new post

zzz

Sabtu, 24 Maret 2012

G6-36. Riskiyah


MAKALAH
MANFAAT FLORA BAGI MANUSIA
Mata Kuliah: Hadits Tarbawi 2
                               Dosen Pengampu : M.Ghufron, M.S.I






STAIN
 












Disusun Oleh :
Kelas : G
Riskiyah                               
2021110304



JURUSAN TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN) PEKALONGAN
2012


BAB I
PENDAHULUAN
Allah menciptakan semua yang ada didunia ini dengan bermacam-macam bentuk baik berupa manusia,binatang,tumbuh-tumbuhan,gunung,dan lain sebagainya.didalam berbagai bentuk yang telah Allah ciptakan itu juga terdapat berbagai manfaat yang ada didalamnya,salah satunya adalah tanaman herbal yang sangat berkhasiat bagi semua penyakit yaitu Habbadus-Sauda`.
Dalam makalah ini saya selaku pemakalah akan menjelaskan sedikit tentang Habbadus-Sauda`(jinten hitam).








































BAB II
PEMBAHASAN

A.  Hadits Tentang Manfaat Flora Bagi Manusia
حَدَّ ثَنَا مُحَمَّدُ رُمْحِ بْنِ الْمُهَاجِرِ: أَخْبَرَ نَا اللَّيْثُ عَنْ عُضْلٍ, عَنِ ابْنِ سِهَا بٍ أَخْبَرَ خِيْ أَبُوْ سَلَمَةُ بْنُ عَبْدِ الرَّ حْمَنِ رُسُعِيْنُ الْمُسَيَّبِ, أَنَّ أَبَا هُرَيْرَةَ أَخْبَرَ هُمَا, اَنَّهُ سَمِعَ رَسُوْلَ اللهِ ص م يَقُوْلُ :رر اِنَّ فِي اْلحَبَّةِ السَّوْ دَاءِ شِفَا ءً مِنْ كُلِّ دَءٍ إِلاَّ السَّا مَ , وَالسَّامُ: اْلمَوْتُ, وَالْحَبَّةُ السَّو دَاءُ: الشُّوْنِيْزُ

Artinya :
Dari Ibnu Syihab,dia berkata: Abu Salamah dan Said bin Al Musayyab menggambarkan kepadaku, sesungguhnya Abu Hurairah RA menggambarkan kepada keduanya, dia mendegar Rasulullah SAW bersabda “Pada habbatusauda terdapat kesembuhan dari semua penyakit, kecuali as-saam”.
Ibnu Syihab berkata, “As-Saam adalah kematian dan habbatussauda adalah syuniz.”

B.  Mufrodat
وَالْحَبَّةُ السَّو
Jinten Hitam
شِفَا ءً
Obat
اْلمَوْتُ
Kematian

C.  Biografi Perawi
Abu Hurairah termasuk salah seorang sahabat Nabi Saw yang selalu menarik perhatian karena kontroversial dan selalu menjadi bahan diskusi. Nama dan kelahirannya serta masuknya islam saja masih diperselisihkan. Beberapa tesis dan disertai doktor lahir hanya karena membahas persoalan Abu Hurairah ini. Ada kalangan tertentu yang tidak saja mengeritik, tetapi meragukan bahkan lebih dari itu ia menolak keberadaan dan eksistensi periwayatannya dengan menulis sebuah buku khusus “menggugat” Abu Hurairah. Sebaliknya, ada juga yang mendukung dan membela serta mempertahankan eksistensi Abu Hurairah dengan menulis juga sebuah buku berjudul “Abu Hurairah Rawiyah al-Islam.” Paling tidak, ada 3 kalangan yang biasa mengeritik Abu Hurairah, yaitu kalangan orientalis, Syi’ah, dan dari kalangan Islam (sunni) sendiri.
Abu Hurairah menjadi objek kritikan karena ia terbanyak meriwayatkan hadits Nabi Saw yaitu sebanyak 5374 hadits dibandingkan dengan sahabat-sahabat lainnya, seperti Abu Bakar ash-Shiddiq yang hanya meriwayatkan 142 hadits, Umar bin Khattab hanya 573 hadits, Usman bin Affan hanya 146 hadits, Ali bin Abi Thalib hanya 586 hadits, dan Aisyah sendiri istri Nabi Saw hanya 2210 hadits. Mereka ini sangat dekat dengan Nabi dan lebih awal masuk islam serta banyak ikut menyaksikan dan termasuk pelaku peristiwa-peristiwa asbab an-Nuzul dan asbab wurud al-Hadits, sedang Abu Hurairah belakangan masuk islam. Ada yang mengatakan ia masuk islam setelah terjadinya perang Khaibar pada tahun 7 H/629 M sehingga keislaman dan pergaulannya dengan Nabi hanya dalam kurun waktu sangat singkat, yaitu hanya 3 tahun lebih baru Nabi wafat.
Nama Abu Hurairah saja diperdebatkan, bahkan ada ulama yang menyebutkan mengenai namanya dan nama ayahnya itu sampai ada 30 pendapat. Namun, pendapat yang lebih shahih adalah yang mengatakan bahwa nama lengkapnya ialah Abd ar-Rahman ibn Shakhr ad-Dausiy al-Yamaniy. Ia berasal dari keturunan Tsa’labah ibn Salim ibn Fahm ibn Ghanam ibn Daus al-Yamaniy. Pada zaman jahiliyah, namanya Abd Syams, lalu Rasulullah memberinya nama yaitu Abd ar-Rahman. Beliau lebih populer dengan nama Abu Hurairah, padahal sebetulnya, Nabi sendiri hanya menjuluki dia dengan “Abu Hirrun” artinya bapak kucing, karena ia sering membawa anak kucing dalam sakunya.
Abu Hurairah lahir tahun 19 atau 20 sebelum hijrah (SH) di daerah Yaman Arabia Selatan dari etnis Daus sehingga ia dikenal di belakang namanya disebut ad-Dausiy al-Yamaniy. Ia masuk islam sejak masih di Yaman atas ajakan dan dakwah at-Thufail ibn ‘Amr ad-Dausiy. Ia hijrah meninggalkan negeri Yaman menuju ke Madinah dan ia tiba disana tepat pada malam kemenangan perang Khaibar (7 H/629 M).
Abu Hurairah wafat pada tahun 57 H bertepatan dengan tahun kewafatannya Aisyah Umm al-mu’minin dan ada juga yang mengatakan tahu 59 H sebab pada waktu Aisyah wafat, Abu Hurairah masih sempat menshalati jenazahnya.[1]
D.  Keterangan Hadits
Dikatakan, maksud kalimat ‘segala penyakit’ adalah yang bisa diobati dengannya, karena ia bermanfaat bagi penyakit-penyakit yang bersifat dingin, dan tidak untuk penyakit-penyakit yang bersifat panas. Memang benar, terkadang ia masuk pada sebagian penyakit yang bersifat panas dan kering karena sebab tertentu, maka ia menyampaikan kekuatan obat-obat yang lembab dan dingin kepada penyakit itu dengan cepat. Penggunaan bahan-bahan yang bersifat panas untuk penyakit yang bersifat panas karena kandungan khusus pada bahan-bahan itu tidaklah diingkari. Misalnya ‘anzarut’ yang bersifat panas dan digunakan untuk penyakit sakit mata. Padahal sakit mata adalah akibat bengkak panas. Sebagian ahli pengobatan berkat, sifat ‘habbatussauda’ adalah panas dan kering. Ia dapat menghilangkan bengkak, bermanfaat mengobati demam, batuk berdahak, membuka sumbatan-sumbatan dan angin, dan mengeringkan bagian yang basah di usus.[2]
E.   Aspek Tarbawi
1.    Allah menciptakan segala yang ada dibumi ini dapat bermanfaat salah satunya adalah Habbatussauda (Jinten hitam).
2.    Didalam Habbatussauda itu memiliki banyak manfaat dan khasiatnya yaitu untuk segala berbagai penyakit.
3.    Habbatussauda memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan.



                                                                       


















BAB III
PENUTUP
Demikian yang dapat saya jelaskan tentang tanaman herbal tradisional yang berupa Habbadus-Sauda`(Jinten Hitam) yang sangat baik untuk kesehatan dan sebagai obat untuk segala jenis penyakit yang ada dalam tubuh.semoga penjelasan tentang tanaman herbal tersebut bisa bermanfaat untuk semuanya.


























DAFTAR PUSTAKA
Dr.Wajidi Sayadi,M.Ag.Hadits Tarbawi Pesan-Pesan Nabi Saw Tentang pendidikan. (Jakarta : Pustaka Firdaus. 2011)
Ibnu Hajar Al-Asqalani, Al-Imam Al Hafizh. Fathul Baari. (Jakarta Selatan : Pustaka Azzam. 2008)



[1] Dr.Wajidi Sayadi,M.Ag.Hadits Tarbawi Pesan-Pesan Nabi Saw Tentang pendidikan. (Jakarta : Pustaka Firdaus. 2011) hlm 66-71
[2] Ibnu Hajar Al-Asqalani, Al-Imam Al Hafizh. Fathul Baari. (Jakarta Selatan : Pustaka Azzam. 2008) hlm 137.

15 komentar:

  1. M.Lendra 2021110299 G
    Bagaimanakah menurut anda, Pengobatan yang baik dan Halal bagi umat Islam Pengobatan Modern dengan peralatan canggih dan biaya mahal ataukah Pengobatan ala Rasulullah metode Thibbun Nabawi
    Berikan tanggapan anda!!!!!!!

    BalasHapus
  2. Moh.Zuhrufi Sani
    2021110322
    G
    Adakah efek sampingnya dari pengobatan habbatussauda? kalau ada mohon bisa disebutkan dan dijelskan..kalau tidak ada juga dijelaskan..terimakasih..

    BalasHapus
  3. Abdul Hadi (2021110300)
    Kalau habbatussaudah sangat bermanfaat mengapa malah sekarang kebanyakan dokter menggunakan obat2an yg menggunakan zat kimia?

    BalasHapus
  4. Dewi Zulaikha ( 2021110330 )
    Dalam aspek tarbawi dijelaskan hanya habbatusaudah. apakah ada flora yang bermanfaat selain itu ?
    Thq

    BalasHapus
  5. Lusiana Masithoh (2021110331)

    Apakah ada manfaat lain dari habbatusaudah? kalau ada, tolong jelaskan untuk pengobatan apa saja!

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. labib ahmad

    2021110307

    apakah semua flora / tumbuhan itu boleh dimakan dan dijadikan obat-obatan...?

    BalasHapus
  8. M.Farid
    2021110306
    Bagaimana menurut anda apabila manusia menyalah dalam pemanfaatan flora??

    BalasHapus
  9. wido murni 2021110302 G
    1. Tolong jelaskan tentang manfaat madu dan bagaimana caranya mencari madu yang benar-benar murni sekarang kan susah mencari madu yang murni kebanyakan sudah tercampur dengan bahan-bahan lain?
    2. Apa fungsi minyak zaitun....?trus apakah sama minyak zaitun yg untuk konsumsi dan penggunaan bagian luar tubuh?
    terima kasih..

    BalasHapus
  10. NUR KHIKMAH
    2021110313
    G

    di malakah diatas kan menyebutkan bahwa jinten hitam itu dapat mengobati segala macam penyakit kecuali maut atau kematian, terus bagaimana pendapat anda tentang penyakit HIV AIDS yang katanya tidak bisa disembuhkan atau tidak ada obatnya??

    BalasHapus
  11. Atina Mauila Safitri
    2021110284
    Mohon berikan contoh mengenai penyakit yang bersifat dingin dan penyakit yang bersifat panas!...

    BalasHapus
  12. apakah telah ada upaya dari orang Islam untuk meneliti dan membuktikan kandungan dari habbatussauda itu??

    BalasHapus
  13. ANNA IRHAMNA
    2021110303
    Apa hubunganya flora dengan pengobatan??jelaskan thx

    BalasHapus
  14. Abdul Hadi (2021110300)
    Kalau habbatussaudah sangat bermanfaat mengapa malah sekarang kebanyakan dokter menggunakan obat2an yg menggunakan zat kimia?

    BalasHapus
  15. Faidatul Aula
    2021110316
    G
    Sebenarnya, zat-zat yang terkandung dalam habbatussaudah itu apa saja ? sehingga membuatnya dikatakan mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit..?
    mhon jelaskan ! trimakasih..

    BalasHapus