Laman

Minggu, 16 Oktober 2011

inovasi pendidikan


Nama    : Endang Susilowati
Kelas    : SBM - A


Langkah Kecil Menuju Perubahan Besar

             
         Perhatikan seekor lebah.Ia terbang dari satu putik bunga ke putik bunga lain, menghisap madu lalu mengumpulkannya dalam sarang. Pada saat menghisap madu,lebah juga membantu bunga bermekaran, menebar harum, lalu lahirlah bakal buah. Setiap hari lebah mengumpulkan madu untuk keluarganya. Begitu tekun,lebah bekerja tidak sekedar untuk diri sendiri, tetapi untuk keluarganya kemudian membahagiakan orang lain.

            Langkah kecil seekor lebah (kerja) kemudian menghasilkan madu (hasil). Bukan karena  ia memikirkan hasilnya, tetapi karena ia menjalani hidup dengan mengerjakan sesuatu. Itulah yang mengawali langkah kecil saya sejak setahun terakhir ini menjadi guru TPQ, membimbing belajar (les privat) dan pembimbing belajar dalam program”sinau bareng”.

            Guru TPQ, walaupun sebagai guru pada suatu lembaga non-formal tetapi terasa seperti di lembaga formal, karena ruang belajarnya adalah sekolah MI (ruang kelas) dengan beragam karakteristik anak didik.Menjalani kegiatan sebagai guru TPQ ini memberikan banyak pengalaman menarik pada diri saya,anda (mungkin) & kita semua.Dengan begitu kita juga  sedikit demi sedikit bisa belajar memahami karakteristikanak didik yang beraneka ragam,juga sebagai acuan bagi kita kalau jadi guru di suatu lembaga formal kelak (guru SD/SMP/SMA), Amin. Alhamdulillah, walapun waktu belajar di TPQ cukup singkat (hanya 1 jam tiap pertemuan) tetapi sangat menyenangkan, saya bisa mengajar atau membimbing anak-anak ngaji,mengajarkan berbagai hal  yang berkaitan dengan ibadah dan Agama Islam.Saya dan andapun bisa belajar banyak dari anak didik, dan yang paling penting adalah semakin bertambahnya wawasan atau pengetahuan kita mengenai realita dunia pendidikan,Ilmu yang kita milikipun akan bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

            Bercermin dari kehidupan lebah,”sebuah langkah kecil menuju perubahan besar,”sebagaimana program ” sinau bareng “ yang baru-baru ini saya dan teman teman IPNU IPPNU Desa Ngalian selenggarakan adalah suatu program membimbing adik adik SD maupun MI dalam belajar. Di bantu oleh beberapa guru SD/MI dan perpustakaan MI Ngalian lebih memudahkan kami semua dalam membimbing belajar adik-adik, terutama dalam penyediaan buku pelajaran. Adik-adik SD maupun MI Ngalian memiliki semangat belajar yang sangat tinggi,mereka dan para orang tua pun antusias mendaftarkan anak-anaknya. Terbukti dengan adanya pendaftar hingga 170 lebih, dan dari banyaknya peserta/pendaftar tersebut akhirnya dikelompokan menjadi 25 kelompok (setiap kelompok terdiri dari 4-7).

            Dengan adanya program”sinau bareng”di desa Ngalian Tirto, kami mengajarkan kepada adik-adik akan pentingnya belajar, berlatih dan mengasah otak selagi ada kesempatan dan diberkahi nikmat sehat oleh Allah SWT. Dengan program ini,sebagai langkah awal (kecil) kami dalam menyiapkan generasi muda Indonesia kearah yang lebih baik, memiliki nilai plus dalam bidang akademik. Dalam hal ini kami tidak memikirkan seberapa banyak hasil (upah) yang kami dapatkan, akan tetapi harus memikirkan seberapa jauh manfaat atau sesuatu yang sudah kami berikan dan kerjakan untuk membantu meningkatkan prestasi adik-adik dan minat belajar mereka.

            Seperti  juga seekor lebah yang bekerja dan berkomunikasi secara intim dengan bunga-bunga dan keluarganya,untuk mengatur mekanisme hidup menjadi lebih berarti.......





INNOVATION By Endang Susilowati
                                                                                                    STAIN PEKALONGAN 2011

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar