Laman

1111

Selasa, 21 Februari 2012

kelas F makalah 2 : menjaga kehormatanh masjid


Resuman
MAKALAH
MENJAGA KEHORMATAN MASJID
Disusunguna memenuhi tugas :
Mata Kuliah                      : HADITS TARBAWI II
Dosen Pengampu              : Muhammad Ghufron, M.Si





Disusun oleh :
Nama
Nim
:
:
Istikomah
2021110239


 Kelas                 :     F

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
( STAIN ) PEKALONGAN
2011-2012


BAB I
PENDAHULUAN

Masjid merupakan tempat yang mulia dan merupakan salah satu syiar Allah SWT di muka bumi. Sudah sepantasnya bagi kita kaum muslimin untuk selalu menjaga kehormatan dan fungsi masjid, sebagaimana Rasulullah memerintahkan kepada umatnya untuk memperhatikan hal itu. Selain itu masjid juga merupakan tempat yang paling strategis untuk meningkatkan amal, ilmu dan ukhuwah umat islam.
Pada tema ini akan membahas mengenai kaitannya dengan masjid, semoga kita kaum muslimin diseluruh tanah air bisa mewujudkan fungsi masjid sesuia dengan apa yang telah dijalani oleh generasi terbaik umat ini.
























BAB II
PEMBAHASAN

A.   Hadits
على بن بندار الزهد حدثنا محمد بن المسيب حدثنا أحمد بن بكر البا لسي ثنا زيد بن الحباب ثنا سفيان الثورى عن عون بن جحيفة عن الحسن بن ابى الحسن عن أنس بن مالك رضي الله عنه قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : يأتى على الناس زمان يتخلقون في مسا جدهم وليس همتهم الا الدنيا ليس الله فيهم حا جة فلا تجلسوهم ( رواه الحاكم في المستدرك. وقال : هذا حديث صحيح الإسناد ولم يخرجاه )[1]

B.     Terjemah
Ali bin Bandar Zahid berkata Muhammad Bin Musayyab berkata Ahmad Bin Bakri Al Balisi berkata Zaid Bin Al Khabab berkata Sufyan Al Tsauri An Auni bin Abu Juhaifah dari Hasan Bin Abi Hasan dari Annas Bin Malik berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda : kelak akan datang kepada manusia suatu zaman dimana mereka duduk melingkar (berkumpul) dimasjid-masjid mereka dan tidak ada yang mereka inginkan kecuali dunia dan tidak Allah didalam keinginan mereka, maka janganlah kamu duduk diantara mereka.

C.    Mufrodat
Akan datang                     : يأتى
Berkumpul                             : يتخلقون
Tujuan mereka                   : همتهم
Keinginan                          : حا جة
Duduk                               :تجلسوهم

D.    Biografi Perawi
Annas bin Malik nama lengkapnya adalah Annas bin Malik bin Nadhar bin Dhamdhan bin Zaid bin Haram bin Jundab bin Amir bin Ghanam bin Adi bin Hajar Al Madani.
Annas bin Malik tinggal di bashrah, ibunya bernama Ummu Sulaim binti Malhan, nama kuniyah Annas bin Malik ialah Abu Hamzah, tapi kadang ia dipanggil dengan Abu Tsumamah Al Anshari.
Annas bin Malik mengabdikan diri kepada Rasulullah ketika usianya masih 10 tahun lebih beberapa bulan. Ia melayani Rasulullah SAW, Ia lah yang membawa dan menjaga sandal dan tempat air minum yang terbuat dari kulit milik Rasulullah SAW.
Annas bin Malik meninggal dunia setelah menjalani hidupnya yang penuh dengan jihad, ilmu dan amal.[2] Ia meninggal di bashrah pada tahun 93 H dalam usia 103 tahun. Annas bin Malik hidup kurang lebih 100 tahun dan ia wafat dengan meninggalkan 120-an orang anak.[3]

E.     Keterangan Hadits
Dari hadits tersebut menerangkan bahwa kelak akan datang suatu zaman dimana orang-orang datang ke masjid dan berkumpul disana tetapi mereka semua tidak membicarakan atau berdiskusi yang kaitannya dengan agama/ibadah mereka, tetapi tentang maslah-masalah dunia duniawi saja. Sehingga apabila ada hal seperti itu, maka kita tidak boleh ikut bergabung duduk diantara mereka. Karena jika dilihat dari pengertian, masjid itu merupakan tempat yang mulia, sebagai tempat bersujud dan tempat yang suci.[4]
Kemudian jika dilihat dari fungsi masjid bahwa didalam dunia islam sepanjang sejarahnya tetap memegang peranan pokok, disamping fungsinya sebagai tempat berkomunikasi dengan Tuhan juga sebagai tempat lembaga pendidikan.[5] Mempergunakan masjid untuk memberi pengajaran pelajaran adalah suatu sepantasnya. Tetapi mempergunakan masjid untuk tempat merebut hal-hal keduniawian itu tidak layak dan hukumnya makruh.[6]
Bagi kaum muslimin itu diwajibkan menjaga kehormatan masjid dan perlu diperhatikan mengenai perbuatan yang dilarang oleh syariat islam untuk dilakukan didalam masjid atau tidak boleh mengotorinya dengan berbagai kegiatan duniawi yang dapat memalingkan fungsi masjid dan mendatangkan kejelekan.[7]

F.     Aspek Tarbawi
Dari hadits tersebut sangat jelas sekali mengenai nilai-nilai tarbawi yang harus kita petik yaitu tentang etika. Seperti yang telah dijelaskan dari hadits tersebu, begitu besarnya perhatian seseorang muslim untuk selalu melaksanakan etika-etika agama islam dalam setiap perkara. Sebagaimana seorang muslim harus melaksanakan etikanya saat berada di masjid.[8]




























BAB III
PENUTUP
           
Dari hadits tersebut dapat disimpulkan bahwa kita disuruh untuk selalu memperhatikan etika dalam masjid dan tidak mengotorinya dengan berbagai kegiatan duniawi yang dapat mendatangkan kejelekan dan pertentangan dengan syariat islam.
Oleh sebab itu kita sebagai seorang muslim wajib memperhatikan hal-hal yang seperti itu, demikian pembahasan mengenai menjaga kehormatan dan fungsi masjid. Semoga apa yang telah kita pelajari dapat bermanfaat bagi kita semua. Amin....





























DAFTAR PUSTAKA


Al Bugha, Dr. Musthafa Dieb dan Syaikh Muhyiddin Mistu, Al Wafa Syarah Hadits Arbain, Pustaka Al Kautsar, 2007
Al Maliki, Prof. Dr. Muhammad Alawi,Ilmu Ushul Hadits, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2009
An Naisabur, Abi Abdullah Muhammad Al Ma’ruf Bin Hakim,Mustadrok, Beirut : Darrul Fikri, 1978
Ash Shiddieqi,Tengku Muhammad Hasbu,Koleksi Hadits-Hadits Hukum, Semarang : PT Pustaka Rizki Putra, 2011
http://www.buletin-al ilmu.com/masjid dan kehormatannya yang harus dijaga
Nada,Abdul Azis bin Fathi As Sayyid,Ensiklopedia Etika Islam, Jakarta : Maghfiroh Pustaka, 2003
Yasin,A. Fatah,Dimensi-Dimensi Pendidikan Islam, Malang : UIN Malang Press, 2008
Zuhairini dkk, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara, 2004


















[1]Abi Abdullah Muhammad Al Ma’ruf Bin Hakim An Naisabur, Mustadrok, Beirut : Darrul Fikri, 1978, hal. 323
[2]Prof. Dr. Muhammad Alawi Al Maliki, Ilmu Ushul Hadits, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2009, hal. 202-203
[3]Dr. Musthafa Dieb Al Bugha dan Syaikh Muhyiddin Mistu, Al Wafa Syarah Hadits Arbain, Pustaka Al Kautsar, 2007, hal. 467
[4]A. Fatah Yasin, Dimensi-Dimensi Pendidikan Islam, Malang : UIN Malang Press, 2008, hal. 221
[5]Zuhairini dkk, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara, 2004 hal. 95
[6]Tengku Muhammad Hasbu Ash Shiddieqi, Koleksi Hadits-Hadits Hukum, Semarang : PT Pustaka Rizki Putra, 2011, hal. 536
[7]http://www.buletin-al ilmu.com/masjid dan kehormatannya yang harus dijaga
[8]Abdul Azis bin Fathi As Sayyid Nada, Ensiklopedia Etika Islam, Jakarta : Maghfiroh Pustaka, 2003, hal. 447

26 komentar:

  1. BELLA AMELIA (F) 2021110272.
    menjaga kehormatan dan fungsi masjid adalah kewajiban setiap muslim, namun bagaimana menurut pemakalah apabila kehormatan dan fungsi masjid disalahgunakan oleh umat muslim itu sendiri,misalnya dengan menjadikan masjid sebagai tempat yang mudah untuk melakukan aksi kejahatan, seperti pencurian,dsb. Yang notaben nya mencoreng umat muslim dan kesucian dari masjid itu sendiri?

    BalasHapus
  2. nama : Dadang Irwanto
    nim : 2021110256
    kelas : F

    menjaga kehormatan masjid sama halnya kita menjaga kehormatan tempat ibadah umat islam. maksud kehormatannya itu adalah seperti apa?

    BalasHapus
  3. Nama:Diah Safitri
    Nim: 2021110260
    kelas: F

    menjaga kehormatan masjid pada saat ini kurang diperhatikan oleh umat Islam, karena banyak diantara mereka yang menyalahgunakan fungsi masjid sebagai tempat untuk beristirahat dan kepentingan dunia yang lainnya, misalnya melakukan jual beli dimasjid, menurut anda bagaimana menurut anda tentang hal tsb..

    BalasHapus
  4. Nama:Nur Halimah
    NIM:2021110278
    KELAS:F

    Aspek tarbawi dr hadist tsb tentang etika, kemudian bagaimana menanggapi realita sekarang ttg etika seseorang yg menjadikan masjid sebagai tempat pacaran, bercanda dan hal lainnya..

    BalasHapus
  5. ahmad mursalin (202 1110 277)
    kelas F.

    bisa dikatakan sekarang sangat langka orang2 yang mau menjaga kebersihan masjid, terutama untuk menyapu,adzan dan lain-lain, kalupun ada biasanya orang itu digaji oleh pengurus masjid. menanggapi keadaan tersebut bagaimana pendapat anda?

    BalasHapus
  6. nama: Durrotul mustafida
    NIM : 2021110243

    bagaimana memfungsikan masjid agar dapat bermanfaat dalam berbagai aspek ?

    BalasHapus
  7. nama: Khoiroeua' Alyna
    nim:202 111 0253
    kelas: f

    masih seputar penyalahgunaan hakekat masjid itu sendiri. bagaimana tanggapan saudara mengenai masjid yang dijadikan sebagai tempat wisata?

    BalasHapus
  8. nama: Lilik Awaliyah
    nim:2021110268
    kelas:F
    jika kita melihat seseorang yang menyalahgunakan fungsi masjid sebagai tempat ibadah,misalnya:berbicara hal-hal yang tidak penting(menggosip) dll. menurut anda bagaimana cara yang efektif menegur dan tidak menyinggung seseorang itu supaya sadar akan fungsi masjid yang sebenarnya?

    BalasHapus
  9. nama:ilmi fitri royani
    nim:2021110240
    kelas:f

    Masjid adalah tempat melakukan kegiatan ibadah dalam makna luas yang harus di jaga kehormatannya,melihat realita sekarang fungsi masjid mulai bergeser misalnya:sebagai tempat untuk hal-hal negatif.Bagaimana menurut anda cara mengembalikan fungsi masjid yang sebenarnya agar masjid terjaga kehormatannya?

    BalasHapus
  10. Arum arifah
    2021110271
    Kelas : F
    Bagaimana cara mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam menjaga kehormatan dan kesucian masjid secara sempurna?

    BalasHapus
  11. Miskiyatin Nufus, 2021110283, F.

    Tidak layak menggunakan masjid untuk membicarakan masalah duniawi, namun ada sebagian orang yang berpendapat bahwa lebih baik berbincang-bincang dimasjid dari pada berbincang-bincang di warung, karena mereka berpikir akan lebih terkontrol pembicaraannya. bagaimana tanggapan anda mengenai pendapat sebagian orang tersebut, dan jika pandangan mereka salah, bagaimana kita membantahnya?

    BalasHapus
  12. ISMI ZULFATUN NIKMAH
    2021110269
    KELAS F
    terkait dengan hadis di atas, dikatakan bahwa akan datang suatu masa dimana masjid digunakan sebagai tempat yang bisa menghilangkan kehormatan masjid itu sendiri, lalu menurut anda cara yang bagaimana agar setiap orang mampu menjaga dan menjaga kehormatan rumah Allah tadi?

    BalasHapus
  13. Chomsatun Nadhiroh
    2021110274
    Kelas : F
    apakah kita perlu menempatkan salah satu pengurus masjid untuk bermukim di masjid ,bila masjid kadang digunakan oleh org lain untk hal yg tidak berguna....???yg bsa berakibatkn penyalah gunaan fungsi masjid itu sendiri....

    BalasHapus
  14. Nama: Lilis Handayani
    NIM:2021110246
    Kelas:F

    Pertanyaan:
    sebenarnya apa sih hal termudah yang harus kita terapkan untuk mulai menjaga kehormatan masjid itu sendiri guna nantinya bisa diikuti oleh adik2 kita?

    BalasHapus
  15. Nama: Istikomah
    Nim:2021110239
    kelas: F
    @ ISMI ZULFATUN NIKMAH :menurut saya untuk menjaga kehormatan dan fungsi masjid itu berarti ketika kita berada dalam masjid kita harus selalu memperhatikan adap atau etika kita disaat kita berada di masjid dengan tidak mengotorinya dengan berbagai kegiatan yang negatif yang dapat mendatangkan kejelekan dan nilai yang bertentangan dengan syariat islam.

    BalasHapus
  16. Nama: Istikomah
    Nim: 2021110239
    Kelas: F
    @NUR HALIMAH: kalau mengernai hal seperti itu berarti orang tersebut tidak menjaga kehormatan dan dilihat dari fungsi masjid itu sendiri adalah sebagai tempat ibadah bukan untuk urusan duniawi dan semua itu kita kembalikan kepada kesadaran masing-masing orang.

    BalasHapus
  17. Nama: IStikomah
    Nim: 2021110239
    Kelas: F
    @LILIS HANDAYANI: menurut saya hal seperti itu kaitannya dengan etika maka hal-hal yang harus diterapkan agar menjadi contoh yang baik yaitu:
    1. menjaga kebersihan masjid
    2. menggunakan fungsi masjid dengan tujuan yang baik dsb.

    BalasHapus
  18. ifrokha
    2021110239
    F
    dlam makalah ini menjelaskan tentang etika dalam masjid,slah satu etika dalam masjid kan tidak boleh bersuara keras/membicarakan hal-hal yang tidak sepatutnya di bicarakan dalam masjid yang bisa mengganggu ibadah orang lain.nah tapi jika seseorang berada di dalam masjid itu membaca alqur'an/membaca kalimat-kalimat tasbih tapi itu di lakukan mmengganggu orang lain,bagaimana hukumnya?

    BalasHapus
  19. nama : nur aini
    nim : 2021110263
    kelas: f

    berbicara tentang menjaga kehormatan masjid,,bagaimana pendapat saudara tentang orang yang sedang menstruasi masuk ke masjid, ataupun orang yang membawa anak kecil ke masjid kemudian anak itu kencing atau buang air disana?
    adapun saya pernah mendengar bahwa ketika kita menstruasi kita dilarang melintasi kawasan sekitar masjid,bahkan untuk buang air di toilet masjid..bagaimana tanggapan saudara?trimakasih..

    BalasHapus
  20. Nur Fadhilah (2021110254)
    Kelas F
    Bagaimana cara menyikapi orang-orang yang tidak menjaga kehormatan dalam masjid?

    BalasHapus
  21. HENI MAYSAROH
    2021110280
    F

    Menurut anda saat sekarang ini,,, hal-hal apa saja yg d prioritaskan agar kesucian masjid dapat terjaga ?

    BalasHapus
  22. nurul khotimah (2021110252, kelas f)
    hadis tersebut adalah terkait dengan etika di masjid. kurangnya kesadaran masyarakat menjadi faktor utama untuk menjaga kehormatan dan fungsi masjid.
    bagaimana cara kita agar bisa tatap menjaga dan menyadari akan fungsi dan kedudukan masjid bagi umat muslim atau masyarakat???

    BalasHapus
  23. Nur Khasanah
    2021110244
    F
    bagaimana cara menumbuhkan rasa penghormatan terhadap masjid yang sekarang ini tak jarang orang yang memandang masjid adalah tempat biasa yang bisa digunakan untuk melakukan apapun?

    BalasHapus
  24. Muafinah 2021110264(f)
    Mengenai bagaimana cara menghormati masjid,salah satunya adalah dengan menggunakan etika yang baik ketika ada didalam masjid,sehubungan dengan itu bagaimana tindakan skelompok orang yang memporak-porandakan masjid sebagaimana yang diberitakan dalam media terdahulu.yang mana masjid sendiri merupakan tempat yang suci yang seharusnya kita jaga???Bagaimana tanggapan anda?

    BalasHapus
  25. Zuhrotun nisak (2021110242)
    kelas F

    Bagaimana menurut anda jika sudah ada masjid,didirikan pula musholla2 dan majlis ta'lim yang fungsinya juga sama.Namun karena itu pula mengakibatkan orang- orang itu mengesampingkan penghormatan terhadap masjid dibandingkan musholla atau majlis???

    BalasHapus
  26. Khozinatul Asror
    202 111 0265

    Kelas F
    aman sekarang banyak masjid yang dibangun dengan megah, besar dan lain sebagainya,,, tapi malah masjid tersebut tidak seramai mushola/malis ta'lim yang lebih kecil,dan mengakibatkan masjid tersebut dipandang sebelah mata oleh masyarakat, jadi bagaimana dengan kehormatan masjid tersebut?

    BalasHapus