Laman

new post

zzz

Rabu, 22 Februari 2012

Kelas C makalah 2 : Masjid Pusat Ilmu Pengetahuan

MAKALAH
MASJID PUSAT ILMU PENGETAHUAN

Disusun guna memenuhi tugas :
Mata kuliah : Hadist Tarbawi II
Dosen Pengampu : Ghufron Dimyati, Msi


STAIN                                                                                               














Disusun Oleh :

ABDUL CHAMID
202109113
Kelas C


JURUSAN TARBIYAH PAI
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
PEKALONGAN
2012




PENDAHULUAN

           
    Kata masjid terulang sebanyak dua puluh delapan kali di  dalam Al-Quran.Dari segi bahasa,kata tersebut terambil dari akakata sajada-sujud,yang berarti patuh,  taat,serta tundukdengan penuh hormat dan takzim.

               Meletakkan dahi,kedua tangan, lutut,dan kaki kebumi,yang kemudian dinamai sujud oleh syariat,adalah bentuk lahiriah yang  paling nyata dari makna-makna diatas.itulah sebabnya mengapa bangunan yang dikhususkan  untuk  melaksanakan  shalat dinamakan masjid,yang artinya "tempat bersujud."

Dalam pengertian sehari-hari, masjid merupakan bangunan tempat shalat kaum Muslim.Tetapi,  karena akar katanya mengandung  makna tunduk dan patuh, hakikat masjid adalah tempat melakukan segala  aktivitas  yang  mengandung  kepatuhan  kepada Allah semata.

Mesjid, secara bahasa, adalah tempat sujud. Adapun secara syar’i, mesjid adalah tempat yang dipersiapkan untuk digunakan shalat lima waktu secara berjamaah oleh kaum muslimin.
Akan tetapi, terkadang mesjid mempunyai arti yang lebih luas dari itu. Karenanya, tempat yang dijadikan oleh seseorang di rumahnya untuk melaksanakan shalat sunnah atau shalat wajib karena dia tidak mampu untuk shalat di mesjid, yang orang-orang mendirikan shalat berjamaah di dalamnya, dinamakan mesjid pula.













A.Materi hadits dan terjemahan hadits
-Abu buraidah berkata                                    = ابُو بُرَيْدَةَ يَقُوْلُ                          
-Ketika rasulullah berkhutbah dipahami         = كَانَارَسُوْ لُ اللهِ صَلَى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَمْ يَخْتُبُناَ
-Tiba-tiba hasan dan husain datang                = اذْ جَاءَ الْحَسَنُ 
-Keduanya mengenakan gamis merah            =  عَلَيْهِمَا قَمِيْصَانِ أَحْمَرَانِ يَمْشِيَانِ وَيَعْشُرَانِ 
berjalan Dan terjatuh maka rasulullah saw     
turun dariMimbar 
-Kemudian mengendong keduanya dan         = نَزَلَ رَسُوْ لُ اللِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنَ الْمِنْبَرِ
meletakkan Keduanya dihadapannya.                         فَحَلَمَهُمَا بَيْنَ يَدَيْهِ
-Kemudian beliau bersabda maha besar allah =          ثَمَّ قَالَ صَدَ قَاللهُ إِنَّمَا أَمْوَالَكُمْ وَأَوْلاَ دُكُمْ فِتْنَةٌ        
Dengan segala firmannya:”Sesungguhnya
Harta kamu dan Anak kamu adalah cobaan.
-maka aku melihat kedua tersebut berjalan =   فَنَظَرْتُ إِلَى هَذَيْنِ الصَبِيْيَيْنِ يَمْشِيَانِ وَيَعْثُرَانِ     
dan terjatuh
-Maka aku tidak tega melihat keduanya sampai =  فَلَمْ أَصْبِرْ قَطَعْتُ حَدِيْشى وَرَفَعْتُهُمَا
aku memotong Hadits dan mengangkat keduanya.


C.Mufrodat
-          Sesungguhnya harta kamu dan          =                   إِنَّمَا أَمْوَالَكُمْ وَأَوْلاَ دُكُمْ فِتْنَةٌ
anak-anak kam adalah cobaan
-          Gamis merah                                      =           قَمِيْصَانِ أَحْمَرَانِ



D.Keterangan Hadits
Hadits ini ketika buraidah mendengarkan khutbah nabi tiba-tiba datanglah hasan dan husain(cucu nabi )berjalandan terjatuh/tergelincir diatas tanah karena masih kecil dan lemah.dan nabi bersabda maha besar allah dengan segala firmannya sesungguhnya hartamu dan anak-anakmu adalah cobaan untuk makhluknya agar diketahui siapa yang taat dan siapa yang durhaka.Dan abu buraidah tidak tega melihat hasan dan husain kemudian dia memotong haditsnya ketika melihatnya dan ikut mengangkatnya.
E.Aspek tarbawi
Masjid juga merupakan tempat mencari ilmu agama,berdiskusi dan berdebat ,disamping merupakan tempat untuk menyelenggarakan ibadah komunal dan pertemuan,belajar mandiri,serta melakukan iktikaf.Dengan ungkapan lain,masjid merupakan tempat yang didalamnya aspek-aspek keagamaan dari suatu hal dapat diteliti dan sekligus merupakan tempat orang mencari kebenaran agama,norma,aturan dan juga sebagai petunjuk agama dalam lingkup yang lebih luas,yang semuanya bermuara pada al-quran.
Selain dimanfaatkan sebagai ajang berbagai kegiatan dan fungsi diatas,pada masa awal orang yang memiliki pengetahuan agama biasanya secara leluasa mengomunikasikan pengetahuannya dan mengajar apabila mereka bertemu dengan para pendengar.Kegiatan ini tidak lagi berupa belajar menghafal,tetapi lebih luas lagi,mengajarkan makna ayat-ayat al-quran,hadits yang  belum diketahui oleh masyarakat setempat,ajaran tentang cara seseorang seharusnya bertindak dalam situasi kehidupan yang berbeda,dan menjawab persoalan-persoalan doktrinal yang berkaitan dengan pengetahuan mengenai tuhan dan wahyu.Pengajaran agama tingkat lanjut ini dimulai dari masjid  yang akhirnya mendorong perkembangan ilmu pengetahuan kegamaan.








PENUTUP
Disamping masjid menjadi tempat untuk berdakwah,beribadah,serta tempat umat berkumpul,sejak awal masjid berfungsi sebagai tempat mengajaran agama dan penerapannya dalam kehidupan.Al-quran menganggap agama sebagai sesuatu yang dapat diketahui dan dikomunikasikan dengan bantuan akal.Menurut riwayat,Nabi muhammad biasa mengajar  dan menjawab berbagai pertanyaan dimasjid madinah.Sepanjang sejarah islam,kajian agama terus digalakkan.
               Masjid telah menjabarkan fungsinya  sehingga lahi peranan masjid yang beraneka ragam. Sejarah mencatat tidak kurang dari sepuluh  peranan  yang  telah  diemban  oleh Masjid yaitu sebagai:

 1. Tempat ibadah (shalat, zikir).
 2. Tempat konsultasi dan komunikasi (masalah
    ekonomi-sosial budaya).
 3. Tempat pendidikan.
 4. Tempat santunan sosial.
 5. Tempat latihan militer dan persiapan alat-alatnya.
 6. Tempat pengobatan para korban perang.
 7. Tempat perdamaian dan pengadilan sengketa.
 8. Aula dan tempat menerima tamu.
 9. Tempat menawan tahanan, dan
10. Pusat penerangan atau pembelaan agama.













DAFTAR PUSTAKA

-          Abdurohman,abdulatif,”Al-jami ash shohih”,juz 5,al mubarar fikri.1978.
-          Kitab tukhfatul akhmadi
-          Ahmad balquni dkk,”ensiklopedia  oxford (dunia islam),mizan dia semesta,2002.
-          http://konsultasisyariah.com/pengertian-masjid hari selasa 21/02/2012jam 1:15
-          http://media.isnet.org/islam/Quraish/Wawasan/Masjid.html  hari selasa ,21/02/2012,jam 1:20


















17 komentar:

  1. nama: khoirunnisak
    nim : 2021110135
    kelas: c

    apa maksud isi hadits tersebut kaitannya dengan judul makalah anda: masjid pusat ilmu pengetahuan.
    karena isi hadits tersebut sepertinya lebih menekankan pada sikap Rasulullah yang menolong hasan dan husein ketika terjatuh.

    BalasHapus
  2. NAMA : PUJI RAHAYU
    NIM : 2021110095
    KELAS : C

    Apakah ada keterangan dari kitab syarah yang menjelaskan tentang hadits anda, bagaimana kaitannya dengan kehidupan atau realita kekinian?

    BalasHapus
  3. Anisah (2021110123)
    dalam terjemahan hadits disebutkan , "Maka aku tidak tega melihat keduanya sampai aku memotong Hadits dan mengangkat keduanya."
    mohon dijelaskan kembali mufrodatnya agar dapat dipahami. Sebenarnya dari penjelasan peristiwa tersebut apa yang hendak disampaikan Rosul pada kita kaitanya dengan masjid sebagai pusat ilmu pengetahuan.

    BalasHapus
  4. nama : Anisah
    Nim : 2021110123
    kelas : C
    dalam terjemahan hadits disebutkan , "Maka aku tidak tega melihat keduanya sampai aku memotong Hadits dan mengangkat keduanya."
    mohon dijelaskan kembali mufrodatnya agar dapat dipahami. Sebenarnya dari penjelasan peristiwa tersebut apa yang hendak disampaikan Rosul pada kita kaitanya dengan masjid sebagai pusat ilmu pengetahuan.

    BalasHapus
  5. nama: Yuliardi Mughni
    NIM: 2021110109
    kelas: C

    bagaimana hukumnya jika masjid digunakan untuk tempat pendidikan orang-orang non Muslim?

    BalasHapus
  6. riqoh ahmidtsani rosyada
    2021110121
    kls c

    AssaLam
    Numpang mNt pENdaPat n pemhaman pemakalah, adakah isi dr kesimpulan tsb mnurut sya bertolak blkg dg maklah " menjaga kehormatan dan fungsi masjid"?
    trus yg kedua
    bGmna realitas masjid skrg, pakah masih bs dikatakan sbg pusat dakwah/mendalami ilmu agama,
    toh kenyataan nya ktika khotbah jum'at, jama'ahnya sj pda bobo manis?
    ditamnah lagi sdah bermaraknya sekolah, madrasah, TPQ , madin?

    BalasHapus
  7. NAMA:ISTIGHFAROH
    NIM:2021110119
    KELAS:C
    Mengapa dalam realita sekarang ini banyak di bangun ruang atau bahkan gedung yang khusus di pergunakan untuk tempat menuntut ilmu,sedangkan masjidnya kok kosong dan jarang digunakan untuk menuntut ilmu?
    Bagaimana pendapat anda tentang kejadian yang pernah saya alami ,yang sangat miris dalam hati saya ketika saya berada di sebuah masjid tiba-tiba ada seorang bilang kepada saya(kak........saya di masjid ini hanya menumpang parkir sepeda motor dan mau makan jajan yang sudah saya bawa),bagaimana solusi anda dengan kejadian tersebut?

    BalasHapus
  8. nama : DEWI AFRIYANI
    nim : 2021110107
    kelas ; c

    pertanyaan:

    jujur saya masih bingung ya,,
    dalam 'pendahuluan' anda menjelaskan bahwa bangunan yang dikhususkan untuk melaksanakan shalat dinamakan Masjid atau tempat bersujud (paragraf 2).
    kemudian dalam 'penutup' ada penguraian beberapa penjabaran fungsi masjid.
    menurut anda apa fungsi masjid yang sebenarnya??
    lalu, pada point ke 2-10 dalam penjabaran fungsi masjid itu diselenggarakan atau beraktifitasnya di mana? apakah didalamnya atau dihalamannya atau disekitarnya?
    terimakasih,,,,

    BalasHapus
  9. Nama : Tumakninah
    nim : 2021110132
    kelas: c

    pertanyaan:
    Dalam makalah anda dituliskan "Sesungguhnya harta kamu dan anak-anak kamu adalah cobaan"
    Bukankah banyak yang mengatakan bahwa anak itu adalah rezeki???
    bagaimana pendapat anda mengenai hal tersebut???

    telah kita ketahui pada zaman sekarang telah banyak berdiri sekolah, pesantern dan pendidikan non formal lainnya yang mengajarkan ilmu agama,yang saya tanyakan masih relevankah pada zaman sekarang masjid sebagai ilmu pengetahuan????

    BalasHapus
  10. nama:Ayu Hidayah
    NIM :2021110342
    Kelas : C

    pada aspek tarbawi pemakalah menyebutkan 10 poin fungsi dan peranan masjid, menurut saya untuk poin 1-4 masih bisa diterapkan pada masa sekarang, akan tetapi untuk poin 5-10 kurang relevan jika diterapkan pada zaman sekarang, bagaimana pendapat anda mengenai hal ini dan apa solusinya?

    BalasHapus
  11. Nama: Nurul Khikmah
    NIM: 2021110122
    Kelas: C

    Nilai apa yang terkandung dalam syarah Hadist ini, yang kita kaitkan dengan masa sekarang, yang kita ketahui juga, sekarang masjid lebih di gunakan untuk beribadah, masjid banyak-banyak dan bermegah-megahan di bangun, namun jumlah jamaah yang memprihatinkan. apa tanggapan anda tentang fenomena ini dengan melihat nilai-nilai yang ada pada hadist ini?

    BalasHapus
  12. Nama : Hinda iliana
    NIM : 2021110099
    Kelas : C
    Mengapa harta dan anak disebut sebagai cobaan?

    BalasHapus
  13. Nama : Hinda iliana
    NIM : 2021110099
    Kelas : C
    Mengapa harta dan anak disebut sebagai cobaan?

    BalasHapus
  14. Nama :Ahmad khairudin
    Nim :2021110098
    kelas :c

    sekarang ini banyak sekali di buat masjid-masjid yang megah . namun pada akhirnya masji-masjid tersebut itu cenderung di buat tempat pariwisata saja dan insya allah ketika banyak orang datang ke masjid tersebut tidak ada niatan untuk melakukan sholat ,bagaimana pandangan pemakalah mengenai hal tersebut ,dan bagaimanakah solusinya ??

    BalasHapus
  15. nama: khoirunnisak
    nim : 2021110135
    kelas: c
    jawab :
    memang sebenarnya dalam nilai tarbawi ini saya masih binggung kalau menurut pendapat saya didalam hadits ini menerangkan tentang seorang pendidik harus sabar dan ikhlas didalam menghadapi siswa dan saling tolong menolong.
    Annisa:2021110123
    Jawab mufrodat disini adalah innama amwalukum wa auladukum fitnah yang artynya senugguhnya harta dan anak-anakmu adalah fitnah yang dimaksud dalm hal ini adalah seorang pendidik harus mau sabar,ikhlas didalam mengajarkan ilmunya kepada siswa dan kita jangan sungkan-sungkan mengeluarkan harta kita untuk mencari ilmu.
    Puji rahayu : 2021110095
    Jawab saya mengambil sarah hadits ini didalam kitab sharah tuhfatul akhwadi.
    kaitannya dengan kehidupan sekarang masjid hanya digunakan untuk menyebarkan ilmu agama dan ilmu yang kita hadapi dalam kehidupan sehari-hari.
    nama: Yuliardi Mughni
    NIM: 2021110109
    kelas: C
    jawab : menurut say boleh saja masjid digunakan untuk temaat pendidikan orang-orang non muslim selama pendidikan yang terkait itu bukan pendidikan yang bertolak belakang dengan agama kita.
    riqoh ahmidtsani rosyada
    2021110121
    jawab : masjid sekarang masih bisa dikatakan sebagai pusat dakwah atau mendalami ilmu agama dan untuk masalah jamaahnya itu kita kembalikan kepada kepribadian masing-masing.
    NAMA:ISTIGHFAROH
    NIM:2021110119
    Jawab :semua kita kembalikan kepada pribadi masing-masing orang.
    Kata siapa masjid sekarang kosong mungkin yang anda lihat hanya sebagian tempat saja karena masih banyak masjid yang digunakan untuk menuntut ilmu.

    nama : DEWI AFRIYANI
    nim : 2021110107
    kelas ; c
    jawab ;karena kata masjid disini berawal dari kata sajada dari kata sujud dan dizaman rasulullah saw,masjid mempunyai 10 fungsi diantaranya yang terdapat dimakalah itu.
    Untuk sekarang kebanyakan masjid hanya digunakan untuk mendalami ilmu agama karena untuk masa sekarang banyaksekolah formal maupun non formal yang mengajarkan tentang ilmu pengetahuan yang lain.
    Ilmu itu dilakukan dalam masjid.
    Nama : Tumakninah
    nim : 2021110132
    kelas: c
    Dalam hadits ini menerangkan bagaimana cara kita merawat anak- anak dan harta kita yang diberikan oleh allah dengan baik,sabar ikhlas dan lain-lain.
    -masiih relevan berguna bagi bapak-bapak dan ibu-ibu yang masih kurang dalam ilmu dan tidak bisa menulis dan membaca.
    nama:Ayu Hidayah
    NIM :2021110342
    Kelas : C
    jawab untuk point 5 -10 memang kurang relevan untukzaman sekarang karena untuk sekrang sudah banyak sekolah-sekolah formal ataupun non formal yang mengajarkan tentang point tersebut.saya menulis point 5-10 berdasarkan sejaranh pada zaman rasulullah karena pada zaman tersebut belum ada sekolah madrasah dan sebaginya.
    Nama: Nurul Khikmah
    NIM: 2021110122
    Kelas: C

    Jawab :kadang yang menyebabkna masjid seperti itu dikarenakan kesibukan orang-orang sekitar dalam bekerja.
    Nama : Hinda iliana
    NIM : 2021110099
    Kelas : C

    Jawab : karena dengan adanya anak berati tanggung jawab kita semakin bertambah dan dalam menghidupi anak kita butuh harta dan harta itu kita dapat dengan bekerja
    Dari itu lah anak dan harta adalah sebuah cobaan itu tergantung didalam kita merawat anak dan harta kita.
    Nama :Ahmad khairudin
    Nim :2021110098
    kelas :c
    Jawab :sebarnya masjid itu dibuat untuk beribadah hanya saja ketika orang melihat sesuatu yang wah itu menjadi tempat pariwisata dan insaalllah untuk orang islam walaupun masjid itu sebagai pariwisata masih banyak orang muslim yang shalat ditemapat tersebut kecuali bagi non muslim.

    BalasHapus
  16. nama: khaerul amar
    nim:2021110117
    kelas: c

    bagaimana hubungan dan kesesuaian antara jjudul makalah dengan isi hadis?

    BalasHapus
  17. nama: khaerul amar
    nim:2021110117
    kelas: c
    jawaban:untuk hubungan hadis dan judul t da kaitannya karena di dlm masjid adlah tempat dimana tmpt orang musslim mnuntut berbgai ilmu diantaranya adalah tntang ilmu agama yaitu tntng akhlak,dll

    BalasHapus