Laman

Selasa, 03 April 2012

Jawaban H6 Suswati


Jawaban Makalah ASTRONOMI
Nama        : Suswati
NIM          : 2021110358
Kelas         : H


Pertanyaan 1:
1.      Dewi ana (2021110370)

a.        Bagaimana dengan orang yang hanya memikirkan (mentafakuri) alam tanpa timbul adanya rasa syukur kepada Allah SWT, apakah itu termasuk hamba allah yang terbaik
Jawaban  :
Belum termasuk hamba yang baik, karena dalam ket.hadits diatas yang dimaksud hamba yang baik adalah hamba yang mengunakan akalnya untuk mentafakuri alam sehingga bisa membuat dia lebih mengingat Allah,Ketika seseorang itu hanya mentafakuri alam tetapi tidak membuat dia lebih mengingat Allah maka sesuguhnya mungkin orang tersebut belum mendapat hidayah dari Allah, inilah yang disebut sebagai ilmu yang bermanfaat, karena banyak orang yang berkat ilmunya itu bisa lebih mendekatkan diri padda Allah,tetapi banyak juga seseorang dengan ilmunya itu malah membuat dia Jauh dari Allah.

Pertanyaan 2:
a.       Keberadaan benda-benda langit misalnya seperti matahari dan bulan mempunyai banyak manfaat diantaranya yaitu sebagai penentu waktu dalam Islam, apakah manfaatnya cuma terletak pada hal itu saja ???
tolong  paparkan lebih jauh sesuai kemampuan anda, mengenai manfaat benda2 langit bagi ilmu pengetahuan islam !!!!!!!!!!!!!!
Jawaban:
masih banyak lagi manfaat lain benda-benda langit selain sebagai penentu waktu islam, diantaranya yaitu misalnya matahari, selain sebagai penentu waktu islam,dan tentunya disamping sebagai pusat peredarn, matahari jg merupakan sumber energi kehidupan, panas matahari menghangatkan bumi dan membentuk iklim, cahaya matahari dpt menerangi bumi juga dibutuhkan oleh tumbuhan untuk proses fotosintesis, tanpa matahari tumbuhan tidak akan bisa berfotosintesis dan tentunya tumbuhan tidak akan bisa tumbuh dan berkembang, sehingga akan berdampak pada kelanjutan kehidupan makhluk hidup,karena makanan hewan adalah tumbuhan,dan makanan manusia adalah tumbuhan dan hewan. Selain itu matahari juga berfungsi sebagai pembangkit listrik tenaga matahari, intinya diantara manfaat benda2 langit spt matahari dan bulan adalah ikut berperan dalam tumbuh suburnya kehidupan di muka bumi, satu hari saja misalkan Allah meredupkan matahari dan bulan maka psti keseimbangan dibumi akan terganggu, kehidupan akan terganggu.


Pertanyaan 3:
3.      Muhammad Rizqon (2021110369)
a.       Dalam sebuah tindakan pasti ada tahapan2nya.dari itu menurut panjenengan tahapan2 yang seharusnya dilakukan untuk orang yang hendak mentafakuri ciptaan allah itu bagaimana?

Jawaban:
menurut saya langkah-langkahnya adalah yang pertama kita mengamati dulu ciptaan-ciptaan Allah, kemudian memikirkannya,merenungkannya,lalu mengambil khikmahnya, dengan demikian kita akan merasakan ternyata begitu besar nikmat yang Allah berikan kpd kita,dan kita akan sadar ternyata begitu besar pula kekuasaan Allah dalam menciptakan alam ini, dengan demikian seharusnya kita lebih mendekatkan diri pada Allah.

Pertanyaan 4:
4.      farah dibha (2021110357)
a.       Bagaimana  jika hanya  dengan  mengamati matahari, bulan, bintang, dsb TANPA menelitinya kita sudah mengingat Allah (dzikir kpd-Nya)? apakah sudah bisa dikatakan sbg seorang hamba yang baik?
Jawaban:
menurut saya sudah bisa dikatakan sebagai hamba Allah yang baik, karena yang dipermasalahkan disini bukan bagaimana caranya dia mentafakuri alam, tapi yg dipermasalahkan adalah hasil/manfaat apa yg dia peroleh setelah mentafakuri alam,apakah dia bisa lebih mengingat Allah atau tidak, jadi walupun dia hanya mengamati saja tapi sudah bisa mentfakuri alam dan dengan itu dia bisa lebih mengingat Allah maka maka dalam keterangan hadits diatas orang tersebut sudah bisa disebut sebagai hamba Allah yg baik.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar