoh ahmidtsani rosyada
BalasHapus2021110121
kls c
AssaLam
Numpang mNt pENdaPat n pemhaman pemakalah, adakah isi dr kesimpulan tsb mnurut sya bertolak blkg dg maklah " menjaga kehormatan dan fungsi masjid"?
trus yg kedua
bGmna realitas masjid skrg, pakah masih bs dikatakan sbg pusat dakwah/mendalami ilmu agama,
toh kenyataan nya ktika khotbah jum'at, jama'ahnya sj pda bobo manis?
ditamnah lagi sdah bermaraknya sekolah, madrasah, TPQ , madin?
NAMA:ISTIGHFAROH
BalasHapusNIM:2021110119
KELAS:C
Mengapa dalam realita sekarang ini banyak di bangun ruang atau bahkan gedung yang khusus di pergunakan untuk tempat menuntut ilmu,sedangkan masjidnya kok kosong dan jarang digunakan untuk menuntut ilmu?
Bagaimana pendapat anda tentang kejadian yang pernah saya alami ,yang sangat miris dalam hati saya ketika saya berada di sebuah masjid tiba-tiba ada seorang bilang kepada saya(kak........saya di masjid ini hanya menumpang parkir sepeda motor dan mau makan jajan yang sudah saya bawa),bagaimana solusi anda dengan kejadian tersebut?
nama : DEWI AFRIYANI
BalasHapusnim : 2021110107
kelas ; c
pertanyaan:
jujur saya masih bingung ya,,
dalam 'pendahuluan' anda menjelaskan bahwa bangunan yang dikhususkan untuk melaksanakan shalat dinamakan Masjid atau tempat bersujud (paragraf 2).
kemudian dalam 'penutup' ada penguraian beberapa penjabaran fungsi masjid.
menurut anda apa fungsi masjid yang sebenarnya??
lalu, pada point ke 2-10 dalam penjabaran fungsi masjid itu diselenggarakan atau beraktifitasnya di mana? apakah didalamnya atau dihalamannya atau disekitarnya?
terimakasih,,,,
Nama : Tumakninah
BalasHapusnim : 2021110132
kelas: c
pertanyaan:
Dalam makalah anda dituliskan "Sesungguhnya harta kamu dan anak-anak kamu adalah cobaan"
Bukankah banyak yang mengatakan bahwa anak itu adalah rezeki???
bagaimana pendapat anda mengenai hal tersebut???
telah kita ketahui pada zaman sekarang telah banyak berdiri sekolah, pesantern dan pendidikan non formal lainnya yang mengajarkan ilmu agama,yang saya tanyakan masih relevankah pada zaman sekarang masjid sebagai ilmu pengetahuan????
nama:Ayu Hidayah
BalasHapusNIM :2021110342
Kelas : C
pada aspek tarbawi pemakalah menyebutkan 10 poin fungsi dan peranan masjid, menurut saya untuk poin 1-4 masih bisa diterapkan pada masa sekarang, akan tetapi untuk poin 5-10 kurang relevan jika diterapkan pada zaman sekarang, bagaimana pendapat anda mengenai hal ini dan apa solusinya?
Nama: Nurul Khikmah
BalasHapusNIM: 2021110122
Kelas: C
Nilai apa yang terkandung dalam syarah Hadist ini, yang kita kaitkan dengan masa sekarang, yang kita ketahui juga, sekarang masjid lebih di gunakan untuk beribadah, masjid banyak-banyak dan bermegah-megahan di bangun, namun jumlah jamaah yang memprihatinkan. apa tanggapan anda tentang fenomena ini dengan melihat nilai-nilai yang ada pada hadist ini?
Nama : Hinda iliana
BalasHapusNIM : 2021110099
Kelas : C
Mengapa harta dan anak disebut sebagai cobaan?
Nama : Hinda iliana
BalasHapusNIM : 2021110099
Kelas : C
Mengapa harta dan anak disebut sebagai cobaan?
Nama :Ahmad khairudin
BalasHapusNim :2021110098
kelas :c
sekarang ini banyak sekali di buat masjid-masjid yang megah . namun pada akhirnya masji-masjid tersebut itu cenderung di buat tempat pariwisata saja dan insya allah ketika banyak orang datang ke masjid tersebut tidak ada niatan untuk melakukan sholat ,bagaimana pandangan pemakalah mengenai hal tersebut ,dan bagaimanakah solusinya ??
nama: khoirunnisak
BalasHapusnim : 2021110135
kelas: c
jawab :
memang sebenarnya dalam nilai tarbawi ini saya masih binggung kalau menurut pendapat saya didalam hadits ini menerangkan tentang seorang pendidik harus sabar dan ikhlas didalam menghadapi siswa dan saling tolong menolong.
Annisa:2021110123
Jawab mufrodat disini adalah innama amwalukum wa auladukum fitnah yang artynya senugguhnya harta dan anak-anakmu adalah fitnah yang dimaksud dalm hal ini adalah seorang pendidik harus mau sabar,ikhlas didalam mengajarkan ilmunya kepada siswa dan kita jangan sungkan-sungkan mengeluarkan harta kita untuk mencari ilmu.
Puji rahayu : 2021110095
Jawab saya mengambil sarah hadits ini didalam kitab sharah tuhfatul akhwadi.
kaitannya dengan kehidupan sekarang masjid hanya digunakan untuk menyebarkan ilmu agama dan ilmu yang kita hadapi dalam kehidupan sehari-hari.
nama: Yuliardi Mughni
NIM: 2021110109
kelas: C
jawab : menurut say boleh saja masjid digunakan untuk temaat pendidikan orang-orang non muslim selama pendidikan yang terkait itu bukan pendidikan yang bertolak belakang dengan agama kita.
riqoh ahmidtsani rosyada
2021110121
jawab : masjid sekarang masih bisa dikatakan sebagai pusat dakwah atau mendalami ilmu agama dan untuk masalah jamaahnya itu kita kembalikan kepada kepribadian masing-masing.
NAMA:ISTIGHFAROH
NIM:2021110119
Jawab :semua kita kembalikan kepada pribadi masing-masing orang.
Kata siapa masjid sekarang kosong mungkin yang anda lihat hanya sebagian tempat saja karena masih banyak masjid yang digunakan untuk menuntut ilmu.
nama : DEWI AFRIYANI
nim : 2021110107
kelas ; c
jawab ;karena kata masjid disini berawal dari kata sajada dari kata sujud dan dizaman rasulullah saw,masjid mempunyai 10 fungsi diantaranya yang terdapat dimakalah itu.
Untuk sekarang kebanyakan masjid hanya digunakan untuk mendalami ilmu agama karena untuk masa sekarang banyaksekolah formal maupun non formal yang mengajarkan tentang ilmu pengetahuan yang lain.
Ilmu itu dilakukan dalam masjid.
Nama : Tumakninah
nim : 2021110132
kelas: c
Dalam hadits ini menerangkan bagaimana cara kita merawat anak- anak dan harta kita yang diberikan oleh allah dengan baik,sabar ikhlas dan lain-lain.
-masiih relevan berguna bagi bapak-bapak dan ibu-ibu yang masih kurang dalam ilmu dan tidak bisa menulis dan membaca.
nama:Ayu Hidayah
NIM :2021110342
Kelas : C
jawab untuk point 5 -10 memang kurang relevan untukzaman sekarang karena untuk sekrang sudah banyak sekolah-sekolah formal ataupun non formal yang mengajarkan tentang point tersebut.saya menulis point 5-10 berdasarkan sejaranh pada zaman rasulullah karena pada zaman tersebut belum ada sekolah madrasah dan sebaginya.
Nama: Nurul Khikmah
NIM: 2021110122
Kelas: C
Jawab :kadang yang menyebabkna masjid seperti itu dikarenakan kesibukan orang-orang sekitar dalam bekerja.
Nama : Hinda iliana
NIM : 2021110099
Kelas : C
Jawab : karena dengan adanya anak berati tanggung jawab kita semakin bertambah dan dalam menghidupi anak kita butuh harta dan harta itu kita dapat dengan bekerja
Dari itu lah anak dan harta adalah sebuah cobaan itu tergantung didalam kita merawat anak dan harta kita.
Nama :Ahmad khairudin
Nim :2021110098
kelas :c
Jawab :sebarnya masjid itu dibuat untuk beribadah hanya saja ketika orang melihat sesuatu yang wah itu menjadi tempat pariwisata dan insaalllah untuk orang islam walaupun masjid itu sebagai pariwisata masih banyak orang muslim yang shalat ditemapat tersebut kecuali bagi non muslim.
nama: khaerul amar
BalasHapusnim:2021110117
kelas: c
bagaimana hubungan dan kesesuaian antara jjudul makalah dengan isi hadis?
nama: khaerul amar
BalasHapusnim:2021110117
kelas: c
jawaban:untuk hubungan hadis dan judul t da kaitannya karena di dlm masjid adlah tempat dimana tmpt orang musslim mnuntut berbgai ilmu diantaranya adalah tntang ilmu agama yaitu tntng akhlak,dll