Laman

Selasa, 21 Februari 2012

Kelas A makalah 2 : Fungsi Masjid sebagai Pusat Ilmu Pengetahuan



MAKALAH
MENINGKATKAN FUNGSI MASJID SEBAGAI PUSAT ILMU PENGETAHUAN

Disusun untuk memenuhi Tugas :
Mata Kuliah          :  Hadits Tarbawi
Dosen Pengampu  : Muhammad Hufron, M.Si
http://www.stain-pekalongan.ac.id/videoflow/_thumbs/vf_126905598_stainpkl.png











Disusun oleh :
Shofiyatul Inayah ( 232108104 )   
( Kelas A )




SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
( STAIN ) PEKALONGAN
2011-2012
PENDAHULUAN

Masjid adalah rumah tempat ibadah umat Muslim. Masjid artinya tempat sujud, dan masjid yang berukuran kecil disebut musholla, langgar atau surau. Selain tempat ibadah masjid juga merupakan pusat kehidupan komunitas muslim. Kegiatan-kegiatan perayaan hari besar, diskusi, kajian agama, ceramah dan belajar Al Qur'an sering dilaksanakan di Masjid. Bahkan dalam sejarah Islam, masjid turut memegang peranan dalam aktivitas sosial kemasyarakatan hingga kemiliteran.
Selain itu masjid juga merupakan sarana pendidikan Islam karena bagaimanpun Penyelenggaraan pendidikan agama Islam dan perkembangannya tidak terlepas dari jasa besar masjid. Hidup sebagai muslim tidak dapat dipisahkan dari keberadaan masjid, karena beberapa ibadah wajib diantaranya harus dilaksanakan di masjid. Ibadah tersebut juga berarti praktek pendidikan agama Islam yang sudah kita dapat sejak kecil, seperti sholat berjamaah dan sholat jum’at.
Salah satu fungsi masjid dalam islam adalah sebagai tempat pendidikan dan pengajaran.





















PEMBAHASAN

A.      Materi Hadits

عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرِ وقَالَ: خَرَجَرَ سُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَ ا تَ يَوْ مٍ مِنْ بَعْضِ حُجَرِهِ فَدَخَلَ الْمَسْجِدَ فَإِذَهُوَبِحَلْقَتَيْنِ إِحْدَ اهُمَا يَقْرَءُونَ الْقُرْاَنَ وَيَدْعُو نَ الله وَاْلأُ حْرَى يَتَعَلَّمُو نَ وَيُعَلَّمُونَ وَيُعَلَّمُون فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كُلَّ عَلَى خَيْرِ هَؤُ لَا ءِ يَقْرَ ءُ و نَ الْقُرْاَنَ وَيَدْ عُوْنَ اللهَ فَإِنْ شَا ءَ أَعْصَا هُمْءَ إِنْ شَاءَ مَنَعَهُمْ وَهُؤَلَا ءِيَتَعَلَّمُو نَ وَإِنَّمَا بُعِسْتُ مُعَلَّمَا فَجَلَسَ مَعَهُمْ (رواه بن ما حه السن, كتا ب المقد مة, با ب وسل العلماءو الحث على اصلى العلم)

B.       Makna Hadits
Artinya: “Dari Abdullah bin Umar berkata: suatu hari Rasulullah SAW keluar dari kamarnya kemudian ia masuk ke dalam Masjid tiba-tiba ada dua halaqoh (kelompok belajar) salah satu diantaranya membaca AL Quran mereka berdo’a kepada Allah dan yang lainnya mengkaji dan mengajar (ilmu pengetahuan), kemudian Nabi SAW bersabda: Atas segala sesuatu kebaikan adalah mereka mebaca Al Quran dan berdoa kepada Allah maka jika dia berkehendak ia akan mencegah (menolak) do’a mereka dan mereka adalah orang-orang yang sedang belajar (mengaji) ilmu pengetahuan dan sesungguhnya aku diutus sebagai pengajar, kemudian Rasulullah pun duduk bersama mereka.

(Riwayat Ibnu Maja dalam kitab Sunan Ibnu Majah kitab Muqodimah – Bab Keutamaan Ulama)


C.      Mufrodhat (Kata-kata Penting)


Keluar
خَرَجَ
Suatu hari
 ذَاتَ يَوْمٍ
Dari kamarnya
مِنْ بَعْضِ حُجَرِهِ
Kemudian masuk
فَدَخَلَ
Masjid
الْمَسْجِدَ
2 kelopak
بَحَلْقَتَيْنِ
Mereka membaca Al-Qur’an
يَقْرَءُونَ الْقُرْاَنَ
Belajar
يَتَعَلَّمُونَ
Mengajar
وَيُعَلَّمُونَ
Mereka Belajar
يَتَعَلَّمُونَ
Orang yang mengajar
مُعَلَّمَا








D.      Biografi Perawi
Di Katakan oleh Ibnu Said : Namanya Abd bin Abdillah bin Abi al-Amar bin Habib bin A’id bin Malik bin Waslah bin Umar bin Romah bin Yaskur bin Ud’wan bin Umar bin Qais I’ lani bin Mudhir dan nama Panggilanya adalah Abdurahman bin. Abd. Beliau termasuk tabi’in yang terkenal dengan nama Abu abdillah dan beliau kuffah.
Abdullah bin Umar
Sering disebut Abdullah bin Umar atau Ibnu Umar saja (lahir 612 – wafat 693/696 atau 72/73 H) adalah seorang sahabat Nabi dan merupakan periwayat hadits yang terkenal. Ia adalah anak dari Umar bin Khattab.
Ibnu Umar masuk Islam bersama ayahnya saat ia masih kecil, dan ikut hijrah ke Madinah bersama ayahnya. Pada usia 13 tahun ia ingin menyertai ayahnya dalam Perang Badar, namun Rasulullah menolaknya. Perang pertama yang diikutinya adalah Perang Khandaq. Ia ikut berperang bersama Ja’far bin Abu Thalib dalam Perang Mu’tah, dan turut pula dalam pembebasan kota Makkah (Fathu Makkah). Setelah Nabi Muhammad meninggal, ia ikut dalam Perang Yarmuk dan dalam penaklukan Mesir serta daerah lainnya di Afrika. Pada masa Yazid, ia sempat terlibat konflik dengan Abdullah bin Zubair yang pada saat itu telah menjadi penguasa Makkah.
Ibnu Umar adalah seorang yang meriwayatkan hadist terbanyak kedua setelah Abu Hurairah, yaitu sebanyak 2.630 hadits.

E.       Keterangan Hadits
Dari hadits di atas, Rasulullah menerangkan bahwa masjid bukan saja dijadikan sebagai tempat ibadah berupa shalat semata, lebih dari itu masjid berfungsi untuk mengabdikan diri kepada Allah. Masjid sebagai tempat pengabdian kepada Allah termasuk di dalamnya sebagai tempat pengembangan pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan.
Di dalam dunia pendidikan, khususnya pendidikan Islam, masjid ibarat ruhnya atau qolbunya pendidikan. Karena pendidikan tidak hanya semata-mata mengetahui sesuatu hal yang baru, bukan hanya untuk mencapai jenjang yang lebih tinggi dan tidak juga hanya semata-mata mengejar nilai. Tapi Rasulullah telah mengajarkan kepada kita, nilai-nilai pendidikan yang hakiki untuk menjadikan manusia sebagai manusia seutuhnya (Insan Kamil/ Insan Paripurna)
Karena pendidikan merupakan proses sistematis untuk meningkatkan martabat manusia secara holistik sehingga dimensi kependidikan dapat berkembang secara optimal.

F.       Aspek Tarbawi
Selain berfungsi sebagai Tempat ibadah (sholat, dzikir dan sebagainya) Masjid merupaan saran yang dapat digunakan sebagai:
1.    Sebagai tempat musyawarah
2.    Pusat pendidikan dan memberi fatwa
3.    Sebagai tempat pengadilan.
4.    Sebagai tempat penyambutan utusan
5.    Sebagai pusat penjagaan dan pengembangan kehidupan sosial
6.    Sebagai tempat akad nikah
7.    Sebagai pusat latihan perang
8.    Sebagai tempat pengobatan orang sakit

G.      Penutup
Demikianlah sekilas penjelasan mengenai masjid sebagai pusat ilmu pengetahuan dan fungsi-fungsinya dan tentunya masih banyak lagi yang belum tercantum dalam tulisan ini. Penulis menyadari keterbasan-keterbatasan sekaligus memberi peluang kepada penulis lain untuk membahasnya lebih dalam. Semoga makalah ini bermanfaat bagi para pembaca yang budiman.








DAFTAR PUSTAKA

M. Tarsyi Alwi, Terjemah Hadits mengenai Pribadi dan Budi Pekerti Rasulullah SAW (Bandung: CV. Diponegoro, 1998), hal 276

Shohih Ibnu Maja, Kitab Muqodimah – Bab Keutamaan Ulama, Hal 91 – 94








30 komentar:

  1. biasanya pada zaman sekarang masjid hanyalah sebuah tempat sakral bagi sebagian kelompok, jadi masjid di gunakan hanya untuk ibadah,
    pertanyaannya bagaimana cara ada mencegah persepsi masyarakat tentang masjid yang hanya untuk tempat ibadah atau hanya sebuah tempat sakral?

    nama :ali mubarok
    nim : 2021110145
    kelas : D

    BalasHapus
  2. NUR KHOLIS (2021110014)
    KELAS A

    Bagaimana pendapat anda tentang penyalahgunaan masjid dalam suatu aliran islam yang memfungsikannya sebagai tempat untuk melakukan kegiatan, tetapi kegiatan yang mereka lakukan tersebut tidak sesuai ajaran islam?

    BalasHapus
  3. ISTIGHOTSAH(2021110372)
    KELAS A

    Pemakalah mengatakan bahwa masjid itu ibarat roh atau qolbunya pendidikan. Sedangkan pada masa sekarang jarang sekali Pendidikan itu di selenggarakaan di masjid, melainkan di tempat yang sudah khusus, seperti di sekolah, TPQ, Kampus, dll. menurut pemakalah apakah itu mengurangi keutamaan kita dalam mengenyam pendidikan( keutamaan kita dalam mencari ilmu)? Jelaskan.

    BalasHapus
  4. FAQIHUDIN (2021110036)
    Kelas A
    سيكون في اخر امتي زمان يزحرفون مساجدهم ويحربون قلوبهم
    ini lah hadits singgungan Rasul yang telah menjadi kenyataan, memang indah nan megah bangunannya namun sudah hilang fungsinya. bagaimana caranya agar fungsi masjid yang sebenarnya bisa ter realisasi?

    BalasHapus
  5. jika kita melihat realita masjid bahwa sekarang banyak kaum yang berlomba2 memperindah bangunan masjid akan tetapi banyak yang salah menggunakannya, contoh : ada sepasang kekasih yang belum nikah menyatakan cintanya di sekitar bangunan masjid, apakah hal itu dapat mengurangi kemuliaan masjid ???????????? Bagaimana menurut pendapat pemakalah.......???


    Barirotul Izza (2021110004) A

    BalasHapus
  6. ARIF ISMANTO (2021110005)
    KELAS A
    masjid sebagai pusat pendidikan dan untuk kemasyarakatan,tapi dalam realitanya masih ada dalam satu desa terdapat dua masjid yang notabennya saling beda aliran dan bersifat individualisme.bagaimana pendapat anda mengenai hal tersebut?

    BalasHapus
  7. SAIPUL HAKIM (2021110047)
    KELAS A
    Kita tahu bahwa masjid sebagai tempat beribadah dan tempat pendidikan,tapi dalam realitanya masih banyak orang yang memanfaatkan masjid sebagai tempat beristirahat (tidur/ngobrol/maupun transaksi).sedangkan realitas tersebut tidak sesuai dengan fungsi hadis di atas. bagaimana pemakalah menanggapi hal tersebut?

    BalasHapus
  8. LUK LUK ULFA 2021110027

    nilai-nilai pendidikan hakiki yang seperti apa yang bisa menjadikan manusia sebagai manusia seutuhnya (Insan Kamil/ Insan Paripurna)???

    BalasHapus
  9. IKRIMAH 2021110045

    masjid sekarang kan sudah beralih fungsi, jika kita ingin menjadikan masjid sebagai salah satu pusat lembaga pendidikan, lalu metode apa yang tepat diterapkan dalam pendidikan di masjid selain ceramah...?

    BalasHapus
  10. m. ubayidi
    memang betul dulu pusat ilmu peng di masjid. tetapi apakah masih relevan masjid sbagai tmpat ibadah umum dijadikan lembaga pendidikan dizaman sekarang ini.
    mengapa................?he he he

    BalasHapus
  11. Vitta permatasari (2021110030)

    Dimakalah disebutkan bahwa salah satu aspek tarbawinya adalah fungsi masjid sebagai pusat latihan perang,apakah fungsi itu masih berlaku pada saat ini kalau ada berikan contohnya!

    BalasHapus
  12. nuning puji astuti(2021110021)


    masjid merupakan sumber ilmu,ilmu-ilmu apa saja yang boleh di ajarkan di dalam masjid?

    BalasHapus
  13. Nurul Fauziyah 2021110023
    masjid sebagai pusat ilmu pengetahuan...sedangkan untuk masa sekarang ini masjid lebih banyak digunakan untuk mencari kebahagiaan duniawi saja.bagaimana pendapat anda mengenai fenomena tersebut?dan banyak anak muda yang tidak begitu menghormati fungsi masjid yang sesungguhnya.

    BalasHapus
  14. mengapa kebersihan masjid terkadang sering diabaikan? dalam beribadah kebersihan merupakan unsur terpenring, akan tetapi alat ibadah berupa mekena tidak di perhatikan kebersihannya. siapa yang seharusnya bertanggung jawab?

    Nailu Zulfa Chusna
    2021110017

    BalasHapus
  15. latifah Adawiyah (2021110011)Rabu, 22 Februari 2012 11.54.00 WIB

    Apakah fungsi masjid di era globalisasi saat ini??? karena dilihat dari perkembangan zaman fungsi masjid saat ini tidak hnya sbagai tempat ibadah, dan bagaimna fungsi sbenarnya msjid itu dan hkumnya apa????

    BalasHapus
  16. Pada kenyataannya, masjid telah mengalami alih fungsi.
    Bagaimana cara mengembalikan fungsi masjid sesuai yang telah disyari'atkan nabi??

    Nama : Nurul Maulidah
    Kelas : A
    NIM : 2021110039

    BalasHapus
  17. Istikharoh ( 2021110037
    Kelas A

    Bagaimana cara menumbuhkan kesadaran terhadap masyarakat kita agar menjadikan masjid sebagaimana fungsinya?

    BalasHapus
  18. duwi kurniawati 2021110029

    bagaimana cara orangtua menerapkan kepada anak bahwa masjid selain tempat ibadah juga sebagai pusat ilmu pengetahuan?

    BalasHapus
  19. SUBARIROH 2021110009

    hal-hal apa saja yang harus diperhatikan sebagai umat islam untuk menghormati kesucian masjid

    BalasHapus
  20. Dwi Hafila(2021111367)
    kelas A
    Di dalam aspek tarbawi, fungsi masjid no.7 adalah pusat latihan perang, apakah maksudnya, jelaskan dan berikan contohnya

    BalasHapus
  21. Slamet Uripah(2021110025)
    kelas A

    Di makalah di jelaskan bahwa fungsi masjid tidak hanya sebagai tempat ibadah semata, tetapi juga sebagai tempat pengembangan pendidikan,ilpeng dan kebudayaan tetapi pada zaman sekarang ini fungsi masjid sudah tidak digunakan sebagai tempat pengembangan pendidikan, ilpeng dan kebudayaan.
    Bagaimana menurut pendapat anda mengenai hal tersebut ?

    BalasHapus
  22. Rizqon Budi Santoso(2021110033)

    masjid selain sebagai tempat ibadah juga sebagai pusat pendidikan seperti kuliyah subuh, bagaimana cara meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berangkat kulyah subuh?

    BalasHapus
  23. Rizki Handayani (2021110040)Rabu, 22 Februari 2012 19.15.00 WIB

    Apakah boleh jka pelataran masjid dijadikan tempat resepsi pernikahan, dg alasan rumah yg pnya hajatan bersebelahan dg masjid dan halamannya kurang luas?????

    BalasHapus
  24. Hafifah Nur Hidayah (2021110035)Rabu, 22 Februari 2012 19.24.00 WIB

    masjid yang mestinya berfungsi sebagai tempat ibadah dan sarana pendidikan Islam, sekarang ini justru digunakan sebagai nilai jual pariwisata dan sebagai icon suatu daerah tersebut dengan segala kemegahannya, yang secara tidak lansung telah mengalihkan fungsinya. bagaimana menurut anda mengenai fenomena tersebut??

    BalasHapus
  25. Nur Islamiyah (2021110034)
    salah satu fungsi masjid adalah sebagai pusat pendidikan. Bagaimana menurut pendapat anda jika sekarang ini masjid sudah tidak digunakan sesuai dg fungsi tersebut, ada beberapa orang yg justru malakukan kejahatan dimasjid??

    BalasHapus
  26. masjis sebagai ruh dan qalbu bagi pendidikan, dan bisa dikatakan sebagai jantungnya masyarakat muslim namun ada golongan muslim yang merusak dengan sengaja masjid tersebut, contohnya pengeboman masjid yang pernah terjadi di indonesia ini, bagaimana pendapat anda tentang hal tersebut???? bagaimana cara merealisasikan agar kejadian tersebut tidak terulang lagi?

    syarifatul aini (2021110043)

    BalasHapus
  27. khayyun Nafi(2021110028)
    telah disebutkan di atas bahwa masjid merupakan pusat pendidikan kemudian dimana letak kebenaran pertanyaan terseut bahwa masjid merupakan pusat pendidikan.
    sedangkan pada umumnya masyarakat menganggap bahwa masjid hanya merupakansebagai tempat ibadah saja.
    dan pendidikan apakah yang seharusnya di sampaikan kepada masyatakat di masjid tersebut?serta bagaimana cara mengajak masyarakat agar ikut berperan dalam pendidikan tersebut sehingga masjid bisa digunakan sebagaimana mastinya dan bisa membenarkan pertanyaan bahwa masjid merupakan pusat pendidikan?

    BalasHapus
  28. Eliya Sri Aisah (2021110046)Kamis, 23 Februari 2012 09.17.00 WIB

    bagaimana letak kehormatan masjid jika masjid dijadikan Sebagai tempat pengobatan orang sakit,,bagaimana hukumnya??

    BalasHapus
  29. ZAKIYAH ULFI (2021110022)
    KELAS A

    Bagaimana menurut anda jika dalam kepengurusan masjid masih dilandasi dengan sifat kesombongan, tidak memfungsikan masjid sebagaimana mestinya yang berfungsi sebagai pusat ilmu pengetahuan?

    BalasHapus
  30. Assalamu'alaikum

    pemahaman saya ketika melihat tema,hadits yg dibahasa,dan juga penjelasan pemakalah mengenai hadits itu sendiri,menunjukan ada sebuah anjuran untuk menjadikan masjid sebagai tempat multifungsi
    selain untuk beribadahtetapi jg untuk pengembangan il peng?...
    yg saya tanyakan kenapa ko' ada anjuran seperti itu?apakah disini ada indikasi bahwa masjid itu sudah kehilangan akan keguanaan mestinya?atau ada indikasi bahwa pengembangan il peng di institusi" terkait sudah tidak bagus,sehingga di anjurkan di masjid?.. ataukah ada makzud lain mengenai peningkatan masjid sebagai Pusat Il peng?..kalau ada,kemudian mkzdnya apa?...kemudian ketika mengatakan Sebagai Pusat,Pusat yg seperti apa?..

    BalasHapus